Maaf dalil – dalil yg beliau
gunakan untuk menetapkan siksa kubur jg banyak . Tp sdh di bhs dlm makalah yg lalu . Makanya sy kutip
sebagian yg blm di bahas sj.
Beiau menulis :
Begitu juga yang serupa dengan surat Al An’am tadi adalah firman Allah
Ta’ala,
وَلَوْ تَرَى إِذْ يَتَوَفَّى الَّذِينَ كَفَرُوا
الْمَلَائِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُمْ وَذُوقُوا عَذَابَ
الْحَرِيقِ
“Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang
yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata) : “Rasakanlah
olehmu siksa neraka yang membakar”, (tentulah kamu akan merasa ngeri).” (QS. Al
Anfal: 50)
Siksa yang dirasakan yang disebutkan dalam ayat ini adalah
di alam barzakh karena alam barzakh adalah alam pertama setelah kematian. (At
Tafsir Al Qoyyim, hal. 358)
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Benarkah ayat a anfal
50 itu untuk dalil siksa kubur
sbgmn di tulis oleh Ust. Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
ataukah dusta belaka? Maksudnya
tafsirannya yg keliru.
Mari kita berkelana ke beberapa refrensi kitab tafsir sbb:
تفسير البغوي - طيبة (3/ 368)
قِيلَ: أَرَادَ الَّذِينَ قُتِلُوا مِنَ الْمُشْرِكِينَ
بِبَدْرٍ كَانَتِ الْمَلَائِكَةُ يَضْرِبُونَ، {وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُمْ} قَالَ
سَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ وَمُجَاهِدٌ: يُرِيدُ أَسْتَاهَهُمْ، وَلَكِنَّ اللَّهَ
حَيِيٌ يُكَنِّي. قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: كَانَ الْمُشْرِكُونَ إِذَا أَقْبَلُوا
بِوُجُوهِهِمْ إِلَى الْمُسْلِمِينَ ضَرَبَتِ الْمَلَائِكَةُ وُجُوهَهُمْ بالسيوف،
وإذا ولو أَدْرَكَتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ فَضَرَبُوا أَدْبَارَهُمْ.
Intinya dlm kitab tafsir al baghowi , malaikat memukul wajah
dan pantat kaum musrikin itu di perang
Badar.
تفسير البغوي - طيبة (3/ 368)
وَقَالَ الْحَسَنُ: هَذَا يَوْمُ الْقِيَامَةِ تَقُولُ لَهُمْ خَزَنَةُ
جَهَنَّمَ: ذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ. وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا: يَقُولُونَ لَهُمْ ذَلِكَ بَعْدَ الْمَوْتِ.
Dlm kitab tafsir al
Baghowi ternyata dijlskan bahwa Al Hasan berkata: kalimat : “Rasakanlah olehmu
siksa neraka yang membakar” itu akan dikatakan oleh penjaga pintu Jahannam kpd mrk.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan dikuburan.
Ibnu Abbas menyatakan : Mrk mengatakan kpd kaum musrikin
setelah kematian.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
MAKSUDNYA : Perkataan : “Rasakanlah olehmu siksa neraka yang
membakar” akan dikatakan setelah
kematian .
Otomatis mayat dibakar itu bukan dikuburan tp di jahannam
nanti.
Bila dikuburan, mk akan bertentangan dg ayat 51- 53 yasin yg
nyatakan mayat tidur.
تفسير البغوي - طيبة (3/ 367)
{وَلَوْ تَرَى} يَا مُحَمَّدُ، {إِذْ
يَتَوَفَّى الَّذِينَ كَفَرُوا الْمَلَائِكَةُ يَضْرِبُونَ} أَيْ: يَقْبِضُونَ
أَرْوَاحَهُمْ. اخْتَلَفُوا فِيهِ، قِيلَ: هَذَا عِنْدَ الْمَوْتِ، تَضْرِبُ
الْمَلَائِكَةُ وُجُوهَ الْكُفَّارِ وَأَدْبَارَهُمْ بِسِيَاطِ النَّارِ.
Intinya dlm tafsir
Baghowi : Malaikat akan memukul wajah – wajah orang kafir dan pantatnya dg cemeti api itu ketika mati.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan untuk siksa kubur.
تفسير العز بن عبد السلام (1/ 541)
50 - {يَتَوَفَّى الَّذِينَ
كَفَرُواْ} عند قبض أرواحهم. {يَضْرِبُونَ وجوههم} يوم القيامة، أو القتل ببدر.
Intinya dlm tafsir al iz bin Abd salam : Mrk mukuli wajah musrikin nanti pd hari kiamat
atau terbunuh di perang Badar.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan dikuburan .
تفسير النسفي = مدارك التنزيل وحقائق التأويل (1/ 651)
{وَذُوقُواْ} ويقولون لهم ذوقوا
معطوف على يَضْرِبُونَ {عَذَابَ الحريق} أي مقدمة عذاب النار أو ذوقوا عذاب الآخرة
بشارة لهم به أو يقال لهم يوم القيامة ذوقوا وجواب لو محذوف أي لرأيت امرا فظيعا
INtinya dlm tafsir annasafy : Kalimat “Rasakanlah olehmu
siksa neraka yang membakar” itu nanti d hari kiamat akan dikatakan spt itu.
تفسير ابن كثير ت سلامة (4/ 76)
قُولُ تَعَالَى: وَلَوْ عَايَنْتَ يَا مُحَمَّدُ حَالَ
تَوَفِّي الْمَلَائِكَةِ أَرْوَاحَ الْكُفَّارِ، لَرَأَيْتَ أَمْرًا عَظِيمًا هَائِلًا
فَظِيعًا مُنْكَرًا؛ إِذْ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُمْ، وَيَقُولُونَ
لَهُمْ: {ذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ}
قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ: {وَأَدْبَارَهُمْ}
أَسْتَاهَهُمْ، قَالَ: يَوْمَ بَدْرٍ.
Intinya dlm tafsir Ibn Katsir : Mrk pukuli pantat
musrikin , menurut Mujahid adalah pd waktu perang Badar.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan untuk siksa kubur.
تنوير المقباس من تفسير ابن عباس (ص: 150)
{وَلَوْ ترى} لَو رَأَيْت يَا
مُحَمَّد {إِذْ يَتَوَفَّى الَّذين كَفَرُواْ} يقبض أَرْوَاحهم {الْمَلَائِكَة} يَوْم
بدر {يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ} على وُجُوههم {وَأَدْبَارَهُمْ} على ظُهُورهمْ {وَذُوقُواْ
عَذَابَ الْحَرِيق} الشَّديد
Intinya menurut Tafsir Ibn Abbas, hal itu terjadi pd perang
Badar
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan untuk siksa kubur.
تفسير الجلالين (ص: 235)
وَلَوْ تَرَى} يَا مُحَمَّد {إذْ
يَتَوَفَّى} بِالْيَاءِ وَالتَّاء {الَّذِينَ كَفَرُوا الْمَلَائِكَة يَضْرِبُونَ}
حَال {وُجُوههمْ وَأَدْبَارهمْ} بِمَقَامِع مِنْ حَدِيد {وَ} يَقُولُونَ لَهُمْ {ذُوقُوا
عَذَاب الْحَرِيق} أَيْ النَّار وَجَوَاب لَوْ لَرَأَيْت أَمْرًا عَظِيمًا
Intinya dlm kitab tafsir jalalain , jg tdk ada keterangan
untuk siksa kubur ttg ayat 50 al anfal itu.
تفسير أبي السعود = إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب
الكريم (4/ 27)
إِذْ يَتَوَفَّى الذين كفروا الملائكة} ظرفٌ لترى
والمفعولُ محذوفٌ أي ولو ترى الكفرةَ أو حالَ الكفرةِ حين يتوفاهم الملائكةُ ببدر
وتقديمُ المفعولِ للاهتمام به وقيل الفاعلُ ضميرٌ عائدٌ إلى الله عزَّ وجلَّ
والملائكةُ مبتدأٌ وقوله تعالى
{يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ} خبرُه
والجملةُ حالُ من الموصول قد استُغني فيها بالضَّميرِ عن الواوِ وهو على الأول
حالٌ منه أو من الملائكة أو منهما لاشتماله على ضميريهما
Intinya dlm tafsir Abi Su`ud , pr malaikat memukuli wajah
musrikin itu pd perang Badar .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan untuk siksa kubur.
فتح القدير للشوكاني (2/ 362)
قِيلَ: هَذَا الضَّرْبُ يَكُونُ عِنْدَ الْمَوْتِ كَمَا
يُفِيدُهُ ذِكْرُ التَّوَفِّي، وَقِيلَ: هُوَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حِينَ
يَسِيرُونَ بِهِمْ إِلَى النَّارِ. قَوْلُهُ: وَذُوقُوا عَذابَ الْحَرِيقِ قَالَهُ
الْفَرَّاءُ: الْمَعْنَى: وَيَقُولُونَ ذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ، وَالْجُمْلَةُ
مَعْطُوفَةٌ عَلَى يَضْرِبُونَ وَقِيلَ إِنَّهُ يَقُولُ لَهُمْ هَذِهِ
الْمَقَالَةَ خَزَنَةُ جَهَنَّمَ، وَالذَّوْقِ قَدْ يَكُونُ مَحْسُوسًا، وَقَدْ
يُوضَعُ مَوْضِعَ الِابْتِلَاءِ وَالِاخْتِبَارِ، وَأَصْلُهُ مِنَ
Menurut kitab tafsir fathul qadir karya Syaukani , pemukulan
itu pd saat kematian , jg ada yg menyatakan kelak di hari kiamat .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan untuk siksa
kubur.
Jadi bila ayat 50 al
anfal itu di arahkan untuk siksa kubur jls
keliru , tdk benar , tidak samar lg dan
menyalahi banyak kitab tafsir.
Ust Samih askar dr
Mesir menyatakan:
أيضاً فمن المقرر لدينا في الدين أن الله يحاسب عباده
بموجب صحائفهم وهذا مُقرر سلفاً في مشاهد الحساب.. وحكمته أنه لا عذاب قبل ثبوت
التُهمة،
Sdh menjadi ketetapan dlm agama kami , bahwa Allah akan
menghisap hamba – hambanya sesuai dengan catatan amalan nya > dan ini sdh di
tetapkan terlebih dahulu dlm majlis
hisap > hikmahnya tidk ada siksaan
sblm ketetapan suatu tuduhan.
http://www.ahl-alquran.com/arabic/show_article.php?main_id=10387
Ini ada makalah dr banyak asatidz dan syaikh ttg siksa kubur
عذاب القبر بين الحقيقة والخيال
Siksa kubur antara hayalan dan kenyataan
عذاب القبر أم عذاب الفقر
Siksa kuur atau siksa
kefakiran
أضع بين أيديكم الموضوع التالي المبرمج في الرواق وهو
أكذوبة عذاب القبر
Intinya : Kedustaan siksa kubur .
خرافة عذاب القبر
Khurafat siksa kubur .
لماذا لا يوجد عذاب قبر في الإسلام؟
Mengapa dlm Islam tdk
ada siksa kubur?.
حوار صحفى قديم حول أكذوبة عذاب القبر وأكاذيب شيوخ الثعبان
الأقرع
Dialog wartawan dulu
ttg kedustaan siksa kubur dan kedustaan para syuyukh yg ahli
dlm menjelaskan ular botak ( yg menyiksa manusa dikuburan )
خالد الجندى و عذاب القبر
Khalid al jundi dan siksa kubur .
مصدر خُرافة عذاب القبر
Sumber khurafat siksa kubur.
http://www.ahl-alquran.com/arabic/show_article.php?main_id=3460
bersambung …………….
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan