حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ قَالَ
حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنِ الْأَحْنَفِ بْنِ قَيْسٍ عَنِ الْأَسْوَدِ بْنِ سَرِيعٍ
أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَرْبَعَةٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ رَجُلٌ أَصَمُّ لَا يَسْمَعُ شَيْئًا وَرَجُلٌ أَحْمَقُ وَرَجُلٌ هَرَمٌ وَرَجُلٌ مَاتَ فِي فَتْرَةٍ فَأَمَّا الْأَصَمُّ فَيَقُولُ رَبِّ لَقَدْ جَاءَ الْإِسْلَامُ وَمَا أَسْمَعُ شَيْئًا وَأَمَّا الْأَحْمَقُ فَيَقُولُ رَبِّ لَقَدْ جَاءَ الْإِسْلَامُ وَالصِّبْيَانُ يَحْذِفُونِي بِالْبَعْرِ وَأَمَّا الْهَرَمُ فَيَقُولُ رَبِّي لَقَدْ جَاءَ الْإِسْلَامُ وَمَا أَعْقِلُ شَيْئًا وَأَمَّا الَّذِي مَاتَ فِي الْفَتْرَةِ فَيَقُولُ رَبِّ مَا أَتَانِي لَكَ رَسُولٌ فَيَأْخُذُ مَوَاثِيقَهُمْ لَيُطِيعُنَّهُ فَيُرْسِلُ إِلَيْهِمْ أَنْ ادْخُلُوا النَّارَ قَالَ فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَوْ دَخَلُوهَا لَكَانَتْ عَلَيْهِمْ بَرْدًا وَسَلَامًا
قَالَ حَدَّثَنَا عَلِيٌّ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنِ الْحَسَنِ عَنْ أَبِي رَافِعٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مِثْلَ هَذَا غَيْرَ أَنَّهُ قَالَ فِي آخِرِهِ فَمَنْ دَخَلَهَا كَانَتْ عَلَيْهِ بَرْدًا وَسَلَامًا وَمَنْ لَمْ يَدْخُلْهَا يُسْحَبُ إِلَيْهَا
(Ahmad bin
Hanbal) berkata, telah menceritakan kepada kami 'Ali bin Abdullah telah
menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam berkata, telah menceritakan kepadaku
bapakku dari Qatadah dari Ahnaf bin Qais dari Aswad bin Sari' Sesungguhnya
Nabiyullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Ada empat jenis orang di
hari kiamat nanti: Seorang laki-laki tuli yang tidak mendengar apapun, seorang
laki-laki bodoh, seorang laki-laki yang pikun, dan seorang laki-laki yang mati
dalam masa-masa kevakuman (ajaran agama atau risalah kenabian tidak sempat
menjumpai dirinya). أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَرْبَعَةٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ رَجُلٌ أَصَمُّ لَا يَسْمَعُ شَيْئًا وَرَجُلٌ أَحْمَقُ وَرَجُلٌ هَرَمٌ وَرَجُلٌ مَاتَ فِي فَتْرَةٍ فَأَمَّا الْأَصَمُّ فَيَقُولُ رَبِّ لَقَدْ جَاءَ الْإِسْلَامُ وَمَا أَسْمَعُ شَيْئًا وَأَمَّا الْأَحْمَقُ فَيَقُولُ رَبِّ لَقَدْ جَاءَ الْإِسْلَامُ وَالصِّبْيَانُ يَحْذِفُونِي بِالْبَعْرِ وَأَمَّا الْهَرَمُ فَيَقُولُ رَبِّي لَقَدْ جَاءَ الْإِسْلَامُ وَمَا أَعْقِلُ شَيْئًا وَأَمَّا الَّذِي مَاتَ فِي الْفَتْرَةِ فَيَقُولُ رَبِّ مَا أَتَانِي لَكَ رَسُولٌ فَيَأْخُذُ مَوَاثِيقَهُمْ لَيُطِيعُنَّهُ فَيُرْسِلُ إِلَيْهِمْ أَنْ ادْخُلُوا النَّارَ قَالَ فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَوْ دَخَلُوهَا لَكَانَتْ عَلَيْهِمْ بَرْدًا وَسَلَامًا
قَالَ حَدَّثَنَا عَلِيٌّ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنِ الْحَسَنِ عَنْ أَبِي رَافِعٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مِثْلَ هَذَا غَيْرَ أَنَّهُ قَالَ فِي آخِرِهِ فَمَنْ دَخَلَهَا كَانَتْ عَلَيْهِ بَرْدًا وَسَلَامًا وَمَنْ لَمْ يَدْخُلْهَا يُسْحَبُ إِلَيْهَا
Orang tuli tersebut menyampaikan alasannya, 'Wahai Rabku, telah datang Islam hanya aku tidak mendengar apapun tentang hal itu'. Adapun orang yang bodoh beralasan, 'Wahai Rabku, Islam telah datang, hanya anak-anak melempariku dengan kotoran unta'. Adapun yang pikun berkata, 'Wahai Rabku, telah datang Islam hanya aku tidak bisa berfikir sama sekali'. Adapun orang yang mati dalam masa-masa kevakuman berkata, 'Wahai Rabku, para utusan-Mu tidak mendatangiku dan mengambil janji orang-orang untuk taat kepadanya. Lantas Allah mengutus para malaikatnya untuk mengatakan 'Masuklah kalian ke dalam neraka'.Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, kalaulah mereka memasuki api tersebut, api itu akan menjadi dingin dan menyelamatkan mereka". (Ahmad bin Hanbal) berkata, telah menceritakan kepada kami 'Ali telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam berkata, telah menceritakan kepadaku bapaku dari Al Hasan dari Abu Rafi' dari Abu Hurairah seperti di atas, kecuali dalam perkataan yang terakhirnya, 'Barangsiapa memasuki api tersebut, api tersebut akan menjadi dingin dan menyelamatkan, dan barangsiapa tidak memasukinya, ia justru diseret untuk memasukinya." hr.ahmad
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis tsb di cantumkan dalam kitab:
ابن
حنبل في مسنده ج 4/ ص 24 حديث رقم: 16344
المسند
الجامع - (ج 1 / ص 299)
مجمع الزوائد - (ج 7 / ص 216)
Hadis tsb
lemah dari segi sanad atau matan (
redaksi hadis ). Dari segi sanad, hadis tsb di riwayatkan oleh Qatadah dari al Ahnaf bin Qais. Pada hal Qatadah lahir pada tahun 60 atau 61H. dan wafat al Ahnaf bin Qais 67 H / 72 H. Ber arti usia Qatadah saat hidupnya al ahnaf yang meriwayatkan hadis tsb sekitar tujuh tahun. Ini ada kemungkinan Qatadah tidak mendengar dari al Ahnaf tapi dari orang lain yang tdak di sebutkan namanya yang biasanya lemah sekali. Bila di sebutkan , maka hadis itu tampak lemah dan tidak dikatakan sahih lagi. Boleh jadi hadis tsb mursal atau sanad terputus bukan bersambung . Sudah tentu lemah bukan hadis sahih lagi.
Qatadah di kalangan muhadditsin termasuk mudallis ( suka menyelinapkan perawi lemah agar di anggap riwayatnya sahih ).
وقد
تشدد الحافظ ابن عبد البر في رد حديث قتادة لمجرد أنه لم يقل سمعت أو حدثنا ! فقال : ((
قتادة إذا لم يقل : ( سمعت أو حدثنا ) فلا حجة في نقله ))
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=313727Ust Khalid al jazmi menyatakan :”Sungguh al hafidh Ibn Abd Bar dalam menolak hadis Qatadah hanya karena beliau tidak menyatakan sami`tu atau haddasanaa ……. “ Qatadah bila tidak menyatakan sami`tu atau haddasana , maka hadisnya tidak boleh dibuat hujjah”.
Doktor Adil al Zurqi pernah menyatakan :
مَنْ أَرَادَ التَّدَيُّنَ
بِاْلحَدِيْثِ فَلاَ يَأْخُذْ عَنْ قَتَادَةَ إِلاَّ مَا قَالَ: فِيْهِ سَمِعْنَا
وَأَخْبَرَنَا!
“Barang siapa hendak beragama dengan landasan dalil hadis, maka jangan
sampai mengambil hadis Qatadah kecuali
yang beliau sendiri menyatakan sami`na
atau Akbarana ………….”. http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showpost.php?p=1847441&postcount=5
Pada hal hadis tentang empat orang yang akan di masukkan ke dalam Neraka dingin itu dari riwayat Qatadah – dari tadlisnya dan beliau tidak pernah menyatakan mendengar hadis itu. Maka sudah tentu hadis tsb lemah bukan hadis sahih lagi.
Al bani sendiri kadang menolak riwayat tadlisnya Qatadah , kadang menerima , kadang masih tawaqquf – yakni tidak bisa memutuskan untuk menerima atau menolak hadis nya.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Bila hadis riwayat Qatadah di atas diterima atau di sahihkan maka Qatadah dalam hal ini tafarrud . Tiada perawi lain yang meriwayatkannya . Beliau termasuk generasi setelah pertengahan tabiin. Hidup di masa 60 – 100 H. Di era tsb hadis itu masih belum ada perawi yang meriwayatkannya hanya beliau seorang. Hadis sedemikian ini menurut pakar hadis yang lalu adalah munkar, bukan hadis sahih, hadis yang gharib bukan hadis mashur .
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون
رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك
رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه
الناس" 1،
Hukum
hanya seorang perawi yang meriwayatkan
hadis.( tafarrud )
1. Ulama hadis dahulu tidak suka atau benci terhadap
riwayat gharib ( nyeleneh )
Ulama
hadis dahulu benci terhadap terhadap riwayat – riwayat yang gharib (
nyeleneh ) dan hadis yang
di riwayatkan oleh seorang perawi , lalu di anggap sebagai
hadis yang terjelek sebagaimana
di katakan oleh Imam Malik
rahimahullah: Ilmu terjelek adalah
yang gharib dan ilmu yang
terbaik adalah yang tampak yang
di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).
Abdul hay al luknowi berkata:
فكثيراً
ما يطلقون النكارة على
مجرَّد التَّفرُّد،
Sering kali mereka menyatakan hadis munkar disebabkan tafarrud saja . (
satu perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga ).
Dalam kitab majma` zawaid di jelaskan :
مجمع
الزوائد ومنبع الفوائد - (ج 3 / ص 277)
هذا
لفظ أحمد ورجاله في طريق الأسود بن سريع وأبي هريرة رجال الصحيح وكذلك رجال البزار
فيهما
Ini redaksi hadis riwayat Imam Ahmad
. Perawi – perawinya menurut riwayat Al
aswad al sari` dan Abu Hurairah
adalah perawi sahih Bukhari.
Begitu juga perawi – perawi al Bazzar . Komentarku ( Mahrus ali ):
Perawi –perawinya memang benar perawi sahih Bukhari. Illatnya disini adalah tadlis Qatadah dan tafarrudnya , disamping redaksi hadis yang bermasalah.
سيد
حسن السقاف
ابن
عبد البر في (( التمهيد ))[3] عن هذا الحديث وما في معناه : [ ليست هذه الأحاديث
من أحاديث الأئمة ، وإنما هي أحاديث الشيوخ .
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan