Makna Salwa
:
وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ
الْغَمَامَ وَأَنزَلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوَىٰ ۖ كُلُوا مِن
طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ ۖ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَٰكِن كَانُوا أَنفُسَهُمْ
يَظْلِمُونَ
Dan Kami
naungi kamu dengan awan, dan Kami turunkan kepadamu "manna" dan "salwa".
Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu; dan
tidaklah mereka menganiaya Kami; akan tetapi merekalah yang menganiaya diri
mereka sendiri. Baqarah 57
Islam web
menjelaskan :
أما السلوى: فهو طائر
يشبه السماني، أو هو السماني نفسه، وقيل: العسل.
والله
أعلم.
http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=7232
Intinya
Salwa burung mirp burung puyuh, atau Sumani sendiri , atau madu.
Komentarku (
Mahrus ali ) :
Jadi makna
salwa masih hilap.
وقيل: السلوى طائر
كالسمانة.
وخلاصة القول: المن: كل ما امتن الله به عليهم، وإن أريد
تخصيصه بالشراب كما قيل: إنه ينزل على الأشجار كالصمغ طمعه كالعسل يمزج
بالماء،ويشرب كما قال بعض السلف والسلوى: طعام [2].
2] برنامج فتاوى نور على الدرب، الحلقة الأولى، 5/8/1431.
http://shkhudheir.com/fatawa/1216159348
Komentarku (
Mahrus ali ) :
Syaikh Ibn
Utsaimin menyatakan:
Sebagian
salaf menyatakan Salwa adalah makanan.
DR Abd
Karim bin Abdullah al KHudhair menulis :
والظاهر – والله أعلم – أنه
كل ما امتن الله به عليهم،
فالمن
على هذا: كل ما امتن الله به عليهم، من طعام وشراب وغير ذلك، مما ليس لهم فيه
عمل ولا كد.
Intinya , Al
Mann adalah nikmat Allah yg diberikan tanpa usaha berat atau susah payah.
http://shkhudheir.com/fatawa/1216159348
quails طيور ترحل من إفريقية في الجنوب إلى
الشمال في أسراب كثيرة العدد جدًا، وقد صيد منها في إيطاليا مئة ألف طائر في يوم
واحد، وهي تطير في أسراب فتشبه السحاب الكثيف ويُسمى السلوى باللغة اللاتينية Coturnix dactylisonas. وقد أرسل الله كمية كبيرة من هذه الطيور إلى محلة
العبرانيين ليأكلوا لحمها بعد أن تذمروا على موسى (خروج 16: 13 وعدد 11: 31).
http://st-takla.org/Full-Free-Coptic-Books/FreeCopticBooks-002-Holy-Arabic-Bible-Dictionary/12_S/S_120.html
INtinya : Menurut
Injil Salwa adalah burung .
الصحيح المسبور من
التفسير بالمأثور (1/ 164)
أخرج عبد الرزاق عن معمر
عن قتادة في قوله (وأنزلنا عليكم المن والسلوى) قال: كان المن ينزل عليهم مثل
الثلج والسلوى طير كانت تحشرها عليهم ريح الجنوب.
Intinya
menurut menurut Qatadah : Salwa adalah burung yg digiring oleh angin selatan.
((التفسير ص 37) ، وإسناده صحيح) .
وأخرج الطبري بإسناده
الصحيح عن مجاهد قال: السلوى: طائر
MUjahid jg
gitu salwa burung mutlak
مختصر تفسير ابن كثير (1/
66)
وأما السلوى فقال ابن
عباس: السلوى طائر يشبه السماني كانوا ياكلون منه
Ibn Abbas :
Salwa burung mirip puyuh yg mereka makan
{وَالسَّلْوَى} التحقيق أن المراد بالسلوى طائر،
وعليه جماعة المفسرين (3)
http://shamela.ws/browse.php/book-96296/page-2074
عبد الله بن عبد الرحمن
الجبرين
وَالسَّلْوَى على العسل إطلاق
صحيح معروف في كلام العرب، إلا أنه صحيح في العربية وليس صحيحا في التفسير؛ فإن
المراد بالسلوى في الآية ليس العسل، وإن كانت
وَالسَّلْوَى تطلق على العسل
إطلاقا صحيحا معروفا.
http://www.ibn-jebreen.com/?t=books&cat=1&book=107&page=6322
Intinya: Asal
arti Salwa menurut Syaikh Abdullah bin
Abd Rahman Al JIbrin adalah madu , itulah yg perkataan sahih terkenal di kalangan bangsa arab………………,
Komentarku (
Mahrus ali ) :
Salwa di
artikan burung puyuh atau yg mirip dgnya
atau mutlak burung hanya pendapat.
Allah dan
RasulNya tdk memberi komentar tentang apa arti salwa.
Liht lg
sanad Ibnu Abbas :
جامع البيان (تفسير
الطبري) (2/ 96)
- حدثني موسى بن هارون قال، حدثني عمرو بن حماد
قال، حدثنا أسباط ، عن السدي في خبر ذكره عن أبي مالك ، وعن أبي صالح ، عن ابن
عباس ، وعن مرة الهمداني ، عن ابن مسعود ، وعن ناس من أصحاب النبي صلى الله عليه
وسلم: السلوى طير يشبه السُّمانى . (1) .
-
جامع
البيان (تفسير الطبري) (2/ 96)
1) الأثر : 978 - اقتصر في المخطوطة على بعض هذا
الإسناد ، إلى قوله : عن السدي" ، وأسقط الباقي ، وهو الإسناد الدائر في
تفسيره ، فكأن كل إسناد وقف على السدي ، هو هذا الإسناد ، ثم اجتزأ ببعضه عن جميعه
، كما مضى آنفًا ، وكما سيأتي بعد
Intinya : Sanadnya
lemah karena ada seorang yg bernama Abu Shaleh , liht identitasnya:
ــ باذام ، و يقال باذان ، أبو
صالح ، مولى أم هانىء بنت أبى طالبـ
المولد :
الطبقة : 3 : من الوسطى من التابعين
الوفاة :
روى له : د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ضعيف
يرسل
مرتبته عند الذهبـي : قال
أبو حاتم و غيره : لا يحتج به ، عامة ما عنده تفسير
Jadi Abu
Shaleh adalah perawi lemah suka memursalkan hadis.
Jadi apakah
layak atsar dr Ibn Abbas yg menyatakan salwa adalah burung mirip dg burung
puyuh di buat sandaran.
Hadis lemah
tdk bisa di buat landasan hokum.
Bila di
paksakan akan menyalahi hadis larangan hewan bercakar.
وقد ذكروا أن العبادلة
وهم: عبد الله بن عباس، وعبد الله بن الزبير، وعبد الله بن عمر بن الخطاب، وعبد
الله بن عمرو بن العاص، أخذوا عن أحبار بني إسرائيل: من كعب الأحبار، أو غيره.
Intinya Ulama menyebutkan bahwa Al abadilah – Abdullah bin Abbas , Abdulah
bin Zubair , Abdullah bin Umar , Abdullah bin Amar bin Al ash mengambil ilmu dr pendeta Banu Israil – dr Ka`bul
ahbar atau lainnya.
Komentarku (
Mahrus ali ) :
Seandainya
pendapat Ibn Abbas itu dg sanad yg sahih,
mk hakikatnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tdk pernah menyatakan salwa adalah burung yg
mirip dg puyuh.
Bila pernah, mk sy tdk menjumpai hadis dimn Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam menyatakan
spt itu di kitab manpu yg saya miliki.
Berhubung
sanadnya lemah, mk tdk bisa di buat
pegangan dan tdk usah di bhs lg.
Sy lebih
suka salwa itu madu karena itulah makna
asli dr kalimat arab.
Sayang
sekali bila salwa di artikan burung itu tanpa dalil hadis atau al quran lalu di buat dalil untuk
menghalalkan Ayam. Jadi bila pendapat
orang untuk landasan hokum halal dan
haram , mk rusaklah agama ini. Allah
berfirman:
وَلَوِ اتَّبَعَ
الْحَقُّ أَهْوَاءَهُمْ لَفَسَدَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ بَلْ
أَتَيْنَاهُمْ بِذِكْرِهِمْ فَهُمْ عَنْ ذِكْرِهِمْ مُعْرِضُونَ(71)
Andaikata
kebenaran itu menuruti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini, dan
semua yang ada di dalamnya. Sebenarnya Kami telah mendatangkan kepada mereka
kebanggaan mereka tetapi mereka berpaling dari kebanggaan itu.
Mau ikut di grup Ngaji bareng yai Mahrus.
Grup dialog masalah agama dg santun dan focus pd argument
tdk boleh menghina teman
Silahkan hubungi WA
ini :
08883215524.
08787154455
08642234744
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan