Kamis, Desember 14, 2017

Fase ke 8 larangan jamak.

Fase ke 8 larangan jamak.
مسند أحمد ت شاكر (3/ 413)
3323 - حدثنا وكيع حدثنا الأعمش عن حَبيب بن أبي ثابت عن سعيد بن جُبير عن ابن عباس قال: جمع رسول الله - صلى الله عليه وسلم - بين الظهر والعصر، والمغرب والعشاء، في المدينة، من غير خوف ولا مطر، قلت لابن عباس: لم فعل ذلك؟، قال: كى لا يُحرج أُمتَه.
Ibnu Abbas ra berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjamak salat Dhuhur Asar dan Magrib dan Isya` di Madinah ( mukim / tdk berpergian ) dlm keadaan tdk takut atau ada hujan .
Aku berkata kpd Ibn Abbas : Mengapa melakukan begitu ?
Ibnu Abbas menjawab : Agar tdk menyulitkan umatnya.
سنن الترمذي ت بشار (6/ 230)
أخبرنا الكروخى، أخبرنا القاضى أبو عامر الازدي والشيخ أبو بكر الغورجى وأبو الْمظفر الدهان، قالوا، أخبرنا أبو محمد الجراحى، أخبرنا أبو العباس الْمحبوبى، أخبرنا أبو عيسى الترمذي، قال:
جميع ما في هذا الكتاب من الحديث هو معمول به، وبه أخذ بعض أهل العلم ماخلا حديثين:
حديث ابن عباس: أن النبي صلى الله عليه وسلم جمع بين الظهر والعصر بالمدينة، والمغرب والعشاء من غير خوف ولاسفر، ولا مطر.
وحديث النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: إذا شرب الخمر فاجلدوه فإن عاد في الرابعة فاقتلوه.
وقد بينا علة الحديثين جميعا في الكتاب.
Intinya : Imam tirmidzi tdk memakai hadis Ibnu Abbas yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjamak di rumah / waktu mukim.
التمييز في تلخيص تخريج أحاديث شرح الوجيز المشهور بـ التلخيص الحبير (3/ 978)
وأجاب أبو حامد عن هذا الجمع: بأنه جمع صوري، وهو أن يؤخر الأولى إلى آخر/ (4) وقتها، ويقدم الثانية عقبها في أول وقتها، وهذا قد جاء صريحا في "الصحيحين" (5) عن عمرو بن دينار قال: قلت: يا أبا الشعثاء، أظنه أخر الظهر وعجل العصر، وأخر المغرب وعجل العشاء، قال: وأنا أظن ذلك.
Intinya : Imam Ghazali menyatakan hadis Ibnu Abbas itu adalah untuk jamak suri ( bukan jamak taqdim atau ta`khir. )Dan pendapat tsb di dukung hadis yg muttafaq alaih.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kelirulah orang yg menjamak taqdim atau ta`khir dengan berpegangan kpd hadis tsb.

التمييز في تلخيص تخريج أحاديث شرح الوجيز المشهور بـ التلخيص الحبير (3/ 983)
وهو في "الموطأ" (1) دون قوله: (ولا مطر) فتفرد بها مسلم.
Intinya : dlm kitab al Muwattha` tanpa kalimat “ dlm keadaan tdk hujan ) ini hanya riwayat muslim .
المسند الجامع (8/ 462)
أخرجه مالك "الموطأ" 109 عن أبي الزبير المكي. و (الحميدي) 471 قال: حدثنا سفيان. قال: أخبرنا أبو الزبير. و "أحمد" 1/223 (1953) قال: حدثنا أبو معاوية، حدثنا الأعمش، عن حبيب. وفي 1/283 (2557) قال: حدثنا عبد الرزاق، حدثنا سفيان، عن أبي الزبير. وفي 1/349 (3265) قال: حدثنا سفيان، عن أبي الزبير. وفي 1/354 (3323) قال: حدثنا وكيع، حدثنا الأعمش، عن حبيب بن أبي ثابت. و"مسلم" 2/151 (1574) قال: حدثنا يحيى بن
سفيان، عن أبي الزبير (ح) وحدثنا المخزومي، حدثنا سفيان بمثله. وفي (972) قال: حدثنا يونس بن عبد الأعلى، أخبرنا ابن وهب، ان مالكا حدثه، عن أبي الزبير المكي.
كلاهما (أبو الزبير، وحبيب) عن سعيد بن جبير، فذكره.
- قَالَ أبو دَاوُدَ عقب (1210) : وَرَوَاهُ حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ نَحْوَهُ , عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ. وَرَوَاهُ قُرَّةُ بْنُ خَالِدٍ , عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ. قَالَ: فِى سَفْرَةٍ سَافَرْنَاهَا إِلَى تَبُوكَ.
- قال مالك عقب روايته: أرى ذلك في مطر.
Intinya : hadis tsb dari perawi tunggal yaitu Said bin Jubair . Dia adalah perawi Kufah – Irak bukan perawi Madinah. Dan ini tanda kelemahannya

ــ سعيد بن جبير بن هشام الأسدى الوالبى مولاهم الكوفى ، أبو محمد ، و يقال أبو عبد الله ( و والبة هو ابن الحارث بن ثعلبة )
المولد :
الطبقة : 3 : من الوسطى من التابعين
الوفاة : 95 هـ
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت فقيه
مرتبته عند الذهبـي : أحد الأعلام
Di kalangan tabiin tdk ada yg phm hadis itu kcl dia.

نصب الراية لأحاديث الهداية مع حاشيته بغية الألمعي في تخريج الزيلعي (2/ 194)
وَلَمْ يَقُلْ أَحَدٌ مِنَّا، وَلَا مِنْهُمْ، بِجَوَازِ الْجَمْعِ فِي الْحَضَرِ، قَالَ: فَدَلَّ عَلَى أَنَّ مَعْنَى الْجَمْعِ مَا ذَكَرْنَاهُ مِنْ تَأْخِيرِ الْأُولَى، وَتَعْجِيلِ الْأُخْرَى، قَالَ: وَأَمَّا عَرَفَةُ، وَجَمْعٌ فَهُمَا مَخْصُوصَانِ بِهَذَا الْحُكْمِ، انْتَهَى كَلَامُهُ.
Intinya: Imam Abdullah bin Yusuf az zaila`i menyatakan tidak ada ulama dari madzhab Hanafi atau lainnya yg memperkenankan jamak di rumah. Jadi hadis itu menunjukkan jamak suri .
115حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ مَنْصُورِ بْنِ زَاذَانَ عَنْ ابْنِ سِيرِينَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ مِنْ الْمَدِينَةِ إِلَى مَكَّةَ لَا يَخَافُ إِلَّا اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ( ت ) 547 – نسائي 1418 - أحمد 1788
……….., dari Ibnu Abbas: Sesungguhnya Nabi SAW keluar dari Medinah ke Mekkah tidak takut kecuali kepada Allah – Tuhan seru sekalian alam, lalu beliau menjalankan salat dua rakaat . Abu Isa berkata: Ini hadis hasan sahih. Tirmidzi 547 . Nasa`I 1418 . Ahmad 1788.
Dalam hadis di atas, jelas Rasul SAW pergi ke Mekkah dan tidak menjamak, tapi cukup salat qasar saja. Sudah tentu bersama sahabat – sahabatnya .Mengapa tiada sahabat yang menjamak termasuk Ibnu Abbas, Ibnu Umar dan Anas dikalangan mereka,bila hadis tentang Rasul SAW menjamak itu benar. Mengapa mereka mengqasar saja, tidak ada yang menjamak sama sekali, termasuk Ibnu Abbas yang meriwayatkan hadis tentang menjamak salat tadi.
Dlm keadaan takut di serang musuh sj tdk boleh jamak sbgmn ayat :
وَإِذَا كُنتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلَاةَ فَلْتَقُمْ طَائِفَةٌ مِّنْهُم مَّعَكَ وَلْيَأْخُذُوا أَسْلِحَتَهُمْ فَإِذَا سَجَدُوا فَلْيَكُونُوا مِن وَرَائِكُمْ وَلْتَأْتِ طَائِفَةٌ أُخْرَىٰ لَمْ يُصَلُّوا فَلْيُصَلُّوا مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوا حِذْرَهُمْ وَأَسْلِحَتَهُمْ ۗ وَدَّ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْ تَغْفُلُونَ عَنْ أَسْلِحَتِكُمْ وَأَمْتِعَتِكُمْ فَيَمِيلُونَ عَلَيْكُم مَّيْلَةً وَاحِدَةً ۚ وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِن كَانَ بِكُمْ أَذًى مِّن مَّطَرٍ أَوْ كُنتُم مَّرْضَىٰ أَن تَضَعُوا أَسْلِحَتَكُمْ ۖ وَخُذُوا حِذْرَكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ أَعَدَّ لِلْكَافِرِينَ عَذَابًا مُّهِينًا
Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu], dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu. NIsa` 102.

Bgtlah tata cara salat ketika berhadapan dg musuh . Di ayat itu tdk ada perintah untuk jamak , masak di rumah dlm keada an santai malah boleh jamak . Ini kekeliruan yg fatal.

Jamak di rumah atau dlm berpergian tdk boleh , sebab salat itu punya waktu sendiri sbgmn ayat 103 Nisa`.

Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika adzan Maghrib membatalkan puasa dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan