Minggu, September 18, 2011

HAUL ADALAH SYIRIK BUDAYA HINDU DAN SYIAH

 

Warga Gresik Ramai Datangi Haul Nyai Gede Pinatih


GRESIK | SURYA Online - Tak kurang 500 warga kurang mampu mendapat pengobatan gratis di ‎kompleks makam Nyai Gede Pinatih jl Kh holil, Kebungson Gresik, Minggu (18/9) pagi. Acara pengobatan massal diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan Haul ke-544 Nyai Gede Pinatih.
Selain bantuan pengobatan gratis panitia haul juga membagikan santunan bagi ratusan anak yatim piatu.
Antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan pengobatan cukup besar. Sejak pagi warga sudah memadati lokasi pengobatan gratis. Mereka adalah warga di sekitar kawasan makam makam Nyai Gede Pinatih yang tinggal di kelurahan Kebungson, Bedilan, Kemuteran dan Pekelingan.
Pengurus Makam, KH Muchtar Djamil mengatakan mayoritas warga yang datang berobat menderita penyakit Myalgia (capek2), hipertensi dan batuk pilek. “Pengobatan massal ini bertujuan membantu masyarakat miskin di sekitar makam dan membawa syiar untuk selalu menolong kepada sesama serta meneladani Nyai Gede Pinatih,” ujar Muchtar.
Sementara itu acara pemberian santunan dan bingkisan dari Yayasan Nyai Gede Pinatih bagi anak yatim di waktu yang sama berlangsung meriah. Sebanyak 400 anak yang tinggal di sekitar makam mendapat bingkisan dan santunan uang tunai.
Sebelum diberikan santunan anak-anak yatim itu diajak berkeliling menyusuri jalan-jalan sekitar makam. Mereka mengikuti kirab didampingi kelompok musik hadrah melalui Jl KH Kholil, Jl Kemuteran, Jl Samanhudi dan Jl Nyai Gede Pinatih. (Dyan Rekohadi)

 

Friday, September 24, 2010

Asal usul haul dan budaya kenduri

Budaya kenduri kematian dalam ta'ziah seperti tahlil, bukanlah berasal dari budaya Hindu dan Budha seperti yang dikalim oleh segolongan orang. Sebab kedua agama ini tidak mengenal istilah itu.

Demikian diungkapkan oleh pengamat budaya dan sejarah Agus Sunyoto. Menurutnya, dalam agama Hindu atau Budaha tidak dikenal kenduri dan tidak pula dikenal peringatan orang mati pada hari ketiga, ketujuh, ke-40, ke-100 atau ke-1.000.

Agus sunoyto mengemukakan bahwa catatan sejarah menunjukkan orang Campa memperingati kematian seseorang pada hari ketiga, ketujuh, ke-40, ke-100 dan ke-1.000. Orang-orang Campa juga menjalankan peringatan khaul, peringatan hari Assyuro dan maulid Nabi Muhammad SAW.

"Mencermati fakta itu, maka saya berkeyakinan tradisi kenduri, termasuk khaul adalah tradisi khas Campa yang jelas-jelas terpengaruh faham Syi`ah. Demikian juga dengan perayaan 1 dan 10 Syuro, pembacaan kasidah-kasidah yang memuji-muji Nabi Muhammad menunjukkan keterkaitan tersebut," katanya.

Bahkan, katanya, istilah kenduri itu sendiri jelas-jelas menunjuk kepada pengaruh Syi`ah karena dipungut dari bahasa Persia, yakni Kanduri yang berarti upacara makan-makan memperingati Fatimah Az Zahroh, puteri Nabi Muhammad SAW.

Agus Sunyoto yang juga dikenal sebagai penulis sejumlah novel dengan latar belakang wali, antara lain Syekh Siti Jenar yang bersambung hingga tujuh novel itu mengemukakan bahwa ditinjau dari aspek sosio-historis, munculnya tradisi kepercayaan di Nusantara ini banyak dipengaruhi pengungsi dari Campa yang beragama Islam.

"Peristiwa yang terjadi pada rentang waktu antara tahun 1446 hingga 1471 masehi itu rupanya memberikan kontribusi yang tidak kecil bagi terjadinya perubahan sosio-kultural religius di Majapahit," kata mantan wartawan yang kini menjadi dosen budaya di Unibraw Malang itu.

Ia memberi contoh kebiasaan orang Campa yang memanggil ibunya dengan sebutan "mak", sedangkan orang-orang Majapahit kala itu menyebut "ibu" atau "ra-ina". Di Surabaya dan sekitarnya, tempat Sunan Ampel menjadi raja, masyarakat memanggil ibunya dengan sebutan "mak".

"Pengaruh kebiasaan Campa yang lain terlihat pula dalam cara orang memanggil kakaknya atau yang lebih tua dengan sebutan `kang`, sedangkan orang Majapahit kala itu memanggil dengan sebutan `raka`. Untuk adik, orang Campa menyebut `adhy`, sedangkan di Majapahit disebut `rayi`," katanya.

Pada kesempatan itu, Agus membedakan pengaruh muslim Cina dengan Campa di masa-masa akhir kejayaan kerajaan Majapahit atau di era Wali Songo. Muslim Campa selama proses asimilasi melebur dengan penduduk setempat, hingga watak Campanya hilang dan berbaur dengan kejawaan. "Tapi muslim Cina masih cukup kuat menunjukkan eksistensi kecinaannya sampai beberapa abad," katanya

Dihimpun dari pelbagai sumber, al: Pesanten
Sumber : sekroh1.wordpress.com/.../asal-usul-haul-dan-kenduri-kematian-

Seorang mantan Pendeta Hindu pernah menyatakan :
Pertama. Panca Yajna adalah lima upacara selamatan di dalam agama Hindu, masing-masing:
Dewa yajna yakni selamatan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Rsi yajnya adalah selamatan kepada orang-orang yang dianggap suci. Pitra yajna adalah selamatan kepada roh leluhur. Manusa yajna adalah selamatan kepada manusia. Butha yajna adalah selamatan kepada mahluk bawahan.
Melakukan selamatan ini adalah wajib hukumnya di dalam Agama Hindu. Contoh selamatan pada hari kematian, acaranya berlangsungpada hari pertama, ke-3, ke-7, ke-40, ke-100 dan nyewu (hari ke-1000). “Kalau tidak punya uang untuk melaksanakan selamatan, wajib utang kepada tetangga. (jamaah tertawa) .
Sebab bila keluarga yang meninggal tidak diselamatin, rohnya akan gentayangan, menjelma menjadi hewan, binatang, bersemayam di keris dan jimat, dll. Makanya pohon-pohon diberi sarung, dan pada setiap hari Sukra Umanis jimat dan keris diberi minum kopi. “Sedangkan yang melaksanakan selamatan, dapat tiket langsung masuk surga.” Di dalam Islam tidak ada selamatan-selamatan, tetapi yang ada adalah sedekoh. Sedekoh punya kelebihan dari selamatan yakni memberikan sedekoh ketika kita punya kelebihan yang biasanya dilakukan pada menjelang bulan puasa. Jadi bukan hasil utang.

Komentarku ( Mahrus ali )
      Telah jelas bahwa acara haul adalah  bukan dari ajaran Islam , tapi  dari budaya  Hindu dan Syi`ah yang ahli bid`ah bukan ahlus sunnah . Ia termasuk  budaya yang tidak di ajarkan oleh Allah dan rasulNya tapi di ajarkan oleh setan dan tentaranya . Dan ini jelas tidak samar lagi di larang bukan di perbolehkan , termasuk juga membudayakan kebid`ahan bukan melestarikan sunnah , menyebarkan ajaran non Islam . Ia bukan  syi`ar Allah tapi  syi`ar setan . Allah telah menyatakan dalam ayatNya sbb :
ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ
Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi`ar-syi`ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.[1]
Bila  syi`ar setan yang di kumandangkan , maka termasuk hati yang paling taat pada setan dan ingkar kepada Allah .

  Acara haul itu ber arti menyemarakkan ke sesatan bukan kebenaran  sebagaimana   hadis :
مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
Barang siapa mengada-ngadakan sesuatu dalam urusan agama yang tidak terdapat dalam agama maka dengan sendirinya tertolak  [2] 
Bahkan dalam haul juga ada kesyirikan  sebagaimana haul di Jeddah yang di adakah oleh PCNU  GP Ansor Gusdurian  dengan membaca ya nabi  salam alaika   dan  di dalamnya terdapat bait syirik sbb :
فَأَغِثْني وَأَجِرْنِي       ياَمُجِيْرٌ مِنَ السَّعِيْرِ
Maka tolonglah aku wahai Rasulullah  dan selamatkan aku  wahai Rasul yang menyelamatkan dari  neraka  sair
ياَغِياَثِي يَامَلاَذِي     فِى مُلِماَّتِ الأُمُورِ
Wahai penolongku  dan pelindungku
Dalam mengatasi setiap mara bahaya           
Ket:”Bacaan  tsb  syirik karena langsung minta kepada NabiSAW bukan minta kepada Allah ,”                       
الَّلهُمَّ بِحُرْمَةِ هَذَا النَّبِي الكَرِيْمِ
Ya Allah ! dengan kehurmatanNabiyang mulia ini
وَاسْتُرْناَ بِذَيْلِ حُرْمَتِه
Tutupilah kami dengan ekor kehurmatanNabi  SAW
وَارْزُقْناَ بِهِ يَوْمَ القِياَمَةِ مَقاَماً رَفِيْعاً
Pada hari  kiamat berilah kami kedudukan yang tinggi karena  kemuliaanNabiSAW.
Ket: “ Syirik disini karena menggunakan perantara orang mati dan kehurmatannya  dalam berdoa kepada  Allah.”
  Tidak layak bagi seseorang berdoa  kepada Allah  dengan hak makhlukNya, paraNabi, Rasul  atau baitullah . Imam  Abu Hanifah benci kepadanya , “ kata Abu Yusuf. “Minta  pada Allah dengan perantara  mahlukNya tidak boleh  atau haram , “ kata Al Qaduri yang didukung oleh Ibnu taimiyah dalam kitab Al qaidah al jalilah .[3]
“ Berhubung sulit untuk menggali ilmu syariat , maka  masyarakat awam  beralih kepada ajaran yang dibikin sendiri. Menurutku mereka adalah kafir seperti mengagungkan kurburan ,minta – minta pada orang mati,wahai tuanku  berilah ini ……...,” kata  Ibnu Uqail Al Hambali. “Ini adalah syirik besar dan setiap jalan  yang mengarah kepadanya harus di larang,” kata syekh Sholeh  bin Abdul aziz [4]
  


[1] Al haj 22

[2] HR Bukhori / Salat / 2499. Muslim / Aqdliah / 3242. Abu dawud/Sunnah / 3990. Ibnu Majah / Muqaddimah /14. Ahmad / 73,146,180,240,206,270/6
[3] Attawassul  52.

[4] Hadzihi mafahimuna 32.

Artikel Terkait

12 komentar:

  1. Assalamualaikum war., wab.

    Masalah yang dihadapi adalah bahwa sebagian besar kaum Muslimin di Indonesia ini melaksanakan acara upacara kematian ini dari mulai hari pertama, s/d haul setiap tahun, juga acara-acara lainnya seperti rajaban, muludan, saparan, dll. Apapun akan dilakukan untuk sekedar melaksanakan haul dan acara-acara itu.
    Bagaimana upaya-upaya AWJ untuk menyadarkan mereka, bahwa yang mereka lakukan tidak sesuai dengan petunjuk Rasulullah.
    Mohon penjelasannya.

    Nashrun minallah wa fathun qoriib
    Wassalamualaikum war., wab.

    BalasHapus
  2. Berdakwahlah , berjihadlah yang sungguh dan jangan taat kepada mereka sedikitpun

    BalasHapus
  3. assalamualaikum wr.wb.
    Ust mohon pehjelasan ana baca dari situs www.nuonline tentang Maulid...
    Peryataan bahwa perayaan maulid Nabi adalah amalan bid'ah adalah peryataan sangat tidak tepat, karena bid'ah adalah sesuatu yang baru atau diada-adakan dalam Islam yang tidak ada landasan sama sekali dari dari Al-Qur'an dan as-Sunah. Adapun maulid walaupun suatu yang baru di dalam Islam akan tetapi memiliki landasan dari Al-Qur'an dan as-Sunah.

    Pada maulid Nabi di dalamya banyak sekali nilai ketaatan, seperti: sikap syukur, membaca dan mendengarkan bacaan Al-Quran, bersodaqoh, mendengarkan mauidhoh hasanah atau menuntut ilmu, mendengarkan kembali sejarah dan keteladanan Nabi, dan membaca sholawat yang kesemuanya telah dimaklumi bersama bahwa hal tersebut sangat dianjurkan oleh agama dan ada dalilnya di dalam Al-Qur'an dan as-Sunah.

    Di antara orang yang mengatakan maulid adalah bid'ah adalah karena acara maulid tidak pernah ada di zaman Nabi, sahabat atau kurun salaf. Pendapat ini muncul dari orang yang tidak faham bagaimana cara mengeluarkan hukum(istimbat) dari Al-Quran dan as-Sunah. Sesuatu yang tidak dilakukan Nabi atau Sahabat –dalam term ulama usul fiqih disebut at-tark – dan tidak ada keterangan apakah hal tersebut diperintah atau dilarang maka menurut ulama ushul fiqih hal tersebut tidak bisa dijadikan dalil, baik untuk melarang atau mewajibkan.

    Sebagaimana diketahui pengertian as-Sunah adalah perkatakaan, perbuatan dan persetujuan beliau. Adapun at-tark tidak masuk di dalamnya. Sesuatu yang ditinggalkan Nabi atau sohabat mempunyai banyak kemungkinan, sehingga tidak bisa langsung diputuskan hal itu adalah haram atau wajib.

    Zarnuzi Ghufron
    Ketua LMI-PCINU Yaman dan sekarang sedang belajar di Fakultas Syariah wal Qonun Univ Al-Ahgoff, Hadramaut, Yaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca disini:
      Banyak kesyirikan dlm maulid
      Klik disini:
      http://mantankyainu.blogspot.com/2011/01/banyak-kesyirikan-dlm-maulid.html

      Hapus
    2. hmmmm.....ada kyai ko mantan

      Hapus
  4. aslkm..anda salah total jika mendasarkan acara-acara tsb adalah budaya Hindu, ustaz gadungan abdul aziz sudah kami amankan dengan bapak Kapolres Kulon Progo terkait kebohongannya dengan pengajiannya& diwakili dari pedande/ulamanya Hindu sdr Ida Bagus Agung dari Yogyakarta bahwa tidak ada dasar jika menyatakan acara2 yg sdh menjadi tradisi di bumi jawa didasarkan dari ajaran Hindu& juga setelah saya selidiki ucapan Bp tsb benar adanya dari semua kitab Hindu tidak ada ajaran yang mewajibkan 7, 21, 100 ataupun haul jelas ini sdh ada tradisi semenjak Imam Suyuti seperti yg tertuang dlam al hawi lil fatawi bahwa imam ahmad bin hanbal dlm risalah azzuhd menyebutkan dari hasyim bin qosim dari al asyja' berkata imam towus sesungguhnya orang mati mengalami kejadian hebat selama tujuh ahri dalam kuburnya, maka kami gemar memberikan sodaqoh makanan pada hari tersebut & terdapat dlm kitabnya selain itu ada juga hadis yang menyatakanكان النبي صل الله عليه وسلم يزور الشهداء بأحد في كلي حول إذابلغ اشعبى رفع صوته فيقول سلام عليكم بماصبرتم فنعماعقبى الدار رواه البيهقى tentunya ulama-ulama tsb diatas lebih siqoh daripada al-usaimin/albani dan lebih diakui kulaitasnya yg wara' tidak membuat perpecahan umat hanya dengan alasan pemurnian Islam, bid'ah dsb,,,

    BalasHapus
  5. Fariq Ubaidillah anggota FKUB (forum kerukunan antar umat beragama) daerah D.I.Yogyakarta. waslm

    BalasHapus
  6. Mas mantan .... NKRI ini Negara toghut enggak mas ? kalo iya berarti para teroris itu mujahid ya mas.....? kalo enggak , kenapa tidak ada syariat islam dalam undang2 nya ? jawabanya di tunggu.

    BalasHapus
  7. Untuk bayu bajra, apakah NKRI negara Islam?
    Teroris tiada dalilnya.

    BalasHapus
  8. maka mas brow klo belajar ilmu itu jangan setengkas 2 jadi lo ga gampang memvonis orang
    syiriklah bid,ahlah itu karena daya pikirlu yg cupet dan kotor yang merasa dirinya paling benar

    BalasHapus
  9. Apakah kesalahan kalian menjadi dosa kami yg awam ini.krn kalian para ustad merasa paling benar.
    Indonesia, mayoritasnya islam tp knp ngk ada uu yg mengatur hukum islam seperti uu lain, biar kami bs mengikuti.cth, cuma ditetapkan 1 sifat sholat nabi dan yg lain dihapus kan kami ngk bingung.
    Siapakah yg dpt menyatukan kami yg awam ini, biar dosa ini tak menumpuk

    Tlg dibalas dgn ikhlas

    BalasHapus
  10. Bangunan bersejarah lain yang hilang meliputi tempat kelahiran Rasulullah, yang sekarang menjadi perpustakaan, dan rumah Khadijah, istri pertama Nabi, yang sekarang menjadi toilet publik sebagaimana dilaporkan The Independent.

    Sampai sekarang, pembangunan di Madinah masih sedikit lebih terkendali dibandingkan di Mekkah, meski sejumlah situs awal Islam telah hilang. Dari tujuh masjid yang dibangun untuk memperingati perang Khondaq atau perang parit, satu peristiwa yang cukup menentukan dalam sejarah perkembangan Islam, kini hanya tersisa dua.

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan