Ada
hadis lagi.
حدثت عن الحسين قال سمعت
ابا معاذ يقول ثنا عبيد قال سمعت الضحاك يقول
في قوله ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها الايه
هذا ورسول الله صلى الله عليه وسلم بمكه كان اذا صلى
باصحابه فرفع صوته بالقراءه اسمع المشركين فاذوه
فامره الله ان لا يرفع صوته فيسمع عدوه ولا
يخافت فلا يسمع من خلفه من المسلمين فامره الله ان يبتغي بين
ذلك سبيلا
حدثنا محمد بن علي بن الحسن بن شقيق قال
سمعت ابي يقول اخبرنا ابو حمزه عن الاعمش عن جعفر بن اياس عن سعيد
بن جبير عن ابن عباس ولا تجهر بصلاتك
ولا تخافت بها قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم
اذا رفع صوته وسمع المشركون سبوا القران ومن جاء به
واذا خفض لم يسمع اصحابه قال الله وابتغ
بين ذلك سبيلا
Intinya
: Baca dengan suara sedang dalam membaca
al quran dalam shalat menurut riwayat Ibnu Abbas dan Dhahhak . Sedang untuk hadis terahir ini muttafaq alaih.
http://www.quran7m.com/searchResults/017110.html
Komentarku
( Mahrus ali ):
Hadis
tsb bertentangan dengan apa yg anda katakan bahwa ayat 110 di mansukh
نصب الراية - (ج 2 / ص 2)
وَفِي النَّسَائِيّ { كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ , فَيُسْمَعُ مِنْهُ
الْآيَةُ , بَعْدَ الْآيَاتِ مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ } , وَفِيهِ
أَيْضًا
[حكم الالبانى] : صحيح، مضى (2 / 45 -
46) // (687) //
Dlm sunan Nasai juga ada hadis :
Kami melakukan shalat zhuhur di belakang Nabi shallahu alaihi
wasallam
Lalu beliau memperdengarkan ( kepada kita ) ayat demi ayat dari surat Luqman dan Zariyat .
Al bani menyatakan hadis tsb sahih.
في مسند الجامع
1719- عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ ، قَالَ:
كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي بِنَا الظُّهْرَ ، فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ ، مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ.
- لفظ النَّسَائِي : كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم الظُّهْرَ ، فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ ، مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ.
1719- عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ ، قَالَ:
كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي بِنَا الظُّهْرَ ، فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ ، مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ.
- لفظ النَّسَائِي : كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم الظُّهْرَ ، فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ ، مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ.
حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ حَدَّثَنَا سَلْمُ
بْنُ قُتَيْبَةَ عَنْ هَاشِمِ بْنِ الْبَرِيدِ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ
الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يُصَلِّي بِنَا الظُّهْرَ فَنَسْمَعُ مِنْهُ الْآيَةَ بَعْدَ الْآيَاتِ مِنْ
سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ
Telah menceritakan kepada kami Uqbah bin Mukram berkata,
telah menceritakan kepada kami Salm bin Qutaibah dari Hasyim bin Al Barid dari
Abu Ishaq dari Al Barra` bin Azib ia berkata, "Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam shalat zhuhur bersama kami, lalu kami mendengar beliau membaca
surat Luqman
dan Adz Dzariyat ayat demi ayat. "
HR Ibn Majah.
أخرجه ابن ماجة (830) قال : حدَّثنا عُقْبَة بن مُكْرَم. و"النَّسائي" 2/163 ، وفي "الكبرى" 1045 و11461 قال : أخبرنا مُحَمد بن إبراهيم بن صُدْرَان.
كلاهما (عُقْبَة ، وابن صُدْرَان) قالا : حدَّثنا سَلْم بن قُتَيْبَة ، عن هاشم بن البَرِيد ، عن أَبي إِسْحَاق ، فذكره.
وهذا أيضا قال الألباني عنه : ضعيف
ذكر ذلك في ضعيف سنن النسائي وضعيف ابن ماجه
وهو في سلسلة الأحاديث الضعيفة (4120 )
Intinya : Al bani menyatakan hadis tsb lemah.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Saya belum tahu ulama yang
menyatakan hadis tsb lemah kecuali al
albani.
Dan saya tidak mengerti alasan
beliau menyatakan spt itu. Sebab dari segi
sanad saya tidak mengetahui perawi
yang lemah di dalamnya . bahkan perawi – perawinya tsiqah – terpercaya, tiada pendusta didalamnya , bahkan perawi yang suka berkata benar. Boleh saya katakan
sanad tsb sahih.
Pengertian redaksi hadis
tidak bertentangan dengan al quran malah mendukung ayat 110. Yaitu perintah jaher dlm bacaan al quran waktu shalat.
Menurut saya, sanad dan matanya tidak cacat.
Syaikh Salman al audah menyatakan .
وقال النووي في المجموع : إسناده حسن
Imam Nawawi berkata : Sanadnya hasan.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Bahkan menurut saya sanadnya sahih, redaksinya pun
mendukung ayat 110 al Isra`.
نصب الراية - (ج 2 / ص 3)
عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ النَّضْرِ ,
قَالَ : { كُنَّا بِالطَّائِفِ عِنْدَ أَنَسٍ , فَصَلَّى بِهِمْ الظُّهْرَ ,
فَلَمَّا فَرَغَ , قَالَ : إنِّي صَلَّيْت مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الظُّهْرِ , فَقَرَأَ لَنَا بِهَاتَيْنِ
السُّورَتَيْنِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ : { سَبِّحْ اسْمَ رَبِّك الْأَعْلَى } وَ {
هَلْ أَتَاك حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ } } . انْتَهَى
(NASAI - 962) : Telah mengabarkan kepada kami
Muhammad bin Syuhja' Al Marrudzi dia berkata; Telah mengabarkan kepada kami Abu
Ubaidah dari Abdullah bin 'Ubaid dia berkata; 'Aku mendengar Abu Bakr bin Nadlr
berkata; 'Kami berada di Thaif bersama Anas. lalu Anas shalat dluhur bersama
jama'ah. Setelah selesai shalat dia berkata; Aku shalat bersama Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam, beliau membaca untuk kami dengan dua surat ini dalam dua
raka'at. Yaitu, Sabihisma Rabbikal A'la (surat
al-a'la) dan Hal Ataaka Haditsul Ghaasyiyah (surat alghasyiyah).
صحيح وضعيف سنن النسائي - (ج 3 / ص 116)
تحقيق الألباني :
ضعيف الإسناد
Lihat pula di kitab sahih Ibnu Khuzaimah.
Sanadnya sbb:
سنن النسائي – (ج 4 / ص 60)
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شُجَاعٍ
الْمَرُّوذِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عُبَيْدَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
عُبَيْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا بَكْرِ بْنَ النَّضْرِ قَالَ
Hadis tsb dilemahkan oleh al albani dan saya tidak mengetahui ulama
yang melemahkannya kecuali beliau.
Dan saya juga
setuju padanya karena perawi
bernama Abu bakar bin An nadhar adalah mastur ( Perawi tsb blm
di ketahui pendusta atau terpercaya, juga blm di ketahui cacatnya). Tapi dlm hal membaca surat dengan
suara sedang dlm saat zhuhur
mendapat dukungan dari al quran yaitu ayat 110 al Isra`.
Hadis tsb juga
di sahihkan oleh Ibn Hibban .
أخرجه النسائي في "الكبرى"
(1046)، وصححه ابن حبان (1824)،
HR Nasai dlm kitab al Kubra 1046 , dan di sahihkan oleh Ibnu Hibban 1824.
فالأقدمون إذا قالوا: فلان ثقة، فإن
معنى هذا أنهم لا يقبلون رواية المستور، والمجهول من باب أولى، خلافا للمتساهلين، كابن حبان فكأنه يرى أن جهالة
العين ترتفع
برواية
واحد مشهور، كما هو مشهور.
Pakar
hadis yang dulu ketika menyatakan : Fulan terpercaya. Maksudnya adalah mereka tidak menerima riwayat perawi
yang mastur, apaagi majhul ( tidak di ketahui identitasnya ). Berlainan dengan kalangan ulama yang moderat spt Ibnu
Hibban , seolah beliau ini berpendapat bahwa perawi yang tidak diketahui itu akan hilang
pengaruhnya karena ada riwayat dari
seorang perawi yang populer sebagaimana
pendapat yang mashur.
Maksud
mastur perawi yang tidak ada ulama yang menilai cacat atau terpercaya. Dari segi
lahiriyahnya masih baik.
Bersambung
………………
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan