Ibnu Abbas ra berkata :
قَرَأَ النَّبِيُّ صَلَّىاللَّه
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيمَا أُمِرَ وَسَكَتَ فِيمَا أُمِرَ ( وَمَا كَانَ رَبُّكَ
نَسِيًّا ) ( لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ )
Nabi SAW telah membacakan apa yang di perintah dan
diam tentang apa yang diperintah.
وَمَا كَانَ رَبُّكَ
نَسِيًّا
Tuhanmu tidak lupa
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ
فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ
Sungguh cukupbagimu Rasulullah SAW sebagai teladanmu
yang baik [1]
وعن أبي الدرداء قال
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إن الله افترض فرائض فلا تضيعوها وحد
حدودا فلا تعتدوها وسكت عن كثير نسيان فلا تكلفوها رحمة لكم فاقبلوها
Dari Abud darda` berkata :
Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya Allah telah mewajibkan beberapa
kewajiban, jangan disia- siakan. Dia membikin batasan – batasan, jangan dilanggar.
Dia tidak memberi komentar beberapa hal
bukan karena lupa, Jangan kamu membebani dirimu dengannya.Hal itu
rahmat bagimu , terimalah.
Ali bin Abu Bakar Al haitami,wafat 807
berkata :
رواه الطبراني في
الأوسط والصغير وفيه أصرم بن حوشب وهو متروك ونسب إلى الوضع
HR Thobroni dalam Mu`jam ausat dan shaghir ,
sanadnya terdapat Asram bin Hausyab yang ditinggalkan oleh ulama, bahkan
digolongkan hadis palsu. [2]
Dalam Mu`jam Ausat ada
tambahan :
الأمور كلها بيد
الله من ثم الله مصدرها وإليه مرجعها ليس للعباد فيها تفويض ولا مشيئة فقام القوم
جميعا وهم راضون بما قال طاووس
Seluruh persoalan di tangan
Allah, Allah sumbernya, dan kepada Allah tempat kembalinya. Tiada kehendak atau
penyerahan bagi hamba.Lantas orang – orang sama berdiri dan rela atas apa yang
di katakana. Thowus.
Ali bin Abu Bakar Al haitami,wafat 807
berkata :
رواه
الطبراني في الأوسط وفيه نهشل بن سعيد الترمذي وهو متروك
HR Thobroni dalam kitab al
ausath, sanadnya terdapat Nahsyal bin Said Attirmizi yang di tinggalkan oleh
ulama [3][4]
عن أبي ثعلبة رضي
الله عنه قال ثم إن الله فرض فرائض فلا تضيعوها وحد حدودا فلا تعتدوها ونهى عن
أشياء فلا تنتهكوها وسكت عن أشياء رخصة لكم ليس بنسيان فلا تبحثوا عنها
Dari Abu Sa`labah berkata
: Sesungguhnya Allah telah mewajibkan
beberapa kewajiban, jangan disia – siakan. membikin aturan jangan dilanggar,melarang beberapa
perkara jangan diterjang. Dan
beberapa perkara tidak disebut sebagai
kemudahan, bukan karena lupa, jangan dibahas.[5]
Imam Baihaqi sendiri menyatakan :
هذا موقوف
Hadis tsb maukuf ( perkataan
sahabat bukan Nabi SAW ).
Abdullah bin Adi Al Jurjani,lahir
277, wafat 365
وهذه الأحاديث
بواطيل عن قرة بن خالد كلها لا يحدث بها أصرم
Seluruh hadis – hadis tsb
tidak benar dari Qurrah bin Kholid. seluruhnya tidak di katakan oleh Asram [6]
Ajaran agama kita bersumber dari Al Quran dan hadis : Rasulullah SAW bersabda :
بُعِثْتُ أَنَا
وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ وَيَقْرُنُ بَيْنَ إِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ
وَالْوُسْطَى وَيَقُولُ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ
وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ
بِدْعَةٍ ضَلَا لَة
Aku diutus sedang kiamat
seperti dua jari ini - jari telunjuk dan
tengah. Amma ba`duh ! Sesungguhnya
perkataan terbaik adalah kitabullah dan
perilaku terbaik adalah perilaku Muhammad. Perkara terjelek adalah bid`ah dan
setiap bid`ah sesat. [7]
Perilaku terbaik adalah perilaku
Muhammad atau hadisnya. Jadi tidak boleh
hanya berpegangan dengan al Quran saja
lalu membuang seluruh hadis. Apa yang tidak di haramkan oleh Al Quran ber
arti halal.Pada hal banyak hadis yang
mengharamkan sesuatu yang tidak di haramkan dalam al Quran seperti :
لَعَنَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ
بِالنِّسَاءِ وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ
Rasul SAW
melaknat kepada lelaki – lelaki yang menyerupai perempuan dan kaum perepuan yang menyerupai lelaki.[8] Lelaki
menyerupai wanita adalah haram.
Aisyah
ra berkata :
نَهَى
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْوَاشِمَةِ
وَالْمُسْتَوْشِمَةِ وَالْوَاصِلَةِ وَالْمُسْتَوْصِلَةِ وَالنَّامِصَةِ
وَالْمُتَنَمِّصَةِ *
Rasulullah
SAW melarang wanita yang membikin
tahilalat dan yang minta dibikinkan tahi
lalat , wamita yang menyambung rambutnya dan yang minta sambung dan wanita yang mencukur rambut alisnya dan yang memintanya [9]
Hal seperti itu banyak sekali.
[1] HR Bukhori 774
[2]
Majmauz zawaid 171/1
[5]
HR Baihaqi 12/10 , tafsir Qurthubi 334/6 ,Tafsir Thobari 85/7 Tafsir Ibnu kasir
278/1 Mustadrak alassahihain 129/4 Majmauz zawaid 171/1, Sunan
Baihaqi kubra 12/10 Daroquthni 184/4
[7] HR Muslim / Jumat /1435. Nasai / Salat Id
/1560. Abu Dawud /Khoroj / 2565. 2567. Ibnu Majah / Muqaddimah /44. Ahkam
/2407. Ahkam /Baqi musnad muktsirin /13642. Hadis sahih .
[8] HR
Bukhori /Libas /5885. Tirmidzi /Adab /. 2784. Abu dawud /Libas /4097. Ibnu
Majah /Nikah / 1904. Ahmad / Musnad banu Hasyim /1983. Hadis sahih .
[9] HR Nasai 5101.
Artikel Terkait
SALAT UNTUK MENGHAFAL AL QURAN DAN SALAT HAJAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan