Ust.
Muhammad Abduh Tuasikal, MSc menulis :
Cuka termasuk
makanan yang thoyyib
(baik). Tidak ada dalil yang mengharamkan cuka sehingga cuka dihukumi halal
sebagaimana asalnya. Komentarku ( Mahrus ali ):
Juga tiada dalil yang menghalalkan cuka baik dari al quran atau hadis sahih. Pada hal sudah ada hadis Anas yang melarang membuat cuka dari Khamar sbb:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أَيْتَامٍ وَرِثُوا خَمْرًا قَالَ أَهْرِقْهَا قَالَ أَفَلَا أَجْعَلُهَا خَلًّا قَالَ لَا *
Dari
Anas bin Malik , sesungguhnya Abu Tholhah ( ayah tiri Anas ra ) bertanya kepada
Nabi S.A.W. tentang yatim – yatim yang punya warisan khamar “.
Rasulullah
S.A.W. menjawab : “Tumpahkan “.
Abu
Tholhah bertanya :” Apakah tidak kita bikin cuka ? “.
Rasulullah
S.A.W. bersabda :” Tidak boleh “.9( sahih )
Komentarku ( Mahrus ali ):
Dengan
jelas sekali , tidak samar lagi bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melarang membuat Khamar untuk
cuka – vinegar. Karena itu, cuka termasuk dilarang oleh Rasulullah
Shallallahu alaihi wa sallam , tidak boleh dihalalkan oleh manusia dahulu atau sekarang, di arab atau di jawa dan
sampai kapanpun cuka tetap dilarang bukan
dihalalkan. Tidak boleh, cuka dulu di
haramkan lalu sekarang di halalkan. Tidak boleh juga ia diharamkan di arab lalu di halalkan di
Indonesia, karena Indonesia
bukan negara arab. Ini adalah pemahaman yang keliru yang harus dibuang bukan
kebenaran yang harus di pegangi.
Anda
menyatakan:
Dalil yang mendukung cuka adalah makanan yang thoyyib
adalah hadits dari ‘Aisyah berikut, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
نِعْمَ الأُدُمُ – أَوِ
الإِدَامُ – الْخَلُّ
“Sebaik-baik
bumbu dan lauk adalah cuka” (HR. Muslim no. 2051).Juga ada hadits dari Jabir bin ‘Abdillah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada keluarganya tentang lauk. Mereka lantas menjawab bahwa tidak di sisi mereka selain cuka. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda,
نِعْمَ الأُدُمُ الْخَلُّ
نِعْمَ الأُدُمُ الْخَلُّ
“Sebaik-baik
lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka.” (HR. Muslim no.
2052).Komentarku ( Mahrus ali ):
Dulu sudah saya terangkan tentang hal itu bahwa hadis itu tidak boleh dibuat pegangan, lepaskan saja. Ia haram dibuat hujjah tapi harus di buang. Karena hadis itu adalah tafarrud pada perawi bernama Sulaiman bin Bilal , redaksi hadisnya kacau belau, satu sama lain saling menyalahkan bukan saling mendukung.
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَ أَهْلَهُ الْأُدُمَ فَقَالُوا مَا عِنْدَنَا إِلَّا خَلٌّ فَدَعَا بِهِ فَجَعَلَ يَأْكُلُ بِهِ وَيَقُولُ نِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ نِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ
1.
Dari Jabir bin Abdillah , sesungguhnya Nabi S.A.W. bertanya kepada keluarganya
tentang bumbu ,lalu mereka menjawab : “ Kami tidak memiliki sesuatu kecuali
cuka ,beliau memintanya ,lalu makan dengannya dan berkata :” lauk terbaik
adalah cuka – lauk terbaik adalah cuka “.
Dan Alhamdulillah hadits ini
njenengan tulis namun njenengan diamkan tanpa komentar, hingga terkesan bagi
pembaca bahwa hadits ini dhoif, padahal faktanya hadits ini shohih dan
termaktub dalam Shahih Muslim dan Sunan Tirmidzi
Saya ( Mahrus ali ) menjawab:
Lihat pula hadis riwayat
Muslim sbb:
و
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ
أَخْبَرَنَا حَجَّاجُ بْنُ أَبِي زَيْنَبَ حَدَّثَنِي أَبُو سُفْيَانَ طَلْحَةُ
بْنُ نَافِعٍ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كُنْتُ
جَالِسًا فِي دَارِي فَمَرَّ بِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَأَشَارَ إِلَيَّ فَقُمْتُ إِلَيْهِ فَأَخَذَ بِيَدِي فَانْطَلَقْنَا
حَتَّى أَتَى بَعْضَ حُجَرِ نِسَائِهِ فَدَخَلَ ثُمَّ أَذِنَ لِي فَدَخَلْتُ
الْحِجَابَ عَلَيْهَا فَقَالَ هَلْ مِنْ غَدَاءٍ فَقَالُوا نَعَمْ فَأُتِيَ
بِثَلَاثَةِ أَقْرِصَةٍ فَوُضِعْنَ عَلَى نَبِيٍّ فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُرْصًا فَوَضَعَهُ بَيْنَ يَدَيْهِ وَأَخَذَ قُرْصًا
آخَرَ فَوَضَعَهُ بَيْنَ يَدَيَّ ثُمَّ أَخَذَ الثَّالِثَ فَكَسَرَهُ بِاثْنَيْنِ
فَجَعَلَ نِصْفَهُ بَيْنَ يَدَيْهِ وَنِصْفَهُ بَيْنَ يَدَيَّ ثُمَّ قَالَ هَلْ
مِنْ أُدُمٍ قَالُوا لَا إِلَّا شَيْءٌ مِنْ خَلٍّ قَالَ هَاتُوهُ فَنِعْمَ
الْأُدُمُ هُوَ
2. Dan telah menceritakan
kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah, Telah menceritakan kepada kami Yazid bin
Harun Telah mengabarkan kepada kami Hajjaj bin Abu Zainab, Telah menceritakan
kepadaku Abu Sufyan Thalhah bin Nafi' dia berkata; Aku mendengar Jabir bin
'Abdullah radliallahu 'anhu berkata: "Pada suatu hari aku sedang duduk di
rumahku, tiba-tiba Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lewat. Beliau
memberi isyarat kepadaku lalu aku berdiri menemui beliau. Beliau memegang
tanganku (mengajakku pergi bersama beliau). Kami berjalan hingga sampai ke
rumah sebagian isteri beliau. Beliau
masuk dan mempersilahkanku pula masuk. Karena itu aku masuk sampai ruangan
dalam ( ruangan husus istri ). Beliau bertanya kepada isterinya: 'Adakah kamu
sedia makanan? ' Jawab mereka; 'Ada!
' Maka dibawanya tiga buah roti bulat pipih lalu dihidangkannya ke hadapan
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau ambil sebuah lalu di
letakkannya dihadapan beliau, kemudian diambilnya sebuah lagi lalu
diletakkannya di hadapanku. Sesudah itu yang ketiga dipotong separuhnya diambil
oleh beliau dan separuhnya lagi diletakkannya di hadapanku. Kemudian beliau
bertanya: 'Apakah ada lauk pauk? ' Mereka Menjawab; 'Tidak ada apa-apa selain
cuka.' Kata beliau: 'Bawalah kemari! Sebaik-baik lauk adalah cuka.' HR Muslim 3826
حَدَّثَنِي
يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ يَعْنِي ابْنَ
عُلَيَّةَ عَنْ الْمُثَنَّى بْنِ سَعِيدٍ حَدَّثَنِي طَلْحَةُ بْنُ نَافِعٍ
أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُاأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِي ذَاتَ يَوْمٍ إِلَى مَنْزِلِهِ
فَأَخْرَجَ إِلَيْهِ فِلَقًا مِنْ خُبْزٍ فَقَالَ مَا مِنْ أُدُمٍ فَقَالُوا لَا
إِلَّا شَيْءٌ مِنْ خَلٍّ قَالَ فَإِنَّ الْخَلَّ نِعْمَ الْأُدُمُ قَالَ جَابِرٌ فَمَا زِلْتُ أُحِبُّ الْخَلَّ
مُنْذُ سَمِعْتُهَا مِنْ نَبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ و
قَالَ طَلْحَةُ مَا زِلْتُ أُحِبُّ الْخَلَّ مُنْذُ سَمِعْتُهَا مِنْ جَابِرٍ
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ حَدَّثَنِي أَبِي حَدَّثَنَا
الْمُثَنَّى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ طَلْحَةَ بْنِ نَافِعٍ حَدَّثَنَا جَابِرُ بْنُ
عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ
بِيَدِهِ إِلَى مَنْزِلِهِ بِمِثْلِ حَدِيثِ ابْنِ عُلَيَّةَ إِلَى قَوْلِهِ
فَنِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ وَلَمْ يَذْكُرْ مَا بَعْدَهُ
3.Telah menceritakan kepadaku
Ya'qub bin Ibrahim Ad Dauraqi, Telah menceritakan kepada kami Ismail yaitu Ibnu
'Ulayyah dari Al Mutsanna bin Sa'id, Telah menceritakan kepadaku Thalhah bin
Nafi' bahwa dia mendengar Jabir bin Abdullah berkata; 'Suatu hari aku diajak
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ke rumahnya, kemudian beliau mengeluarkan
sepotong roti. Beliau bertanya kepada istri-istrinya: "Apakah ada lauk
pauk?" Mereka menjawab; 'Tidak ada, kecuali sedikit cuka. Lalu beliau
bersabda: 'Sesungguhnya cuka adalah sebaik-baik lauk.' Jabir berkata; 'Aku
menyukai cuka sejak aku mendengarnya dari Nabiyullah shallallahu 'alaihi
wasallam. Dan Thalhah berkata; Aku menyukai cuka sejak aku mendengarnya dari
JabirTelah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali Al Jahdlami Telah
menceritakan kepadaku Bapaku, Telah menceritakan kepada kami Al Mutsanna bin
Sa'id dari Thalhah bin Nafi', Telah menceritakan kepada kami Jabir bin Abdullah
bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, mengajak dia ke rumahnya seperti
yang disebutkan pada Hadits 'Ulayyah hingga sabda beliau: 'Sebaik-baik lauk
adalah cuka.' Tanpa menyebutkan kalimat lain sesudah itu. HR Muslim 3825
حَدَّثَنَا
وَكِيعٌ عَنْ الْمُثَنَّى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ طَلْحَةَ بْنِ
نَافِعٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَ الْأُدْمُ الْخَلُّ
4. Telah menceritakan kepada
kami Waki' dari Al Mutsanna bin Sa'id sesungguhnya Abu Sufyan, Tholhah bin
Nafi' dari Jabir bin Abdullah berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Sebaik-baik lauk adalah cuka". HR Ahmad 13708
حَدَّثَنَا
عَفَّانُ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ حَدَّثَنَا أَبُو بِشْرٍ عَنْ أَبِي
سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ
أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَلَبَ وَسَأَلَ أَهْلَهُ
الْأُدْمَ قَالُوا مَا عِنْدَنَا إِلَّا خَلٌّ قَالَ فَدَعَا بِهِ فَجَعَلَ
يَأْكُلُ بِهِ وَيَقُولُ نِعْمَ الْأُدْمُ الْخَلُّ
5.Telah menceritakan kepada kami 'Affan Telah menceritakan
kepada kami Abu 'Awanah Telah menceritakan kepada kami Abu Bisyr dari Abu
Sufyan dari Jabir, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah meminta lauk
kepada keluarganya. Mereka menjawab, kami tidak memiliki kecuali cuka. (Jabir
bin Abdullah radliyallahu'anhuma) berkata; lalu beliau memintanya lalu beliau
makan dan bersabda: "Lauk terbaik adalah cuka". 14397
HR Ahmad.
خْبَرَنَا
عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنَا الْمُثَنَّى بْنُ
سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا طَلْحَةُ بْنُ نَافِعٍ عَنْ جَابِرٍ قَالَ دَخَلْتُ مَعَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْتَهُ فَإِذَا فِلَقٌ وَخَلٌّ
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلْ فَنِعْمَ
الْإِدَامُ الْخَلُّ
6. Telah mengabarkan kepada
kami 'Amru bin Ali berkata; telah menceritakan kepada kami Yahya berkata; telah
menceritakan kepada kami Al Mutsanna bin Sa'id berkata; telah menceritakan
kepada kami Thalhah bin Nafi' dari Jabir berkata, "Aku bersama Nabi
shallallahu 'alahi wa sallam memasuki rumahnya, dan ternyata di dalam ada
beberapa potong roti dan cuka, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Makanlah, lauk yang paling enak adalah cuka." Nasai 3736.
حدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ حَجَّاجِ بْنِ أَبِي زَيْنَبَ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ
عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
نِعْمَ الْإِدَامُ الْخَلُّ مَا أَقْفَرَ بَيْتٌ فِيهِ خَلٌّ
7. Telah bercerita kepada kami Muhammad bin Yazid dari Hajjaj
bin Abu Zainab dari Abu Sufyan dari Jabir berkata; Rasulullah
shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "Sebaik-baik lauk adalah cuka, dan
tidak akan menjadi miskin rumah yang di dalamnya terdapat cuka". HR Ahmad 14729
Komentarku ( Mahrus ali ):
Dalam hadis pertama , tidak ada keterangan Jabir di
ajak ke rumah Rasulullah SAW
Juga tidak ada keterangan tiga roti yang di
makan
Dalam hadis kedua ada tambahan keterangan sbb:
Pada suatu hari aku sedang
duduk di rumahku, tiba-tiba Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lewat.
Beliau memberi isyarat kepadaku lalu aku berdiri menemui beliau. Beliau
memegang tanganku (mengajakku pergi bersama beliau). Kami berjalan hingga
sampai ke rumah sebagian isteri beliau.
Beliau masuk dan mempersilahkanku pula masuk. Karena itu aku masuk sampai
ruangan dalam ( ruangan husus istri – jadi melewati batas tabir hijab ). Beliau
bertanya kepada isterinya: 'Adakah kamu sedia makanan? ' Jawab mereka; 'Ada! ' Maka dibawanya
tiga buah roti bulat pipih lalu dihidangkannya ke hadapan Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau ambil sebuah lalu di letakkannya dihadapan
beliau, kemudian diambilnya sebuah lagi lalu diletakkannya di hadapanku.
Sesudah itu yang ketiga dipotong separuhnya diambil oleh beliau dan separuhnya
lagi diletakkannya di hadapanku
Komentarku ( Mahrus ali ):
Pada hal hadis itu dikatakan
oleh Jabir kepada orang yang sama yaitu Abu Sofyan.
Dalam hadis yang ketiga ada tambahan keterangan
sbb:
'Suatu hari aku diajak
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ke rumahnya, kemudian beliau
mengeluarkan sepotong roti
Komentarku ( Mahrus ali ):
Pada hadis kedua tadi
diterangkan tiga roti. Tapi di hadis yang ketiga diterangkan sepotong roti
bukan tiga. Ini kontradiksi yang tidak diperbolehkan dalam meriwayatkan hadis.
Lalu ada keterangan tambahan
lagi:
Jabir berkata; 'Aku menyukai
cuka sejak aku mendengarnya dari Nabiyullah shallallahu 'alaihi wasallam. Dan
Thalhah berkata; Aku menyukai cuka sejak aku mendengarnya dari Jabir
Komentarku ( Mahrus ali ):
Keterangan tambahan ini tidak
ada dalam hadis kedua dan ke tiga.
Hadis ke lima sbb:
Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam pernah meminta lauk kepada keluarganya. Mereka
menjawab, kami tidak memiliki kecuali cuka. (Jabir bin Abdullah radliyallahu'anhuma)
berkata; lalu beliau memintanya lalu beliau makan dan bersabda: "Lauk
terbaik adalah cuka". 14397 HR Ahmad
Komentarku
( Mahrus ali ):
Dalam
hadis yang kelima ini, sahabat Jabir
tidak di ajak makan bersama Nabi SAW, juga tidak ada keterangan Jabir di
pegang tangannya, tidak keterangan satu roti atau tiga dll.
Pada hal,
hadis itu dikatakan oleh Jabir kepada
Abu Sofyan. Dan ini menurut riwayat dia saja, sudah banyak bertentangan.
Dalam hadis yang ketujuh. Rasulullah SAW tidak bertanya kepada keluarganya tentang makanan, tapi
langsung ada beberapa potong roti dan
cuka. Malah dalam
hadis yang ketujuh ada tambahan sbb:
tidak akan menjadi miskin
rumah yang di dalamnya terdapat cuka".
HR Ahmad 14729
Seluruh riwayat tsb dari satu orang yaitu Abu Sofyan atau Thalhah bin Nafi`dari
Jabir. Tapi redaksinya berbeda, lalu kejadian yang sesungguhnya itu bagaimana ?
Disana sini ada pengurangan dan tambahan kalimat, bahkan kalimat yang
kontradiksi. Hadis dengan redaksi
sedemikian ini namanya kacau redaksinya dan tidak bisa dikumpulkan. Dan ini
sisi kelemahan hadis tentang cuka adalah lauk pauk yang terbaik.
Dalam
ilmu mustholahul hadis di katakan :
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ
مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ
اْلفَنِ
Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Jadi hadis
tsb lemah sekali, tidak boleh dibuat pegangan tapi lepaskan saja.
Suatu hal yang perlu
diperhatikan adalah tiada
keterangan hadis bahwa
para sahabat menyimpan khamar, lalu dibuat cuka. Bila
cuka itu makanan Rasulullah SAW, maka
akan banyak para sahabat yang menyimpan khamar lalu dibuat cuka dan akan
dijual belikan di pasar. Hal itu
sebagaimana banyak cuka dan Ayam di jual belikan di pasar kita,
karena kita suka Ayam dan Cuka.
Untuk
hadis Aisyah yang anda bawakan disini, maka
saya menjawab sbb:
Meski hadis Aisyah itu di riwayatkan oleh Muslim
tapi tetap tafarrud pada perawi
bernama Sulaiman bin Bilal. Hadis tsb
lemah. Bahkan munkar, bukan hadis sahih
yang bisa dibuat pegangan, tapi lemah yang harus dilepaskan.
روى
سليمان بن بلال عن هشام بن عروة عن أبيه عن عائشة عن النبي صلى الله عليه
وسلم ( نعم الإدام الخل ) (18) و ( بيت لا تمر فيه
جياع أهله ) (19)
سئل عنهما أبو حاتم فقال ( هذا حديث منكر بهذا الإسناد ) (20)
وقال ابن رجب ( ذكرنا أن كثيرا من الحفاظ استنكروه ـ يعني الحديث الأول ـ على سليمان بن بلال ، منهم أحمد وأبو حاتم وأحمد بن صالح وغيرهم ، وكذلك قال جماعة منهم في حديث ( بيت لا تمر فيه جياع أهله ) بهذا الإسناد ) (21)
(18) مسلم (1621) ، الترمذي (1845) ، ابن ماجة (3316)
(19) مسلم (2046) ، أبوداود (3831) ، الترمذي (1820) ، ابن ماجة ( 3327)
(20) علل الحديث (2/293)
(21) شرح علل الترمذي (2/ 651)
Sulaiman bin Bilal dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari Aisyah dari Nabi
SAW " Sebaik baik bumbu adalah cuka. ( 18 ) . Dan rumah yang tidak
ada kurma akan membikin lapar penghuninya. ( 19 ) . سئل عنهما أبو حاتم فقال ( هذا حديث منكر بهذا الإسناد ) (20)
وقال ابن رجب ( ذكرنا أن كثيرا من الحفاظ استنكروه ـ يعني الحديث الأول ـ على سليمان بن بلال ، منهم أحمد وأبو حاتم وأحمد بن صالح وغيرهم ، وكذلك قال جماعة منهم في حديث ( بيت لا تمر فيه جياع أهله ) بهذا الإسناد ) (21)
(18) مسلم (1621) ، الترمذي (1845) ، ابن ماجة (3316)
(19) مسلم (2046) ، أبوداود (3831) ، الترمذي (1820) ، ابن ماجة ( 3327)
(20) علل الحديث (2/293)
(21) شرح علل الترمذي (2/ 651)
Abu Hatim ditanya tentang dua hadis itu, lalu di jawab: Hadis ini adalah munkar dengan sanad ini. ( 20 )
Ibn Rajab berkata: Kami sebutkan bahwa kebanyakan hafidh hadis ingkar kepadanya – ya`ni hadis pertama yang disandarkan kepada Sulaiman bin Bilal itu. Di antara mereka adalah Imam Ahmad, Abu Hatim, Ahmad bin Shalih dll. Begitu juga segolongan mereka menyatakan seperti itu pada hadis " Rumah yang tidak ada kurma akan membikin keluarganya lapar " dengan sanad ini.
Abu bakar al bardiji berkata:
المنكرهو الذي يحدث به الرجل عن الصحابة ، أو عن التابعين
، عن الصحابة ، لايعرف ذلك الحديث ـ متن الحديث ـ إلا من طريق الذي
رواه ، فيكون منكرا
Hadis munkar adalah hadis yang di sampaikan oleh seorang lelaki dari
sahabat atau dari tabi`in dari
sahabat. Hadis itu atau redaksinya tidak dikenal kecuali dari orang tsb , maka hadis itu adalah munkar.
(3) شرح علل الترمذي (2/
653ـ654) وانظر التعديل والتجريح للباجي (1/302)
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan