Jumat, Maret 18, 2016

Rombongan Pertama Pasukan Rusia sudah tinggalkan Suriah


Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa kloter pertama pesawat militer mereka sudah meninggalkan pangkalan udara Hmeymim di Latakia, Suriah, pada Selasa (15/3), setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukan udaranya untuk angkat kaki karena misi telah tercapai.

Seperti diberitakan Reuters, kloter pertama tersebut termasuk Sukhoi-34. Nantinya, semua kloter pesawat akan didampingi oleh Tupolev-154 atau Ilyushin-76 yang membawa para personel teknis dan kargo.

Kemenhan Rusia mengatakan bahwa 50 pesawat tersebut akan menempuh perjalanan 5.000 kilometer dan mengisi bahan bakar di pangkalan perantara Rusia.

Stasiun televisi milik pemerintah Rusia, Rossiya 24 TV, melaporkan bahwa jalur utama perjalanan pesawat tersebut dirahasiakan. Namun biasanya, jalur yang akan dipakai adalah dengan persinggahan di Irak, Iran, dan Azerbaijan.

Sebelumnya, Rossiya 24 TV Station menayangkan langsung detik-detik ketika pasukan berkemas di pangkalan udara Suriah. Tayangan tersebut memperlihatkan para personel memasukkan peralatan dan kotak-kotak ke dalam pesawat Ilyushin II-76 di pangkalan udara Hmeymim, Latakia.

"Personel memasukkan perlengkapan, logistik, dan persediaan lainnya ke dalam pesawat. Pesawat dari pangkalan Hmeymin akan terbang kembali ke lapangan udara markas permanen mereka di wilayah Suriah diikuti oleh pesawat transportasi militer," demikian bunyi pernyataan resmi Kemenhan Rusia.

Latakia memang merupakan basis pasukan udara Rusia selama beroperasi di Suriah untuk menggempur ISIS demi mendukung Presiden Bashar al-Assad. */cnn

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan