د. بدر عبد الحميد هميسه
المذهبُ الأولُ: لا يعملُ به مطلقاً لا في الفضائلِ ولا في الأحكامِ , وهذا المذهب حكاهُ ابن سيد الناس عن الإمام يحيى بن معين،وإليه ذهب أبو بكر ابن العربي،والظاهر أنه مذهبُ البخاري ومسلم لما عرفناه من شروطهما للصحيح،وهو مذهب ابن حزم الظاهري والشهاب الخفاجي والجلال الدواني وغيرهم
http://www.saaid.net/Doat/hamesabadr/64.htm
Doktor Badar Abd Hamid Humaisah menulis sbb:
Madzhab yang pertama: Hadis lemah tidak boleh di amalkan secara mutlak, baik untuk masalah fadhilah ( a`mal _ } atau masalah hukum. Madzhab ini menurut Ibn Sayyidin nas di kisahkan dari Imam Yahya bin Ma`in . Begitu juga Abu bakar bin Al arabi.
Dhohirnya , ia juga madzhab Bukhari dan Muslim, sebab kita sudah tahu sarat – sarat perawi mereka berdua dalam kitab Sahih .
Ia juga mazhab Ibnu Hazm Al Dhahiri , Syihab al Khofaji, Jalal al dawani dll.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Yahya bin Main lahir 158 H.
Abu Bakar bin Al arabi lahir 468 H
Ibnu Hazem lahir 384 H.
Ketiganya ini juga tidak mau menggunakan hadis lemah baik untuk hukum atau fadhilah amal.
قال ابن حزم: \" والخامسُ شيءٌ نقل كما ذكرنا إما بنقل أهل المشرق والمغرب أو كافة عن كافة أو ثقة عن ثقة حتى يبلغ إلى النبي - صلى الله عليه وسلم - إلا أن الطريق فيه رجلٌ مجروحٌ يكذب أو فيه غفلةٌ أو مجهولُ الحال فهذا أيضاً يقول: به بعض المسلمين،ولا يحلُّ عندنا القولُ به ولا تصديقُُه ولا الأخذُ بشيء منه\" الفصل في الملل والأهواء والنحل-(ج 1 / ص 130 و180 ). وراجع هذا الرأي في : قواعد التحديث للقاسمي-( ص 72 ) و تدريب الراوي في شرح تقريب النواوي-( ص 232 ) و ومجموع الفتاوى (ج 18 / ص 65 ) وتيسير مصطلح الحديث (ص 12 ) ومنهج النقد في علوم الحديث (ص 292 ).
…………. Intinya Ibnu Hazm berkata: Hadis yang dikutip untuk kita , adakalanya di kutip penduduk barat dan timur , semua orang dari semuanya , orang terpercaya dari orang yang terpercaya sampai pada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam . Hanya saja di jalurnya ada lelaki yang cacat dusta, lupa , tidak dikenal . Hal sedemikian ini juga di bolehkan oleh sebagian kaum muslimin.
Untuk kami tidak boleh berpendapat dengannya, tidak boleh membenarkannya atau mengambilnya untuk pegangan.
Lihat di :
\" الفصل في الملل والأهواء والنحل-(ج 1 / ص 130 و180 ). وراجع هذا الرأي في : قواعد التحديث للقاسمي-( ص 72 ) و تدريب الراوي في شرح تقريب النواوي-( ص 232 ) و ومجموع الفتاوى (ج 18 / ص 65 ) وتيسير مصطلح الحديث (ص 12 ) ومنهج النقد في علوم الحديث (ص 292 ).
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan