Selasa, Januari 18, 2011

Keistimeaan orang yg memandang Ka`bah


Keistimewaan orang yang memandang Ka`bah


 Ada hadis sbb :

27108- يُنْزِلُ اللهُ كُلَّ يَوْمٍ عِشْرِيْنَ وَمِائَةِ رَحْمَةٍ سِتُّوْنَ مِنْهَا لِلطَّائِفِيْنَ وَأَرْبَعُوْنَ لِلْعَاكِفِيْنَ حَوْلَ الْبَيْتِ وَعِشْرُوْنَ مِنْهَا لِلنَّاظِرِيْنَ إِلَى الْبَيْتِ (الطَّبْرَانِى عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ)
Allah menurunkan tiap harinya  120 rahmat . Enam puluh  rahmat untuk orang – orang yang menjalankan tawaf .  40 untuk orang – orang yang ber itikaf  di sekitar baitullah . 20 untuk orang – orang yang melihat Ka`bah .
HR Thabrani  dari Ibn Abbas .

أَخْرَجَهُ الطَّبْرَانِى (11/124 ، رقم 11248) . وَأَخْرَجَهُ أَيْضًا : الطَّبْرَانِى فِى اْلأَوْسَطِ (6/248 ، رقم 6314) ، قَالَ الْهَيْثَمِى (3/292) : رَوَاهُ الطَّبْرَانِى فِى اْلكَبِيْرِ وَاْلأَوْسَطِ ، وَفِيْهِ يُوْسُفُ بْنُ السَّفَرِ وَهُوَ مَتْرُوْكٌ .
Hadis tsb di frfiwayatkan oleh Thabrani 124/ 11 , nomer 11248.   Thabrani dalam kitab Al ausath juga meriwayatkannya  248/6 , nomer 631 . Al Haitsami berkata : Ia juga di riwayatkan oleh Thabrani  dalam al kabir  dan al ausath . Namun sanadnya terdapat Yusuf bin Assifr yang di tinggalkan oleh ulama  . [1]

Imam  Bukhari berkata :
 يُوسُفُ بْنُ السَّفَرِ أَبُو الْفَيْضِ كَاتِبُ الأَوْزَاعِىِّ مُنْكَرُ الْحَدِيثِ.
Yusuf bin Assifr – Abul faidh – penulis al auza`I  adalah mungkarul hadis  - perawi yang hadisnya mungkar atau lemah . [2]
Ali  ( Ibnu Hazem ) berkata  :
قَالَ عَلِىٌّ : يُوسُفُ بْنُ السَّفَرِ مَتْرُوكٌ وَلَمْ يَأْتِ بِهِ غَيْرُهُ.
Ali berkata : Yusuf bin Assafar    di tinggalkan ulama   dan tiada perawi selainnya yang meriwayatkannya . [3]
قَالَ يَعْقُوْبُ : يُوْسُفُ بَيْرُوْتِيٌّ ، لاَ يُكْتَبُ حَدِيْثُهُ إِلاَّ ِللْمَعْرِفَةِ - يَعْنِي - ِللْمَعْرِفَةِ بِحَالِهِ وَضُعْفِهِ فِي الرِّوَايَةِ
Ya`qub berkata : Yusuf adalah orang Beirut , hadisnya tidak boleh di tulis kecuali untuk mengenalnya  - yakni agar di ketahui keadaannya  dan dia juga lemah dlm meriwayatkan hadis .
قَالَ الْهَيْثَمِى (1/218) : ِفيْهِ يُوْسُفُ بْنُ السَّفَرِ ، وَقَدْ أَجْمَعُوا عَلَى ضُعْفِهِ
Al Haitsami berkata : Sanadnya terdapat Yusuf bin Assafar . Sungguh ulama telah sepakat kelemahannya . [4]

Ada hadis lagi sbb :

7346 -  إِنَّ اللهَ يُنَزِّلُ فِى كُلِّ يَوْمٍ مِائَةَ رَحْمَةٍ سِتِّيْنَ مِنْهَا ِللطَّائِفِيْنَ بِالْبَيْتِ وَعِشْرِيْنَ عَلَى أَهْلِ مَكَّةَ وَعِشْرِيْنَ عَلَى سَائِرِ النَّاسِ (الْخَطِيْبُ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ)
Sesungguhnya Allah menurunkan setiap harinya  seratus rahmat . 60 untuk orang – orang yang melakukan tawaf di baitullah  . 20 untuk penduduk Mekkah  , dan dua puluh untuk  seluruh manusia . HR Al Khathib  dari Ibn Abbas .
أَخْرَجَهُ الْخَطِيْبُ (6/26) . وَأَخْرَجَهُ أَيْضًا : الْبَيْهَقِى فِى شُعَبِ اْلِإيْمَانِ (3/454 ، رقم 4051) ، وَالدَّيْلَمِىُّ (5/265 ، رقم 8140) .
Ia di riwayatkan oleh Al Khathib 26/6 , Ia juga di riwayatkan  oleh al Baihaqi  dlm kitab  Syuabul iman  454/3  , nomer 4051 . Dailami 265/5 , nomer 814 . [5]
Al bani menyatakan hadis tsb lemah . Silsilah dhoifah 342/1

Ada hadis lagi sbb :

 [2561/2] ورواه البيهقي ولفظه: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يُنَزِّلُ اللّهُ كُلَّ يَوْمٍ عَلَى حُجَّاجِ بَيْتِهِ الْحَرَامِ عِشْرِيْنَ وَمِائَةِ رَحْمَةٍ: سِتِّيْنَ لِلطَّائِفِيْنَ، وَأَرْبَعِيْنَ لِلْمُصَلِّيْنَ، وَعِشْرِيْنَ لِلنَّاظِرِيْنِ ".رَوَاهُ الْبَيْهَقِي، وَحَسَّنَ الْحَافِظُ الْمُنِْذِرِي إِسْنَادَهُ.
Rasulullah SAW  bersabda : Allah menurunkan setiap hari  kepada para jemaah haji 120 rahmat . 60  untuk orang – orang yang melakukan tawaf . 40 untuk  orang – orang yang lagi menjalankan salat   dan 20 untuk  orang – orang yang melihat . HR Baihaqi . Al Hafidh al mundziri  menyatakan  sanad hadis ysb hasan .
Komentarku :
Al bani menyatakan hadis tsb lemah .[6]

Ingat ! Berilah komentar dengan mengkelik slect profile , lalu pilih anonymous , lalu tulis namamu dlm kolom komentar , lalu tulis komentar apa yang anda inginkan dan pakailah bahasa yang baik jangan kotor .
 








[1] Jamiul ahadis 260/24
[2] Sunan  Kubra lil baihaqi 72/1
[3] Sunan  Kubra lil baihaqi 72/1
[4] Jamiul ahadis 496/15
[5] Jamiul ahadis 303/8
[6] Kitabul haj 181 /1
Artikel Terkait

1 komentar:

  1. menyukai yang halal bagus sesuai fitroh, tapi menyukai yang harom? wah tanda hati bermasalah

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan