ومما
يقتضي
بيانه
شرعاً
ما
في
هذه
المرويات
من
الطامات
والخرافات
التي
لا
تصح
ديناً
،
ولا
تقبل
عقلاً
على
الرغم
من
أنها
صيغت
بصياغة
توهم
قارءَ
ها
بأنها
من
الدين
،
Penting untuk
dijelaskan secara syara` dalam riwayat itu terdapat bahaya takhayul ini yang bukan agama yang
sah, dan tidak diterima pikiran, meskipun dirancang kata-kata dari ilusi yang
bikin para pembaca menyangka ia termasuk agama,
فكانوا
بين
معتقدٍ
بتلك
الضلالات
ومنكرٍ
لها
،
وبالتالي
فإن
إنكار
من
أنكرها
إنكارٌ
- حسب
ظنه
ـ
لعقائد
الدين
،
التي
غدت
بالية
حسب
اعتقاده
لا
تواكب
العصر
وتخالف
العلم
الحديث
،
وكلتا
الحالتين
خطر
على
الأمة .
Mereka berada di antara orang yang percaya pada kesesatan
tsb dan penolaknya. Karenanya penolakan
terhadap orang yang ingkar kesesatan tsb ber arti ingkar menurut pendapatnya terhadap doktrin / akidah agama, yang menjadi usang menurut
keyakinannya, tidak sejalan dengan zaman modern dan bertentangan dengan ilmu
pengetahuan modern. Keduanya berbahaya bagi
umat.
وأحب
أن
أنقل
هنا
بإيجاز
وتصرف
ما
حبره
يراع
الدكتور
محمد
سعيد
رمضان
البوطي
في
كتابه
(تجربة
التربية
الإسلامية
في
ميزان
البحث
) ،
وهو
يقص
علينا
أن
ثلة
من
العوام
اجتمعوا
في
بيت
أحدهم
بمناسبة
الإسراء
والمعراج
،
Saya ingin menyampaikan di sini secara singkat dan
mengedit apa yang
diamati oleh Dr. Mohammed Sa`id Ramadan
Al-Bouti dalam bukunya "Pengalaman Pendidikan Islam dalam Neraca
Penelitian," memberi tahu kita bahwa sekelompok orang biasa berkumpul di
rumah salah satu dari mereka pada kesempatan Isra dan Maraj,
وبدأ
أحدهم
يتلو
عليهم
هذه
المرويات
من
كتاب
(الإسراء
والمعراج
لابن
عباس)
واستمع
الحاضرون
إلى
أن
السماء
الأولى
من
نحاس
،
والثانية
من
حديد
،
والثالثة
من
ذهب
أو
قصدير
،
وأن
القمر
معلق
في
إحدى
هذه
السماوات
،
Dan salah satu dari mereka mulai membacakan riwayat =
riwayat ini dari buku (Isra dan Mi`raj Ibn Abbas) dan mereka mendengarkan audiensi
bahwa langit pertama dari tembaga, dan yang kedua dari besi, dan yang ketiga
dari emas atau timah, dan bahwa bulan tergantung di salah satu langit – langit
ini.
وأما
الشمس
ففي
السماء
الأعلى
منها(4)،
لم
يتمالك
ابن
صاحب
الدار
المجتمعين
فيه
نفسه
،
وكان
على
حظ
لا
بأس
به
من
الثقافة
العامة
،
بيد
أنه
قليل
البضاعة
من
الثقافة
الدينية
،
فقاطع
القارئ
قائلاً
: كفى
تدجيلاً
،
فثار
عليه
الحضور
ورموه
بالإلحاد
وتكذيب
ما
جاء
به
الرسول(صلى
الله
عليه
وسلم) .
Adapun matahari di langit
yang lebih tinggi (4), putra pemilik rumah tidak bisa mengendalikan
dirinya, dan ia memiliki bagian baik
dalam budaya umum, tetapi ia tidak memiliki banyak budaya religius, dan ia
menyela pembaca dengan mengatakan:
Ini cukup besar
kedustaannya . Audien malah marah dan
melemparkan ateisme padanya dan
menyangkal apa yang di bawa oleh nabi
shallahu alaihi wasallam
لم
يجد
بداً
من
الرد
عليهم
إلا
أن
يقول
: إذا
كان
هذا
ما
يقوله
الرسول
فأنا
غير
مستعد
أن
أبيع
عقلي
في
سبيل
الإيمان
بذلك
،
طرد
الشاب
من
داره
،
وخرج
وقد
استقر
في
عقله
أن
الدين
مجموعة
خرافات
وأوهام.
Tampaknya tidak menanggapi mereka hanya dia mengatakan:
Jika ini yang dikatakan Rasul saya tidak siap untuk menjual pikiran saya untuk
mempercayainya, diusirlah pemuda itu dari rumahnya, dan pergi keluar dan
menetap di pikirannya bahwa agama adalah serangkaian mitos dan ilusi
فقلت
له
: ولكن
من
أين
لك
المخطط
الجغرافي
والتحليل
الكيميائي
لأمر
السماوات
وأفلاكها؟!
Saya berkata kepadanya: Tetapi dari mana Anda mendapatkan
rencana geografis dan analisis kimiawi tentang
tatanan langit dan planet mereka?!
قال
: من
كتاب
المعراج.
قلت
: أي
معراج
؟!
قال:
معراج
ابن
عباس
. وهنا
أدركت
سر
ما
به
من
إلحاد
،
ومصدر
ذلك
،
فقلت
له
بهدوء:
ولكن
هل
ترك
عبد
الله
بن
عباس
وراءه
أي
مؤلف
أو
كتاب(5)
؟!
Dia berkata: Dari kitab Mi`raj. Saya berkata: Kitab Mi`raj yang mana ?! Dia berkata: Mi`raj Ibn Abbas. Dan di sini
saya menyadari rahasia ateismenya, dan sumbernya. Saya berkata kepadanya dengan lirih: Tetapi apakah
Abdullah bin Abbas meninggalkan buku atau karangan (5) ?!
ومما
يؤسف
له
أن
بعض
أئمة
الجمعة
أخذوا
يعتمدون
هذه
المرويات
مصدراً
يصدرون
عنها
الحديث
عن
الإسراء
والمعراج
كلما
عادت
ذكراه
،
Sangat disesalkan bahwa beberapa imam Jumat telah
mengadopsi cerita – cerita ini sebagai sumber untuk berbicara tentang Isra dan
Mi`raj setiap kali peringatan isra` datang,
بل
إني
وجدت
بعض
الكراريس
المؤلفة
في
هذا
الموضوع
قد
اعتمدت
كلياً
أو
جزئيا
على
تلك
المرويات
،
ولقد
شكا
إلي
بعض
المطلعين
من
الأئمة
والخطباء
من
مواجهته
لصعوبة
إقناع
المصلين
في
مسجده
Tetapi saya menemukan beberapa buku kecil yang disusun
dalam tema ini telah berpegangan seluruhnya atau sebagian pada cerita itu, dan
beberapa orang yang telah membaca dari
para imam dan pengkhotbah mengeluhkan kesulitan untuk meyakinkan jamaah di masjidnya.
بأن
كثيراً
من
مرويات
الإسراء
والمعراج
الواردة
في
الكتاب
المنسوب
لابن
عباس
لا
أساس
لها
من
الصحة
في
الجملة
،
Bahwa banyak dari riwayat Isra dan Mi'raaj yang
terkandung dalam buku Ibn Abbas tidak berdasar dengan dasar yang sah secara
total
فلم
يستوعب
ذلك
عدد
كبير
منهم
لشهرة
الكتاب
وكثرة
طبعاته
منذ
أكثر
من
قرابة
نصف
قرن
،
ودور
النشر
تجني
من
ورائه
الأرباح
المادية
؛
Ini belum sadar sebagian besar dari mereka karena
ketenaran buku dan jumlah edisi lebih dari setengah abad yang lalu, penerbit
menerbitkan untuk meraih keuntungan material;
ولأن
ما
ورد
فيه
من
تفاصيل
قد
طرقت
مسامعهم
مرارا
وتكرارا
من
كل
من
سبقه
في
العمل
في
المسجد.
Dan karena detail detailnya telah terdengar berulang kali
dari semua orang dulu dalam pekerjaan di
masjid.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan