Fase ke 11 tentang larangan jamak salat.
جامع الأصول في أحاديث الرسول (5/ 712)
- ( د س ) جابر - رضي الله عنه - : أن
رسولَ الله -صلى الله عليه وسلم- خرجَ من مكَةَ قبل غروب الشمس ، فجمعَ بين
العشاءيْن بسَرِفَ ، وبينهما عشرة[ص:713] أميال ، وفي رواية أن رسولَ الله -صلى
الله عليه وسلم- غابت له الشمسُ بمكة ، فجمع بينهما بِسرفَ، قال هشام بن سعد
بينهما عشرة أميال. أخرج الثانية أبو داود والنسائي ، والأولى ذكرها رزين.
Jabir ra berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
keluar dari kota
Mekkah sebelum matahari terbenam , lalu menjamak salat Maghrib dan Isya` di
Sarif ( 10 mil dari Mekkah ). ……………
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (2/ 411)
) إسناده ضعيف، يحيى بن محمد الجاري -
وهو ابن عبد الله بن مهران المدني -
ضعفه البخاري وابن حبان والذهبي، ووثقه العجلي ويحيى
الزمى , وقال ابن عدي: ليس بحديثه بأس. عبد العزيز بن محمد: هو الدراوردي، ومالك: هو
ابن أنس الإمام.
وأخرجه النسائي في "المجتبي" (593) من طريق
يحيى بن محمد الجاري، بهذا الإسناد.
Intinya : Sanadnya lemah karena Yahya bin Muhammad al Jari
yg dilemahkan oleh Bukari, Ibn Hibban , Dzahabi ……………
Komentarku ( Mahrus ali ) : Hadis itu tdk bisa dibuat
pegangan. Bila menjamak salat dg dasar hadis itu, maka sesat dan keliru, menyimpang
dari jalan yg benar menuju jln yg salah.
جامع الأصول في أحاديث الرسول (5/ 713)
[قال أيمن صالح شعبان]
أخرجه أحمد (3/305) قال : حدثنا محمد بن فضيل ، قال : حدثنا
الأجلح. وفي (3/380) قال : حدثنا عبد الرزاق ، قال : سمعت الحجاج بن أرطاة. وأبو
داود (1215) قال : حدثنا أحمد بن صالح ، قال : حدثنا يحيى بن محمد بالجاري ، قال :
حدثنا عبد العزيز بن محمد ، عن مالك. والنسائي (1/287) قال : أخبرنا المؤمل بن
إهاب ، قال : حدثني يحيى بن محمد الجاري ، قال : حدثنا عبد العزيز بن محمد ، عن
مالك بن أنس.
ثلاثتهم - الأجلح ، وحجاج ، ومالك - عن
أبي الزبير ، فذكره.
Intinya hadis tsb hanya dari Abuz Zubair . Dia perawi
tunggalnya , bukan orang lain. Dan ini tanda kelemahan lg
ــ محمد بن مسلم بن تدرس القرشى الأسدى ، أبو الزبير
المكى ، مولى حكيم بن حزام
المولد :
الطبقة : 4 : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 126 هـ
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : صدوق إلا أنه يدلس
مرتبته عند الذهبـي : حافظ ثقة ، و كان مدلسا واسع العلم
، قال أبو حاتم : لا يحتج به
Intinya : Abu Hatim tdk mau berhujjah dg Abuz zubair perawi
hadis tsb. Hadisnya tdk di buat pegangan oleh Abu Hatim.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika
adzan Maghrib membatalkan puasa dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
jama%60 salat
- salat jamak dosa besar ke 14 sebagai bantahan kepada Doktor Abd Rahim bin Ibrahim al Hasyimi ( arab )
- salat jamak dosa besar ke 13 sebagai jawaban terhadap al albani
- Salat jamak dosa besar ke 9 sebagai jawabanku untuk Syaikh Muhammad Salih al munajjid
- Menjamak salat dosa besar , jawaban untuk ulama syi`ah
- Lanjutan kajian hadis Rasulullah menjamak salat di perang Tabuk fase 4
- Fase ke 23 tentang larangan jama`
- Fase ke 29 tentang larangan salat jama`
- fase ke 28 tentang larangan salat jama`
- Fase ke 27 tentang larangan jama`
- Fase ke 26 tentang larangan jama`
- Fase ke 25 tentang larangan jama`
- Fase ke 24 tentang larangan menjama` salat.
- Fase ke 22 tentang larangan menjama` salat.
- Fase ke 21 tentang larangan menjama` salat
- Fase ke 20 tentang larangan jama`
- Fase ke 19 tentang larangan jama1 salat .
- Fase ke 18 ttg larangan jama`
- Fase ke 17 ttg larangan jama`
- Fase ke 15 larangan jama` salat.
- Fase ke 14 larangan jama` salat
- Fase ke 16 ttg larangan jama`
- Fase ke 13 larangan salat jama`
- Fase ke 12. larangan menjama` salat
- Fase ke 10 tentangan larangan jamak salat .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan