Senin, Februari 13, 2017

Fase 4 ttg Dajjal

Fase 4 ttg Dajjal
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَأَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ قَالَا حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ سُبَيْعٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ قَالَ حَدَّثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar dan Ahmad bin Mani' keduanya berkata: telah menceritakan kepada kami Rauh bin 'Ubadah telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Abu 'Urubah dari Abu At Tayyah dari Al Mughirah bin Subai' dari 'Amru bin Huraits dari Abu Bakar Ash Shiddiq berkata: Telah menceritakan kepada kami Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam, beliau bersabda:
الدَّجَّالُ يَخْرُجُ مِنْ أَرْضٍ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الْمَجَانُّ الْمُطْرَقَةُ
"Dajjal akan keluar dari suatu negeri di arah timur bernama Khurasan, ia diikuti oleh kaum-kaum, sepertinya wajah mereka perisai mengilap / baru digosok ."
قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَعَائِشَةَ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ وَقَدْ رَوَاهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ شَوْذَبٍ وَغَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ وَلَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ أَبِي التَّيَّاحِ
Berkata Abu Isa: dalam hal ini ada hadits serupa dari Abu Hurairah dan 'Aisyah dan hadits ini hasan gharib, hadits ini diriwayatkan oleh Abdullah bin Syaudzab dan beberapa perawi dari Abu At Tayyah, kami hanya mengetahuinya dari hadits Abu At Tayyah.
HR Tirmidzi HADIST NO - 503
مسند أبي يعلى الموصلي (1/ 38)
[حكم حسين سليم أسد] : إسناده صحيح
Ust Husain Salim Asad mengatakan : Sanadnya sahih.
المسند الجامع (9/ 660)
أخرجه أحمد 1/4 (12) و1/7 (33) قال: حدَّثنا روح، قال: حدَّثنا سَعِيد بن أبي عَرُوبَة. و"عَبد بن حُميد" 4 قال: حدَّثنا روح بن عبادة، حدَّثنا سعيد بن أبي عروة. و"ابن ماجة" 4072 قال: حدَّثنا نصر بن علي الجَهْضَمِي، ومحمد بن بشار، ومحمد بن المثنى، قالوا: حدَّثنا رَوْح بن عُبَادة، حدَّثنا سَعِيد بن أبي عَرُوبة.
التِّرْمِذِيّ" 2237 قال: حدَّثنا محمد بن بشار، وأحمد بن مَنيع، قالا: حدَّثنا روح بن عبادة، حدَّثنا سعيد بن أبي عروة , عن أبي التَّيّاح، عن المُغيرة بن سُبَيْع، عن عَمْرو بن حُريث، فذكره.
Intinya hadis tsb dari satu orang bernama Rauh bin Ubadah . Identitasnya sbb:
ــ روح بن عبادة بن العلاء بن حسان بن عمرو بن مرثد القيسى ، أبو محمد البصرى ( من بنى قيس بن ثعلبة من أنفسهم )
الطبقة : 9 : من صغار أتباع التابعين
الوفاة : 205 أو 207 هـ
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة فاضل له تصانيف
مرتبته عند الذهبـي : الحافظ ، صنف الكتب ، و كان من العلماء
mausuah ruwatil hadis 1962
Intinya hadis tsb dr seorang bernama Rouh, wafatnya 205/207. Dia orang Basrah – Irak . bukan orang Madinah. Hal sedemikian ini menurut kajian saya kemarin sbg tanda kelemahannya. Dan ini jg dikatakan hadis munkar. Imam Tirmidzi sendiri sdh menyatakan hasan gharib.
Syekh Muqbil Al wadi`I murid Al bani mengatakan :
غَالِبُ تَحْسِيْنَاتِ التِّرْمِذِي ضِعَافٌ.
Kebanyakan hadis yang di hasankan oleh Tirmidzi adalah lemah .
Jadi penghasanan Tirmidzi itu belum bisa di buat pegangan atau landasan mutlak .
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan hadis.( tafarrud )
1. Ulama hadis dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci terhadap terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh ) dan hadis yang di riwayatkan oleh seorang perawi , lalu di anggap sebagai hadis yang terjelek sebagaimana di katakan oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu terjelek adalah yang gharib dan ilmu yang terbaik adalah yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).
جامع الأصول (10/ 360)
[تعليق أيمن صالح شعبان - ط دار الكتب العلمية]
قلت: في سنده سعيد بن أبي عروبة وهو كثير التدليس وقد عنعن، وأيضا قد اختلط وقد أورده ابن الكيال في الكواكب النيرات في معرفة من اختلط من الرواة الثقات.
Intinya : kata Ust Aiman Shalih sya`ban , sanad hadis terdapat Said bin Abi Arubah yg sering tadlis dan riwayatnya an`anah ( menggunakan kalimat an / bukan haddasana ) dan dia jg kabur hapalannya ……………..
وصححه الألباني في "صحيح سنن الترمذي" (1824).
Hadis tsb di sahihkan oleh al albani dlm kitab sahih Sunan Tirmidzi 1824.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di sahihkan oleh al bani atau lainnya ttp hadis tsb hanya dr satu orang yaitu Rauh bin Ubadah dr Irak bukan Madinah. Dan di tahun dua ratusan hijriyah hadis itu hanya diketahui satu orang. Ia lemah menurut Ustadz Aiman . Dan Imam Tirmudzi jg menyatakan nyeleneh .
Dari segi penilaian hadis, sdh bertentangan ada yg mensahihkan , menghasankan dan melemahkan. Tp setelah di kaji sanadnya ia lemah. Kita sekarang mengkaji redaksi hadis .
Dajjal keluar dari Khurasan ; Dimnkah Khurasan itu.
إن إقليم خراسان يوجد بين عدة دول وهي إيران وتركمانستان وأوزبكستان وطاجيكستان والواقعة في القارة الآسيوية، وتعدّ مدينة نيسابور وبلخ ومرو وهراة ومرو الشاهجان من أهم المدن الموجودة في إقليم خراسان.
Provinsi Khorasan ada di antara beberapa negara, yaitu Iran, Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan berada di benua Asia. Dan Nishapur, Balkh, Merv , Herat , Merv Ahahjan termasuk kota terpenting di daerah Khorasan.
إن أغلبية سكان إقليم خراسان هم من الفرس والبلوش والبشتون والترك، وكانت قديماً الديانة المجوسية قبل دخول الإسلام إلى إقليم خراسان هي الديانة السائدة
Mayoritas penduduk provinsi Khorasan adalah Persia , Baluchi , Pashtun, dan Turki, Dahulu agama mereka sebelum pengenalan Islam ke provinsi Khorasan adalah agama majusi yg dominan
وبعد ذلك إنضم العديد والكثير من أهالي إقليم خراسان إلى الديانة الإسلامية السنية والشيعية حيث إن المذهب الحنفي والمذهب الشافعي هما أكثر مذهبين متبعين في هذا الإقليم.
Setelah itu banyak orang dari penduduk provinsi Khorasan memeluk agama Islam, Sunni dan Syiah . Dimana mazhab Hanafi dan madzhab Syafi'i lebih lebih banyak diikuti di wilayah itu
http://mawdoo3.com/%D8%A3%D9%8A%D9%86_%D8%AA%D9%82%D8%B9_%D…
Cacat redaksi hadis lg adalah Dajjal keluar dari Khurasan, dimn penduduk disana sampai sekarang tdk tahu dimana lokasinya . Pd hal , ilmu tehnologi untuk mendeteksi lokasi, benda besi atau lainnya saat ini sdh canggih, transportasi juga sdh hebat. Tdk kelasik spt dulu. Tp mengapa mrk tdk menjumpainya. Ini hal yg sangat aneh, tdk nalar
Bila tdk ditemukan, mk sama dg hadis itu sekedar perkataan tanpa fakta.Dan ini sm dg kedustaan atas nama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam . Kan Dajjal itu akan keluar dan bukan dilahirkan dlm keadaan bayi dulu sbgmn ditemukan oleh Tamim Addari sesuai riwayat Muslim. Tamim addari dg sarana transportasi sederhana bisa menemukan Dajjal. Mk unik sekali bila sekaran dg peralatan yg canggih Dajjal mlh tdk dijumpai. Nalarnya hrs di temukan
Hadis itu menyatakan Dajjal di arah Timur , tp Tamim ad dari menemukannya d arah barat . Ini jg membingungkan, masak hadis bikin bingung.
Usia Dajjal yg sangat lm mulai dulu sampai sekarang juga bertentangan dg ayat
وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِّن قَبْلِكَ الْخُلْدَ أَفَإِن مِّتَّ فَهُمُ الْخَالِدُونَ
“Kami tidak menjadikan seorang pun sebelum engkau (hai Nabi), hidup kekal abadi.” (al-Anbiya’: 34)
Orang yg percaya keberadaan Dajjal akan kufur dg ayat itu.
Ust Abd Kadir bin Alwi assegaf menyatakan :
ولشدة التباس الأمر في ذلك سلك البخاري مسلك الترجيح, فاقتصر على حديث جابر عن عمر في ابن صياد، ولم يخرج حديث فاطمة بنت قيس في قصة تميم)
Karena masalah in membingungkan , makanya Bukhari menggunakan sistim tarjih. Beliau hanya meriwayatkan hadis Jabir dari Umar ttg Ibn Shayyad dan tdk meriwayatkan hadis Fathimah binti Qais ttg kisah Tamim yg menemukan Dajjal .
http://www.dorar.net/enc/aqadia/2327
Grup pengajianku di WA yg baru
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08813270751
082225929198
081384008118
0 857-8715-4455

0812-4194-6733
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan