Minggu, September 15, 2019

Hewan halal dan haram



Fase ke 8
Hewan yang halal dan haram

السؤال: يوجد لدينا في الخليج سمك يعرف بإسم (الصافي) وهو متداول في الأسواق ، ولكن عندما يستخرج من الماء يكون من دون قشور ولكن أهل الخبرة يؤكدون انه يسقط حراشفه من جسمه قبل أستخراجه من الماء فهل يحلّ أكله ؟
الجواب: من ثبت لديه بشهادة أهل الخبرة أنه من ذوات الفلس ولو بالأصل فلا مانع من أكله .


Pertanyaan: Kita memiliki ikan Teluk yang dikenal sebagai Al Shafi) dan diperdagangkan di pasar, tetapi ketika dikeluarkan i dari air tanpa kerak, tetapi para ahli mengkonfirmasi bahwa dia menjatuhkan sisik-sisiknya dari tubuhnya sebelum dikeluarkan dari air. Apakah diizinkan untuk memakannya?
Jawab: Terbukti bahwa kesaksian dari orang-orang yang berpengalaman  bahwa asalnya ikan itu bersisik maka boleh dimakan


سمكة الصافي (الاسم العلمي: Siganus rivulatus) هي سمكة تكثر في الخليج العربي وهي من أكثر السمكات التي تؤكل عند أهل الخليج.
·         الصافي الاسم المحلي والمعروف لدى أهل الخليج العربي سمك الصافي وهو من أكثر الأسماك شيوعا لدى الناس.
·         أماكن التواجد : تفضل سمكة الصافي العيش عند الصخور.
·         موسم التكاثر لهذه السمكة هو : تتكاثر في شهر إبريل.
·         الصافي من عائلة (سيجانيدي) أقصى الطول الكلي لها : 30 سم.
·         تتغذى على النباتات البحرية والأعشاب وأنواع مختلفة من الطحالب البحرية.
·         لها شوكة حادة متجهة إلى الأمام تقع أمام الزعنفة الظهرية.
·         تصاد بواسطة القراقير والسنارة والدفار.
·         عند الصيد بالصنارة احذر من شوكها فهي مؤلمm.
تعد من الأسماك النظيفة فهي تتغذي علي العشب.
Safi (nama ilmiah: Siganus rivulatus) adalah ikan yang berlimpah di Teluk Arab dan merupakan salah satu ikan yang paling banyak dimakan oleh orang-orang Teluk.
• Al-Safi Nama lokal dikenal oleh orang-orang di Teluk Arab Al-Safi adalah salah satu ikan yang paling tersebar dikalangan manusia.
• Tempat keberadaan  Ikan tsb  lebih suka tinggal di bebatuan.
• Musim pembiakan  ikan ini adalah: berkembang biak di bulan April.
Al shafi golongan  (Ceganidi) Paling panjangl maksimum: 30 cm.
 Ikan tsb memakan tanaman laut, tumbuhan dan berbagai jenis ganggang laut.
• Memiliki duri  ke depan tajam yang terletak di depan sirip punggung.
DI iburu  atau diperoleh dengan  perangkap, kail, dan bunga salju.
• Saat memancing dengan kail, waspadalah terhadap duri yang menyakitkan m.
Itu adalah ikan yang bersih, ia memakan rumput.

Saya kutip keterangan tsb dari Wikipedia.
Ikan yang makan rumput saja inilah yang di maksud dengan shaidul bahr / buruan laut ) yang dihalalkan bukan ikan pemangsa.yg diharamkan.
Ketika buruan darat ( shoidul bar ) dihalalkan husus untuk hewan yang makan rumput seperti kijang, kerbau , banteng , zebra dll , dan binatang darat yang pemangsa  hewan di haramkan  seperti singa, beruang dll.  Saya menyatakan sdemikian ini berlandaskan ayat :

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَّكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ
Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan. Maidah 96
Ikan patin siam . ( Haram karena pemangsa bukan buruan )
. Mereka dikenal sebagai omnivora, dengan memakan krustasea kecil, ikan lain, dan sisa-sisa tanaman
Belut : ( Haram karena pemangsa bukan buruan ).
Darah belut cenderung bersifat beracun bagi manusia dan hewan lainnya,[4][5][6][7] namun toksinnya dapat dimatikan dengan memasaknya.[1]
11 Jenis Pakan Belut Untuk Pembesaran dan Budidaya
·         Cacing Lumbricus rubellus (cacing tanah)
·         Pakan Belut Sawah : Keong mas atau keong sawah.
·         Bekicot (Achatinafulica. sp)
·         Cacing Sutera (tubifex)
·         Kepiting Air Tawar.
·         Pasta.
·         Jasad Renik.
·         Ikan Kecil untuk pakan Awal.

Ikan betik ( Haram karena pemangsa bukan buruan ).
Ikan betok termasuk ikan yang memiliki sifat sebagai ikan pemangsa atau karnivora. Ikan betok memiliki nama lain yaitu ikan betik (jawa), ikan puyu (melayu) atau ikan pepuyu (bahasa banjar) dan dalam bahasa Inggris, ikan ini memiliki nama Climbing
·         Ikan ini memangsa aneka serangga dan hewan-hewan air yang berukuran kecil
 Cara mendapatkan ikan ini pada kebanyakan daerah dengan dipancing berumpan cacing, akan tetapi ada juga dengan menggunakan jangkrik, cilung (ulat bambu). Di Kalimantan Tengah dan Banjarmasin, penduduk setempat mempunya cara tersendiri, yakni dengan mencampur telur semut (kroto) dengan getah karet dan dimasak dengan cara dikukus. Selain untuk ikan betok, umpan ini juga dapat sebagai umpan ikan seluang
Buruan laut yang halal  itu ikan buruan . Bukan ikan pemangsa / pemangsa seperti paus , kutuk  yaitu  segala macam predator laut.
Anjing itu haram karena bertaring  juga pemangsa bukan buruan.Allah meghalalkan buruan darat maupun laut  bukan pemangsa.
Tongkol itu haram .
Tongkol como tidak memilih-milih mangsa; makanannya terdiri dari udang, kerabat cumi-cumi dan sotong, serta aneka jenis ikan. Pada gilirannya, tongkol dimangsa oleh setuhuk dan cucut.[2]

Ikan pindang tidak boleh  dimakan atau haram . Umumnya ikan pindang di jual belikan dalam keadaan telah  di rebus, di garami jadi dalam keadaan bangkai  Kadang terdiri ikan – ikan  kecil yang di rebus bersamaan  dengan kotorannya. Kadang ikan pindang itu dari ikan tongkol  sebagai ikan pemangsa.
Saya menghindari ikan pindang dan bangkai ikan yang lain, , tidak memakannya sudah lama sejak januari 2015. Untuk kajian hadisnya silahkan baca disini :

Ikan Harimau

Ikan harimau memiliki gigi yang saling bersilangan, tajam, dengan tubuh ramping, berduri banyak, dan menjadi pemangsa yang sangat agresif serta berburu dalam kelompok

 Ikan Lele Goonch  , haram

Hal yang membuat ikan Goonch dianggap mengerikan adalah kegemarannya akan rasa daging manusia, sehingga disebut monster sungai.
Tercatat ada beberapa kasus serangan terhadap manusia yang melintasi atau berenang di Sungai Kali dan perairan sekitarnya.
Goonch fish ditemukan di Sungai Kali yang mengalir antara India dan Nepal. Ikan ini merupakan anggota keluarga  lele dengan gigi tajam yang berbahaya dan panjangnya lebih dari tujuh kaki.

Ikan gabus biasa didapati di danau, rawa, sungai dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan ini memangsa ikan-ikan kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok.
Kakap tidak boleh dimakan karena termasuk pemangsa. Bukan buruan laut. Di Wiki disebutkan :
Gunakan umpan jitu mancing ikan Kakap merah seperti udang-udangan dan cumi-cumi, atau ikan-ikan kecil misalnya ikan Meniran dan ikan Kuwe yang dirajang ukuran kecil. Memakai makanan alami dalam kondisi hidup dan segar maka berpotensi ikan Kakap Merah akan gampang diangkat. Teknik mancing ikan dasar pun wajib digunakan.

Cumi – cumi ( haram karena pemangsa bukan buruan ).
Cumi-cumi hidup sebagai pemangsa ikan dan binatang laut lainnya yang lebih kecil dari ukuran si cumi-cumi.[3]
Kerang juga menjadi santapan cumi cumi dan ikan hiu .[4]
Kerang juga mangsa bagi cumi-cumi dan hiu.

 Gurita
 Gurita juga diketahui sering memanjat kapal penangkap ikan dan membuka ruangan penyimpan ikan untuk memakani kepiting.[3]

·         Kepiting
Kepiting adalah hewan omnivora. Makanan utama kepiting berupa ganggang, selain dapat pula memakan makanan lainnya berupa moluska, cacing, jamur, bakteri, detritus dan jenis krustasea lainnya, tergantung pada spesies kepiting dan ketersediaan makanan.30 Nov 2014
Kepiting pasir yang lebih besar memakan bayi penyu dan bangkai burung camar; kepiting yang lebih kecil memakan moluska, cacing, plankton dan ganggang. 
Crustacea kecil ini penting terutama sebagai makanan untuk ikan. Lobster, kepiting, [5]

·          
o    Udang   haram karena pemangsa .
o    Umumnya udang dan semua bangsa krustasea bersifat kanibal, yaitu memangsa sesama jenis yang lebih lemah kondisinya misalnya udang yang sedang dalam proses ganti kulit seringkali dimakan oleh udang lain. Udang berukuran lebih kecil dimakan oleh udang besar terutama bila dalam keadaan kurang makan. Udang berganti kulit secara periodik pada proses ganti kulit badan udang berkesempatan untuk bertumbuh besar secara nyata. Udang muda lebih sering ganti kulit ketimbang udang tua sehingga udang muda lebih cepat tumbuh ketimbang yang tua.[6]
o     
·         Sepat haram karena pemangsa
·         Ikan Sepat memangsa zooplankton, krustasea kecil / udang udang kecil dan aneka larva serangga.
·          Selain tempat makan, tanaman tersebut juga dijadikan tempat untuk menyimpan telur mereka saat berkembang biak.
Untuk marmud , klinci / terwelu walau hanya makan rumput , tapi bukan an`am . Oada hal binatang darat yang dihalalkan adalah an`am lihat ayat :
 1يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَوْفُوا بِالْعُقُودِ ۚ أُحِلَّتْ لَكُم بَهِيمَةُ الْأَنْعَامِ إِلَّا مَا يُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّي الصَّيْدِ وَأَنتُمْ حُرُمٌ ۗ إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيدُ
Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (Yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya.  Maidah 1.
تفسير الجلالين (ص: 135)
 {أُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيمَة الْأَنْعَام} الْإِبِل وَالْبَقَر وَالْغَنَم أَكْلًا بَعْد الذَّبْح {إلَّا مَا يُتْلَى عَلَيْكُمْ} تَحْرِيمه فِي {حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ الْمَيْتَة}

Intinya menurut tafsir jalalain , an `am itu sepeti unta, sapi ,dan kambing boleh dimakan setelah di sembelih . Dan maksud apa yang akan di bacakan  itu dijelaskan  dalam ayat bangkai di haramkan untukmu …………………..
Komentarku ;
Maksud apa yang akan di bacakan kepadamu  adalah ayat – ayat Allah yang menjelaskan tentang haramnya hewan sebagaimana  keterangan yang saya ambil dari tafsir syaukani.
Allah memilihkan kita makanan yang bersih bukan binatang buas . Sebab perangai orang yang suka makan makanan binatang buas itu akan jadi buas juga.
Boleh di baca disni tentang bahaya makan binatang buas.
Bersambung ………………………

 Untuk melihat fase  ke 1 sampai 7 lihat di blog saya.



[1] Poison in the Blood of the Eel", New York Times, 9 April 1899, viewed at
[2]  Collette, B.B. and C.E. Nauen. 1983. FAO Species Catalogue. Vol. 2. 
[3] Disney Ensiklopediaku Yang Pertama: 6.PT WIdyadara.Jakarta

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan