Dlm Hizred's Blog ada keterangan dalil – dalil ttg
siksa kubur , antara lain sbb:
وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنَ الْعَذَابِ الْأَدْنَى دُونَ
الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Dan Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian
azab yang dekat sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), Mudah-mudahan
mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. As-Sajadah: 21)
وقال البراء بن عازب ومجاهد وأبو عبيدة يعني به عداب
القبر
Berkata Al-Barra bin ‘Azib, Mujahid, dan Abu Ubaidah tentang
ayat ini adalah ‘azab kubur. (Tafsir Ibnu Katsir).
https://hizred.wordpress.com/2011/11/10/dalil-dalil-qur%E2%80%99an-tentang-siksa-kubur/
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Arti ayat tsb menurut tafsir Depag sbb:
وَلَنُذِيقَنَّهُم مِّنَ الْعَذَابِ الْأَدْنَىٰ دُونَ
الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
( 21 ) Dan
Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia)
sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali (ke
jalan yang benar). Sajdah 21.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jadi bukan siksa kubur
sbgmn yg telah dikatakan dlm
blg Hrzred tsb
Mari kita lihat –
lihat dikitab – kitab tafsir tentang tafsir ayat itu sbb:
تفسير السمرقندي = بحر العلوم (3/ 39)
ثم قال عز وجل: وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنَ الْعَذابِ
الْأَدْنى وهو المصيبات والقتل والجوع دُونَ الْعَذابِ الْأَكْبَرِ وهو عذاب النار.
يعني: إن لم يتوبوا. ويقال: الْعَذابِ الْأَدْنى هو السحر للفاسقين، والعذاب
الأكبر النار إن لم يتوبوا. ويقال: الْعَذابِ الْأَدْنى عذاب القبر.
Dlm tafsir as samatqandi , maksud azab yang dekat adalah
musibah dan terbunuh………………
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Nanti akan dijlskan kelemahan pendapat terahir ini.
تفسير ابن أبي حاتم - محققا (9/ 3110)
قوله تعالى: ولنذيقنهم من العذاب الأدنى
17853 - عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِي قوله: ولنذيقنهم من العذاب الأدنى قال: يوم بدر دون
العذاب الأكبر قال: يوم القيامة لعلهم يرجعون قال ك لعل من بقى منهم يرجع «2» .
Intinya dlm kitab tafsir Ibn abi hatim : Menurut Ibn Mas`ud
azab yang dekat adalah pd perang Badar. Dan adzab yg besar adalah nanti pd hari
kiamat. …………………
تفسير ابن أبي حاتم - محققا (9/ 3110)
4 - عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ في قوله: ولنذيقنهم من العذاب الأدنى قال: مصائب الدنيا
وأسقامها وبلاياها، يبتلى الله بها العباد كي يتوبوا «3» .
17855 - عن ابن عباس في قوله: وَلَنُذِيقَنَّهُمْ
مِنَ الْعَذَابِ الأَدْنَى دُونَ العذاب الأكبر قال: الحدود لعلهم يرجعون قال: يتوبون
«4» .
Intinya menurut kitab tafsir Ibn abi hatim, azab yang dekat
adalah musibah dan malapetaka di dunia, kata sahabat Ubay bin Ka`ab ( bukan siksa kubur ).
Menurut Ibnn Abbas , ia
had – had
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan siksa kubur.
تفسير ابن أبي حاتم - محققا (9/ 3110)
17856 - عن مجاهد
وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنَ الْعَذَابِ الأدنى قال: عذاب الدنيا وعذاب القبر «5»
Intinya dlm kitab tafsir Ibn abi hatim, menurut Mujahid , azab
yang dekat siksa dunia dn siksa kubur.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sy cari sanadnya agar
lebih mantap bahwa Imam Mujahid mengatakan sedemikian, tp sy tdk menjumpainya. Jd
mungkin benar Imam Mujahid mengatakan spt itu atau tdk. Masih blm ada kepastian
dr saya.
الجامع لأحكام القرآن (14/ 106)
قال القشيري : وقيل عذاب القبر وفيه نظر لقوله : لعلهم
يرجعون
Intinya Imam Qusyairi tdk setuju . Sebab kalimat selanjutnya mudah-mudahan mereka
kembali (ke jalan yang benar). Sajdah 21.
Maksudnya mrk masih didunia, bukan sdh meninggal dunia.
Bila azab yang dekat
di artikan siksa kubur , mk apa gunanya kalimat selanjutnya mudah-mudahan
mereka kembali (ke jalan yang benar). Sajdah 21.
Orang yg mati sdh tdk
bisa tobat lg.
Pd hal azab yang dekat
di berikan agar mereka bisa tobat.
مسند احمد بن حنبل (بأحكام شعيب الأرنؤوط) (5/ 147)
مسند أحمد بن حنبل [ جزء 5 - صفحة 128 ]
21211 - حدثنا عبد الله حدثني أبي
ثنا عبيد الله بن عمر القواريري ثنا يحيى بن سعيد عن شعبة عن قتادة عن عزرة عن
الحسن العرني عن يحيى بن الجزار عن بن أبي ليلى عن أبي بن كعب : في هذه الآية { ولنذيقنهم
من العذاب الأدنى دون العذاب الأكبر } قال المصيبات والدخان قد مضيا والبطشة
واللزام
تعليق شعيب الأرنؤوط : هذا الأثر إسناده صحيح على شرط
مسلم
Intinya dlm kitab Musnad Imam Ahmad bin Hambal , menurut
sahabat Ubay …………….. azab yang dekat adalah musibah – musibah
تفسير الماتريدي = تأويلات أهل السنة (8/ 341)
وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنَ الْعَذَابِ الْأَدْنَى دُونَ
الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ (21) اختلف في العذاب الأدنى:
قَالَ بَعْضُهُمْ: هو القتل يوم بدر.
ومنهم من يقول: هو الجوع في السنين التي كانت لهم فيها،
والضيق والشدة.
ومنهم من يقول: هو المصائب التي تصيبهم.
Itinya dlm kitab
tafsir al maturidi , ulama hilap ttg
azab yang dekat ,
1. terbunuh
diperang Badar
2. Lapar , dan
kesempitan
3. Musibah.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan siksa kubur.
تفسير البغوي - طيبة (6/ 308)
{وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنَ
الْعَذَابِ الْأَدْنَى دُونَ الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ} أَيْ: سِوَى الْعَذَابِ
الْأَكْبَرِ، {لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ} قَالَ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ،
وَالضَّحَّاكُ، وَالْحَسَنُ، وَإِبْرَاهِيمُ: "الْعَذَابِ الْأَدْنَى" مَصَائِبِ
الدُّنْيَا وَأَسْقَامِهَا، وَهُوَ رِوَايَةُ الْوَالِبِيِّ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا (1) . وَقَالَ عِكْرِمَةُ عَنْهُ: الْحُدُودُ (2) . وَقَالَ
مُقَاتِلٌ: الْجُوعُ سَبْعَ سِنِينَ بِمَكَّةَ حَتَّى أَكَلُوا الْجِيَفَ
وَالْعِظَامَ وَالْكِلَابَ (3) . وَقَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ: هُوَ الْقَتْلُ
بِالسَّيْفِ يَوْمَ بَدْرٍ (4) وَهُوَ قَوْلُ قَتَادَةَ وَالسُّدِّيِّ، {دُونَ
الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ} يَعْنِي: عَذَابَ الْآخِرَةِ،
Intinya dlm tafsir al
baghawi , maksud azab yang dekat bukan siksa kubur.
تفسير العز بن عبد السلام (2/ 553)
21 - {الْعَذَابِ الأَدْنَى} مصائب
الدنيا في النفس والمال، أو القتل بالسيف، أو الحدود " ع "، أو القحط
والجدب، أو عذاب القبر قاله البراء بن عازب ومجاهد،
Intinya dlm kitab
tafsir al iz bin Abd salam , maksud azab yang dekat musibah yg menimpa diri atau harta, terbunuh dg pedang
atau kena had . ………………..
Menurut al bara` bin Azib dan MUjahid , siksa kubur.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sdh di bhs di atas jawabannya yakni tdk layak siksa kubur untuk azab yang
dekat karena bertentangan dg kalimat ayat setelahnya.
تفسير النسفي = مدارك التنزيل وحقائق التأويل (3/ 10)
وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنَ الْعَذَابِ الْأَدْنَى دُونَ
الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ (21)
{ولنذيقنّهم مّن العذاب الأدنى} أي
عذاب الدنيا من الأسر وما محنوا به من السنة سبع سنين
Intinya dlm kitab
tafsir annasaf I , makna azab yang dekat
adalah siksa di tawan dn paceklik selama tujuh tahun.
Komentarku ( Mahrus
ali ) : Bukan siksa kubur.
تفسير ابن كثير ت سلامة (6/ 369)
وَقَوْلُهُ: {وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنَ الْعَذَابِ
الأدْنَى دُونَ الْعَذَابِ الأكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ [لَعَلَّهُمْ
يَرْجِعُونَ] } (4) قَالَ (5) ابْنُ عَبَّاسٍ: يَعْنِي بِالْعَذَابِ الْأَدْنَى
مَصَائِبَ الدُّنْيَا وَأَسْقَامَهَا وَآفَاتِهَا، وَمَا يَحِلُّ بِأَهْلِهَا
مِمَّا يَبْتَلِي اللَّهُ بِهِ عِبَادَهُ لِيَتُوبُوا إِلَيْهِ. وَرُوِيَ مِثْلُهُ
عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، وَأَبِي الْعَالِيَةِ، وَالْحَسَنِ، وَإِبْرَاهِيمَ
النَّخَعِي، وَالضَّحَّاكِ، وَعَلْقَمَةَ، وَعَطِيَّةَ، وَمُجَاهِدٍ، وَقَتَادَةَ،
وَعَبْدِ الْكَرِيمِ الجَزَري، وخَصِيف.
وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ -فِي رِوَايَةٍ عَنْهُ -: يَعْنِي
بِهِ إِقَامَةَ الْحُدُودِ عَلَيْهِمْ.
وَقَالَ الْبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ، وَمُجَاهِدٌ، وَأَبُو
عُبَيْدَةَ: يَعْنِي بِهِ عَذَابَ الْقَبْرِ.
Intinya dlm kitab
tafsir Ibnu Katsir menerangkan perbedaan
ulama dlm mentafsiri azab yang dekat.
Tp saya ( mahrus ali ) lebih sreg pilih penderitaan di dunia
scr mutlak sesuai dg makna kalimatnya. Bukan siksa kubur.
تفسير الجلالين (ص: 547)
{وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنْ الْعَذَاب
الْأَدْنَى} عَذَاب الدُّنْيَا بِالْقَتْلِ وَالْأَسْر وَالْجَدْب سِنِينَ
وَالْأَمْرَاض {دُون} قَبْل {الْعَذَاب الْأَكْبَر} عَذَاب الْآخِرَة {لَعَلَّهُمْ}
أَيْ مَنْ بَقِيَ مِنْهُمْ {يَرْجِعُونَ} إلَى الْإِيمَان
Intinya dlm tafsir jalalain , maksud azab yang dekat bukan
siksa kubur.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila azab yang dekat
di artikan siksa kubur , sm dg tdk phm maksud ayat itu. Sbb ada kalimat agar
mereka tobat , lihat kalimat sesudahnya : mudah-mudahan mereka kembali (ke
jalan yang benar). Sajdah 21.
Bila azab yang dekat
di artika siksa kubur akan bertentangan dg ayat 51 – 53 yasin yg menyatakan
mayat tidur bukan di siksa, juga bertentangan dg ayat ghafir 40 yg menyatakan
bahwa manusia hidup dua kali – di dunia dan setelah di bangkaitkan kelak bukan
dikuburan.
Bila mayat hidup dikuburan
mk bertentangan dg ayat :
أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ
يُبْعَثُونَ
( 21 ) (Berhala-berhala
itu atau mayat - mayat yg di mintai ) mati tidak hidup, dan
mereka tidak mengetahui bilakah
penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai tdk mengerti kapan di bangkitkan.
Dlm ayat 16 al
mukminun itu diterangkan dg gamblang bahwa
pd hari kiamat mayat di
bangkitkan, rohnya di kembalikan, bukan
dikuburan.
Mayat tdk ngerti kpn mereka dibangkitkan.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan