Rabu, Agustus 22, 2012

Apakah yang tidak diharamkan al Quran halal ?




Ibnu Abbas ra  berkata :

قَرَأَ النَّبِيُّ صَلَّىاللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيمَا أُمِرَ وَسَكَتَ فِيمَا أُمِرَ ( وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا ) ( لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ )
Nabi SAW  telah membacakan apa yang di perintah dan diam tentang apa yang diperintah.
وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا
Tuhanmu tidak lupa
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ
Sungguh  cukupbagimu Rasulullah SAW sebagai teladanmu yang baik [1]
وعن أبي الدرداء قال سمعت رسول الله  صلى الله عليه وسلم  يقول إن الله افترض فرائض فلا تضيعوها وحد حدودا فلا تعتدوها وسكت عن كثير نسيان فلا تكلفوها رحمة لكم فاقبلوها
Dari Abud darda` berkata : Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya Allah telah mewajibkan beberapa kewajiban, jangan disia- siakan. Dia membikin batasan – batasan, jangan dilanggar. Dia tidak memberi komentar beberapa hal   bukan karena  lupa, Jangan  kamu membebani dirimu dengannya.Hal itu rahmat bagimu , terimalah.
Ali bin Abu Bakar Al haitami,wafat  807  berkata :
رواه الطبراني في الأوسط والصغير وفيه أصرم بن حوشب وهو متروك ونسب إلى الوضع
 HR Thobroni dalam Mu`jam ausat dan shaghir , sanadnya terdapat Asram bin Hausyab yang ditinggalkan oleh ulama, bahkan digolongkan hadis palsu. [2]
Dalam Mu`jam Ausat ada tambahan :
الأمور كلها بيد الله من ثم الله مصدرها وإليه مرجعها ليس للعباد فيها تفويض ولا مشيئة فقام القوم جميعا وهم راضون بما قال طاووس
Seluruh persoalan di tangan Allah, Allah sumbernya, dan kepada Allah tempat kembalinya. Tiada kehendak atau penyerahan bagi hamba.Lantas orang – orang sama berdiri dan rela atas apa yang di katakana. Thowus.
Ali bin Abu Bakar Al haitami,wafat  807  berkata :

 رواه الطبراني في الأوسط وفيه نهشل بن سعيد الترمذي وهو متروك
HR Thobroni dalam kitab al ausath, sanadnya terdapat Nahsyal bin Said Attirmizi yang di tinggalkan oleh ulama [3][4]
عن أبي ثعلبة رضي الله عنه قال ثم إن الله فرض فرائض فلا تضيعوها وحد حدودا فلا تعتدوها ونهى عن أشياء فلا تنتهكوها وسكت عن أشياء رخصة لكم ليس بنسيان فلا تبحثوا عنها
Dari Abu Sa`labah  berkata  :  Sesungguhnya Allah telah mewajibkan beberapa kewajiban, jangan disia – siakan. membikin aturan  jangan dilanggar,melarang  beberapa  perkara  jangan diterjang. Dan beberapa   perkara tidak disebut sebagai kemudahan, bukan karena lupa, jangan dibahas.[5]
Imam  Baihaqi sendiri menyatakan :
هذا موقوف
Hadis tsb maukuf ( perkataan sahabat bukan Nabi SAW  ).
Abdullah bin Adi Al Jurjani,lahir 277, wafat 365
وهذه الأحاديث بواطيل عن قرة بن خالد كلها لا يحدث بها أصرم
Seluruh hadis – hadis tsb tidak benar  dari Qurrah bin Kholid. seluruhnya  tidak di katakan oleh Asram [6]
      Ajaran agama kita bersumber  dari Al Quran dan hadis :  Rasulullah SAW bersabda :
بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ وَيَقْرُنُ بَيْنَ إِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَيَقُولُ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَا لَة
Aku diutus sedang kiamat seperti dua jari ini  - jari telunjuk dan tengah. Amma ba`duh !  Sesungguhnya perkataan  terbaik adalah kitabullah dan perilaku terbaik adalah perilaku Muhammad. Perkara terjelek adalah bid`ah dan setiap bid`ah sesat. [7]
  Perilaku terbaik adalah perilaku Muhammad  atau hadisnya. Jadi tidak boleh hanya  berpegangan dengan al Quran saja lalu  membuang seluruh hadis.  Apa yang tidak di haramkan oleh Al Quran ber arti halal.Pada hal  banyak hadis yang mengharamkan sesuatu yang tidak di haramkan dalam al Quran seperti :
لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ
  Rasul SAW  melaknat kepada lelaki – lelaki yang menyerupai perempuan  dan kaum perepuan yang menyerupai lelaki.[8]  Lelaki  menyerupai wanita adalah haram.
Aisyah ra  berkata :
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْوَاشِمَةِ وَالْمُسْتَوْشِمَةِ وَالْوَاصِلَةِ وَالْمُسْتَوْصِلَةِ وَالنَّامِصَةِ وَالْمُتَنَمِّصَةِ *
Rasulullah SAW  melarang wanita yang membikin tahilalat  dan yang minta dibikinkan tahi lalat , wamita yang menyambung rambutnya dan yang minta sambung  dan wanita yang mencukur  rambut alisnya dan yang memintanya [9]
  Hal seperti itu banyak sekali.



[1] HR Bukhori 774
[2] Majmauz zawaid 171/1
[3] Majmauz zawaid  208/7
[4]
[5] HR Baihaqi 12/10 , tafsir Qurthubi 334/6 ,Tafsir Thobari 85/7 Tafsir Ibnu kasir 278/1 Mustadrak alassahihain 129/4 Majmauz zawaid  171/1, Sunan  Baihaqi kubra 12/10 Daroquthni 184/4

[6] Al kamil  fii dhu`afa`ir  rijal   404/1 
[7]  HR Muslim / Jumat /1435. Nasai / Salat Id /1560. Abu Dawud /Khoroj / 2565. 2567. Ibnu Majah / Muqaddimah /44. Ahkam /2407. Ahkam /Baqi musnad muktsirin /13642. Hadis sahih .
[8]  HR Bukhori /Libas /5885. Tirmidzi /Adab /. 2784. Abu dawud /Libas /4097. Ibnu Majah /Nikah / 1904. Ahmad / Musnad banu Hasyim /1983. Hadis sahih .
[9] HR  Nasai 5101.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan