Di katakan dalam artikel tsb sbb:
Hukum selamatan hari ke-3, 7, 40, 100, setahun,
dan 1000 hari diperbolehkan dalam syariat Islam. Keterangan diambil dari kitab
“Al-Hawi lil Fatawi” karya Imam Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi jilid 2
halaman 178 sebagai berikut:
قَالَ الامَامُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فى كِتَابِ الزُّهْدِ لَهُ: حَدَّثَنَا هَاشِمٌ بْنُ
الْقَاسِمِ قَالَ: حَدَّثَنَا الأَشْجَعِى عَنْ سُفْيانَ قَالَ قَالَ طَاوُسٌ: اِن
َّالْمَوْتَى يُفْتَنُونَ فى قُبُورِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ
يَطْعَمُوا عَنْهُمْ تِلْكَ الْأَيَّامَ, قَالَ الْحافِظُ أَبُو نُعَيمٍ فى
الْجَنَّةِ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ بْنُ مَالِكٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ
أَحَمْدَِ بْنِ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا أَبِى حَدَّثَنَا هَاشِمٌ بْنُ الْقَاسِمِ
حَدَّثَنَا الأَشْجَعِى عَنْ سُفْيانَ قَالَ: قَالَ طَاوُسٌ: اِنَّ الْمَوْتَى
يُفْتَنُونَ فى قُبُورِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ يَطْعَمُوا
عَنْهُمْ تِلْكَ الْأيَّامَ
Artinya:
“Telah berkata Imam Ahmad bin Hanbal
radhiyallaah anhu di dalam kitabnya yang menerangkan tentang kitab zuhud: Telah
menceritakan kepadaku Hasyim bin Qasim sambil berkata: Telah menceritakan
kepadaku al-Asyjai dari Sufyan sambil berkata: Telah berkata Imam Thawus (ulama
besar zaman Tabiin, wafat kira-kira tahun 110 H / 729 M): Sesungguhnya orang-orang
yang meninggal akan mendapat ujian dari Allah dalam kuburan mereka selama 7
hari. Maka, disunnahkan bagi mereka yang masih hidup mengadakan jamuan makan (sedekah)
untuk orang-orang yang sudah meninggal selama hari-hari tersebut.
Telah berkata al-Hafiz Abu Nuaim di dalam
kitab Al-Jannah: Telah menceritakan kepadaku Abu Bakar bin Malik, telah
menceritakan kepadaku Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan
kepadaku Ubay, telah menceritakan kepadaku Hasyim bin al-Qasim, telah
menceritakan kepadaku al-Asyjai dari Sufyan sambil berkata: Telah berkata Imam
Thawus: Sesungguhnya orang-orang yang meninggal akan mendapat ujian dari Allah
dalam kuburan mereka selama 7 hari. Maka, disunnahkan bagi mereka yang masih
hidup mengadakan jamuan makan (sedekah) untuk orang-orang yang sudah meninggal
selama hari-hari tersebut.”
Komentarku ( Mahrus ali):
Pernyataan bahwa mayat –mayat di
kuburannya terfitnah dalam jarak tujuh
hari.Setelah itu aman atau tetap mendapatkan siksaan yang dasat tidak
diterangkan, alias tanpa komentar sedikitpun. Ia bukan perkataan Nabi atau
sahabat. Ia perkataan Thawus.
Sudah tentu, pernyata an Thawus ini tidak
bisa di katakan benar atau salah total, mungkin benar mungkin salah
sebagaimana pernyataan Imam Syafii sbb:
مَهْمَا قُلْتُ مِنْ قَوْلٍ أَوْ
أَصَّلْتُ مِنْ أَصْلٍ فَبَلَغَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم خِلاَفُ
مَا قُلْتُ، فَالْقَوْلُ مَا قَالَهُ صلى الله عليه وسلم.
Sekalipun saya sudah mengatakan sesuatu
atau telah ku bikin suatu kaidah, lalu ada hadis Rasulullah SAW yang
bertentangan dengan apa yang aku katakan, maka
perkataan yang benar adalah sabda
Rasulullah SAW.
Lantas perawi bernama Sofyan bukan murid Thowus, bagaimana dia bisa mengatakan riwayat tsb dari Thawus. Bila dia mendengar dari orang lain dari
Thawus harus disebutkan, jangan disimpan. Ternyata dia tidak menyebutkannya, lalu dia langsung
menyatakan dari Thawus Sedemikian ini di sebut munqathi` atau sanad yang
terputus bukan bersambung dan bisa mengakibatkan lemah bukan sahih.
Kita pelajari identitas Thawus sbb:
طَاوُوسٌ بْنُ كِيسَانِ الْيَمَانِى ،
أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الْحِمْيَرِىّ مَوْلاَهُمْ ، الْفَارِسِى
، يُقَالُ اِسْمُهُ ذَكْوَانُ ( و طَاوُوسٌ لَقَبٌ )
الْمَوْلِدُ:
الطَّبَقَةُ: 3: مِنَ الْوُسْطَى مِنَ
التَّابِعِِيْنَ
الْوفاةُ: 106 ه وَ قِيْلَ بَعْدَ
ذَلِكَ
رَوَى لَهُ: خ م د ت س ق
مَرْتَبَتُهُ عِنْدَ اِبْنِ حَجَرِ: ثِقَةٌ
فَقِيهٌ فَاضِلٌ
مَرْتَبَتُهُ عِنْدَ الذَّهَبِيِ: قَالَ
عَمْروِ بْنُ دِينارٍ: مَا رَأَيْتُ
أَحَدً ا مِثْلَهُ قَطُّ
Thawus bin Kisan al Yamani – Abu Abd Rahman
al Himyari – maula mereka al farisi. Boleh
dikatakan, namanya adalah Dzakwan- Thawus sekedar Laqab ( Julukan)
Tingkatan: 3 dari tabiin menengah
Wafat
106 Hijriyah, di katakan juga
sebelum itu.
Martabatnya menurut Ibn Hajar, dia termasuk perawi terpercaya dan utama.
Martabatnya menurut Dzahabi: Amar bin Dinar
berkata: Aku tidak melihat orang yang selevel dengannya.
Ini murid Thawus:
إِبْرَاهِيْم بْنُ أَبِى بَكْرٍ
الأَخْنَسِى
إِبْرَاهِيم بْنُ مَيْسَرَةَ
الطَّائِفِى
إِبْرَاهِيم بْنُ يَزِيْدَ الْخَوْزِى
أُسَامَةْ بنْ ُزَيْدٍ اللَّيْثِى
حَبِيْبٌ بْنُ أَبِى ثَابِتٍ
Ibrahim bin Abi Bakr Al akhansi
Ibrahim bin Maisarah Thaifi
Ibrahim bin Yazid Al khauzy
Osama bin Zaid Leitsy
Habib bin Abi Tsabit
الْحَسَنُ بْنُ مُسْلِمٍ بْنِ يَنَاقٍ
الْحَكَمُ بْنُ عُتَيْبَة
حَنْظَلَة بْنُ أَبِى سُفْيَانَ
الْجَمْحِى
Hasan bin Muslim bin Yanaq
Hakam bin Utaiba
Handzalah bin Abi Sufyan Jamhi
سَعِيْدٌ بْنُ حَسَّانٍ
سَعِيْدٌ بْنُ سِنَانٍ أَبوُ سِنَانٍ
الشِّيْبَانِى الصَّغِيْر
سُلَيْمَانُ بْنُ طَرْخَانِ التّيْمِى
سُلَيْمَانُ بْنُ أَبِى مُسْلِمٍ
اْلأَحْوَلِ
Sa`id Bin Hassan
Sa`id bin Sinan Abu Sinan al-Syeibani kecil
Sulaiman ibn Tarkhan Taimi
Sulaiman ibn Abi Muslim ahwal
سُلَيْمَانُ بْنُ مُوْسَى الدِّمَشْقِى
شُعَيْبٌ ، َو يُقَالُ: أَبُو شُعَيْبٍ
صَاحِبُ الطَّيَالِسَةِ
صَدَقَةُ بْنُ يَسَارٍ الْمَكِّى
Sulaiman ibn Musa Damaskus
Syuaib, dan dikatakan: Abu Syuaib pemilik
Tayalish
Shaqah bin Yasar al Makki
الضَّحَّاكُ بْنُ مُزَاحِمٍ
عَامِرُ بْنُ مُصْعَب
عَبْدُ اللهِ بْنُ طَاوُوسٍ
َعَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِى نَجِيْحٍ
Dahhak bin Muzahim
Amir bin Musab
Abdullah bin Thawus
Abdullah bin Abi Njih
عَبْدُ اْلكَرِيْمِ بْنُ مَالِكٍ
الْجَزَرِى
عَبْدُ الْكَرِيْمِ أَبُو أُمَيَّةَ
اْلبَصْرِى
Abdul Karim bin Malik al Jazari
Abdul Karim Abu Umayyah al Basri
عَبْدُ اْلمَلِكِ بْنُ جُرَيْجٍ ،
عَبْدُ الْمَلِكِ بْنِ مَيْسَرَةَ
الزَّرَّادِ
عُبَيْدُ اللهِ بْنِ اْلوَلِيْدِ
الوَصَّافِى
عطاء بن السائب
عِكْرِمَةُ بْنُ عَمَّارٍ اْليَمَامِى
Abdul Malik bin Jutaij
Abdul Malik bin Maisarah Zarrad
Ubeidillah
ibn al-Walid Al Wasshafy
Ata ibn
Sa`ib
Ikrimah
Ben Ammar Al Yaimamy
عَمْرُو بْنُ دِيْنَارٍ
عَمْرُو بْنُ شُعَيْبٍ
عَمْرُو بْنُ قَتَادَةَ
Amr bin Dinar
Amr ibn Syuaib
Amr bin Qatada
عَمْرُو بْنُ مُسْلِمٍ الْجُنْدِى
قَيْسُ بْنُ سَعْدٍ الْمَكِّى
لَيْثٌ بْنُ أَبِى سُلَيْمٍ
مُجَاهِدٌ بْنُ جَبْرٍ الْمَكِّى
Amr ibn Muslim al Jundi
Qais bin Sa`ad al makki
Laits bin Abi Sulaim
Mujahid bin Jabr al-Makki
أَبُو الزُّبَيْرِ مُحَمَّدٌ بْنُ
مُسْلِمٍ بْنِ تَدَرُّسٍ الْمَكِّى
مُحَمَّدٌ بْنُ مُسْلِمٍ بْنُ شِهَابٍ
الزُّهْرِى
Abu Zubair bin Muhammad bin Muslim bin
Tadrus al Makki
Muhammad bin Muslim bin Shihab al Zuhri
الْمُغَيِّرَةُ بْنُ حَكِيمِ
الصَّنْعَانِى
مَكْحُولُ الشَّامِى
nالنُّعْمَانُ بْنُ أَبَى شَيْبَةُ
هَانِىءٌ بْنُ أَيُّوْبَ
Mughirah bin Hakim Sanaani
Makhul Syamy
Numan ibn Abi Shaybah
Hani ibn Ayyub
هِشَامُ بْنُ حُجَيْرٍ
وَهَبُ
بْنُ مُنَبَّهِ
أَبُو عَبْدِ اللهِ الشَّامِى
Hisyam bin Hujair
Wahab bin Munabbah
Abu Abdallah al-Syami
Komentarku ( Mahrus ali):
Ternyata menurut keterangan tentang murid
Thawus itu tidak ada nama Sofyan. Banyak
murid Thawus dan Sofyan tidak termasuk di dalamnya, lalu bagaimanakah bisa
Sofyan meriwayatkan hadis dari padanya tanpa melalui murid – muridnya. Antara Sofyan dan Thawus harus ada perawi yang di
sebutkan namanya dan tidak boleh langsung dari Thawus ke Sofyan. Ini namanya
sanad munqathi` atau sanad terputus bukan muttasil atau sanad yang bersambung. Dan sanad sedemikian ini di sebut sanad lemah
bukan sanad sahih yang bisa di buat pegangan tapi harus di lepaskan.
Dalam http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=160421
رُتْبَةُ أَثَرٍ: إِنَّ اْلمَوْتَى
يُفْتَنُوْنَ فِي قُبُوْرِهِمْ سَبْعاً فَكَانُوا يَسْتَحِبُّوْنَ..
الأَرْبِعَاءُ 4 شَعْبَان 1432 - 6-7-2011
رَقْمُ اْلفَتْوَى: 160421
التَّصْنِيْفُ: أَحَادِيْثُ ضَعِيْفَةٌ
وَمَوْضُوْعَة
[ قراءة: 7400 | طباعة:
179 | إرسال لصديق: 0 ]
السؤال
جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا عَنِ
الْإِسْلامِ و الْمُسْلِمِينَ, أَنَا أحَدُ
طَلَبَةِ الْعِلْمِ مِنَ
الْقَوْقازِ جُمْهُورِيَّةِ أنغوشيا, أفْتُونِي فِي هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ
مَأْجُوْرِيْنَ. فَإِنَّ الصُّوفِيَّةَ
فِي بِلادِنَا يَسْتَدِلُّونَ بِهَذَا الْأثِرَ فِي اسْتحْبَابِ إِطْعامِ الطّعامِ
عَنِ الْمَيْتِ. فَمَا مَدَى صِحَّةِ
أثَرِ هَذَا الْأثَرِ ؟ عَنْ طاوس قَالَ الْإمَامُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلِ – رَضِيَ
اللَّهُ عَنْه – فِي كِتَابَ الزُّهَّدِ
لَهُ: حَدَّثَنَا هَاشِمٌ بْنُ " الْقَاسِمِ "( 1 ) قَالَ:" ثِنَا "(
2 ) الأشجعي ( 3 ) عَنْ سُفْيانِ قَالِ: قَالَ طاوس:" إِنَّ الْموتى
يُفْتَنُونَ فِي قُبُورِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ يَطْعَمُوا
عَنْهُمْ تِلْكَ الْأيَّامِ. قَالَ
الْحافِظُ أَبُو نُعَيْمٍ فِي الْحِلْيَةِ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ بُنُّ مَالِكٍ
ثِنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ
بْنُ حَنْبَلِ حَدَّثَنَا أَبِي ثِنَا
هَاشِمٌ بْنُ الْقَاسِمِ ثِنَا الأشجعي
عَنْ سُفْيانِ قَالَ: قَالَ طاوس: إِنَّ الْموتى يُفْتَنُونَ فِي قُبُورِهُمْ
سَبْعًا فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ. .الإجابــة
Pertanyaan
Semoga Allah membalas Anda untuk Islam dan
umat Islam, aku mahasiswa dari
KaukasRepublik Ingushetia, berilah fatwa
dalam hal ini semoga anda mendapat pahala. Sufisme di negara kita
menggunakan dalil atsar ini tentang
sunatnya memberi makan untuk mayat.
Sampai dimana kebenaran atsar ini?
Dari Tawus kata Imam Ahmad bin Hanbal - Semoga
Allah meridhainya - dalam buku Zuhud: Beritahu
kami Hashim bin Qasim yang mengatakan: Bercerita
kepada kami Asyjai dari
Sufyan mengatakan: Tawus mengatakan: "Orang mati. diuji dalam kuburan mereka tujuh hari.
Mereka mensunnahkan memberi
makan selama hari itu
Hafez Abu Nuaim dalam al hilyah berkata: Dikisahkan oleh Abu Bakr bin Malik Bercerita
kepada kami Abdullah bin Ahmad bin
Hanbal lalu berkata: Bercerita kepada kami
ayahku, lalu berkata: Bercerita kepada kami Hasyim bin Qasim, lalu berkata: Bercerita
kepada kami Asyjai dari Sofyan
mengatakan: Towus berkata:: Sesungguhnya
orang – orang yang mati di uji di dalam kuburannya selama tujuh
hari dan mereka mensunnahkan………………
Jawab:
الْحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ
وَالسّلامُ عَلَى رَسُولِ اللهِ وَعَلَى آله وَصَحْبِهِ أَمَا بَعْدُ:
فَهَذَا الْأثَرُ رَوَاهُ كَمَا نَقَلَ
السّائِلُ أَحَمْدُ فِي الزُّهْدِ ، وَمِنْ طَرِيقِهِ أَبُو نُعِيمٍ فِي
الْحِلْيَةِ ، بِالْإِسْنادِ الْمَذْكُورِ.
وَأَوْرَدَهُ الْحَافِظُ اِبْنُ حَجَرٍ فِي( الْمَطَالِبِ الْعَالِيَةِ
بِزَوائِدِ الْمَسَانِيْدِ الثَّمانِيَةِ ) بِإِسْنادِ الْإمَامِ أَحْمَدَ فِي
الزُّهْدِ. وَإِسْنادُهُ ضَعِيفٌ
لِاِنْقِطاعِهِ بَيْنَ سُفْيانَ وَهُوَ الثَّوْرِيُّ وَطَاوُوسُ ، وَلِذَلِكَ
قَالَ فِيه سُفْيانُ: قَالَ طَاوُوسٌ دُونَ عَنْعَنَةِ وَلَا تَصْرِيحَ بِسَمَاعٍ
، وَقَدْ قَالَ مُحَقِّقُ هَذَا الْجُزْءِ مِنْ( الْمَطَالِبِ الْعَالِيَةِ) الدُّكْتورُ
بَاسِمُ عِنَايَةِ: الْإِسْنادُ رِجَالُهُ كُلَّهُمْ ثِقَاتٌ إلّا أَنَّهُ
مُنْقَطِعٌ بَيْنَ سُفْيانَ وَطَاوُوسٍ ، فَهُوَ ضَعِيفٌ. ( 5 / 330 / 834 ). وَهَذَا
التَّحْقِيقُ قَدْ أُنْجِزَ فِي عِدَّةِ رَسَائِلَ عِلْمِيَّةٍ قُدِّمَتْ
لِجَامِعَةِ الْإمَامِ مُحَمَّدٍ بْنِ سُعُودٍ
Segala puji bagi Allah, sholawat dan salam
semoga terlimpahkan kepada Rasulullah SAW, keluarga dan sahabatnya. Amma ba`duh.
Atsar ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad
sebagaimana di kutip oleh penanya –
dalam kitab Zuhd. Abu Nu`aim juga meriwayatkannya dari jalur Ahmad dalam kitab
al Hilyah dengan sanad tsb.
Al Hafidh Ibn Hajar juga mencantumkannya
dalam kitab al Mathalib al aliyah bizawaid tsamaniyah ( dengan sanad Imam Ahmad
dalam kitab Zuhd. Sanadnya lemah karena terputus antara Sofyan – Tsauri dengan Tawus. Karena itu
Sofyan berkata: Tawus berkata: …………. tanpa
menyebut dari………… atau pernyataan pernah mendengar. Pentahkik Juz dari kitab al Mathalib al aliyah ini – bernama
Doktor Basim Inayah menyatakan: Perawi
– perawinya terpercaya tapi terputus antara Sofyan dan Tawus. Ia lemah 330/5
Penelitian ini telah di lakukan dalam
beberapa tesis ilmiyah yang di ajukan kepada Universitas Imam Muhammad bin Su`ud.
وَهُوَ مَعَ اِنْقِطاعِهِ مُرْسَلٌ ،
وَلَا تَقُومُ بِهِ حُجَّةٌ عِنْدَ الْجُمْهُورِ ، وَرَاجِعْ الْفَتْوَى رَقْمُ: 104454.
Hadis tsb terputus sanadnya dan mursal, menurut
mayoritas ulama tidak bisa di buat
hujjah. Kembalilah ke fatwa nomer 104454
Tema kita besok insya Allah adalah
perkataan Imam al albani ttg siksa kubur yg terputus – putus , tdk kontinyu. Akan kita kaji kebenarannnya.
لفتوى الحادية عشر المستخرجة من الشريط
التاسع من سلسلة الهدى و النور .
[COLOR=Red]الاجابة [/COLOR]
السائل : أستاذنا ، عذاب القبر هو عذاب
حتى يوم القيامة أم متقطع وما الدليل على ذلك ؟ الشيخ الألباني رحمه الله : ربنا
قال في القرآن الكريم في حق فرعون وجماعته (النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا
غُدُوًّا وَعَشِيًّا ) (غُدُوًّا وَعَشِيًّا) .السائل : نعم .الشيخ الألباني رحمه
الله : [COLOR=Red]هذا
بالنسبة لاهل أكفر الناس فرعون وجماعته،[/COLOR]
اللي اتخذوه إلـهاً من دون الله، أما
الآخرين لا شك يعني من الفساق من المسلمين بيكون عذابهم دون ذلك، أما تفصيل بين كم
وكم فهذا ليس له ذكر في السنة .السائل : نعم.[/COLOR][/SIZE]
https://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=86413
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan