Syaikh Muhammad shalih al munjid menulis :
الحياة التي يعيشها الإنسان تنقسم إلى ثلاثة أقسام:
1- الحياة الدنيا ، والتي تنتهي بالموت .
2- حياة البرزخ ، وهي التي تكون بعد الموت إلى
قيام الساعة .
3- حياة الآخرة ، وهي التي تكون بعد قيام الناس من
قبورهم إما إلى جنةٍ ، نسأل الله من فضله ، وإما إلى نار والعياذ بالله .
فالحياة البرزخية هي التي تكون بعد موت الإنسان إلى بعثه ، وسواء قُبِر أو
لم يُقبر أو احترق أو أكلته السباع ، والذي يدل على هذه الحياة ما ورد عن النبي
صلى الله عليه وسلم أن الميت بعدما يوضع
في قبره يسمع قرع نعال أهله ، كما جاء في الحديث
Syaikh Muhammad Shalih al munjid berkata:
Kehidupan manusia terbagi menjadi tiga tahap.
1. Hidup
didunia dan berahir ketika mati.
2. Hidup
di alam barzah – yaitu kehidupan setelah kematian sampai terjadi kiamat .
3.Hidup di akhirat
yaitu hidup setelah manusia bangun dr kuburannya , ada kalanya ke
surga dan kita mohon pd Allah atas fadholNya dan adakalanya ke Neraka dan kita mohon
perlindungan pd Allah dr pdnya.
فالحياة البرزخية هي التي تكون بعد موت الإنسان إلى بعثه ، وسواء قُبِر أو
لم يُقبر أو احترق أو أكلته السباع ، والذي يدل على هذه الحياة ما ورد عن النبي
صلى الله عليه وسلم أن الميت بعدما يوضع
في قبره يسمع قرع نعال أهله ، كما جاء في الحديث
Kehidupan barzah yaitu kehidupan setelah manusia
mati sampai hari kebangkitan, baik di
dikubur atau tidk, kebakaran atau di makan binatang buas. Dalil yg menunjukkan
hal sedemikian ini adalah hadis Nabi
shallallahu alaihi wasallam yg
menyatakan bahwa mayat setelah di taruh di kuburannya akan mendengar suara
sandal keluarganya .
https://islamqa.info/ar/21212
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kalau hidup didunia dan di akhirat kelak, sy tdk
mempersoalkannya . Sbb sdh sepakat keberadaannya . Untuk kehidupan di alam barzakh , mk
ini yg hrs dikaji. Setahu sy tiada kehidupan di alam barzakh kcl para
syuhada sbgmn firmanNya:
وَلَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتًا بَلْ
أَحْيَاءٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ
Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur
di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan
mendapat rezki.
وَلَا تَقُولُوا لِمَنْ يُقْتَلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتٌ بَلْ
أَحْيَاءٌ وَلَكِنْ لَا تَشْعُرُونَ(154)
Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang
yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka
itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.
Untuk mayat dikuburan mk ttp jadi mayat bukan orang
yg hidup. Bg mrk tiada kehidupan di kuburan. Di sn alam kematinan. Bukti
rielnya jasad Firaun yg tdk pernah bangun
dan tidak ada rohnya . Bgt juga jasad mayat yg tdk dikebumikan.
Dlm website
ahli hadis ada kalimat sbb:
فتعبير (حياة البرزخ) تعبير خاطئ، لأنه لا حياة بالبرزخ، إنما هو فاصل بين
الحياة ومستودع الموتى الذي يسميه العامة بالبرزخ، وهو لا زَمَنَ فيه،
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=231962
Kata
kehidupan di alam barzah adalah kata yg keliru / istilah yg salah. Sebab di
alam barzah tiada kehidupan . Sebab ia adalah pemisah
antara kehidupan dan gudang mayat yg di beri nama oleh orang awam dg nm Barzah. Ia tdk punya waktu.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kalau tdk punya waktu ya jg kurang setuju, karena
ada ayat dimn Firaun di tampakkan api neraka pagi dan sore(QS. Ghafir/ Al
Mu’min: 45-46. Pagi itu waktu sore jga
waktu.
Memang di alam
barzah alam kematian, kcl bg yg mati sahid karena ada ayat yg
menjelaskan mrk hidup.
Ayat yg menyatakan
di barzakh mayat - mayat tdk
hidup adalah sbb:
أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
( 21 ) (Berhala-berhala
itu atau mayat - mayat yg di mintai ) mati tidak hidup, dan
mereka tidak mengetahui bilakah
penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai tdk mengerti kapan di bangkitkan.
Nahel.
Ayat itu menyatakan bahwa mrk mayat di dalam kubur
atau di museum bg mayat Firaun dan sesamanya. Mrk tdk hidup. Bila hidup di
dunia atau di akhirat pasti butuh mkn dan minum untuk kelangsungan hidupnya. Bila
mati, mk tdk mau makan jg tdk mau minum dan tdk bisa berak.
Masalah kpn mereka di bangkitkan, mayat tdk phm. Bila
phm mk mereka tdk jd mayat tp jadi orang yg hidup. Jadi kehidupan alam barzah
adalah salah ucap, salah phm jg. Alam barzah alam kematian kcl bg orang sahid.
وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الْأَجْدَاثِ إِلَى رَبِّهِمْ
يَنْسِلُونَ قَالُفوا يَاوَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا هَذَا مَا
وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ
إِنْ كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَدَيْنَا
مُحْضَرُونَ
Dan ditiuplah sangkakala, tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari
kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. Mereka berkata: "Aduh celakalah
kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah
yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya). Cukup
satu teriakan,tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Yasin 51-53
Orang kafir bertanya : Aduhai Siapa yg bangkitkan
kami dr tempat tidur km.
Hari kebangkitan adalah kelak di akhirat bukan
dikuburan.
Di ayat lain
di jlskan jg:
إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُمْ مَيِّتُونَ(30)
ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ.
Sesungguhnya
kamu akan mati dan mereka pun akan mati
( 16 ) Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan
dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.Al mukminun
Mayat dikembalikan rohnya itu ketika hari
kebangkitan bukan dikuburan. Bila mayat di hidupkan dikuburan , apa makan dan
minumnya ? Jls tdk ada keterangannya . Buktinya
lg mayat Firaun tanpa makan dan minum. Lebih detilnya lihat dlm blog sy ttg jawabanku
untuk Ust Abul Jauza` . dan bukalah dg
kartu indosat insya Allah bisa.
UNtuk mayat bisa mendengar suara sandal, sbtlnya sdh di bhs dlm makalan
yg lalu . Hadis itu cacat sanad jg matanya .
Sy kutip lg barang kali ada anggota baru.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis tsb muttafaq alaih , Bukhari dan Muslim jg meriwayatkannya.
Realitanya Ibn Majah, Tirmidzi, dlm kitab sunannya tdk meriwayatkan dan Imam
Malik tdk meriwayatkannya dlm kitab al Muwattha`.
Setahu sy
hadis itu di kalangan sahabat tdk dikenal. Setahu sy hanya sahabat Anas bin
Malik yg meriwayatkannya. Sahabat yg lain
tdk kenal dgnya. Scr sanad ada
sisi kelemahan. Yaitu hanya Qatadah yg meriwayatkan dan Dia perawi tunggalnya.
المسند الجامع (1/ 419)
أخرجه أحمد 3/126 (12296) قال: حدَّثنا رَوْح بن عُبَادَة، حدَّثنا سَعِيد (ح)
ويُونُس، حدَّثنا شَيْبَان. وفي 3/233 (13480) قال: حدَّثنا عَبْد الوَهَّاب،
حدَّثنا سَعِيد بن أَبي عَرُوبَة. و"عَبد بن حُميد" 1180 قال: حدَّثنا
يُونُس بن مُحَمد، حدَّثنا شَيْبَان بن عَبْد الرَّحْمان. و"البُخَارِي"
2/113 (1338) و2/123 (1374) قال: حدَّثنا عَيَّاش بن الوَلِيد، حدَّثنا عَبْد
الأَعْلَى، حدَّثنا سَعِيد. وفي 2/113 (1338) قال: وقال لي خَلِيفَة، حدَّثنا ابن
زُرَيْع، حدَّثنا سَعِيد. و"مسلم" 8/161 (7318) قال: حدَّثنا عَبْد بن حُمَيْد،
حدَّثنا يُونُس بن مُحَمد، حدَّثنا شَيْبَان بن عَبْد الرَّحْمان. وفي 8/162 (7319)
قال: وحدَّثنا مُحَمد بن مِنْهَال الضَّرِير، حدَّثنا يَزِيد بن زُرَيْع، حدَّثنا
سَعِيد بن أَبي عَرُوبَة. وفي (7320) قال: حدَّثني عَمْرو بن زُرَارَة، أخبرنا
عَبْد الوَهَّاب، يَعْنِي ابن عَطَاء، عن سَعِيد. و"أبو داود" 3231 و4752
قال: حدَّثنا مُحَمد بن سُلَيْمان الأَنْبَارِي، حدَّثنا عَبْد الوَهَّاب، يَعْنِي
ابن عَطَاء، عن سَعِيد. و (االنَّسَائِي) 4/96 و97، وفي "الكبرى" 2187 و2189
قال: أخبرنا أحمد بن أَبي عُبَيْد الله الوَرَّاق، قال: حدَّثنا يَزِيد بن
زُرَيْع، عن سَعِيد. وفي 4/97، وفي "الكبرى" 2188 قال: أخبرنا مُحَمد بن
عَبْد الله بن المُبَارك، وإبراهيم بن يَعْقُوب بن إِسْحَاق، قالا: حدَّثنا يُونُس
بن مُحَمد، عن شَيْبَان.
كلاهما (سَعِيد بن أَبي عَرُوبَة، وشَيْبَان بن عَبْد الرَّحْمان) عن
قَتَادَة، فذكره.
- صَرَّحَ قَتَادَة بالسَّمَاع، في رواية شَيْبَان، ورواية سَعِيد، عند
البُخَارِي (
Intinya hadis tsb hanya dari
Qatadah bukan orang lain. Dia perawi tunggal , bukan dua atau tiga. Identitasnya sbb:
ــ قتادة بن دعامة بن قتادة ، و يقال قتادة بن دعامة
بن عكابة ، السدوسى ، أبو الخطاب البصرى
المولد : 60 هـ أو 61 هـ
الطبقة : 4 : طبقة تلى الوسطى من
التابعين
الوفاة : 100 و بضع عشرة هـ بـ واسط
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
مرتبته عند الذهبـي : الحافظ
mausuah ruwatil hadis 5518.
Intinya:
Qatadah adalah tingkat empat setelah pertengahan tabiin.
Jd sekitar 90
th setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam wafat kalangan tabiin tiada yg kenal hadis
itu kcl Qatadah . Sampai mati kebanyakan sahabat tdk kenal hadis itu dan tdk memiliki akidah mayat mendegar suara
gerak sandal pengiringnya spt hadis
itu.
Hadis tsb
lemah karena perawi tunggalnya bukan dr
Medinah tp dari Irak . Hal ini tanda kelemahan hadis .
Dalam majalah Buhus Islamiyah terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن الإعلال والرد
للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib
ilm untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis
adalah tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum (seperti hadis masalah
Bilal tadi).
Majalah buhus Islamiyah.
Syaikh Muhammad Hasan Abd Ghaffar menyatakan :
تعريف الحديث المنكر
تطلق النكارة عند المتقدمين على التفرد حتى ولو كان من الثقات، وأحمد كان
يرى انفراد الثقة نكارة، وكان بعض المتقدمين يرى الانفراد من الضعيف نكارة.
http://audio.islamweb.net/audio/Fulltxt.php?audioid=179908
Devinisi hadis munkar .
Istilah hadis
munkar menurut pakar hadis
dulu bisa di katakana kpd
hadis yg di riwayatkan oleh perawi tunggal sekalipun dia
termasuk perawi tsiqah ( terpercaya )
Imam Ahmad jg berpandangan sedemikian. Sebagian kalangan ahali
hadis dulu berpandangan hadis munkar
itu dr perawi lemah yg tunggal.
Dari segi
redaksi hadis, ada sisi kelemahan. Yaitu mayat mendengar suara gerak langkah sandal.
Mayat mendenngar hrs ada dalilnya dan mayat tdk
mendengar jg hrs ada dalilnya.
Al quran tlh
menyatakan bahwa mayat tdk mendengar sbgmn ayat :
إِنَّكَ لاَ تُسْمِعُ الْمَوْتَى
Maka sesungguhnya kamu tidak akan sanggup
menjadikan orang-orang yang mati itu dapat mendengar
وَمَا أَنْتَ بِمُسْمِعٍ مَنْ فِي اْلقُبُوْرِ
dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang
yang di dalam kubur dapat mendengar.
Hadis tsb bertentangan dg ayat al quran dan ini tanda kelemahannya.
Mayat dipukul dg palu ini bentuk penyiksaan kpd
mayat . Firaun dan rakyat yg mendukungnya sj tdk d siksa, mk layak
sekali mukmin yg di tanam dikuburan untuk di selamatkan dr siksaan . Allah berfirman:
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ
السَّاعَةُ أَدْخِلُوا ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ(46)
Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan
petang, dan pada hari terjadinya Kiamat., "Masukkanlah Fir''aun dan
kaumnya ke dalam azab yang sangat keras." (QS. Al-Mu’min: 46)
Firaun dan
rakyat pendukungnya di lemparkan ke Neraka nanti pd hari kiamat . Sblmnya
hanya di tampakkan pd mereka.
Grup pengajianku di WA yg baru
Cari ilmu agama dg sistim
dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08813270751
082225929198
0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan