Minggu, Mei 08, 2016

Penipuan Pom Bensin ketahuan!! Mari Sebarkan agar semua orang tau

 
 
 
 
Anda tentu sudah familiar dengan kalimat "Dari nol ya Pak," dari petugas SPBU, kita pun dengan rileks melirik angka-angka yang bergerak cepat pada alat monitor pengisi bahan bakar. Tapi tahukah anda bahwa sekarang ada cara terbaru dan kekinian yang dilakukan oknum petugas pom bensin untuk berkorupsi?

Informasi ini kami peroleh dari netizen dengan ID bernama Renan di forum Kaskus. Berikut transkrip kejadian yang dialami saudara Renan tersebut:

Malam gan, sehat? Mudah-mudahan selalu sehat dan selalu didalam lindungan-Nya ya.
Oke gan langsung aja nih ane pingin cerita sedikit tentang kenakalan petugas spbu tertentu.

Jadi, ane emang ada temen kerja di SPBU per**mina.
Dia share semua 'cara main dapet uang lebih'.
Salah satunya kasus yang terjadi yang ini: Forum Kaskus.
Nah kasus diatas itu, argo nya langsung loncat.
Contoh dari 40.000 langsung ngejepret ke 50.000
>>>>>>
Kalau yang ini mungkin agan baru tau. Karena emang jarang banget yang tau kecurangan yang satu ini.
Penting nih, simak ya..!!
>>>>>>
Ane kan isi bensin didaerah abis keluar lingkar gentong bandung atau garut gitulah 200 ribu.
Dengan manisnya petugas bilang 'dari nol ya'.
Oke, ane keluar perhatiin argonya. Berjalan normal gak loncat-loncat kaya kasus diatas.
Tapi........
Argonya cepet banget, coy!
Argo tercepet yang pernah ane saksiin langsung selama isi bensin
Saking cepetnya bukannya malah kaya argo berjalan tapi kaya argo kedip-kedip doang pergaris-garis angkanya -,-
Sontak karena pengetahuan ane dari temen ane yang kerja di per**mina tadi, ane langsung bilang:
'Mas, speed 1 aja dan tolong gagangnya dilepas'
Baru tuh gan, normal.
>>>>>>
Oke, mungkin agan bingung kenapa begitu.

Jadi gini gan:
1. Argo cepet itu gak bagus, karena yang keluar angin (menurut temen ane). selisih bisa 2-5 liter. Bayangin kita rugi berapa.
Kalau isi bensin motor mungkin gak kerasa, kalau mobil yang udah ratusan ribu keatas pasti mereke 'bermain'.
2. Gagang dipegang itu juga gak bagus, karena dia bisa ngatur speed semprotan bensinnya
Info:
Speed terdiri dari 3 gigi. Makin tinggi makin cepet.
Maka dari itu ane minta 'tolong speed 1 dan gagangnya dilepas'
>>>>>>
Buat Anda pegawai spbu yang ngerasa 'cari uang lebih' dengan cara begini, tolonglah, Anda boleh ambil untung seperlunya aja.
Gak usah sampai beda jauh dari takaran sesungguhnya.
Itu namanya Anda untung, kami buntung.
Gimana kami bisa bangga sama SPBU milik negeri sendiri kalau kaminya sendiri pun dicurangi oleh SPBU tersebut?
>>>>>>
Nah gan, jadi udah tau kan kalau argo terlalu cepet itu harus apa dan ngomong apa?
Mulai sekarang jangan beranggapan argo cepat di SPBU itu bagus anti lelet anti antri ya.
Semoga bermanfaat ya gan, infoin ke temen agan kalau sekiranya perlu,
nuhun.

Thread forum kaskus ini menjadi hot thread dan dikomentari banyak sekali pengguna forum, di antaranya ID bernama iswari90 dan rahmada berikut:

Ini mah kejadian dari tahun 2013, cuma banyak yang belum sadar gan
itu nama istilahnya 'tembak gigi' gan, nanti saat speed 1 emang bener yg keluar bensin semua, tp saat speed 2 yg keluar bensin campur angin, nah saat speed 3 yg keluar itu angin semua gan.

coba deh agan perhatiin (pengendara motor) kalo lg isi bensin kadang gagang selangnya ditekan (pencet) terus kadang dilepas, nah disitulah terjadi kecurangan.

Jadi bener kata agan Renan, kalo mau isi bensin bilang aja speed 1 terus gagang selangnya dilepas (jgn dipegang).


Posted By rahmada:

Agak ga fair kalau ente bilang ini kecurangan pegawai SPBU..... Dari caranya, kelihatan kalau trik ini diatur oleh manager atau pemilik spbu. pegawai hanya melakukan perintah. Trik ini tidak bisa menguntungkan pegawai, karena jumlah uang yg masuk tetap tercatat dengan benar di mesin pom. Lain halnya dengan trik nggak memberi uang kembalian atau kembalian kurang, misalnya.

Yang diuntungkan dengan sistem ini tentunya pemilik SPBU, karena jumalh bensin keluar tidak sama dengan jumlah uang didapat.

Jadi agak fair dikit gan... Bilang ini kecurangan SPBU, bukan pegawai SPBU.

Bahkan ada kaskusers yang nambahin di komentar dengan ID deniz_trians, cara nge-bedain speed 1, 2, dan speed 3 :

Nih gw tambahin,
Yang dimaksud Renan; speed 1, speed 2, dan speed 3. Perhatiin gambar nozzle gun nya:

Speed 1 : kecepatan mengalir fluida nya rendah
Speed 2 : kecepatan mengalirnya sedang
Speed 3 : kecepatan mengalirnya tinggi

Biasanya klo petugasnya megangin nozzle, dia tarik pelatuknya (mirip pistol) tanpa mengunci speednya.

Kalau petugas yg melepas gun nya, dia pasti mengunci speednya di posisi tertentu seperti yg gw nomerin. Mintalah petugas nya utk melepas gun nya dan posisikan pengunci di no. 1.


Gue bantu jelasin bbrp bagian-bagian pentingnya :

1-3 udah pada tau lah ya.

4 & 5 ini sensor otomatis, pernah perhatikan nozzle yang lagi ngisi bensin ke tanki mobil tapi dilepas sama petugasnya? Pas hampir penuh tuh nozzle bunyi 'jeglek' sendiri. itu karena sensor ini mendeteksi fluida sudah mencapai mulut nozzle (2a & 2b) dan aliran fluida otomatis di-stop, yang artinya bensin sudah hampir full tank. Makanya setelah itu petugasnya megangin lagi tuh nozzle sambil tetap ngisi pelan-pelan sampai benar-benar penuh (full tank).

10. ini pengatur speed fluida yg mengalir di nozzle, perhatikan di bawahnya ada metal sebagai pengunci speed nya, ini lah yg gue maksud diatas tadi.

Tolong share, bantuan anda sangat dibutuhkan mereka yang belum tahu.

Sumber : bagi.me

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan