Kajianku
tentang Mi`raj
ke 1
حَدَّثَنَا
يَحْيَى
بْنُ
بُكَيْرٍ
قَالَ
حَدَّثَنَا
اللَّيْثُ
عَنْ
يُونُسَ
عَنْ
ابْنِ
شِهَابٍ
عَنْ
أَنَسِ
بْنِ
مَالِكٍ
قَالَ
كَانَ
أَبُو
ذَرٍّ
يُحَدِّثُ
أَنَّ
رَسُولَ
اللَّهِ
صَلَّى
اللَّهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
قَالَ
فُرِجَ
عَنْ
سَقْفِ
بَيْتِي
وَأَنَا
بِمَكَّةَ
فَنَزَلَ
جِبْرِيلُ
صَلَّى
اللَّهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
فَفَرَجَ
صَدْرِي
ثُمَّ
غَسَلَهُ
بِمَاءِ
زَمْزَمَ
ثُمَّ
جَاءَ
بِطَسْتٍ
مِنْ
ذَهَبٍ
مُمْتَلِئٍ
حِكْمَةً
وَإِيمَانًا
فَأَفْرَغَهُ
فِي
صَدْرِي
ثُمَّ
أَطْبَقَهُ
ثُمَّ
أَخَذَ
بِيَدِي
فَعَرَجَ
بِي
إِلَى
السَّمَاءِ
الدُّنْيَا
1.(BUKHARI -
336) : Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair berkata, telah
menceritakan kepada kami Al Laits dari Yunus dari Ibnu Syihab dari Anas bin
Malik berkata, Abu Dzar menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: "Saat aku di Makkah atap rumahku terbuka ( maksudnya
dibuka oleh Jibril ) , tiba-tiba datang Malaikat Jibril Alaihis Salam. Lalu dia
membelah dadaku kemudian mencucinya dengan menggunakan air zamzam. Dibawanya
pula bejana terbuat dari emas berisi hikmah dan iman, lalu dituangnya ke dalam
dadaku dan menutupnya kembali. Lalu dia memegang tanganku dan membawaku menuju
langit dunia.
فَلَمَّا
جِئْتُ
إِلَى
السَّمَاءِ
الدُّنْيَا
قَالَ
جِبْرِيلُ
لِخَازِنِ
السَّمَاءِ
افْتَحْ
قَالَ
مَنْ
هَذَا
قَالَ
هَذَا
جِبْرِيلُ
قَالَ
هَلْ
مَعَكَ
أَحَدٌ
قَالَ
نَعَمْ
مَعِي
مُحَمَّدٌ
صَلَّى
اللَّهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
فَقَالَ
أُرْسِلَ
إِلَيْهِ
قَالَ
نَعَمْ
فَلَمَّا
فَتَحَ
عَلَوْنَا
السَّمَاءَ
الدُّنْيَا
فَإِذَا
رَجُلٌ
قَاعِدٌ
عَلَى
يَمِينِهِ
أَسْوِدَةٌ
وَعَلَى
يَسَارِهِ
أَسْوِدَةٌ
إِذَا
نَظَرَ
قِبَلَ
يَمِينِهِ
ضَحِكَ
وَإِذَا
نَظَرَ
قِبَلَ
يَسَارِهِ
بَكَى
Tatkala aku sudah sampai di langit dunia, Jibril Alaihis
Salam berkata kepada Malaikat penjaga langit, 'Bukalah'. Malaikat penjaga
langit berkata, 'Siapa Ini? ' Jibril menjawab, 'Ini Jibril'. Malaikat penjaga
langit bertanya lagi, 'Apakah kamu bersama orang lain? ' Jibril menjawab,
"Ya, bersamaku Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.' Penjaga itu
bertanya lagi, 'Apakah dia diutus sebagai Rasul? ' Jibril menjawab, 'Benar.'
Ketika dibuka dan kami sampai di langit dunia, ketika itu ada seseorang yang
sedang duduk, di sebelah kanan orang itu ada sekelompok manusia begitu juga di
sebelah kirinya. Apabila dia melihat kepada sekelompok orang yang di sebelah
kanannya ia tertawa, dan bila melihat ke kirinya ia menangis.......
صحيح
البخاري
(4/ 109)
- حَدَّثَنَا
هُدْبَةُ
بْنُ
خَالِدٍ،
حَدَّثَنَا
هَمَّامٌ،
عَنْ
قَتَادَةَ،
ح
وقَالَ
لِي
خَلِيفَةُ:
حَدَّثَنَا
يَزِيدُ
بْنُ
زُرَيْعٍ،
حَدَّثَنَا
سَعِيدٌ،
وَهِشَامٌ،
قَالاَ:
حَدَّثَنَا
قَتَادَةُ،
حَدَّثَنَا
أَنَسُ
بْنُ
مَالِكٍ
عَنْ
مَالِكِ
بْنِ
صَعْصَعَةَ
رَضِيَ
اللَّهُ
عَنْهُمَا
قَالَ
قَالَ
النَّبِيُّ
صَلَّى
اللَّهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
بَيْنَا
أَنَا
عِنْدَ
الْبَيْتِ
بَيْنَ
النَّائِمِ
وَالْيَقْظَانِ
وَذَكَرَ
يَعْنِي
رَجُلًا
بَيْنَ
الرَّجُلَيْنِ
فَأُتِيتُ
بِطَسْتٍ
مِنْ
ذَهَبٍ
مُلِئَ
حِكْمَةً
وَإِيمَانًا
فَشُقَّ
مِنْ
النَّحْرِ
إِلَى
مَرَاقِّ
الْبَطْنِ
ثُمَّ
غُسِلَ
الْبَطْنُ
بِمَاءِ
زَمْزَمَ
ثُمَّ
مُلِئَ
حِكْمَةً
وَإِيمَانًا
وَأُتِيتُ
بِدَابَّةٍ
أَبْيَضَ
دُونَ
الْبَغْلِ
وَفَوْقَ
الْحِمَارِ
الْبُرَاقُ
فَانْطَلَقْتُ
مَعَ
جِبْرِيلَ
حَتَّى
أَتَيْنَا
السَّمَاءَ
الدُّنْيَا
2. Telah
bercerita kepada kami Anas bin Malik dari Malik bin Sha'sha'ah radliallahu
'anhuma berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ketika aku
berada di sisi Baitullah antara tidur dan sadar". Lalu Beliau menyebutkan,
yaitu: "Ada seorang laki-laki diantara dua laki-laki yang datang kepadaku
membawa baskom terbuat dari emas yang dipenuhi dengan hikmah dan dan iman lalu
orang itu membelah badanku dari atas dada hingga bawah perut, lalu dia mencuci
perutku dengan air zamzam kemudian mengisinya dengan hikmah dan iman. Kemudian
aku diberi seekor hewan tunggangan putih yang lebih kecil dari pada baghal
namun lebih besar dibanding keledai bernama al-Buraq. Maka aku berangkat
bersama Jibril Alaihissalam, hingga sampai di langit dunia.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis pertama
menjelaskan bahwa malam mi`raj ,Rasul berada di rumahnya lalu atapnya di buka
Hadis kedua menjelaskan bahwa saat itu ( Mi`raj ) Rasul berada di masjidil haram atau dekat
baitullah , lalu mana yg benar yg bisa di buat pegangan? Redaksi hadis kacau
Hadis pertama menjelaskan
malam Mi`raj hanya Jibril yg
datang kepada Nabi untuk bermi`raj.
Hadis kedua sama diriwayatkan oleh Bukhari menyatakan
saat itu yg datang tiga lelaki
( malaikat ) . lalu mana yg benar
di antara dua riwayat dlm Bukhari itu.
Hadis pertama tidak ada keterangan Buroq didatangkan.
Tapi langsung naik ke langit bersama Jibril tanpa pergi ke Baitul maqdis
Hadis kedua menjelaskan didatangkan buroq lalu pergi ke
langit tanpa ada keterangan pergi ke baitul maqdis.
Dari segi redaksi
hadis kacau belau dan ini sebagai tanda hadis lemah. Dlm ilmu mustholah
dikatakan :
وَذُو
اخْتِلاَفِ
سَنَدٍ
أَوْ
مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ
عِنْدَ
أُهَيْلِ
اْلفَنِ
Kekacauan sanad atau redaksi termasuk
mudhtharib menurut ahli mustholah hadis
-البخاري في التاريخ الكبير.." مالك بْن صعصعة روى عنه أنس بْن مالك حديث المعراج"..(7/300)
2-البغوي في معجم الصحابة .." مالك بن صعصعة الأنصاري
من
بني
النجار
من
رهط
أنس
بن
مالك
سكن
المدينة
وروى
عن
النبي
صلى
الله
عليه
وسلم
حديثين"..(5/187)
3-ابن أبي حاتم في الجرح والتعديل.." مالك بن صعصعة روى عن النبي صلى الله عليه وسلم في المعراج روى عنه أنس بن مالك"..(8/211)
4-ابن حبان في الثقات.." مالك بن صعصعة بن مازن بن النجار ثم من بني عوف بن مبذول بن عمرو بن غنم بن مازن سمع النبي صلى الله عليه وسلم يذكر المعراج"..(3/377)
5-ابن حبان في مشاهير علماء الأمصار.." مالك بن صعصعة من بنى مازن بن النجار من الانصار وهو الذي حفظ حديث المعراج بطوله مات بالمدينة"...(1/51)
6-الكلاباذي في الهداية والإرشاد.." مالك بن صعصعة المديني سكن البصرة سمع النبي صلى الله عليه وسلم روى عنه أنس بن مالك في (بدء الخلق) و (الأنبياء) حديث المعراج"..(2/691)
7- ابن منجوية الأصفهاني في رجال صحيح مسلم..." مالك بن صعصعة روى عن النبي صلى الله عليه وسلم في المعراج روى عنه أنس بن مالك"..(2/218)
8-أبو نعيم في معرفة الصحابة..." مالك بن صعصعة الأنصاري روى عنه أنس بن مالك"..(2/ 2452)
9-ابن عبدالبر في الاستيعاب.." مالك بن صعصعة الأنصاري المازني، من بني مازن بن النجار.روى عنه أنس بن مالك حديث الاسراء"..(3/ 1352)
10-أبو الوليد الباجي في التعديل والجرح.." مالك بن صعصعة المدني سكن البصرة أخرج البخاري في بدء الخلق والأنبياء حديث المعراج عن أنس بن مالك عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم"..(2/695)..
Intinya : Imam Bukhari, Ibnu Abi Hatim , Al Baghawi ,
Ibnu Hibban, Al Kalabadzi , Ibnu Manjaweh , Abu Nuaim , Ibn Abdil bar Abul
Walid menyatakan bahwa Malik bin Sha`shaah sahabat yg meriwayatkan hadis Mi`raj yg panjang itu.
رُوي
لمالك
بن
صعصة
عن
الرسول
صلى
الله
عليه
وسلم
خمسة
أحاديث
اتفق
البخاري،
ومسلم
على
أحدها
وهو
حديث
الإسراء
والمعراج
[6]،
وروى
له
ايضًا
التِّرْمِذِيّ،
والنَّسَائي.
Intinya : Malik bin Sha`shaah
hanya meriwayatkan lima hadis dan yang muttafaq
alaih hanya satu yaitu hadis Isra` dan Mi`raj
. Imam Tirmidzi dan Nasa`I juga
meriwayatkannya.
قال الدَّارَقُطْنِيّ: لم يرو عنه غير أنس بن مالك ولا رواه عنه (يعني حديث المعراج) غير قتادة.«الإلزامات والتتبع» صفحة 79.[7]
Daroquthni berkata :
Hadis riwayat Malik bin Sho`shoah
itu hanya diriwayatkan oleh Anas bin Malik
lalu dari Anas hanya diriwayatkan oleh
Qatadah. Lihat di al ilzamat 79.
حَدَّثَنَا
إِسْمَاعِيلُ
قَالَ
حَدَّثَنِي
أَخِي
عَنْ
سُلَيْمَانَ
عَنْ
شَرِيكِ
بْنِ
عَبْدِ
اللَّهِ
بْنِ
أَبِي
نَمِرٍ
سَمِعْتُ
أَنَسَ
بْنَ
مَالِكٍ
يُحَدِّثُنَا
عَنْ
لَيْلَةِ
أُسْرِيَ
بِالنَّبِيِّ
صَلَّى
اللَّهُ
عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
مِنْ
مَسْجِدِ
الْكَعْبَةِ
جَاءَهُ
ثَلَاثَةُ
نَفَرٍ
قَبْلَ
أَنْ
يُوحَى
إِلَيْهِ
وَهُوَ
نَائِمٌ
فِي
مَسْجِدِ
الْحَرَامِ
3. (3.
BUKHARI - 3305) : Telah bercerita kepada kami Isma'il berkata telah bercerita
kepadaku saudaraku dari Sulaiman dari Syarik bin Abdullah bin Abu Namir, aku
mendengar Anas bin Malik bercerita kepada kami tentang perjalanan malam isra'
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dari masjid Kabah (Al Haram). Ketika itu,
beliau didatangi oleh tiga orang (malaikat) sebelum beliau diberi wahyu,
Komentarku ( Mahrus ali
Hadis ketiga ini menyatakan bahwa saat itu, Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam belum diutruni wahyu. Ber arti beliau masih belum mengerti isi al quran juga belum mengerti tentang iman yang
sebenarnya , lihat ayat sbb:
وَكَذَٰلِكَ
أَوْحَيْنَا
إِلَيْكَ
رُوحًا
مِّنْ
أَمْرِنَا ۚ مَا
كُنتَ
تَدْرِي
مَا
الْكِتَابُ
وَلَا
الْإِيمَانُ
وَلَٰكِن
جَعَلْنَاهُ
نُورًا
نَّهْدِي
بِهِ
مَن
نَّشَاءُ
مِنْ
عِبَادِنَا ۚ وَإِنَّكَ
لَتَهْدِي
إِلَىٰ
صِرَاطٍ
مُّسْتَقِيمٍ
Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran)
dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al
Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al
Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di
antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk
kepada jalan yang lurus. 52 Syura
Ber arti saat itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
belum menerima wahyu berupa surat –
surat Makkiyah dll. Ini malah tidak
tepat. Sebab Isra` dan Mi`raj itu
kejadianya di saat usia Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berusia
sekitar 50 tahun. Dan menjelang hijrah
ke Madinah.
جامع الأصول (11/ 305)
1) قال
النووي:
في
رواية
شريك
أوهام
أنكرها
العلماء،
من
جملتها
أنه
قال:
" قبل
أن
يوحى
إليه
" وهو
غلط
لم
يوافق
عليه،
والإجماع
على
أن
الصلاة
فرضت
ليلة
الإسراء،
وفي
سياق
الحديث
جواب
جبريل
على
سؤال
خزنة
السماوات
" نعم
بعث
إليه
"،
وقال
ابن
كثير
في
التفسير:
إن
شريك
بن
عبد
الله
بن
أبي
نمر
اضطرب
في
الحديث
وساء
حفظه
ولم
يضبطه.
Imam Nawawi menyatakan Riwayat Syarik ini terdapat banyak
kekeliruan yang diingkari oleh para ulama termasuk beliau menyatakan : Saat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
belum dituruni wahyu…………………………………………..
Ibnu Katsir juga menyatakan dalam kitab tafsirnya perawi Syarik bin Abdillah bin Abi Namir
kacau dalam menyampaikan hadis
hapalannya jelek dan tidak tepat. Jamiul ushul 305/11.
Bila
dikatakan mungkin juga Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam dibelah dadanya
dua kali – satu kali di rumahnya
dan satu kali lagi di masjidil haram .
Saya katakan : Kedua kasus tersebut ketika akan Mi`raj ,
masak dilakukan operasi dua kali .
Para Nabi yang lain menerima ajaran salat , zakat dan
lain – lain tanpa di bedah juga tanpa di Mi`raj kan. Al quran hanya menyebut Isra`, mengapa di
tambahi adanya Mi`raj ? .
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan