.
مصنف عبد الرزاق الصنعاني (6/ 87)
قال: ابن جريج: وقال لنا موسى (ابن
عقبة): قال نافع: فسمعت أسلم مولى عمر يحدث عن ابن عمر: أن أهل الجزية من أهل
الشام أتوا عمر بن الخطاب فقالوا: إن المسلمين إذا نزلوا بنا يكلفونا الغنم
والدجاج، فقال عمر: «اطعموهم من طعامكم الذي تأكلون، ولا تزيدوهم على ذلك»
Dari IbnuUmar :” Sesungguhnya
orang – orang yg wajib bayar jizyah dr
penduduk Syam datang kpd Umar bin Al Khatthab lalu berkata : Sesunguhnya kaum
muslimin bila singgah pd kami membebani
kami untuk memotong Kambing dan Ayam “. Umar ra
berkata: “ Berilah mkn mereka dr makanan yg kamu makan dan angan lebih
dr itu”.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
وفي حديث آخر: فلما قدم عمر
الشام شكوا إليه وقالوا: يا أمير المؤمنين، إنهم يكلفونا ما لا نطيق، يكلفونا
الدجاج والشاء. فقال: لا تطعموهم إلا مما تأكلون مما يحل لهم من طعامكم.
الكتاب: مختصر تاريخ دمشق لابن
عساكر
المؤلف: محمد بن مكرم بن على،
أبو الفضل، جمال الدين ابن منظور الانصاري الرويفعى الإفريقى (المتوفى: 711هـ)
المحقق: روحية النحاس، رياض عبد
الحميد مراد، محمد مطيع
دار النشر: دار الفكر للطباعة
والتوزيع والنشر، دمشق - سوريا
الطبعة: الأولى، 1402 هـ - 1984م
عدد الأجزاء: 29
[ترقيم الكتاب
موافق للمطبوع وهو ضمن خدمة التراجم]
Dlm hadis terahir ini , Umar
yg datang ke Syam bukan mereka datang kpd Umar beda sekali pemahamannya dengan
atsar pertama. Hal ini dinamakan idhtirab – kacau makna lalu di katakana lemah
karenanya.
1 مالك: الموطأ 1:
164، وعبد الرزاق: المصنف 6: 85- 88 و 0 1: 328، 329، 331
الأموال لابن زنجويه (1/ 369)
597 - أنا أَبُو
نُعَيْمٍ، أنا زُهَيْرٌ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ نَافِعٍ، قَالَ: سَمِعْتُ
أَسْلَمَ، يُحَدِّثُ ابْنَ عُمَرَ أَنَّ أَهْلَ الذِّمَّةِ، مِنْ أَهْلِ
السَّوَادِ أَتَوْا عُمَرَ، فَقَالُوا: إِنَّ الْمُسْلِمِينَ يُكَلِّفُونَا فِي
ضِيَافَتِهِمْ إِذَا نَزَلُوا ذَبْحَ الْغَنَمِ وَالدَّجَاجِ، فَقَالَ عُمَرُ: «أَطْعِمُوهُمْ
مِنْ طَعَامِكُمُ الَّذِي تَأْكُلُونَ أَنْتُمْ، لَا تَزِيدُوهُمْ عَلَيْهِ»
Di hadis
di atas di jelaskan bahwa kafir dzimmi
dr ahlus sawad ( penduduk Irak / kadang di artikan penduduk desa yg bukan badui , kadang di artikan : penduduk desa dan badui . Yg
penting bukan penduduk kota .). datang pd Umar ra .
البيان في مذهب الإمام الشافعي (2/
552)
وأما أهل السواد - وهم من كان
خارج المصر الذين يجب عليهم حضور الجمعة بسماع النداء من المصر
Intinya ahlus sawad adalah
penduduk di luar kota
yg hrs datang jum`at bila mendengar adzan.
Boleh liht di sini tentang
pengertian ahlus sawad .
لا يختلف استعمال الفقهاء له عن
معناه اللغوي، فقد يراد منه أهل العراق، [۱۰] [۱۱] [۱۲] [۱۳] وقد يراد منه أهل القرى ونحوها.
إلّاأنّه بالمعنى الأخير قد
يستعمل في مقابل أهل البادية الذين يسكنون الخيم ، وقد لا يستوطنون في مكان ثابت .
[۱۴] [۱۵] [۱۶]
[۱۷] [۱۸]
ويستعمل كثيراً في مقابل الحضري
فيعم القروي و البدوي كما يظهر بمراجعة كلماتهم و الفروع المذكورة في أهل السواد.
Intinya : Ahlus sawad adalah
Penduduk Irak / kadang di artikan
penduduk desa yg bukan badui , kadang di artikan : penduduk desa dan badui . Yg
penting bukan penduduk kota
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jadi bukan penduduk Syam sj ,
Kalimat nya bukan ahlus syam tp ahlus
sawad .
Maknanya beda sekali, tdk sm
dr perawi yg sama yaitu Nafi` . Sanadnya jg tafarrud
pd Nafi`.
Ini namanya idhtirab – kacau maknanya. Hal ini bikin
atsar tsb lemah
Bila di sahihkan, lalu mn yg
di ambil antara dua atsar yg maknanya bertentangan itu.
Bila di ambil salah satunya , mk atas dasar apa ? Apalagi
sanadnya sama sahihnya.
Bila di ambil keduanya tdk
bisa karena maknanya bertentangan.
Kembali kpd pakem ilmu hadis
yaitu di lemahkan atsar spt itu.
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ
مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ
اْلفَنِ
Kekacauan sanad atau
redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Hadis tentang ahlul jizyah
menjamu tamu kaum muslimin selama tiga
hari dengan memotong ayam dan
kambing adalah lemah.
Tdk boleh di buat pegangan untuk menghalalkan ayam. Apalagi
ia sekedar atsar , bukan hadis atau ayat. Atsar yg menyalahi hadis sahih atau ayat hrs di buang.
Pemotongan ayam untuk menu
makanan adalah menyalahi hadis pelarangan
hewan bercakar yg sahih.
Bila tdk di buang, mk akan membingungkan .
Bila tdk, mk kita akan buang
ayat atau hadis sahih itu.
Bila atsar itu sahih , mengapa
tiada sahabat yg menceritakannya kecuali satu orang.
Bila di sahihkan , kita akan
melanggar pakem ilmu hadis yaitu hadis
yg kacau maknanya adalah lemah.
Bila di sahihkan , mk sekedar
atsar bukan hadis.
Atsar menjamu tamu dg ayam
itu nyeleneh sekali, para sahabat tdk berbuat
sesuatu spt itu. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tdk pernah mkn ayam, lalu bgmn
sahabatnya memakannya.
Saya sj sdh sebelas tahun tdk makan ayam dan tdk
berani memakannya karena da larangan
makan burung bercakar . Apalagi para sahabat.
أخبرنا عبد الرزاق قال : أخبرنا معمر ، عن أيوب ، عن
نافع ، عن أسلم ، مولى عمر : أن عمر ضرب الجزية ، وكتب بذلك إلى أمراء الأجناد : أن
لا يضربوا الجزية إلا على من جرت عليه الموسى ، ولا يضربوها على صبي ، ولا على
امرأة ، فضرب على أهل العراق أربعين درهما على كل رجل ، وضرب على أهل العراق أيضا
خمسة عشر صاعا ، وضرب على أهل الشام أربعة دنانير على كل رجل ، وضرب على أهل الشام
أيضا مدين من قمح ، وثلاثة أقساط من زيت ، وكذا وكذا شيئا من العسل ، والودك ، لم
يحفظه أيوب أو نافع ، وضرب على أهل مصر أربعة دنانير على كل رجل ، وضرب على أهل
مصر أيضا إردبا من قمح ، وشيئا لا يحفظه ، وكسوة أمير المؤمنين ضريبة مضروبة ،
وعليهم ضيافة المسلمين ثلاثا ، يطعمونهم مما يأكلون مما يحل للمسلمين من طعامهم ،
فلما قدم عمر الشام شكوا إليه أنهم يكلفونا الدجاج ، فقال عمر : " لا تطعموهم
إلا مما تأكلون مما يحل لهم من طعامكم " .
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=73&ID=1150&idfrom=9651&idto=9662&bookid=73&startno=6
Dlm atsar ini , hanya di bebani dengan menyembelih ayam sj tanpa kambing bagi ahlil jizyah – pembayar
upeti.
Jd maknanya beda lg.
Di atsar dulu di bebani dengan memotong Kambing dan Ayam , tp di sini
tanpa Kambing , cukup Ayam sj.
الجامع الصحيح للسنن والمسانيد (37/
195)
عب) , وَعَنْ نَافِعٍ قَالَ: سَمِعْتُ
أَسْلَمَ مَوْلَى عُمَرَ يُحَدِّثَ ابْنَ عُمَرَ - رضي الله عنهما - أَنَّ أَهْلَ
الْجِزْيَةِ مِنْ أَهْلِ الشَّامِ أَتَوْا عُمَرَ , فَقَالُوا: إِنَّ
الْمُسْلِمِينَ إِذَا نَزَلُوا بِنَا كَلَّفُونَا الْغَنَمَ وَالدَّجَاجَ , فَقَالَ
عُمَرُ: أَطْعِمُوهُمْ مِنْ طَعَامِكُمُ الَّذِي تَأكُلُونَ , وَلَا تَزِيدُوهُمْ
عَلَى ذَلِكَ. (1)
الجامع الصحيح للسنن والمسانيد (37/
195)
(1) (عب) 19266 , رقم الحديث في الإرواء: 1263 , وقال
صاحب (التكميل لِمَا فات تخريجه في إرواء الغليل): لم يتكلم عليه المخرِّج بشيء , وهو
خبر صحيح، من أسانيده ما هو على شرط الشيخين. أ. هـ
Menurut pengarang kitab “ al
jami` as sahih lis sunnan wal masanid
“ Intinya Al bani tdk beri komentar atsar menjamu tamu
dg kambing dn ayam. Tp ia adalah kabar /
atsar yg sahih . Dr segi sanad –
sanadnya ada yg memenuhi persaratan perawi Bukhari dan Muslim.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tdk bisa di katakana kabar
atau atsar yg sahih karena maknanya bertentangan antara satu riwayat dg yg lain
dan sanadnya jg tafarrud pd Nafi`.
Ia atsar yg syadz, buktinya tidak ada pendukungnya . Semua riwayat
bermuara pd Nafi`. Tiada perawi lainnya.
Saya menyatakan atsar
tersebut tafarrud pd Nafi`. Sbb, sy tdk menjumpai rawi lainnya yg
meriwayatkan atsar itu. Dan ini jg tanda kelemahan.
ــ نافع أبو عبد
الله المدنى ( قيل إن أصله من المغرب و قيل من نيسابور و قيل غير ذلك ) مولى عبد
الله بن عمر بن الخطاب القرشى
الطبقة : 3 : من الوسطى من التابعين
الوفاة : 117 هـ أو بعد ذلك
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
فقيه مشهور
مرتبته عند الذهبـي : من أئمة
التابعين و أعلامهم
Nafi` itu termasuk tingkat
tiga pertengahan tabiin , wafat 117 H. Jadi di masa beliau , kisah di atas
tdk dikenal, Ratusan tabiin dan
sahabat tdk mengenalnya sampai mati.
Bahkan pr sahabat sampai mati
tdk kenal kisah itu.
Bila ada mk
tunjukkan tabiin selain Nafi` dan sahabat selain Ibn Umar yg tahu masalah itu. Mestinya
banyak sahabat yg tahu.
Realitanya tdk ada yg
phm kisah itu. Bila di cari dlm refrensi
kitab, mk tdk akan di temukan.
2642 - [6311]- حديث:
يروى أن جماعة من أهل الذمة أتوا عمر فقالوا: إن المسلمين إذا مرّوا بنا كلّفونا
ذبائح الغنم والدجاج، فقال: أطعموهم مما تأكلون، ولا تزيدوهم عليه.
لم أجده (2)، وذكر ابن أبي حاتم
(3) من طريق صعصعة بن يزيد، أو يزيد بن صعصعة، عن ابن عباس، من قوله.
إرواء الغليل في تخريج أحاديث
منار السبيل (5/ 103)
[1] قال صاحب التكميل ص / 69:
لم يتكلم عليه المخرج بشىء.
وهو قطعة من خبر أسلم المشهور
فى كتاب عمر فى الجزية.
Intinya: Segolongan dr Ahli
dzimmah datang kpd Umar………………..
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Segolongan yg datang pd Umar
bukan ahli jizyah di Syam atau di Irak spt riwayat yg lalu.
Hadis ini bikin idhtirab lg, kacau maknanya bertambah satu
lagi, jadi tambah bullet.
Atsar tersebut bila sahih, ia
sekedar atsar sahabat yg tdk bisa di buat pegangan, hrs dilepaskan. Perkataan
dan perbuatan sahabat itu bukan hujjah.
Bila di jadikan hujjah, mk
bgmn bila mereka menjalankan
kesalahan spt peperangan antara kubu Aisyah dan kubu Ali?
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan