Mungkirus sunnah ( oran g yg ingkar sunnah ) .
Mungkirus sunnah ada yg sesat dan ada
yg di jln lurus.
Mungkirus sunnah yg di jalan sesat
adalah oran g – oran g yg anti seluruh hadis dan mendasarkan
perilakunya hanya kpd al Quran . Hadis
di buag scr total. Setiap hadis didustakan,
sekalipun hadis itu sahih. Dan
hanya a quran yg dibuat pegangan. Lainnya dilepaskan. Oran g sedemikian ini di jln sesat karena
bertentangan dg ayat :
يَاأَيُّهَا
الَّذِينَ ءَامَنُوا أَطِيعُوا اللهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي
الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى
اللهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ
ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً
Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. Nisa` 59
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيرًا
Sesungguhnya telah ada pada (diri)Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.. Ahzab 21
Mungkirus sunnah ada yg di jln
benar yaitu oran g
yg ingkar sunnah yg bertentangan dg al
quran spt ingkar kpd sunnah atau hadis
ttg siksa kubur.
Bila tdk dingkari akan
bertentangan dg ayat 51- 53 Yasin yg menyatakan mayat tidur. Ayat nya
sbb:
وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الْأَجْدَاثِ إِلَى
رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ قَالُفوا يَاوَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا
هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ إِنْ كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ
لَدَيْنَا مُحْضَرُونَ
Dan ditiuplah sangkakala, tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari
kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. Mereka berkata: "Aduh celakalah
kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?"
Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul
(Nya). Cukup satu teriakan,tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami.
Yasin 51-53
Dalam ayat tsb ahli kubur dalam keadaan tidur, lalu bagaimanakah mereka
di siksa. Bila disiksa, tdk akan bisa
tidur. Dan menjerit karena
merasakan siksaannya itu.
Hadis menyatakan bahwa mayat
dipukuli sampai hancur, di tekan oleh bumi sampai tula ng rusuknya berantakan dan banyak macam siksaan . Sdh
tentu hadis sedemikian ini bertentangan dg ayat 51 – 53 itu dan banyak ayat yg lain.
Hadis sedemikian ini bila
dipercaya , mk kita akan kufur pd ayat . Dan ini sangat bahaya . Kita ingat
firman Allah :
هُوَ ءَايَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا
الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ
Sebenarnya, Al
Qur'an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi
ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-oang yang
zalim. Ankabut 49
وَإِذَا غَشِيَهُمْ
مَوْجٌ كَالظُّلَلِ دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا
نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ فَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا
إِلَّا كُلُّ خَتَّارٍ كَفُورٍ
Dan apabila mereka
dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan
ajaran kepada-Nya maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan,
lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. Dan tidak ada yang
mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar.[1]
وَكَذَٰلِكَ أَنزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ ۚ فَالَّذِينَ
آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۖ وَمِنْ هَٰؤُلَاءِ مَن يُؤْمِنُ بِهِ
ۚ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الْكَافِرُونَ
(
47 ) Dan demikian (pulalah) Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran).
Maka orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka Al Kitab (Taurat) mereka
beriman kepadanya (Al Quran); dan di antara mereka (orang-orang kafir Mekah)
ada yang beriman kepadanya. Dan tiadalah yang mengingkari ayat-ayat kami selain
orang-orang kafir.
Al ankbaut 50 .
Orang
yg iman kpd siksa kubur , ber arti kufur pd 51 – 53 yasin dan akan beresiko menjadi kafir dan
dhalim sesuai dg ayat 49 -
50 ankabut . Bila tdk
mengimaninya, mk mn ayat yg bikin
kita kufur atau zhalim.
Kita hanya ingkar sunnah yg
bertentangan dg al quran dan berpegangan kpd sunnah yg tdk bertentangan dgnya.
Sunnah yg bertentangan dg al
quran hrs di dustakan. Bila dipercaya, mk kita hrs kufur pd al quran. Dan tdk
bisa kita percaya dan membenarkan keduanya yg bertentangan itu. Ini logis
sekali.
Ahlus sunnah ada dua . Ada yg
dijln sesat dan ada yg di jln benar.
Ahlus sunnah yg menolak semua
hadis baik yg bertentangan dg al quran atau tdk. Ahlus sunnah sedemikian ini
hakikatnya adalah kufur pd ayat al quran.
Akidah ahus sunnah yg sedemikian bertentangan dg akidah ahlul quran.
Kita dahulukan al quran dan menomerduakan hadis
sbgmn ayat:
وَمَنْ
أَصْدَقُ مِنَ اللَّهِ قِيلًا
Dan
siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah? [2]
Ahlus sunnah yg menomersatukan hadis , mk
terperosok dlm jurang ingkarul ayat. Bisa jadi menjadi ahlus sunnah yg kafir.
Bukan ahlus sunnah yg muslim. Bukan ahlus sunnah di jln yg benar tp di jln yg
salah.
Grup pengajianku di WA yg baru
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah,
penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08813270751
082225929198
081384008118
0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Siksa kubur
- ayat 27 Ibrahim tentang siksa kbur
- Kajian siksa kubur ke 10
- Kajian siksa kubur ke 8
- Kajian tentang siksa kubur ke7 ( اللهم إنَّي أعوذُ بكَ من عذابِ القبرِ وأعوذُ بكَ من فتنَةِ المسيحِ
- siksa kubur ke 6 وَلَوۡ تَرَىٰۤ إِذِ ٱلظَّـٰلِمُونَ فِی غَمَرَ ٰتِ ٱلۡمَوۡتِ وَٱلۡمَلَـٰۤىِٕكَةُ بَاسِطُوۤا۟ أَیۡدِیهِمۡ أَخۡرِجُوۤا۟ أَنفُسَكُمُۖ ٱلۡیَوۡمَ تُجۡزَوۡنَ عَذَابَ ٱلۡهُونِ بِمَا كُنتُمۡ تَقُولُونَ عَلَى ٱللَّهِ غَیۡرَ ٱلۡحَقِّ وَكُنتُمۡ عَنۡ ءَایَـٰتِهِۦ تَسۡتَكۡبِرُونَ
- kajiaan siksa kubur ke 7 اللهم إنَّي أعوذُ بكَ من عذابِ القبرِ وأعوذُ بكَ من فتنَةِ المسيحِ الدجالِ
- Kajian siksa kubur ke 8 اللَّهُمَّ إنِّي أعوذُ بكَ منَ الكُفرِ، والفَقرِ، وعذابِ القَبرِ.
- Komentarku erhadap ceramah Buya Yahya tentang siksa kubur
- Komentarku terhadap ceramah Ust Somad tentang siksa kubur
- Komentarku terhadap ceramah DR Khalid bin Salamah tentang siksa kubur ( kajian ke 2 )
- Komentarku terhadap ceramah DR Khalid bin Salamah tentang siksa kubur ( kajian ke 1 )
- Kajian siksa kubur ke 2 aman dari siksa kubur
- Menjaga perbatasan negri Islam dan fadhilah nya ( رباطُ يومٍ خيرٌ من صيامِ شهرٍ وقيامِه )
- Komentarku terhadap ceramah doktor Khalid basalamah ke 2
- Komentarku terhadap ceramah ust Khalid basalamah
- Kajian hadis siksa kubur ke 1
- kajian hadis siksa kubur ke 8 " doa perlindungan dari kufur, fakir dan siksa kubur"
- Audio siksa kubur ke 9 jawabanku untuk Thawus yang menyatakan mayat terfitnah
- ayat ayat yang meniadakan siksa kubur, orang yg percaya siksa kubur kafir karena ingkarul ayat
- Kritik gus baha tentang Umar menghardik malaikat
- Kajian hadis siksa kubur fase ke 47
- Kajian hadis siksa kubur fase ke 46
- Landasan kelima bahwa siksaan setelah kebangkitan bukan di kuburan fase ke 45
- Landasan ke 3 dari ayat – ayat al quran yg menyatakan adzab itu setelah kebangkitan bukan dikuburan. fase ke 44
- Pijakan – pijakan tidak adanya siksa kubur fase ke 2 dari al Quran fase ke 43
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan