Bapak Taufik dari Bojonegoro kirim sms.
Ass wr wb. . Ustad mohon doa nya. Sy
udah di asrama haji.
Wassalamu alaikum .wr wb .semoga
alloh bersamamu , gak mampir kamu ?
Dia kirim sms :
Udah gak bisa keluar asrama. Insya
allah pulang haji nanti.
Sy jawab:
Ya, silahkan .
Sms dari Ust Jumali Cirebon.
Assalamu alaikum ustadz, betulkah
dulu pernah sahabat nabi bernama Ka'ab memuji muji nabi, kemudian Ka'ab diberi
hadiah burdah/selimut oleh Nabi ? Syukron
Sy jawab:
Kalo ka ab di beri hadiah selimut sy tdk menjumpai hadis sahih tentang hl itu .
Kalo ka ab di beri hadiah selimut sy tdk menjumpai hadis sahih tentang hl itu .
Dia kirim sms lg:
Assalamu alaikum ustadz, saya berharap ustadz berkenan menyusun buku yang khusus mengupas buku Maulid Barzanji dan Diba, syukron
Assalamu alaikum ustadz, saya berharap ustadz berkenan menyusun buku yang khusus mengupas buku Maulid Barzanji dan Diba, syukron
Sy jawab: Sdh tp blm ada penerbit yang
siap menerbitkan.
Assalamualaikum
Rahmat dari bogor
langsung saja, boleh saya bertanya?
Saya jawab :
Wassalamu alaikum .Silahkan
Dia kirim sms :
Saya mau bertanya ttg mengirim
fatihah ke ibu saya
saya dibesarkan di lingkungan keluarga muhammadiyah, teman saya mengatakan sebaiknya kirim fatihah atau sedekah ke ibu saya
bagaimana? Apa saya kirim fatihah apa tidak? Saya takut bid'ah
saya dibesarkan di lingkungan keluarga muhammadiyah, teman saya mengatakan sebaiknya kirim fatihah atau sedekah ke ibu saya
bagaimana? Apa saya kirim fatihah apa tidak? Saya takut bid'ah
Sy jawab :
Tdk usah
Dia kirim sms :
Pak ustadz mohon jawabannya
saya bingung, saya ingin masih berbakti kpd ibu saya
tpi saya bingung caranya
saya bingung, saya ingin masih berbakti kpd ibu saya
tpi saya bingung caranya
Sy jawab:
Sedekahlah untuk dirimu sendiri .
Sedekah untuk ibu yg mati hadisnya cacat .
Komentarku ( Mahrus ali ):
Bila ibunya telah tobat dari kesyirikan , boleh di doakan. Bila blum
, mk tidak usah di doakan atau di salati. Ingatlah ayat ini:
مَا كَانَ
لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ
كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ
الْجَحِيمِ
Tiadalah sepatutnya
bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi
orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat
(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu, adalah
penghuni neraka Jahannam.( At taubah 113)
Untuk lebih detilnya bc disni:
Rasulullah SAW acap kali bersedekah,
dan jumlah sedekahnya sulit di hitung. Beliau sangat dermawan dan jarang orang
yang selevel beliau dalam hal sosial. Begitu
juga para sahabatnya. Mereka menganggap bahwa sedekah itu amalan yang
utama.Tapi sampai detik ini, saya belum
menjumpai, Rasulullah SAW bersedekah
untuk mayat atau pahala nya dikirimkan
kepada Khadijah yang sudah meninggal
dunia lebih dulu. Memang beliau bersedekah kepada teman – teman Khadijah tapi pahalanya tetap beliau ambil
sendiri sekalipun pahala beliau amat banyak.
Tiada satupun sahabat yang mengirim pahala sedekahnya untuk ibunya
selain kisah Sa`ad bin Ubadah itu yang sanad hadisnya masih memiliki
kelemahan, begitu juga redaksinya kacau belau. Bila ada hadis lain yang
sanadnya sahih dan menyatakan pahala
sedekah bisa di transefer untuk mayat, saya akan berpegangan kepadanya
dan sekaligus saya ikut.
Al Qwurthubi berkata :
وَلمَ ْيُجِزْ مَالِكٌ الصِّيَامَ
وَالْحَجَّ وَالصَّدَقَةَ عَنِ اْلمَيِّتِ
Imam Malik tidak memperkenankan
berpuasa, berhaji atau mengrimkan pahala sedekah untuk mayat. Tafsir qurthubi
sms dari Bekasi
assalamu wr wb,ya ustadz,apa
kabar,ane abu fauzan bekasi,mau tnya ustadz,ad orang potong kambing dng
syahadat,ap hukumya ustadz,sukron
Sy jawab:
Wss.wr wb.tiada tuntunannya
Dari Ummu Aufa Jetang
Assalamualaikum wrwb.Ustadz sholat
idul adha nya kpn? Rabu atau kamis? Syukron
Sy jawab:
Dlm hal ini sy ikut NU wss.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Karena NU menggunakan rukyah bukan
hisab. Bukan ikut golongan, sy independen sj agar bisa fair untuk memilih yang pas
dengan dalil.
ٍ
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِي اللَّه عَنْهممَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ذَكَرَ رَمَضَانَ فَضَرَبَ بِيَدَيْهِ فَقَالَ الشَّهْرُ هَكَذَا
وَهَكَذَا وَهَكَذَا ثُمَّ عَقَدَ إِبْهَامَهُ فِي الثَّالِثَةِ فَصُومُوا
لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَاقْدِرُوا لَهُ ثَلَاثِينَ
Ibnu Umar ra
berkata : Sesungguhnya Rasulullah menyebut bulan Ramadhan , lalu mencontohkan dengan kedua tangannya begini , begini dan begini . Kemudian ketiga
kalinya beliau melengkungkan ibu jarinya ( 29 hari ) . Beliau bersabda
:Berpuasalah karena melihat bulan tanggal satu ( Ramadhan ) dan berbukalah
karena melihat bulan tanggal satu (
Syawal ) . Bila ada awan di atasmu ,
tentukan tiga puluh hari . [1]
Al Qurthubi berkata :
وَفُرِضَ
عَلَيْنَا عِنْدَ غُمَّةِ اْلهِلاَلِ إِكْمَالُ عِدَّةِ شَعْبَانَ ثَلاَثِيْنَ
يَوْمًا وَإِكْمَالُ عِدَّةِ رَمَضَانَ ثَلاَثِيْنَ يَوْمًا حَتَّى نَدْخُلَ فِي
اْلعِبَادَةِ بِيَقِيْنٍ وَنَخْرُجَ عَنْهَا بِيَقِيْنٍ
Kita di wajibkan
ketika awan menghalangi bulan sabit
untuk menyempurnakan tiga puluh
hari bulan sya`ban
dan menyempurnakan tiga puluh
hari bulan Ramadhan sehingga kita menjalankan ibadah dengan yakin dan kita keluar dari Ramadhan juga dengan
yakin . [2]Pendapat
ini didukung Imam Malik , Abu Hanifah ,
Imam Syafii , mayoritas ulama` salaf dan
kholaf kata Imam Nawawi [3]
Muthrof bin Abdillah
bin Assyakhir – tokoh tabi`in dan Ibnu
Qutaibah dari pakar bahasa berkata :” Boleh berpedoman kepada hisab
waktu langit berawan . Imam
Qurthubi menolaknya dengan
pernyataan nya : “ Ijma` sahabat bisa
menghancurkan pendapat kedua pakar itu . Ibnu Nafi` meriwayatkan dari Imam Malik tentang seorang pemimpin yang memulai Ramadhan dan mengakhirinya dengan hisab - tidak perlu
di ikuti . [4]
Dia kirim sms lg :
Assalamualaikum. Tadz,bolehkah
seorang suami yg duda ber qurban atas nama istri yg sdh meninggal (dgn memakai
uang pensiunan istri alm tsb?).syukron
Sy jawab:
Wss.wr wb .tdk boleh . Kurban ats nm
sendiri sj
Komentarku
( Mahrus ali ):
Rasulullah
shallahu alaihi wasallam tiap tahun
berkurban tapi belum pernah di atas namakan istrinya yang sudah meninggal dunia. Apalagi transfer
pahala.
[1] HR Bukhori / Shoum / 1900. Nasai / Shoum / 2120.
Abu Dawud / Shoum / 2220 . Ibnu Majah / Shiyam / 1654. Muslim / Shiyam / 1080 .
Ahmad / Musnad muktsirin minas shohabah / 4474. ( muttafaq alaih ) . Tafsir
qurthubi 293/2. Ahkamul quran lil jasshos /234/1. Tafsir Ibnu Katsir / 226/1.
Al Mubdi`/ 5/3. Fathul qadir / 184/1. Manarus sabil / 208/1. Al Kafi fi fiqhi
Ahmad bin Hambal 347/1. Kassyaful qina`
/301/1 Majmu` fatawa / 207/25. I`anatut
tholibin 215/2. Al mughni /6/4. Ikhtilaful hadis / 250/1. Al muhaddzab / 215/1.
Iqna` /234/1. Al wasith / 513.
[2] Tafsir Al qurthubi 293/2
[3] Al majmu` 271/6
[4] Ibid 293/2.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan