Kamis, Maret 03, 2016

Polemik ke 5 tentang tuntunan shalat zhuhur





Ada hadis  sbb:
نصب الراية (2/ 2)
قَالَ مُجَاهِدٌ: صَلَاةُ النَّهَارِ عَجْمَاءُ، انْتَهَى. وَقَالَ النَّوَوِيُّ فِي "الْخُلَاصَةِ": حَدِيثُ: "صَلَاةُ النَّهَارِ عَجْمَاءُ" بَاطِلٌ لَا أَصْلَ لَهُ، انْتَهَى
Mujahid berkata:  Shalat siang adalah sirri / tidak terdengar bacaannya……………
Imam Nawawi berkata dalam kitab “al Khulashah” : Hadis tersebut adalah batil, tiada  asal usulnya  , tiada  sanadnya ……………., selesai kutipan .
Komentarku ( Mahrus ali ):
Kadang  ulama menyatakan La asla lahu , maksudnya hadis tsb  tidak memiliki  saad yang  sahih. Demikian menurut syaikh Bakar Abu Zaid  dalam kitab at tahdits .



"
صلاة النهار عجماء" قال النووي باطل لا أصل له، وكذا قال الدارقطني وإنما هو من قول بعض الفقهاء.

Intinya ……………., Imam Daraqutni menyatakan : Hadis tsb dari perkataan  sebagian ahli fikih.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Ia  perkataan ahli fikih bukan hadis .
Hadis  tsb bila di sahihkan, maka kita salah. Sebab  ia tidak mempunyai sanad. Pada hal  hadis sahih  harus bersanad yg sahih.
Bila di saihkan, maka akan bertentangan dengan banyak hadis sahih  yang  menyatakan bacaan Rasulullah shallahu alaihi wasallam dalam shalat siang  dengan suara  sedang  sebagaimana hadis  - hadis  yang  lalu. Juga bertentangan dengan ayat 110 al Isra
 وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu"

Ayat  tsb menyatakan bahwa  melakukan shalat harus dengan suara sedang dan haram dengan berbisik spt yang biasa  di jalankan dalam shalat zuhur dan Asar.
Shalat dengan berbisik adalah bid`ah karena tiada dalil dan tuntunannya.


Hadis
Shalat siang adalah sirri / tidak terdengar bacaannya…………… terdapat  dalam kitab – kitab sbb:

من كتاب جملة من الأحاديث الضعيفة والموضوعة
وكذالك في كتاب : تذكرة الموضوعات
وكذالك في كتاب : نصب الراية في تخريج أحاديث الهداية
وكذالك في كتاب : أسنى المطالب في أحاديث مختلفة المراتب
وكذالك في كتاب : المصنوع في معرفة الحديث الموضوع
وكذالك في كتاب : المقاصد الحسنة في بيان كثير من الأحاديث المشتهرة على الألسنة

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan