Ada
hadis lagi. 
حدثت عن الحسين قال سمعت
ابا معاذ يقول ثنا عبيد قال سمعت الضحاك يقول
في قوله ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها الايه
هذا ورسول الله صلى الله عليه وسلم بمكه كان اذا صلى
باصحابه فرفع صوته بالقراءه اسمع المشركين فاذوه
فامره الله ان لا يرفع صوته فيسمع عدوه ولا
يخافت فلا يسمع من خلفه من المسلمين فامره الله ان يبتغي بين
ذلك سبيلا
حدثنا محمد بن علي بن الحسن بن شقيق قال
سمعت ابي يقول اخبرنا ابو حمزه عن الاعمش عن جعفر بن اياس عن سعيد
بن جبير عن ابن عباس ولا تجهر بصلاتك
ولا تخافت بها قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم
اذا رفع صوته وسمع المشركون سبوا القران ومن جاء به
واذا خفض لم يسمع اصحابه قال الله وابتغ
بين ذلك سبيلا
Intinya
: Baca dengan suara sedang  dalam membaca
al quran dalam shalat menurut riwayat Ibnu Abbas dan Dhahhak .  Sedang untuk hadis  terahir ini muttafaq alaih.
http://www.quran7m.com/searchResults/017110.html
Komentarku
( Mahrus ali ):
  Hadis 
tsb  bertentangan  dengan apa yg anda katakan bahwa  ayat 110 di mansukh 
نصب الراية - (ج 2 / ص 2)
 وَفِي النَّسَائِيّ { كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ , فَيُسْمَعُ مِنْهُ
الْآيَةُ , بَعْدَ الْآيَاتِ مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ } , وَفِيهِ
أَيْضًا
[حكم الالبانى] : صحيح، مضى (2 / 45 -
46) // (687) //
Dlm sunan Nasai juga ada hadis : 
Kami melakukan shalat  zhuhur di belakang Nabi shallahu alaihi
wasallam 
Lalu beliau memperdengarkan  ( kepada kita ) ayat demi ayat dari surat Luqman dan Zariyat .
Al bani menyatakan hadis  tsb sahih. 
في مسند الجامع
1719- عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ ، قَالَ:
كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي بِنَا الظُّهْرَ ، فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ ، مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ.
- لفظ النَّسَائِي : كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم الظُّهْرَ ، فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ ، مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ.
1719- عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ ، قَالَ:
كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي بِنَا الظُّهْرَ ، فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ ، مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ.
- لفظ النَّسَائِي : كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم الظُّهْرَ ، فَنَسْمَعُ مِنْهُ الآيَةَ بَعْدَ الآيَاتِ ، مِنْ سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ.
حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ حَدَّثَنَا سَلْمُ
بْنُ قُتَيْبَةَ عَنْ هَاشِمِ بْنِ الْبَرِيدِ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ
الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يُصَلِّي بِنَا الظُّهْرَ فَنَسْمَعُ مِنْهُ الْآيَةَ بَعْدَ الْآيَاتِ مِنْ
سُورَةِ لُقْمَانَ وَالذَّارِيَاتِ
Telah menceritakan kepada kami Uqbah bin Mukram berkata,
telah menceritakan kepada kami Salm bin Qutaibah dari Hasyim bin Al Barid dari
Abu Ishaq dari Al Barra` bin Azib ia berkata, "Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam shalat zhuhur bersama kami, lalu kami mendengar beliau membaca
surat Luqman
dan Adz Dzariyat ayat demi ayat. " 
HR Ibn Majah. 
أخرجه ابن ماجة (830) قال : حدَّثنا عُقْبَة بن مُكْرَم. و"النَّسائي" 2/163 ، وفي "الكبرى" 1045 و11461 قال : أخبرنا مُحَمد بن إبراهيم بن صُدْرَان.
كلاهما (عُقْبَة ، وابن صُدْرَان) قالا : حدَّثنا سَلْم بن قُتَيْبَة ، عن هاشم بن البَرِيد ، عن أَبي إِسْحَاق ، فذكره.
وهذا أيضا قال الألباني عنه : ضعيف
ذكر ذلك في ضعيف سنن النسائي وضعيف ابن ماجه
وهو في سلسلة الأحاديث الضعيفة (4120 )
Intinya : Al bani menyatakan hadis  tsb lemah. 
Komentarku ( Mahrus ali ):
Saya belum tahu ulama yang
menyatakan hadis tsb  lemah kecuali al
albani. 
Dan saya tidak mengerti alasan
beliau menyatakan  spt itu. Sebab  dari segi 
sanad saya tidak mengetahui perawi 
yang lemah di dalamnya . bahkan perawi – perawinya  tsiqah – terpercaya, tiada pendusta  didalamnya , bahkan perawi yang suka  berkata benar. Boleh  saya katakan 
sanad  tsb sahih. 
 Pengertian redaksi  hadis 
tidak bertentangan dengan al quran malah mendukung  ayat 110. Yaitu perintah  jaher dlm bacaan al quran waktu shalat.
Menurut saya, sanad dan matanya tidak cacat.
Syaikh Salman al audah menyatakan . 
وقال النووي في المجموع : إسناده حسن
Imam Nawawi  berkata : Sanadnya hasan. 
Komentarku ( Mahrus ali ):
Bahkan menurut saya sanadnya  sahih, redaksinya  pun 
mendukung ayat 110 al Isra`. 
نصب الراية - (ج 2 / ص 3)
عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ النَّضْرِ ,
قَالَ : { كُنَّا بِالطَّائِفِ عِنْدَ أَنَسٍ , فَصَلَّى بِهِمْ الظُّهْرَ ,
فَلَمَّا فَرَغَ , قَالَ : إنِّي صَلَّيْت مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الظُّهْرِ , فَقَرَأَ لَنَا بِهَاتَيْنِ
السُّورَتَيْنِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ : { سَبِّحْ اسْمَ رَبِّك الْأَعْلَى } وَ {
هَلْ أَتَاك حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ } } . انْتَهَى
 (NASAI - 962) : Telah mengabarkan kepada kami
Muhammad bin Syuhja' Al Marrudzi dia berkata; Telah mengabarkan kepada kami Abu
Ubaidah dari Abdullah bin 'Ubaid dia berkata; 'Aku mendengar Abu Bakr bin Nadlr
berkata; 'Kami berada di Thaif bersama Anas. lalu Anas shalat dluhur bersama
jama'ah. Setelah selesai shalat dia berkata; Aku shalat bersama Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam, beliau membaca untuk kami dengan dua surat ini dalam dua
raka'at. Yaitu, Sabihisma Rabbikal A'la (surat
al-a'la) dan Hal Ataaka Haditsul Ghaasyiyah (surat alghasyiyah).
صحيح وضعيف سنن النسائي - (ج 3 / ص 116)
تحقيق الألباني :
ضعيف الإسناد
Lihat pula di kitab sahih Ibnu Khuzaimah. 
Sanadnya  sbb: 
سنن النسائي – (ج 4 / ص 60)
 أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شُجَاعٍ
الْمَرُّوذِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عُبَيْدَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
عُبَيْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا بَكْرِ بْنَ النَّضْرِ قَالَ
Hadis  tsb dilemahkan  oleh al albani dan saya tidak mengetahui  ulama 
yang melemahkannya kecuali beliau. 
Dan saya  juga 
setuju padanya karena  perawi
bernama  Abu bakar  bin An nadhar adalah mastur ( Perawi tsb blm
di ketahui pendusta atau terpercaya, juga blm di ketahui  cacatnya). Tapi dlm hal membaca surat  dengan 
suara sedang dlm saat zhuhur 
mendapat dukungan dari al quran yaitu ayat 110 al Isra`. 
Hadis  tsb juga 
di sahihkan oleh Ibn Hibban . 
أخرجه النسائي في "الكبرى"
(1046)، وصححه ابن حبان (1824)،
HR Nasai  dlm kitab al Kubra  1046 , dan di sahihkan oleh Ibnu Hibban  1824. 
فالأقدمون إذا قالوا: فلان ثقة، فإن
معنى هذا أنهم لا يقبلون رواية المستور، والمجهول من باب أولى، خلافا للمتساهلين، كابن حبان فكأنه يرى أن جهالة
العين ترتفع
برواية
واحد مشهور، كما هو مشهور.
Pakar
hadis  yang  dulu ketika menyatakan  : Fulan terpercaya. Maksudnya  adalah mereka tidak menerima riwayat perawi
yang mastur, apaagi majhul ( tidak di ketahui identitasnya ). Berlainan  dengan kalangan ulama yang moderat spt Ibnu
Hibban , seolah beliau ini berpendapat bahwa perawi yang  tidak diketahui itu akan hilang
pengaruhnya  karena ada riwayat dari
seorang perawi yang populer  sebagaimana
pendapat yang mashur. 
Maksud
mastur perawi yang  tidak ada ulama  yang menilai cacat atau terpercaya. Dari segi
lahiriyahnya masih baik. 
Bersambung
………………
Artikel Terkait
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan