Sabtu, Maret 23, 2019

Kajian ke 16





Kajian  ke  16


Tentang  ayat 13 – a4 Najem .
لمسات بيانية - للدكتور / فاضل صالح السامرائي
ولقد رآه نزلة أخرى * عند سدرة المنتهى * عندها جنّة المأوى:
استخدم كلمة نزلة وليس كلمة (مرّة) لأن النزلة من النزول فقال ولقد رآه نزلة أخرى أي عند نزوله - صلى الله عليه وسلم - رأى جبريل وهذا دليل على أنه - صلى الله عليه وسلم - صعد إلى مكان أعلى من الذي وصل إليه جبريل وفي رحلة عودته - صلى الله عليه وسلم - رأى جبريل عند نزوله وهذا مصداق الحديث أن جبريل - عليه السلام - قال للرسول - صلى الله عليه وسلم - تقدم وقال لو تقدمتُ لاحترقت.
اختيار سدرة المنتهى: المنتهى هي آخر شيء وآخر نقطة ومكانها عند جنّة المأوى.
Sentuhan grafis - oleh Dr. / Fadel Saleh Al Samurai
Rasul shallahu alaihi wasallam  melihat Jibril ketika turun yang lain di Sidra al-Muntaha, disisinya surga tempat berlindung. Dia menggunakan kata   “ turun / nazlah " dan bukan kata "sekali / marrah " karena nazlah  itu dari kalimatnuzul . Allah berfirman : "  Rasul melihat jibril ketika beliau turun. " -   Ini sebagai dalil bahwa Rasul naik ke tempat yang lebih tinggi  dari tempat Jibril. Dalam perjalanan kembali, Rasul  melihat Jibril ketika dia turun. Ini adalah kebenaran dari hadits yang Jibril (saw) mengatakan kepada Nabi  shallahu alaihi wasallam  jika dia maju akan terbakar
Pilihan Sidra Al-Montha: Hal terakhir dan titik  sesuatu dan titik tempat terakhir di sisinya surga tempat  perlindungan.
www.aljamaa.net/ar/2004/09/13/لمسات-بيانية-في-الإسراء-والمعراج
Komentarku ( Mahrus ali
Bila kita ikuti perkataan dari Doktor Fadel  saleh tsb , maka kita akan punya pemahaman bahwa Nabi shallahu alaihi wasallam pergi kepada Allah  untuk berbicara denganNya  dan ini akn menyalahi ayat :
تَعْرُجُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ
Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.  4 al ma`arij
Malaikat bila ingin pergi menghadap kepada Allah harus melewati masa  50 ribu tahun. Kok Disini Rasulullah shallahu alaihi wasallam tidak sampai satu malam.
Pada hal masih ada kemungkinan  ayat  itu di artikan:
وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَىٰ (13) عِندَ سِدْرَةِ الْمُنتَهَىٰ (14
 Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,
( 14 )   (yaitu) di Sidratil Muntaha.
Najem 13 – 14
Nabi  shallahu alaihi wasallam di bumi melihat Jibril  di sisi sidratul muntaha mau turun ke bumi . Seperti kita melihat bintang tertinggi dilangit , pada hal kita dibumi.  Dan tidak bertentangan dengan hadis yang menyatakan  setelah Isra` , masarakat quraisy ribut. Karena menganggap perjalanan Rasul shallahu alaihi wasallam ke masjidil aqsha itu tidak rasional bisa ditempuh dalam jarak semalam, mestinya beberapa bulan. Mereka  tidak paham tentang Mi`raj  dan tidak menanyakannya.
مختصر صحيح الإمام البخاري (1/ 321)
[أولُ سورةٍ أُنزلتْ فيها سجدةٌ: {والنّجْمِ}، فـ 6/ 52] قرَأَ النبيُّ - صلى الله عليه وسلم - {النَّجْمَ} بمكةَ، فسجَدَ فيها، وسجَدَ مَن معهُ [من القوم]، غيْرَ شيْخٍ، أَخذَ كفّاً من حَصىً، أو ترابٍ، ورفَعَهُ إلى جبْهَتهِ [فَسَجد عليه]، وَقَالَ: يَكْفِينَي هذا، فـ[لقد] رأيته بعدَ ذلكَ قُتِلَ كافراً [بالله 4/ 239، وهو أميةُ بن خَلَفٍ] (1).
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ أَخْبَرَنِي أَبُو أَحْمَدَ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ الْأَسْوَدِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
(BUKHARI - 4485) : Telah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali Telah mengabarkan kepadaku Abu Ahmad Telah menceritakan kepada kami Israil dari Abu Ishaq dari Al Aswad bin Yazid dari Abdullah radliallahu 'anhu
أَوَّلُ سُورَةٍ أُنْزِلَتْ فِيهَا سَجْدَةٌ وَالنَّجْمِ قَالَ فَسَجَدَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَجَدَ مَنْ خَلْفَهُ إِلَّا رَجُلًا رَأَيْتُهُ أَخَذَ كَفًّا مِنْ تُرَابٍ فَسَجَدَ عَلَيْهِ فَرَأَيْتُهُ بَعْدَ ذَلِكَ قُتِلَ كَافِرًا وَهُوَ أُمَيَّةُ بْنُ خَلَفٍ
dia berkata; Surat pertama kali diturunkan yang di dalamnya ada ayat sajdah adalah surat An Najm. Abdullah berkata;
Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan orang-orang yang berada dibelakang beliau pun bersujud, kecuali seorang laki-laki yang aku lihat ia mengambil segenggam tanah lalu ia bersujud di atasnya. Setelah itu aku melihat orang itu terbunuh dalam keadaan kafir. Ia adalah Umayyah bin Khalaf.
Komentarku ( Mahrus ali
Surat Najem dikatakan permulaan surat yang ada perintah untuk sujud. Berarti ia diturunkan di Mekkah sebelum surat al insyiqaq.
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَمُعَاذُ بْنُ فَضَالَةَ قَالَا أَخْبَرَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قَالَ
(BUKHARI - 1012) : Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim dan Mu'adz bin Fadhalah keduanya berkata, telah mengabarkan kepada kami Hisyam dari Yahya dari Abu Salamah berkata;
 رَأَيْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَرَأَ إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ فَسَجَدَ بِهَا فَقُلْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ أَلَمْ أَرَكَ تَسْجُدُ قَالَ لَوْ لَمْ أَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْجُدُ لَمْ أَسْجُدْ
"Aku melihat Abu Hurairah radliallahu 'anhu membaca idzas samaa-unsyaqqat (QS Al Insyiqaq) lalu dia sujud tilawah. Kemudian aku bertanya kepadanya: "Wahai Abu Hurairah mengapa anda melakukan sujud?" Maka dia menjawab: "Seandainya aku tidak melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sujud, tentu aku tidak akan sujud".
سورة الانشقاق

سبب التسمية :

يُقَالُ ‏لهَا ‏سُورَةُ ‏انْشَقَّتْ. لانها تتحدث عن انشقاق السماء يوم القيامة

التعريف بالسورة :

1) سورة مكية .

2) من المفصل .

3) آياتها 25 .

4) ترتيبها الرابعة والثمانون .

5) نزلت بعد سورة الانفطار .

6) بدأت باسلوب شرط " إذا السماء انشقت " و بها سجدة في الآية ( 21) .

7) الجزء (30 ) ـ الحزب ( 59) ـ الربع ( 4) .
https://www.tunisia-sat.com/forums/threads/1523595/
Surah Al - Syiqaq
Alasan pemberian nama :
Dikatakan Surat  insyiqaq. Karena itu berbicara tentang langit terbelah pada Hari Kebangkitan

5) نزلت بعد سورة الانفطار .

6) بدأت باسلوب شرط " إذا السماء انشقت " و بها سجدة في الآية ( 21) .

7) الجزء (30 ) ـ الحزب ( 59) ـ الربع ( 4) .
https://www.tunisia-sat.com/forums/threads/1523595/
Definisi surat:
1) Surat Makiya.
2) termasuk  surat al mufasshol.
3) Ayat-ayatnya 25.
4) nomor urut delapan puluh empat.
5) di turunkan setelah Surat Al-Infitar.
6) dimulai dengan cara syartiyah ( Jika )  "jika langit pecah" dan sujud dalam ayat (21).
Juz  (30) Hizb (59) Perempat (4
Jadi turunnya surat Najem itu masih waktu permulaan dakwah di Mekkah. Bukan menjelang  atau ketika Isra`. Tidak benar bila ayat 13-14 Najem di artikan ketika Rasul shallahu alaihi wasallam di angkat ke langit di sidrat muntaha. Sebab ayat itu tidak ada kaitannya dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Isra` dan Mi`raj . Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dibumi melihat Jibril di langit.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan