لا تحزن menulis sbb:
السلام
عليكم يا شيخ
Dalam sebuah hadits shahih, Ibnu Abbas
bertanya kepada Rasulullah
Shallallahu’alaihi Wasallam :
ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻛﻴﻒ ﺃُﺻَﻠّﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻔﻴﻨَﺔِ
ﻗﺎﻝ ﺻﻞّ ﻓﻴﻬﺎ ﻗﺎﺋﻤﺎ ﺇﻻ ﺃﻥ ﺗﺨﺎﻑَ ﺍﻟﻐﺮﻕَ
“ wahai Rasulullah, bagaimana cara shalat di
atas perahu? beliau bersabda: ‘shalatlah di
dalamnya sambil berdiri, kecuali jika
engkau takut tenggelam ‘” (HR. Ad
Daruquthni 2/68, dishahihkan Al Albani
dalam Shahih Al Jami 3777).
bertanya kepada Rasulullah
Shallallahu’alaihi Wasallam :
ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻛﻴﻒ ﺃُﺻَﻠّﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻔﻴﻨَﺔِ
ﻗﺎﻝ ﺻﻞّ ﻓﻴﻬﺎ ﻗﺎﺋﻤﺎ ﺇﻻ ﺃﻥ ﺗﺨﺎﻑَ ﺍﻟﻐﺮﻕَ
“ wahai Rasulullah, bagaimana cara shalat di
atas perahu? beliau bersabda: ‘shalatlah di
dalamnya sambil berdiri, kecuali jika
engkau takut tenggelam ‘” (HR. Ad
Daruquthni 2/68, dishahihkan Al Albani
dalam Shahih Al Jami 3777).
bagaimna mnurut ust????
Jawabanku ( Mahrus ali )
Asal usul hadis itu sbb:
Maaf bukan dari Ibnu Abbas
sebagaimana anda tulis, tapi dari Ibn Umar.
التحقيق في مسائل الخلاف (1/ 326)
حَدِيث الأول
411 - أَخْبَرَنَا ابْنُ عَبْدِ الْخَالِقِ
قَالَ أَنْبَأَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَحْمَدَ قَالَ أَنْبَأَنَا أَبُو
بَكْرِ بْنُ بِشْرَانَ حَدَّثَنَا الدَّارَقُطْنِيُّ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عبد
الله بن بشر حَدَّثَنَا جَابِرُ بْنُ كَرْدِيٍّ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ
عُلْوَانَ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ بُرْقَانَ عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ لَمَّا بَعَثَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
جَعْفَرَ بْنَ أَبِي طَالِبٍ إِلَى الْحَبَشَةِ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ
أُصَلِّي فِي السَّفِينَةِ قَالَ صَلِّ قَائِمًا إِلَّا أَنْ تَخْشَى الْغَرَقَ
1. …………………Jafar berkata: Wahai Rasulullah!
Bagaimana aku menjalankan salat di kapal?
Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: Salatlah dengan
berdiri kecuali bila kamu takut tenggelam.
لْحَدِيثُ الثَّانِي
412 - قَالَ الدَّارَقُطْنِيُّ وَحَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ هَارَونَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ التَّيْمِيُّ
قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْكُوفَةِ
مِنْ ثَقِيفٍ عَنْ جَعْفَرُ بْنُ بُرْقَانَ عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ عَنِ
ابْنِ عُمَرَ عَنْ جَعْفَرٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَمَرَهُ أَنْ يُصَلِّي قَائِمًا إِلَّا أَنْ يَخْشَى الْغَرَقَ
2. Intinya………………, sesungguhnya Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam memerintah
Ja`far untuk melakukan salat dengan
berdiri kecuali takut tenggelam.
الْحَدِيثُ الثَّالِثُ
413 - وَبِهِ قَالَ الدَّارَقُطْنِيُّ
وَحَدَّثَنا مُحَمَّدُ بْنُ مُوسَى بْنِ سَهْلٍ الْبَرْبَهَارِيُّ قَالَ
حَدَّثَنَا بشر بن فأفاء قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو نَعِيمٍ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ
بُرْقَانَ عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الصَّلَاةِ فِي السَّفِينَةِ
فَقَالَ صَلِّ قَائِمًا إِلَّا أَنْ تَخَافَ الْغَرَقَ
…………, Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam ditanya tentang salat di kapal , lalu beliau bersabda: shalat lah
dengan berdiri kecuali kamu takut tenggelam.
فِي هَذِهِ الْأَحَادِيثِ مَقَالٌ
أَمَّا الْأَوَّلُ فَقَالَ أَبُو حَاتِمٍ الرَّازِيُّ وَالدَّارَقُطْنِيُّ
حُسَيْنُ بْنُ عُلْوَانَ مَتْرُوكٌ وَقَالَ يَحْيَى بْنُ مَعِينٍ كَذَّابٌ وَقَالَ
ابْن عدي يضع الحَدِيث وأما الثَّانِي فَفِيهِ رَجُلٌ مَجْهُولٌ وَأَمَّا الثَّالِثُ
فَبِشْرٌ لَا يَعْرِفُ
Dalam hadis - hadis itu terdapat komentar .
Untuk hadis pertama , Abu Hatim l Razi dan Daroquthni bilang
: Husain bin Ulwan ditinggalkan ulama. Yahya bin Ma`in bilang : Dia pendusta. Ibn
Ady menyatakan: Dia pemalsu hadis
Komentarku ( Mahrus ali ):
وقال ابن عَدِيٍّ: يضع الحديث ("الكامل":
(2/359 - رقم: 489)
lihat al kamil 359/2 no 489.
Untuk hadis kedua : Terdapat perawi
yang tidak dikenal identitasnya ( pendusta, pemalsu hadis atau orang jujur )
Untuk hadis yang ketiga: Bisyir tidak dikenal.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Biasanya perawi yang seperti itu
karakternya, maka hadisnya di katakan
palsu.
Al bani menyatakan sahih.
صحيح الجامع الصغير للألباني (2/ 705)
- صل
قائما إلا أن تخاف الغرق
( ك ) عن ابن عمر .
قال الشيخ الألباني : ( صحيح ) انظر
حديث رقم : 3777 في صحيح الجامع
Liha di sahihul jami` 3777.
أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/
101)
وقال الحاكم:
" صحيح
على شرط مسلم ... ، وهو شاذ بمرة ". وكذا قال الذهبي. وهو كما قالا.
Al Hakim berkata: Hadis itu sahih
menurut sarat Muslim – dan ia adalah sangat
ganjil. Begitu juga Dzahabi. Dan yang benar adalah apa yang mereka
berdua katakan.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Tidak benar apa yang dikatakan oleh
Al Hakim , sebab Husain Bin Ulwan bukan
perawi Muslim, begitu juga Bisyir bin Fa`fa`. Hadis itu di sahihkan oleh al bani, bukan di
hasankan. Ia juga yang dilemahkan oleh Daroquthni, Yahya bin
Ma`in dan Ibn Ady.
Al bani mensahihkan tanpa alasan
yang jelas, lalu untuk apakah kita menerima pensahihan al bani tanpa alasan spt
itu. Kita harus menolaknya untuk menghurmati ilmu bukan menghinakannya. Tiga
imam itu melemahkan dengan alasan perawinya lemah dan di sebutkan namanya. Ini
gentle . Ini lebih layak diikuti dan
tidak di selisihi.
Untuk shalat di kapal , saya akan
membikin artikel sendiri insya Allah bila ada waktu.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan