Zul
Ashfi War Raihan
Tapi
Imam Bukhari tidak melemahkan Ibnu Ma'bad, Bpk Mahrus
Ali.
Yang mengatakan Ibnu Ma'bad lemah sekali, majhul, ataupun Munkar siapa, Pak Mahrus
Ali?
Apalagi "Laa Yu'rafu Simaa'uhu" oleh Imam Bukhari (yang juga manusia)
dinyatakan "Laa Yadhurr" oleh Imam
Dzahabi (yang juga manusia). Sementara rekomendasi ketsiqahan Ibnu Ma'bad oleh
para ulama justeru tidak dianggap oleh Bpk Mahrus
Ali
(yang juga manusia). Kan
begitu ceritanya.
Soal apa itu definisi dhaif, itu urusan lain, Bpk Mahrus Ali
Soal apa itu definisi dhaif, itu urusan lain, Bpk Mahrus Ali
Komentarku ( Mahrus ali ):
Jangan salah paham, pahamilah dg
baik. Siapa yg menyatakan Ibnu Ma`bad lemah . Dia itu tsiqah. Masalah identitas
Ibnu Ma`bad ini masalah lain, tidak sy bahas. Tp masalah Ibn Ma`bad tidak
dikenal mendengar hadis dari Abu Qatadah , kata Imam Bukhari. Masalah tdk
dikenal mendengar dari Abu Qatadah ini apa maksudnya , ini yg di bahas bukan
identitasnya. Jadi menurut Bukhari aneh sekali bila Ibnu Ma`bad mendengar hadis
dari sahabat Abu Qatadah yg penduduk Medinah dan Ibn Ma`bad dari penduduk
Basrah yg tingkat 3 pertengahan tabiin.
Sekarang kita cek hadis
يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ
وَالْبَاقِيَةَ
“ Puasa Arafah bisa menghapus tahun yang lewat dan yang
akan datang”.
Seluruh jalur periwayatannya hanya
dari Abdullah bin Ma`bad al zammani bukan orang lain. Jadi hadis itu di
masa tabiin masih dari satu orang bukan dua atau tiga.
Boleh di lihat sanadnya sbb:
صحيح مسلم - (ج 6 / ص 56)
-
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَاللَّفْظُ لِابْنِ الْمُثَنَّى
قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ غَيْلَانَ
بْنِ جَرِيرٍ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيَّ عَنْ أَبِي
قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
-
مسند أحمد - (ج 46 / ص
39)
-
8 - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ
قَتَادَةَ حَدَّثَنَا غَيْلَانُ بْنُ جَرِيرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ
الزِّمَّانِيِّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ قَالَ شُعْبَةُ قُلْتُ لِغَيْلَانَ
الْأَنْصَارِيِّ فَقَالَ بِرَأْسِهِ أَيْ نَعَمْ
-
مسند أحمد - (ج 46 / ص
113)
-
72 - حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا مَهْدِيُّ بْنُ مَيْمُونٍ
حَدَّثَنَا غَيْلَانُ بْنُ جَرِيرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ
الزِّمَّانِيِّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ
-
عَنْ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ لَهُ رَجُلٌ أَرَأَيْتَ صِيَامَ
عَرَفَةَ قَالَ أَحْتَسِبُ عِنْدَ اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ
وَالْبَاقِيَةَ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ صَوْمَ عَاشُورَاءَ قَالَ
أَحْتَسِبُ عِنْدَ اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ
-
السنن الكبرى للبيهقي
[ مشكول ] - (ج 4 / ص 874)
-
بابُ صَوْمِ يَوْمِ
عَرَفَةَ لِغَيْرِ الْحَاجِّ
-
أَخْبَرَنَا
أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ وَأَبُو زَكَرِيَّا بْنُ أَبِى إِسْحَاقَ
الْمُزَكِّى وَغَيْرُهُمَا قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ : مُحَمَّدُ بْنُ
يَعْقُوبَ حَدَّثَنَا بَكَّارُ بْنُ قُتَيْبَةَ حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ
وَعَمْرُو بْنُ حَكَّامٍ قَالاَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ سَمِعْتُ غَيْلاَنَ
بْنَ جَرِيرٍ يُحَدِّثُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِىِّ عَنْ
أَبِى قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - سُئِلَ
عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ قَالَ : يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ
وَالْبَاقِيَةَ. أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ فِى الصَّحِيحِ مِنْ حَدِيثِ شُعْبَةَ
وَغَيْرِهِ.
-
السنن الكبرى للنسائي
- (ج 2 / ص 153)
-
(2813) أنبأ محمد بن بشار قال حدثنا محمد بن جعفر قال حدثنا شعبة
-
عن غيلان بن جرير سمع
عبد الله بن معبد عن أبي قتادة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم سئل عن صوم يوم
عرفة قال
-
تهذيب الآثار للطبري -
(ج 1 / ص 447)
-
2 - حدثنا ابن المثنى ، حدثنا محمد بن جعفر ، حدثنا شعبة ، عن
غيلان بن جرير ، سمع عبد الله بن معبد الزماني ، عن أبي قتادة الأنصاري
-
مستخرج أبي عوانة - (ج
6 / ص 263)
-
2371 - حدثنا الصاغاني ، حدثنا روح بن عبادة ، حدثنا شعبة ، قال : سمعت
غيلان بن جرير يحدث ، عن عبد الله بن معبد الزماني ، عن أبي قتادة . قلت : الأنصاري
؟ قال : الأنصاري
-
مشكل الآثار للطحاوي -
(ج 6 / ص 465)
-
2498 - الذي حدثناه بكار بن قتيبة قال : حدثنا روح قال : حدثنا
شعبة قال : سمعت غيلان بن جرير يحدث ، عن عبد الله بن معبد ، عن أبي قتادة
الأنصاري رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم سئل عن صوم يوم عرفة ،
فقال
-
شرح السنة (احاديث
فقط) - (ج 1 / ص 441)
-
باب صوم
يوم عرفة
-
أَخْبَرَنَا عَبْدُ
الْوَاحِدِ بْنُ أَحْمَدَ الْمَلِيحِيُّ ، أَنْبَأَنَا أَبُو مَنْصُورٍ
السَّمْعَانِيُّ ، أَخْبَرَنَا أَبُو جَعْفَرٍ الرَّيَّانِيُّ ، أَخْبَرَنَا
حُمَيْدُ بْنُ زَنْجُوَيْهِ ، أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ ، حَدَّثَنَا
شُعْبَةُ ، عَنْ غَيْلانَ بْنِ جَرِيرٍ ، قَالَ : سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ
مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيَّ ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ
-
-
المسند الجامع - (ج 16
/ ص 643)
-
خرجه عبد الرَّزَّاق (7826
و7831 و7865) عن معمر ، عن قتادة . و"ابن أبي شَيبة" 3/78 (9551) و3/96
(9714) قال : حدَّثنا وكيع ، عن مهدي بن ميمون . و"أحمد" 5/296 (22904) قال
: حدَّثنا يحيى بن سعيد ، حدَّثنا شعبة . وفي 5/297 (22908) قال : حدَّثنا محمد بن
جعفر ، حدَّثنا سعيد ، عن قتادة . وفي 5/299 (22917) قال : حدَّثنا عبد الرحمان بن
مهدي ، عن مهدي بن ميمون . وفي 5/303 (22952) قال : حدَّثنا محمد بن جعفر ،
حدَّثنا شعبة . وفي 5/308 (22997) قال : حدَّثنا عفان ، حدَّثنا مهدي بن ميمون . وفي
5/310 (23027) قال : حدَّثنا وكيع ، حدَّثنا مهدي بن ميمون . و"مسلم" 3/167
(2716) قال : حدَّثنا يحيى بن يحيى التميمي ، وقتيبة بن سعيد ، جميعًا عن حماد ،
قال يحيى : أَخْبَرنا حَمَّاد بن زَيْد . وفي (2717) قال : حدَّثنا محمد بن المثنى
، ومحمد بن بشار ، قالا : حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا شعبة . وفي 3/168 (2718)
قال : وحدَّثناه عبيد الله بن معاذ ، حدَّثنا أبي (ح) وحدَّثنا أبو بكر بن أبي
شيبة ، حدَّثنا شبابه (ح) وحدَّثنا إِسحاق بن إِبراهيم ، أَخْبَرنا النضر بن شميل
، كلهم عن شعبة . وفي (2719) قال : وحدثني أحمد بن سعيد الدارمي ، حدَّثنا حبان بن
هلال ، حدَّثنا أبان العطار . وفي (2720) قال : وحدثني زهير بن حرب ، حدَّثنا عبد
الرحمان بن مهدي ، حدَّثنا مهدي بن ميمون . و"أبو داود" 2425 قال : حدَّثنا
سليمان بن حرب ، ومسدد ، قالا : حدَّثنا حماد بن زيد . وفي (2426) قال : حدَّثنا
موسى بن إِسماعيل ، حدَّثنا مهدي . و"ابن ماجة" 713 و1730 و 1738 قال : حدَّثنا
أحمد بن عبدة ، حدَّثنا حماد بن زيد . و"التِّرمِذي" 749 و752 و767 قال :
حدَّثنا قتيبة ، وأحمد بن عبدة الضبي ،
-
قالا : حدَّثنا حماد
بن زيد . و"النَّسائي" 4/207 ، وفي "الكبرى" 2698 قال : أَخْبَرنا
محمد بن بشار ، قال : حدَّثنا محمد ، قال : حدَّثنا شعبة . وفي 4/208 ، وفي "الكبرى"
2708 قال : أَخْبَرنا قتيبة ، قال : حدَّثنا حماد . وفي "الكبرى" 2790
قال : أَخْبَرنا عمرو بن علي ، قال : حدَّثنا عبد الرحمان بن مهدي ، قال : حدَّثنا
مهدي بن ميمون . و"ابن خزيمة" 2087 و2111 و2126 قال : حدَّثنا أحمد بن
عبدة ، أَخْبَرنا حماد بن زيد . وفي (2117) قال : حدَّثنا محمد بن بشار ، وأبو
موسى ، قالا : حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا شعبة (ح) وحدَّثنا بُنْدَار أيضًا ،
حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا عبد الأعلى ، حدَّثنا سعيد ، عن قتادة (ح) وحدَّثنا
جعفر بن محمد ، حدَّثنا وكيع ، عن مهدي بن ميمون . وفي (2126) قال : وحدَّثنا
بُنْدار ، حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا شعبة . و"ابن حِبان" 3631 و3642
قال : أَخْبَرنا الحسن بن سفيان ، حدَّثنا محمد بن المنهال الضرير ، حدَّثنا يزيد
بن زريع ، حدَّثنا سعيد بن أبي عروبة ، حدَّثنا قتادة . وفي (3632) قال : أَخْبَرنا
أحمد بن علي بن المثنى ، حدَّثنا عبيد الله بن عمر القواريري ، حدَّثنا حماد بن
زيد . وفي (3639) قال : أَخْبَرنا أبو يعلى ، حدَّثنا خلف بن هشام البزار ،
حدَّثنا حماد بن زيد.
-
خمستهم (قتادة ،
ومهدي بن ميمون ، وشعبة ، وحماد بن زيد ، وأبان بن يزيد العطار) عن غيلان بن جرير
، عن عبد الله بن معبد الزماني ، فذكره.
-
- جاءت بعض الرويات مختصرة.
-
- وأخرجه أحمد 5/295 (22884) قال : حدَّثنا هشيم بن بشير ،
أَخْبَرنا منصور ، يعني ابن زاذان ، عن قتادة ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْبَدٍ
الزِّمَّانِيِّ ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ؛
Komentarku ( Mahrus ali ):
Intinya hadis ““ Puasa Arafah bisa menghapus dosa tahun yang lewat
dan yang akan datang”.
……………, dari satu orang yaitu Abdullah bin Ma`bad. Bukan orang lain.
Dan tidak ada orang lain yang
meriwayatkannya. Pada hal Ibn Ma`bad di
Basrah mendengar dari Abu Qatadah di Madinah menurut Bukhari
ini aneh sekali. Umumnya tidak mendengar karena tempat yang berjauhan.
Dan Imam Bukhari tidak melihat sinyal ( Qarinah ) pertemuan Ibn Ma`bad dengan
Abu Qatadah selama hidupnya.
Bila
ada data Ibnu Ma`bad pernah ke Medinah , maka ini masih bisa di nalar dan ada kemungkinan
mendengar dari sahabat Abu Qatadah , kalau toh dia sezaman
dengan sahabat Abu Qatadah . Sayang Kelahiran dan wafatnya
Ibn Ma`bad tidak ada ulama yang tahu, kapan ?
Apalagi pernyataan Ibn Ma`bad
mendengar dari Abu Qatadah tidak ada. Yang ada adalah kalimat dari Abu Qatadah. Ada kemungkinan tadlis khafi - ada perawi lain yang tidak tampak atau di
selinapkan. Jadi ada kemungkinan juga
putus sanad.
Kemungkinan – kemungkinan ini
membikin hadis tsb tidak jelas sahih ,
masih samar.
Bila tidak ada pernyataan Ibn Ma`bad untuk mendengar hadis puasa Arafah dari
Abu Qatadah , mengapa kita katakan Ibn Ma`bad mendengarnya. Ini
pendapat yang tidak ada buktinya.
Sekedar rekaan belaka bukan fakta nyata.
Menurut ulama hadis dahulu, hadis
tafarrud sedemikian ini adalah
munkar, gharib dan lemah yang tertolak
bukan sahih yang di terima.
Imam Abu Hanifah menyatakan sinyal kelemahan hadis adalah perawi
secara sendirian meriwayatkan hadis bukan sahabat yg lain .
3ـ
ألا يكون فيما تعم به البلوى العلمية أو العملية، أي أن المحدث
يتفرد بحديث في حين سائر الصحابة لا يعلمون مع أنه من الأمور العلمية
العامة
3.
Agar tidak termasuk musibah ilmiyah atau amaliyah yg umum – yaitu seorang perawi hadis menyampaikan hadis secara
sendirian. Pada hal sahabat yg
lain tidak mengetahui. Dan ia termasuk
masalah ilmiyah yg umum.
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
Abdul hay al luknowi berkata:
فكثيراً
ما يطلقون النكارة على مجرَّد التَّفرُّد،
Sering kali mereka menyatakan hadis munkar disebabkan tafarrud saja . (
satu perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga ).
-
كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون
رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك
رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه
الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi
yang meriwayatkan hadis.( tafarrud )
1. Ulama hadis dahulu
tidak suka atau benci terhadap riwayat
gharib ( nyeleneh )
Ulama
hadis dahulu benci terhadap terhadap riwayat – riwayat yang gharib (
nyeleneh ) dan hadis yang
di riwayatkan oleh seorang perawi , lalu di anggap sebagai
hadis yang terjelek sebagaimana
di katakan oleh Imam Malik
rahimahullah: Ilmu terjelek adalah
yang gharib dan ilmu yang
terbaik adalah yang tampak yang
di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).
Anda menyatakan:
Apalagi "Laa Yu'rafu
Simaa'uhu" oleh Imam Bukhari (yang juga manusia) dinyatakan "Laa
Yadhurr" oleh Imam
Dzahabi (yang juga manusia). Sementara rekomendasi ketsiqahan Ibnu Ma'bad oleh
para ulama justeru tidak dianggap oleh Bpk Mahrus
Ali
(yang juga manusia). Kan
begitu ceritanya.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Anda salah paham, saya tidak pernah menyatakan spt itu . Baca lagi
jawaban saya yang pertama. Jawaban saya tentang yang majhul
itu bukan Ibn Ma`bad tp lainnya , baca
lagi di jawaban saya yang kedua.
Lalu anda menyatakan : (yang juga manusia).
Barang kali
anda ingin yang menyatakan
seperti itu jin atau malaikat atau Allah
sendiri. Pokoknya bukan manusia . Pernyatan
Bukhari yang tidak kamu anggap
karena dia manusia ini seolah anda ingin
yang memberi pernyataan itu hrs malaikat
atau jin.
Saya
biasa menolak suatu pendapat atau
menerimanya saya kroscek dulu apakah cocok
dengn dalil atau tidak . Biar yang
mengatakan manusia asal cocok dengan dalil
saya terima. Biar jin tp nentang dalil saya tolak.
Anda menyatakan:
Soal apa itu definisi dhaif, itu urusan lain, Bpk Mahrus Ali
Soal apa itu definisi dhaif, itu urusan lain, Bpk Mahrus Ali
Komentarku
( Mahrus ali ):
Saya
bertanya apakah devinisi hadis lemah dan sangat lemah karena anda
menyalahkan tulisan saya “ lemah sekali “ .
Anda
bilang : Lemah saja tanpa sekali .
Karena itu
, saya tanyakan menurut pandanganmu apa
devinisi hadis lemah dan sangat lemah.
Tp aneh
juga bila anda jawab:
“Soal apa
itu definisi dhaif, itu urusan lain, Bpk Mahrus
Ali”.
Mestinya bila
anda katakan ada perbedaan , maka
saya ingin tahu devinisi masing – masing.
Ini layak
dan masih berkaitan.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan