Kisah hoax Imam Mahdi
fase ke 7
DR Adab Mahmud al Hamsy spesialis al hadis dan Ilmu hadis menulis
لكني قلت في نهاية الكتاب: وعلى مذهب الذين يصححون الحديث
الضعيف بشاهده الضعيف؛ تكون الأحاديث الواردة في المهديّ جميعها ضعيفةً، لكنها عند
هؤلاء حسنةً لغيرها، وليست صحيحةً، فضلاً عن أن تكون متواترة! والحديث الحسن
لغيره؛ لا يثبت به حلال ولا حرام، وإنما يُستأنس به في المندوبات والمكروهات
Tp aku berkata di akhir kitab . Menurut madzhab orang orang
yg mensahihkan hadis lemah dg pendukungnya yg lemah, mk hadis ttg Mahdi
itu seluruhnya lemah. Tp menurut mrk hasan
lighairih, bukan sahih. Apalag mutawatir . Hadis hasan ligahirih tdk bisa di buat landasan penghalalan atau
pengharaman> tp hanya bisa di buat
landasan masalah sunat dan makruh.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tp kita lebih baik menjalankan hadis yg jls sahih atau ayat
quran. Kita ini melakukan hadis yg sahih dan ayat al quran sj sudh cukup .tdk merasa kurang dg keduanya. Bahkan
kita tdk mampu menjalankannya dg optimal.
DR Adab Mahmud al Hamsy melanjutkan :
وأما عقلاً: فكيف نثبت تواتراً ولم نستطع أن نثبت صحة، والتواتر مرتبة
أعلى من الصحة. وجميع من يقولون بوجود المتواتر؛ يشترطون توافره في جميع الطبقات،
وإذا كنا نعتمد على تواتره بناءً على الروايات، فإذا توافر عندنا في الطبقة
الخامسة -طبقة المصنفين- التواتر، ثم وجدنا في أحد أسانيد الطبقة الرابعة -شيوخ
المصنفين- رجلاً واحداً ضعيفاً؛ فهذا يعني أن ثبوت هذا النص عن الطبقة الثالثة نقص
عن حيّز التواتر، فانخرمت القاعدة المزعومة.
Intinya sarat hadis
mutawatir itu hrs sahih. Hadis mutawaitr
itu lebih tinggi tingkatannya dr pd hadis sahih.
Sarat mutawatir itu hrs mutawatir setiap tingkatan perawi hadis . Tdk boleh ada
tafarrud dlm sanadnya.
كتب الدكتور صهيب السقار رسالته للحصول على درجة
الماجستير في جامعة صدام للعلوم الإسلامية تحت إشراف الفقيه الدكتور عبدالملك
السعديّ، وكان يراجعني باستمرار، ويعرض عليّ ما كتبه. والذي توصل إليه الباحث أنّ
خبر الواحد لا يفيد العلم بذاته، ولا بالقرائن التي يزعمون أنّ منها:
Intinya : DR Shuhaib As saqqar dlm risalah yg mencapai Titel MA di
Universitas Sadah Husain untuk Ilmu keislaman ………………….menyatakan bahwa hadis yg
di riwayatkan oleh satu orang tdk bisa memberi faedah ilmu ( tp hanya perkiraan belaka/ dhon belaka,
blm sampai ketingkatan ilmu ).
بالتأكيد هناك عقائد، أو مسائل أخذت منزلة العقائد، من مثل نزول
المسيح، وخروج الدجال، وترتيب أفضلية الصحابة، وأحاديث عذاب القبر، وأحاديث
الشفاعة، وسائر أحاديث أشراط الساعة، وأحاديث القيامة، فليس فيها شيء متواتر، وما
صححه العلماء من أحاديثها يحتاج إلى فحص جديد، ينظر إلى المتن أكثر من نظرته إلى
السند.
Intinya ada beberapa akidah
spt Nabi Isa turun , Dajjal
keluar urutan keutamaan sahabat, siksa
kubur , hadis syafaat dan seluruhhadis ttg
tanda – tanda kiamat atau ttg kiamatnya . Tdk ada satupun hadis yg mutawatir ttg masalah tsb . Bahkan
yg tlh di sahihkan oleh para ulama masih
perlu di kaji lg , hrs di kaji
matannya lebih dulu dr pd sanadnya.
https://arabi21.com/story/749142/%D9%85%D8%AD%D8%AF%D8%AB-%D8%A3%D8%AD%D8%A7%D8%AF%D9%8A%D8%AB-%D8%A7%D9%84%D9%85%D9%87%D8%AF%D9%8A-%D8%B6%D8%B9%D9%8A%D9%81%D8%A9-%D9%88%D8%AA%D9%88%D8%A7%D8%AA%D8%B1%D9%87%D8%A7-%D8%BA%D9%8A%D8%B1-%D8%AB%D8%A7%D8%A8%D8%AA
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan