Untuk hadis ini:
- عَنْ سَالِمٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ
قَالَ قَالَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم:
إِذَا مَاتَ الرَّجُلُ عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدُهُ
بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِىِّ إِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَالْجَنَّةُ وَإِنْ
كَانَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ فَالنَّارُ قَالَ ثُمَّ يُقَالُ هَذَا مَقْعَدُكَ
الَّذِى تُبْعَثُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.
Dari Salim dari Ibnu Umar berkata : Nabi bersabda
: Bila seorang lelaki meninggal dunia , maka tempatnya setiap pagi dan sore di tampakkan
kepadanya . Bila dia termasuk
ahli surga maka surga . Dan bila termasuk penghuni neraka , maka neraka . lalu di katakan : Ini tempatmu , kamu akan di bangkitkan pada hari kiamat
untuk menempati tempat itu . HR Muslim 160/8 – 7314.
Hadia tsb dr segi sanad adalah hanya Ibnu Umar yg
meriwayatkannya bukan orang lain. Selain beliau , tiada yg tahu. Hanya beliau
yg phm hadis itu. Para sahabat yg lain sampai
mati tdk kenal dg hadis tsb. Bolah lihat keterangan sbb:
المسند الجامع (10/ 233)
أخرجه مالك "الموطأ" 641 و"أحمد" 2/16
(4658) قال: حدثنا يحيى، عن عُبيد الله. وفي 2/50 (5119) قال: حدثنا إسماعيل،
أخبرنا أيوب. وفي 2/59 (5234) قال: حدثنا وكيع، حدثنا فُضَيْل بن غَزْوان. وفي 2/113
(5926) قال: حدثنا إسحاق، أخبرني مالك. وفي 2/123 (6059) قال حدثنا يُونس، حدثنا
ليث. و"البُخَارِي" 2/124 (1379) قال: حدثنا إسماعيل. قال: حدثني مالك. وفي
4/142 (3240) قال: حدثنا أحمد بن يُونس، حدثنا الليث بن سَعْد. وفي 8/134 (6515) قال:
حدثنا أبو النعمان، حدثنا حَمَّاد بن زَيْد، عن أيوب. و"مسلم" 8/160 (7313)
قال: حدثنا يحيى بن يحيى. قال: قرأتُ على مالك. و (اابن ماجة) 4270 قال: حدثنا أبو
بكر بن أبي شَيْبَة، حدثنا عبد الله بن نُمَيْر، حدثنا عُبَيْد الله بن عُمر. والتِّرْمِذِيّ"
1072 قال: حدثنا هَنَاد، حدثنا عَبْدة، عن عُبَيْد الله. و"النَّسائي" 4/106،
وفي "الكبرى" 2208 و11399 قال: أخبرنا قُتَيبة. قال: حدثنا الليث. وفي 4/107،
وفي "الكبرى" 2209 قال: أخبرنا إسحاق بن إبراهيم. قال: أنبأنا الُمعتمر.
قال: سَمِعْتُ عُبَيْد الله يحدث. وفي 4/107، وفي "الكبرى" 2210 قال: أخبرنا
مُحَمَّد بن سلمة، والحارث بن مسكين، قراءةً عليه، وأنا أسمع، عن ابن القاسم، قال:
حدثني مالك.
خمستهم (مالك، وعُبَيْد الله، وأيوب السَّخْتِيَاني،
وفُضَيل، والليث بن سَعْد) عن نافع، فذكره.
- في رواية إسماعيل بن عُلَيَّة، عن
أيوب. قال: أحسبه قد رفعه إلى النبي , صلى الله عليه وسلم إذا
مَاتَ الرَّجُلُ عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدُهُ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِىِّ
إِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَالْجَنَّةُ وَإِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ
النَّارِ فَالنَّارُ قَالَ ثُمَّ يُقَالُ هَذَا مَقْعَدُكَ الَّذِى تُبْعَثُ
إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.
أخرجه عبد بن حُميد (730. ومُسْلِم 8/160 (7314) قال: حدثنا
عَبْد بن حُميد، أخبرنا عبد الرزاق، أخبرنا مَعْمر، عن الزُّهْري، عن سالم، فذكره.
Intinya , hadis tsb dimnapun dan kapanpun di jumpai hanya dari Ibnu Umar. Tafarrudnya pd Ibnu
Umar. Perawi tunggalnya adalah Ibn Umar, bukan orang lain. Sahabat yg lain tdk
kenal pdnya.
وأصل السند: هو طرفه الذي فيه الصحابي، والصحابي حلقة من
حلقات السند، أي إذا تفرد الصحابي برواية الحديث، فإن الحديث يسمى غريبا غرابة
مطلقة
Walaupun sahabat yg tafarrud mk hadis ttp diberi nama gharib mutlak.
Kata Ibnu Hajar.
http://shamela.ws/browse.php/book-8681/page-31
فقد قسم الحافظ ابن حجر في (نخبة الفكر) الحديث الغريب
إلى نوعين اثنين:
أحدهما: الفرد المطلق، وهو ما كانت الغرابة فيه في أصل
السند.
والآخر: الفرد النسبي، وهو كانت الغرابة فيه في غير أصل
السند.
Intinya bila yg tafarrud / tunggal itu perawi dr kalangan sahabat, mk dikatakan
fard mutlak .
Bila yg tafarrud
bukan dr sahabat mk dikatakan fard nisbi. ( yakni tdk mutlak ). Kata Ibn
Hajar.
http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=57183
jadi hadis “Bila seorang lelaki meninggal dunia , maka
tempatnya setiap pagi dan sore di tampakkan
kepadanya ………….. , ttp
dikatakan hadis gharib. Bukan mashur. Dan
kebanyakan hadis gharib adalah lemah.
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما
تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ
العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan hadis.( tafarrud )
1. Ulama
hadis dahulu tidak suka atau benci
terhadap riwayat gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci
terhadap terhadap riwayat –
riwayat yang gharib ( nyeleneh ) dan hadis yang
di riwayatkan oleh seorang perawi , lalu di anggap sebagai
hadis yang terjelek sebagaimana
di katakan oleh Imam Malik
rahimahullah: Ilmu terjelek adalah
yang gharib dan ilmu yang
terbaik adalah yang tampak yang di
riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).
علل الدارقطني = العلل الواردة في الأحاديث النبوية (13/ 98)
- وَسُئِلَ عَنْ حَدِيثِ نَافِعٍ،
عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا مات
أحدكم عرض عليه مقعده كل غدوة وعشية، فإن كان من أهل الجنة، فمن الجنة، وإن كان من
أهل النار، فمن النار، يقال: هذا مقعده حتى تقوم القيامة.
فقال: يرويه أيوب السختياني واختلف عنه في رفعه: فوقفه
إسماعيل ابن علية، عن أيوب.
ورفعه همام، وإبراهيم بن طهمان، عن أيوب، عن نافع.
وكذلك رواه مالك بن أنس، والليث بن سعد، وإسماعيل بن
أمية، عن نافع، عن ابن عمر مرفوعا.
ورواه الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم، ورفعه صحيح.
Imam Daroquthni jg masih memiki kejanggalan dlm hadis tsb
kadang di katakana marfu` dan kadang dikatakan
mauquf ( bukan nabi yg bersabda tp Ibnu Umar ).
Dan perkataan sahabat
tdk bisa dikatakan hujjah. Tdk bisa dibuat pegangan. Apalagi bila bertentangan
dg ayat al quran.
ذهب الخليلي إلى أن الحديث الذي تفرد به الثقة: "يتوقف
فيه، ولا يحتج به".4
Al khalili menyatakan bahwa hadis yang hanya seorang perawi terpercaya yang meriwayatkannya di tahan dulu
( di inventarisir atau masih bimbang ) dan tidak boleh di buat hujjah .
- الخليلي؛ الإرشاد: 176-177
Cacat dr segi
matan hadis atau redaksi hadis.
مسند أحمد ت شاكر (4/ 517)
9 - حدثنا إسماعيل أخبرنا أيوب عن
نافع عن ابن عمر، قال أحسِبه قد رَفعه إلى النبي -صلي الله عليه وسلم -، قال:
"إذا مات أحدُكُم عُرض عليه مقعدُه غُدْوَةً وعَشّيَّةً، إن كان من أهل الجنة
فمن الجنة، وإن كان من أهل النار فمن النار، يقَال: هذا مقعدُك حتى تُبعثَ إليه
يومَ القيامة".
مسند أبي داود الطيالسي (3/ 370)
1941 - حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ
قَالَ: حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا مَاتَ
عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدُهُ مِنَ الْجَنَّةِ وَمَقْعَدُهُ مِنَ النَّارِ
بِالْغَدَاةِ وَبِالْعَشِيِّ، إِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَمِنْ أَهْلِ
الْجَنَّةِ، وَإِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ فَمِنْ أَهْلِ النَّارِ»
Dlm musnad Abu Dawud kalimat ini : lalu di katakan : Ini tempatmu , kamu akan di bangkitkan pada hari kiamat
untuk menempati tempat itu …….., tdk ada.
صحيح البخاري (8/ 107)
- حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ
أَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا مَاتَ أَحَدُكُمْ
عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدُهُ، غُدْوَةً وَعَشِيًّا، إِمَّا النَّارُ وَإِمَّا
الجَنَّةُ، فَيُقَالُ: هَذَا مَقْعَدُكَ حَتَّى تُبْعَثَ إِلَيْهِ "
Dlm sahih Bukhari
……………………………., ini tempatmu hingga kamu di bangkitkan nanti
menuju tempat itu …………………. ( tanpa
menyebut hari kiamat ).
- المعجم الصغير للطبراني (2/ 142)
- فَيُقَالُ: هَذَا مَقْعَدُكَ حَتَّى يَبْعَثَكَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ
إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ " لَمْ يَرْوِهِ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ
إِلَّا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ تَفَرَّدَ بِهِ إِسْحَاقُ بْنُ الْفُرَاتِ
Menurut Thabrani, kalimat ini “ lalu di katakan : Ini tempatmu , kamu akan di bangkitkan pada hari kiamat
untuk menempati tempat itu ………….., ini riwayat
Ishak bin Al Furat yg menggunakan
redaksi tsb.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Artinya menurut beliau , selain Ishak tdk menggunakan
kalimat tsb. Dan ini tanda nyata keganjilan riwayat tsb.
- شعب الإيمان - البيهقي (1/ 347)
- إذا مات أحدكم عرض عليه مقعده بالغداة و العشي إن كان من أهل الجنة فمن
أهل الجنة و إن كان من أهل النار فمن أهل النار
- رواه البخاري رحمه الله في الصحيح عن أحمد بن يونس
Kalimat ini : lalu di
katakan : Ini tempatmu , kamu akan di
bangkitkan pada hari kiamat untuk menempati tempat itu ………………. ( tdk ada dlm riwayat Bukhari tsb ) .
Kalimat ini : lalu di
katakan : Ini tempatmu , kamu akan di
bangkitkan pada hari kiamat untuk menempati tempat itu” ………………… itu perkataan Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam atau perawi hadis . Mn
yg benar . I a tambahan perawi atau asli
dr hadis Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam . Sulit di tentukan, Karena itu,
terjadi kegoncangan dlm matan hadis. Dan ini namanya kacau matannya atau redaksi
hadis kacau belau .
Kita ikuti sj kaidah mushthalah hadis :
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
Kekacauan sanad
atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Bila hadis tsb di paksakan
untuk disahihkan, mk akan menyalahi pakem musthalah hadis yg
menyatakan matan hadis yg kacau adalah
menunjukkan hadis tsb lemah.Bgmn ia di
sahihkan, mn dasarnya.
Jadi dr segi sanad atau matan , hadis tsb cacat, tdk bisa
dikatakan sahih, tp lemah. Dan tdk boleh dibuat hujjah, tp tinggalkanlah.
- التوضيح لشرح الجامع الصحيح (10/ 162)
- لعرض لا يكون إلا على حيِّ، وهو قال على إحيائه ومنه: "ليسمع قرع
نعالهم" وفيه دلالة على بقاء الأرواح؛ لأنها التي يعرض عليها، ويحتمل أن يريد
بالغداة والعشي: كل غداة وكل عشية، وذلك لا يكون إلا بإحياء جزء منه، فإنا نشاهد
الميت ميتًا بالغداة والعشي، وذلك يمنع إحياء جميعه، وإعادة جسمه، ولا يمتنع أن
تعاد الحياة في جزء أو أجزاء منه، وتصح مخاطبته والعرض عليه، ويحتمل أن يريد
بالغداة والعشي: غداة واحدة يكون العرض فيها، ذكره ابن التين.
Dlm kitab taudhih tsb
Ibn Mulaqqin menyatakan intinya, mayat di tunjukan tempatnya di surga atau
neraka menunjukkan mayat itu dihidupkan sebagian tubuhnya, lalu bisa di ajak
bicara dan di beri tahu tempatnya …………….
Komentarku , mana dalilnya ? bila tdk punya dalil lebih baik diam sj. Ingatlah firman Allah :
وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ
السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui
dalilnya . Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan
diminta pertanggungan jawabnya. Isra` 36.
قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
Katakanlah: "Unjukkanlah bukti kebenaranmu, jika kamu
memang orang-orang yang benar".
Mayat bisa di ajak bicara itu pendapat Ibn MUlaqqin sendiri,
bukan agama , maksudnya agama tdk mengajarkan sedemikian. Bila dikuti , mk kita
ini akan beriman kpd pendapat Ibnul Mulaqqin dan kufur pd ayat :
) إِنْ تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا
دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ
يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ
Jika kamu menyeru mereka ( mayat atau berhala ), mereka
tiada mendengar seruanmu; dan kalau mereka mendengar, mereka tidak dapat
memperkenankan permintaanmu. dan dihari kiamat mereka akan mengingkari
kemusyirikanmu” (QS al Fathir:13-14).
Allah menyatakan bahwa mayat tdk mendengar, anehya ibn
mulaqqin menyatakan bahwa mayat mendengar. Lalu kita percaya kpd Ibn MUlaqqin
dan mendustakan Allah . Sama dengan mengangkat Ibnul MUlaqqin sbg tuhan dan
menghambakan Allah . Ia mirip dg ayat:
اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا
مِّن دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا
لِيَعْبُدُوا إِلَٰهًا وَاحِدًا ۖ لَّا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ سُبْحَانَهُ عَمَّا
يُشْرِكُونَ
“Mereka menjadikan
orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga
mereka mempertuhankan) al-Masih putra Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Ilah Yang Maha Esa, tidak ada Ilah (yang
berhak disembah) selain Dia. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”
(at-Taubah:31)
Karena hadis “lalu di
katakan : Ini tempatmu , kamu akan di
bangkitkan pada hari kiamat untuk menempati tempat itu ………….. di sahihkan lantas Ibn Mulaqqin sampai
berani berpendapat spt itu dan itu kekeliruan yg nyata bukan kebenaranyg samar.
Mudah sj untuk menangkal pendapat keliru tsb, pergilah ke
mumi atau mayat firaun atau mayat yg blm dikubur, ajaklah bicara bila benar . Realitanya
mayat sdh tdk bisa mendengar dan tdk bisa di ajak bicara lg. Bahkan yg bicara
dg myt dikatakan gila beneran. Tp aneh kadag di katakana wali orang yg bisa
bicara dg mayat. Tp siapa dulu yg
mengatakan , ahlibid`ah atau orang yg komit pd dalil.
- طرح التثريب في شرح التقريب (3/ 304)
- قَالَ أَبُو الْعَبَّاسِ الْقُرْطُبِيُّ وَيَجُوزُ أَنْ يَكُونَ هَذَا
الْعَرْضُ عَلَى الرُّوحِ وَحْدَهُ وَيَجُوزُ أَنْ يَكُونَ عَلَيْهِ مَعَ جُزْءٍ
مِنْ الْبَدَنِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ بِحَقِيقَةِ ذَلِكَ، قُلْت ظَاهِرُ الْحَدِيثِ
عَرْضُ هَذَا عَلَى جُمْلَتِهِ وَلَا مَانِعَ مِنْ إعَادَةِ الرُّوحِ إلَى
الْجَسَدِ أَوْ إلَى الْبَعْضِ الَّذِي يُدْرَكُ مِنْهُ حَالَةُ الْعَرْضِ (
-
Intinya Imam Qurthubi jg berpendaat boleh sj roh
dikembalikan ke jasad atau
sebagiannya ketika di tanpakkan
tempat tinggalnya itu.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ini ngelantur dr seorang Imam. Bila diikuti, kita ini akan
taklid buta , bukan ikut atas dasar dalil.
Scr mudah sj untuk menangkal pendapat sang Imam yaitu , Firaun yg sdh jd mayat itu juga di
tunjukkan Neraka pagi dan sore , tapi Firaun
ttp sj mayat. Kpn Firaun di bangunkan dan kpn Firaun ditidurkan. Apakah imam Qurthubi lupa dg ayat itu 46 ghafir atau sengaja lupa. Tepatlah apa yg
katakan imam Syafii :
لاَ تُقَلِّدْ دِينَك الرِّجَالَ فَإِنَّهُمْ لَنْ
يَسْلَمُوا مِنْ أَنْ يَغْلَطُوا .
Dalam masalah agama,jangan ikut orang , sebab mereka mungkin juga salah .
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan