Selasa, Maret 28, 2017

KIsah Nabi Isa turun lagi benar atau tdk ke 1




وَإِنَّهُ لَعِلْمٌ لِّلسَّاعَةِ فَلَا تَمْتَرُنَّ بِهَا وَاتَّبِعُونِ ۚ هَٰذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيمٌ

 Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.  Zukhruf 61
الصحيح المسبور من التفسير بالمأثور (4/ 309)
خرج الطبري بسنده الصحيح عن مجاهد، قوله (وإنه لعلم للساعة) قال: آية للساعة خروج عيسى ابن مريم قبل يوم القيامة.
أخرج الطبري بسنده الحسن عن قتادة عن الحسن (وإنه لعلم للساعة) هذا القرآن.
التفسير الواضح (3/ 401)
لَعِلْمٌ لِلسَّاعَةِ أى نزوله علامة للساعة.
أوضح التفاسير (1/ 606)
{وَإِنَّهُ} أي عيسى عليه السلام {لَعِلْمٌ لِّلسَّاعَةِ} أي دليل عليها؛ حين ينزل قبيل القيامة
أضواء البيان في إيضاح القرآن بالقرآن (7/ 128)
التَّحْقِيقُ أَنَّ الضَّمِيرَ فِي قَوْلِهِ: (وَإِنَّهُ) رَاجِعٌ إِلَى عِيسَى لَا إِلَى الْقُرْآنِ، وَلَا إِلَى النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -.
وَمَعْنَى قَوْلِهِ: لَعِلْمٌ لِلسَّاعَةِ عَلَى الْقَوْلِ الْحَقِّ الصَّحِيحِ الَّذِي يَشْهَدُ لَهُ الْقُرْآنُ الْعَظِيمُ وَالسُّنَّةُ الْمُتَوَاتِرَةُ - هُوَ أَنَّ نُزُولَ عِيسَى فِي آخِرِ الزَّمَانِ حَيًّا عِلْمٌ لِلسَّاعَةِ، أَيْ عَلَامَةٌ لِقُرْبِ مَجِيئِهَا ; لِأَنَّهُ مِنْ أَشْرَاطِهَا الدَّالَّةِ عَلَى قُرْبِهَا.
أيسر التفاسير للجزائري (4/ 649)
وإنه لعلم للساعة: أي وإن عيسى عليه السلام لعلم للساعة تُعلم بنزوله إذا نزل.
التفسير الميسر (1/ 494)
إِنَّهُ لَعِلْمٌ لِلسَّاعَةِ فَلَا تَمْتَرُنَّ بِهَا وَاتَّبِعُونِ هَذَا صِرَاطٌ مُسْتَقِيمٌ (61)
وإن نزول عيسى عليه السلام قبل يوم القيامة لدليل على قُرْبِ، وقوع الساعة، فلا تشُكُّوا أنها واقعة لا محالة
Intinya  dlm kitab – kitab tafsir tsb di katakan bahwa Turunnnya  Isa as kelak sbg tanda dekatnya hari kiamat.
Jadi beda dg terjemahan depag RI yg menyatakan Isa  yg memberi tahu ttg hari kiamat.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Maksudnya bukan menjadi tanda dekatnya hari kiamat
المنتخب في تفسير القرآن الكريم (ص: 730)

61 - وأن عيسى بحدوثه بدون أب، وإبرائه الأكمه والأبرص لدليل على قيام الساعة، فلا تشكن فيها، واتبعوا هداى ورسولى. هذا الذى أدعوكم إليه، طريق مستقيم موصل إلى النجاة.
Dlm tafsir  al muntakhab …………. Di jlskan ttg maksud ayat 61 Zukhruf itu bahwa  Isa terjadi/ wujud  tanpa seorang ayah, dan bisa menyembuhkan  orang buta dan kusta sbg bukti akan terjadi hari kiamat (  hari kebangkitan manusia  dan jin ) . Jngan sekali – kali km ragu ttg kiamat . Ikutilah petunjukku Rasulku. Ini yang saya mengajak pdmu . Jalan lurus dan mengantarkn kpd keselamatan .

تفسير البيضاوي (5/ 167، بترقيم الشاملة آليا)
{ وَإِنَّهُ } وإن عيسى عليه السلام . { لَعِلْمٌ لّلسَّاعَةِ } لأن حدوثه أو نزوله من أشراط الساعة يعلم به دنوها ، أو لأن احياء الموتى يدل على قدرة الله تعالى عليه
Intinya : Dlm tafsir kitab al baidhowi itu  dicantumkan dua pendapat yaitu Nabi Isa sbg tanda  kiamat  sbb lahirnya dan turunnya kelak termasuk tanda kiamat atau Isa bisa menghidupkan  orang mati – mati menunjukkan bahwa Allah jg mampu bgt ( kelak di hari kiamat ).



التفسير الحديث (4/ 519)
منهم من قال في صدد الآية الثانية إن ضمير (إنّه) عائد إلى القرآن وإن الآية تعني تقرير أن القرآن يعلم السامعين بقيام الساعة أو يذكرهم بها أو إن علمها فيه أي إنه يقرر حقيقتها وحقيقة وقوعها فليس من محل للمماراة فيها، وقد يكون هذا القول أوجه.
Intinya dlm tafsir tsb  maksud ayat 61  Zukhruf itu adalah  bahwa Al quran ini yg memberi tahu kpd para pendengarnya akan terjadinya  kiamat .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di kitab tafsir sendiri beda pendapat.  Ada yg menyatakan bahwa ayat 61 zukhruf itu untuk turunnya Nabi Isa  kelak menjelang kiamat . Ada juga yg menyatakan  tdk bgt, tp kelahiran Nabi Isa yg tanpa bapak sbg tanda bahwa Allah kelak jg mampu menghidupkan manusia yg mati  di hari kebangkitan.

Bila kita ikut ahli tafsir yg menyatakan  ayat  61 Zukhruf menunjukkan bahwa turunnya nabi Isa kelak  sbg tanda hari kiamat .Mk kita akan  benturan dg ayat yg menyatakan  bahwa Kiamat terjadi mendadak tanpa menunggu turunnya nabi Isa sbb :
قَدْ خَسِرَ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِلِقَاءِ اللَّهِ حَتَّى إِذَا جَاءَتْهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً قَالُوا يَاحَسْرَتَنَا عَلَى مَا فَرَّطْنَا فِيهَا وَهُمْ يَحْمِلُونَ أَوْزَارَهُمْ عَلَى ظُهُورِهِمْ أَلَا سَاءَ مَا يَزِرُونَ
Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan; sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: "Alangkah besarnya penyesalan kami terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu!", sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amatlah buruk apa yang mereka pikul itu. An`am 31
Bila kita  menyatakan turunnya Nabi Isa sbg tanda kiamat , mk kita akan bertentangan dg ayat :
إِذْ قَالَ اللهُ يَاعِيسَى إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا
    “Apabila Allah berkata, ‘Wahai Isa, Aku akan mematikan kamu, dan menaikkan kamu kepada-Ku, dan Aku membersihkan kamu daripada orang-orang yang tidak percaya …..’” (3:55)

 Ayat  itu menyatakan bahwa Nabi Isa telah di wafatkan, lalu di angkat ke sisiNya .
 Arti tsb asal arti kalimat mutawaffik . Yakni saya ( Allah ) mewafatkanmu . Kalau bgt , Nabi Isa as  sdh meninggal dunia, bukan masih hidup dilangit. Nabi Isa menurut ayat  itu dimatikan lalu diangkat kelangit. Bukan masih hidup.
Bila di artikan  saat itu nabi Isa hanya ditidurkan bukan dimatikan , mk itu  arti takwil . Resikonya  akan bertentangan  dg ayat  sbb:

وَكُنْتُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا مَا دُمْتُ فِيهِمْ فَلَمَّا تَوَفَّيْتَنِي كُنْتَ أَنْتَ الرَّقِيبَ عَلَيْهِمْ وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ
    “Dan aku (Isa) seorang saksi ke atas mereka selama aku di kalangan mereka; tetapi setelah Engkau mematikan aku, Engkau Sendiri adalah penjaga ke atas mereka; Engkau saksi atas segala sesuatu.” (5:117)

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ketika Allah dulu mewafatkan nabi Isa . Bukan yg akan datang. Waktu dulu nabi Isa as di matikan  oleh Allah setelah itu , Allah lah yg mengawasi umatnya. Bukan nabi isa lg.
Bila di artikan nabi Isa blm mati  dan akan turun lg nanti, mk bgmn maksud ayat itu? Yaitu maksud Allah mengawasi  kpd umatnya  itu kpn  terjadi ?
Dan  tdk mungkin di arikan nabi Isa  di langit dan tugas pengawasan itu dilakukan oleh nabi Isa as dr langit untuk umatnya di bumi Ini pengertian yg janggal sekali, tdk logis. Yg tepat adalah nabi Isa telah meninggal dunia dan Allahlah yg mengambil alih pengawasan umatnya.
Bila  kita ber itikad bahwa nabi Isa akan turun ke bumi kelak, mk kita  jg akan nentang ayat :
وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِّن قَبْلِكَ الْخُلْدَ أَفَإِن مِّتَّ فَهُمُ الْخَالِدُونَ

“Kami tidak menjadikan seorang pun sebelum engkau (hai Nabi), hidup kekal abadi.” (al-Anbiya’: 34)
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Orang sblm Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   itu mati semua , tidk ada yg hidup spt Hidhir , Nabi Ilyas  da Nabi Isa as .
Bila kita berkeyakinan mrk hidup , mk kita akan kufur pd ayat itu.

Bila Nabi Isa as masih hidup, mk beliau masih berkewajiban menjalankan salat , wudhu , puasa , haji  dan jihad .  Dan mesti beliau akan ikut Rasulullah shallallahu alaihi wasallam    untuk berperang . Ternyata nabi Isa tdk ikut , ber arti nabi Isa sudha mati. 
Syaikh Muhammad Shalih al Utsaimin menyatakan:
[الدجال غير موجود؛ لأن الرسول، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خطب الناس في آخر حياته، وقال: «إنه على رأس مائة سنة لا يبقى، على وجه الأرض ممن هو عليها اليوم أحد».
Dajjal  tdk ada , Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   berhutbah di akhir hayatnya seraya bersabda: Pada permulaan seratus tahun , tiada yg hidup di muka bumi dari orang yg hdup saat ini .
http://www.alzafran.com/new/news.php?maa=View&id=635
Dg hadis itu jls bahwa Nabi Isa jg tlh meninggal dunia.
Bila  Nabi Isa as telah meninggal dunia , tp nanti di turunkan artinya rohnya di kembalikan lg  lalu hidup dan di turunkan , mk ber arti nabi Isa mengalami hidup tiga kali , di dunia  dua kali dan nanti  di akhirat dan ini nyalahi ayat :
قَالُوا رَبنَا أمتنَا اثْنَتَيْنِ وأحييتنا اثْنَتَيْنِ
 11 )   Mereka menjawab: "Ya Tuhan kami Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula). Ghafir 11.
Bila kita menyatakan bahwa Nabi Isa telah meninggal dunia , mk kita akan cocok dg seluruh ayat di atas  , tdk menyalahi nya atau mengkufurinya.
Bila kita percaya  nabi Isa turun , kita akan kufur dg ayat sbb:
مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُوْلَ اللهِ  وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Qs. Al Ahzab: 40).
Setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   hrs tdk ada nabi lg. Bila Nabi Isa akan turun sbg nabi , mk akan bertentangan dg ayat itu.
Untuk hadis – hadis ttg nabi Isa turun akan di bhs bertahap dlm makalah berikutnya karena itu , jngn di bhs dulu tapi bhslah makalah itu dulu dr sisi kekeliruannya atau kebenarannya.

Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg Dajjal , penuh persaudaraan di dua grup WA sy . 
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455 
0812-4194-6733


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan