fase ke 24 ttg kisah hoax Dajjal
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ
قَتَادَةَ عَنْ نَصْرِ بْنِ عَاصِمٍ عَنْ سُبَيْعِ بْنِ خَالِدٍ قَالَ
(ABUDAUD - 3706) : Telah menceritakan kepada kami Musaddad
berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Awanah dari Qatadah dari Nashr bin
Ashim dari Subai' bin Khalid ia berkata,
أَتَيْتُ الْكُوفَةَ فِي زَمَنِ فُتِحَتْ تُسْتَرُ
أَجْلُبُ مِنْهَا بِغَالًا فَدَخَلْتُ الْمَسْجِدَ فَإِذَا صَدْعٌ مِنْ الرِّجَالِ
وَإِذَا رَجُلٌ جَالِسٌ تَعْرِفُ إِذَا رَأَيْتَهُ أَنَّهُ مِنْ رِجَالِ أَهْلِ
الْحِجَازِ
"Aku pernah datang ke Kufah saat penaklukan kota Tustar tempat yang
biasa aku membeli Bighol . Aku lantas masuk ke sebuah masjid, orang-orang
banyak berkumpul, dan ternyata di sana
ada seorang lelaki -jika kamu melihat, kamu akan tahu bahwa ia dari wilayah
Hijaz; Makkah dan Madinah-.
قَالَ قُلْتُ مَنْ هَذَا فَتَجَهَّمَنِي الْقَوْمُ
وَقَالُوا أَمَا تَعْرِفُ هَذَا هَذَا حُذَيْفَةُ بْنُ الْيَمَانِ صَاحِبُ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ حُذَيْفَةُ إِنَّ النَّاسَ
كَانُوا يَسْأَلُونَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ
الْخَيْرِ وَكُنْتُ أَسْأَلُهُ عَنْ الشَّرِّ فَأَحْدَقَهُ الْقَوْمُ
بِأَبْصَارِهِمْ
Aku bertanya, "Siapakah lelaki ini?" orang-orang
memandangiku dengan sorotan tajam, mereka berkata, "Engkau tidak tahu
orang ini! ini adalah Hudzaifah Ibnul Yaman, seorang sahabat Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam." Hudzaifah lalu berkata, "Orang-orang
banyak bertanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tentang kebaikan, sementara
aku bertanya beliau tentang keburukan." Orang-orang sepontan memperhatikan
Hudzaifah dengan pandangan tajam,
فَقَالَ إِنِّي أَرَى الَّذِي تُنْكِرُونَ إِنِّي قُلْتُ
يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ هَذَا الْخَيْرَ الَّذِي أَعْطَانَا اللَّهُ
أَيَكُونُ بَعْدَهُ شَرٌّ كَمَا كَانَ قَبْلَهُ قَالَ نَعَمْ قُلْتُ فَمَا
الْعِصْمَةُ مِنْ ذَلِكَ قَالَ السَّيْفُ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ ثُمَّ مَاذَا
يَكُونُ قَالَ إِنْ كَانَ لِلَّهِ خَلِيفَةٌ فِي الْأَرْضِ فَضَرَبَ ظَهْرَكَ
وَأَخَذَ مَالَكَ فَأَطِعْهُ وَإِلَّا فَمُتْ وَأَنْتَ عَاضٌّ بِجِذْلِ شَجَرَةٍ
Hudzaifah melanjutkan, "Aku tahu apa yang kalian
ingkari (cemaskan). Aku pernah bertanya kepada Rasulullah, "Wahai
Rasulullah, apakah setelah kebaikan yang Allah berikan kepada kita ini, akan
muncul keburukan setelahnya seperti masa-masa sebelumnya?" Beliau menjawab:
"Benar." Aku bertanya lagi, "Bagaimana bisa selamat dari hal itu?"
beliau menjawab: "Dengan pedang." Aku bertanya lagi, "Wahai
Rasulullah, lantas apa yang bakal terjadi?" Beliau menjawab: "Jika
Allah mempunyai Khalifah di muka bumi, lalu ia memukul punggung dan mengambil
hartamu, maka taatilah ia.
Jika tidak begitu, maka matilah kamu dalam keadaan menggigit
akar pohon (tidak taat dan pergi menyepi).
قُلْتُ ثُمَّ مَاذَا قَالَ ثُمَّ يَخْرُجُ الدَّجَّالُ
مَعَهُ نَهْرٌ وَنَارٌ فَمَنْ وَقَعَ فِي نَارِهِ وَجَبَ أَجْرُهُ وَحُطَّ
وِزْرُهُ وَمَنْ وَقَعَ فِي نَهْرِهِ وَجَبَ وِزْرُهُ وَحُطَّ أَجْرُهُ قَالَ
قُلْتُ ثُمَّ مَاذَا قَالَ ثُمَّ هِيَ قِيَامُ السَّاعَةِ
" Aku bertanya lagi, "Lalu apa yang akan terjadi?"
beliau menjawab: "Akan muncul dajjal dengan membawa sungai dan api. Siapa
yang jatuh ke dalam apinya, maka ia akan mendapatkan pahala dan akan dihapus
dosanya. Dan siapa yang jatuh ke dalam sungainya, maka ia akan mendapat dosa
dan digugurkan pahalanya." Aku bertanya lagi, "Lalu apa lagi?" beliau
menjawab: "Kiamat akan datang."
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ فَارِسٍ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ نَصْرِ بْنِ
عَاصِمٍ عَنْ خَالِدِ بْنِ خَالِدٍ الْيَشْكُرِيِّ بِهَذَا الْحَدِيثِ قَالَ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya bin Faris
berkata, telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq dari Ma'mar dari Qatadah
dari Nashr bin Ashim dari Khalid bin Khalid Al Yasykuri dengan hadits yang sama.
Ia (Hudzaifah) berkata,
قُلْتُ بَعْدَ السَّيْفِ قَالَ بَقِيَّةٌ عَلَى أَقْذَاءٍ
وَهُدْنَةٌ عَلَى دَخَنٍ ثُمَّ سَاقَ الْحَدِيثَ قَالَ وَكَانَ قَتَادَةُ يَضَعُهُ
عَلَى الرِّدَّةِ الَّتِي فِي زَمَنِ أَبِي بَكْرٍ عَلَى أَقْذَاءٍ يَقُولُ قَذًى
وَهُدْنَةٌ يَقُولُ صُلْحٌ عَلَى دَخَنٍ عَلَى ضَغَائِنَ
"Setelah pedang apa lagi?" beliau menjawab: "Akan
tersisa kotoran mata (keburukan)
عون المعبود وحاشية ابن القيم (11/ 212)
(بَقِيَّةٌ عَلَى أَقْذَاءٍ) أَيْ
يَبْقَى النَّاسُ بَقِيَّةً عَلَى فَسَادِ قُلُوبِهِمْ
Maksudnya : tersisalah manusia yg hatinya rusak.
dan perdamaian semu .
عون المعبود وحاشية ابن القيم (11/ 212)
(وَهُدْنَةٌ) بِضَمِّ الْهَاءِ أَيْ
صُلْحٌ (عَلَى دَخَنٍ) بِفَتْحَتَيْنِ أي مع خداع ونفاق وخيانة يعني صلح فِي
الظَّاهِرِ مَعَ خِيَانَةِ الْقُلُوبِ وَخِدَاعِهَا وَنِفَاقِهَا
Seolah damai, tp hatinya masih sangat benci, dan munafik.
" Lalu ia menyebutkan hadits selengkapnya." Ia (perawi)
berkata, "Qatadah menganalogikan 'kotoran mata' adalah peristiwa riddah (pemurtadan)
yang ada di masa Abu Bakar. Dan 'perdamaian yg hatinya masih benci ' adalah
upaya damai yang semu
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ يَعْنِي ابْنَ الْمُغِيرَةِ عَنْ حُمَيْدٍ عَنْ نَصْرِ
بْنِ عَاصِمٍ اللَّيْثِيِّ قَالَ أَتَيْنَا الْيَشْكُرِيَّ فِي رَهْطٍ مِنْ بَنِي
لَيْثٍ فَقَالَ مَنْ الْقَوْمُ قُلْنَا بَنُو لَيْثٍ أَتَيْنَاكَ نَسْأَلُكَ عَنْ
حَدِيثِ حُذَيْفَةَ فَذَكَرَ الْحَدِيثَ قَالَ
" Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah
Al Qa'nabi berkata, telah menceritakan kepada kami Sulaiman -maksudnya Sulaiman
bin Al Mughirah- dari Humaid dari Nashr bin Ashim Al Laitsi ia berkata, "Kami
pernah mendatangi Al Yasykuri dalam sebuah rombongan bani Laits, ia bertanya, "Siapakah
orang-orang itu?" kami menjawab, "Mereka adalah orang-orang bani
Laits. Kami mendatangimu untuk menanyakan seputar hadits Hudzaifah.. lalu ia
menyebutkan hadits tersebut. Hudzaifah berkata,
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَعْدَ هَذَا الْخَيْرِ
شَرٌّ قَالَ فِتْنَةٌ وَشَرٌّ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَعْدَ هَذَا
الشَّرِّ خَيْرٌ قَالَ يَا حُذَيْفَةُ تَعَلَّمْ كِتَابَ اللَّهِ وَاتَّبِعْ مَا
فِيهِ ثَلَاثَ مِرَارٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَعْدَ هَذَا
الشَّرِّ خَيْرٌ قَالَ هُدْنَةٌ عَلَى دَخَنٍ وَجَمَاعَةٌ عَلَى أَقْذَاءٍ فِيهَا
أَوْ فِيهِمْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ الْهُدْنَةُ عَلَى الدَّخَنِ مَا هِيَ
قَالَ لَا تَرْجِعُ قُلُوبُ أَقْوَامٍ عَلَى الَّذِي كَانَتْ عَلَيْهِ قَالَ
"Aku bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah setelah
kebaikan ini akan ada keburukan?" beliau menjawab: "Fitnah dan
keburukan." Aku bertanya lagi, "Wahai Rasulullah, apakah setelah
keburukan ini akan muncul kebaikan?" beliau menjawab: "Wahai
Hudzaifah, pelajarilah Al-Qur'an dan ikuti apa yang ada di dalamnya." Beliau
ulangi kata-kata itu hingga tiga kali. Aku bertanya lagi, "Wahai
Rasulullah, apakah setelah keburukan ini ada kebaikan?" beliau menjawab:
" Perdamaian dg hati yg masih benci, dan kelompok yang diselimuti oleh
hati yg rusak ." Aku berkata, "Wahai Rasulullah, maksud perdamaian yg
hati yg benci apa?" beliau menjawab: "Jika hati orang-orang tidak
lagi sebagaimana fitrahnya.
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَبَعْدَ هَذَا الْخَيْرِ
شَرٌّ قَالَ فِتْنَةٌ عَمْيَاءُ صَمَّاءُ عَلَيْهَا دُعَاةٌ عَلَى أَبْوَابِ
النَّارِ فَإِنْ تَمُتْ يَا حُذَيْفَةُ وَأَنْتَ عَاضٌّ عَلَى جِذْلٍ خَيْرٌ لَكَ
مِنْ أَنْ تَتَّبِعَ أَحَدًا مِنْهُمْ
" Aku bertanya lagi, "Wahai Rasulullah, apakah
setelah kebaikan ini akan muncul keburukan?" beliau menjawab: "Fitnah
yang buta dan tuli (dari kebenaran), mereka mempunyai penyeru-penyeru ke pintu
neraka. Wahai Hudzaifah, jika engkau mati dalam keadaan menggigit akar pohon (pergi
menjauh), maka itu lebih baik dari pada kamu mengikuti seorang dr mereka."
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ
حَدَّثَنَا أَبُو التَّيَّاحِ عَنْ صَخْرِ بْنِ بَدْرِ الْعِجْلِيِّ عَنْ سُبَيْعِ
بْنِ خَالِدٍ بِهَذَا الْحَدِيثِ عَنْ حُذَيْفَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah
menceritakan kepada kami Abdul Warits berkata, telah menceritakan kepada kami
Abu At Tayyah dari Shakhr bin Badr Al 'Ijli dari Subai' bin Khalid dengan
hadits ini, dari Hudzaifah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau
bersabda:
فَإِنْ لَمْ تَجِدْ يَوْمَئِذٍ خَلِيفَةً فَاهْرُبْ
حَتَّى تَمُوتَ فَإِنْ تَمُتْ وَأَنْتَ عَاضٌّ وَقَالَ فِي آخِرِهِ قَالَ قُلْتُ
فَمَا يَكُونُ بَعْدَ ذَلِكَ قَالَ لَوْ أَنَّ رَجُلًا نَتَجَ فَرَسًا لَمْ
تُنْتَجْ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ
"Jika pada hari itu engkau tidak mendapatkan seorang
khalifah (yang adil), maka menjauhlah hingga engkau mendapati kematian, meskipun
engkau mati dalam keadaan menggigit akar pohon." Dan pada penghujung
hadits Hudzaifah berkata, "Aku bertanya, "Apa yang akan terjadi
setelah itu?" beliau menjawab: "Andai kala itu ada seorang laki-laki
yang mengawinkan kuda, maka ia tidak akan mendapatkan hasil hingga datang
kiamat."
Cacat dr sg sanad.
جامع الأصول (10/ 50)
INtinya hadis itu hanya dr satu sahabat yaitu Hudzaifah bin
Al yaman . Ribuan sahabat sampai mati tdk phm hadis itu. Hadis itu dikalangan
sahabat nyeleneh bin aneh. Bila tdk bgt , mk akan banyak yg meriwayatkannya. Hadis
sedemikin ini namanya hadis munkar dan lemah jg.
Jadi scr rantai sanad, hadis tsb terfokus pd Hudzaifah , bukan
sahabat yg lain.
وأصل السند: هو طرفه الذي فيه الصحابي، والصحابي حلقة من
حلقات السند، أي إذا تفرد الصحابي برواية الحديث، فإن الحديث يسمى غريبا غرابة
مطلقة
Walaupun sahabat yg tafarrud mk hadis ttp diberi nama gharib
mutlak.
Kata Ibnu Hajar.
http://shamela.ws/browse.php/book-8681/page-31
فقد قسم الحافظ ابن حجر في (نخبة الفكر) الحديث الغريب
إلى نوعين اثنين:
أحدهما: الفرد المطلق، وهو ما كانت الغرابة فيه في أصل
السند.
والآخر: الفرد النسبي، وهو كانت الغرابة فيه في غير أصل
السند.
Intinya bila yg tafarrud / tunggal itu perawi dr kalangan
sahabat, mk dikatakan fard mutlak .
Bila yg tafarrud bukan dr sahabat mk dikatakan fard nisbi. (
yakni tdk mutlak ). Kata Ibn Hajar.
http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=57183
jadi hadis tsb ttp dikatakan hadis gharib. Bukan mashur. Dan
kebanyakan hadis gharib adalah lemah.
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما
تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ
العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan hadis.( tafarrud
)
1. Ulama hadis dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat
gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci terhadap terhadap riwayat – riwayat
yang gharib ( nyeleneh ) dan hadis yang di riwayatkan oleh seorang perawi , lalu
di anggap sebagai hadis yang terjelek sebagaimana di katakan oleh Imam Malik
rahimahullah: Ilmu terjelek adalah yang gharib dan ilmu yang terbaik adalah
yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).
Karena sanadnya tafarrud pd Hudzaifah, mk boleh dikatakan
gharib Dan ini yg bikin lemahnya hadis itu.
Cacat dr sg matan / redaksi hadis :
رواية حميد بن هلال. ليس فيها ذكر السيف، ولا الدجال. وزاد:
«تعلم كتاب الله واتبع ما فيه» ثلاث مرات.
Intinya menurut riwayat Humaid bin Hilal tanpa menyebut
pedang dan Dajjal. Malah ada tambahan : Belajarlah kitabulllah da ikutilah apa
yg ada di dalamnya …………. 3x.
Sama dr Hudzaifahnya tp beda redaksi ada yg menyebut pedang
dan Dajjal dan ada yg tdk. Ini tdk singkron. Lalu mn yg benar dan mn yg salah.
إِنْ كَانَ لِلَّهِ خَلِيفَةٌ فِي الْأَرْضِ فَضَرَبَ
ظَهْرَكَ وَأَخَذَ مَالَكَ فَأَطِعْهُ وَإِلَّا فَمُتْ وَأَنْتَ عَاضٌّ بِجِذْلِ
شَجَرَةٍ
: "Jika Allah mempunyai Khalifah di muka bumi, lalu ia
memukul punggung dan mengambil hartamu, maka taatilah ia.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila kholifah Allah mengambil harta mu , mencurinya , mk tak
layak di katakan khalifah Allah , layak sekali di katakan khalifah setan.
Bila khalifah yg memukulmu , mk layak di kisas sbgmn ayat :
وَكَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيهَا أَنَّ النَّفْسَ
بِالنَّفْسِ وَالْعَيْنَ بِالْعَيْنِ وَالْأَنْفَ بِالْأَنْفِ وَالْأُذُنَ
بِالْأُذُنِ وَالسِّنَّ بِالسِّنِّ وَالْجُرُوحَ قِصَاصٌ فَمَنْ تَصَدَّقَ بِهِ
فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَهُ وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ
هُمُ الظَّالِمُونَ(45)
Dan kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At
Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan
hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada
kisasnya. Barangsiapa yang melepaskan (hak kisas) nya, maka melepaskan hak itu (menjadi)
penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang
diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.
Khalifah yg mukul itu hrs mendapat kisas sbgmn Maidah 45 itu.
Bia tdk bgt mk di katakan khalifah Allah yg tdk memeraktekkan hukum Allah dan
termasuk dhalim atau kafir. Boleh jadi dia dikatakan thaghut yg hrs di perangi
bukandi taati sbgmn ayat :
وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ
اُعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ فَمِنْهُمْ مَنْ هَدَى اللَّهُ
وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ
فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ
Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap
umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu",
maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada
pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka
berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang
yang mendustakan (rasul-rasul).Nakhel 36.
Bila kita memerintah umat manusia taat pd thaghut sm dg
kufur dg ayat Nakhel 36 itu.
Apalagi bila khalifah itu mengambil hartamu atau mencuri, mk
layak sekali di kisas dg potong tangannya. Bila dia bgt terus, mk bukan
khalifah yg hrs di taati , tp thaghut yg hrs diperangi.
:
Bersambung …………….
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan