Muhammad Idrus Ramli
menyatakan lagi:
Tim LBM NU Jember menyampaikan dalam buku M KB
bahwa pembagian bid'ah menjadi dua, yaitu bidah hasanah
dan bid'ah sayyi'ah yang merupakan pendapat mayoritas
ulama, antar lain al-Imam al-Syafi'i al-Hafizh Ibnu Abdil
Bar al-MaIiki\ al-Imam al-Nawawi , al-Amir al-Shan`ani , al
Syaukani dan lain-lain, termasuk para ulama yang menjadi
rujukan utama sekte Wahabi seperti Ibnu Taimiyah.
bahwa pembagian bid'ah menjadi dua, yaitu bidah hasanah
dan bid'ah sayyi'ah yang merupakan pendapat mayoritas
ulama, antar lain al-Imam al-Syafi'i al-Hafizh Ibnu Abdil
Bar al-MaIiki\ al-Imam al-Nawawi , al-Amir al-Shan`ani , al
Syaukani dan lain-lain, termasuk para ulama yang menjadi
rujukan utama sekte Wahabi seperti Ibnu Taimiyah.
Komentarku ( Mahrus ali):
Salah satu ulama yang anda
tunjukkan disitu adalah Syaukani, namun lihat pemahaman Syaukani dalam masalah
maulid lain dengan pemahaman golongan anda sbb:
قَالَ الْعَلَّامَةُ الشوكاني عَنْ بِدْعَةِ الْمَوْلِدِ :
لَمْ أَجِدْ إِلَى الْآنَ دَليلاً يَدُلُّ عَلَى ثُبُوتِهِ مِنْ كِتَابٍ, وَلَا سُنَّةٍ, وَلَا إِجْمَاعٍ, وَلَا قِيَاسٍ, وَلَا اِسْتِدْلاَلٍ, بَلْ أَجْمَعَ الْمُسْلِمُونَ أَنَّه لَمْ يُوجَدُ فِي عَصْرِ خَيْرِ الْقُرُونِ, وَلَا الَّذِينَ يَلُونَهُمْ وَلَا الَّذِينَ يَلُونَهُمْ, وَأَجْمَعُوا أَنَّ الْمُخْتَرِعَ لَهُ السُّلْطَانُ – الْكُرْدِيَّ – الْمُظَفَّرَ أَبُو سَعِيدَ كوكبوري بْنُ زَيْنِ الدِّينِ عَلِيٌّ سبكتكين صَاحِبُ أَرِيل )
( رِسَالَةٌ فِي حُكْمِ الْمَوْلِدِ ضِمْنَ مَجْمُوعِ الْفَتْحِ الرَّبَّانِيِّ
لَمْ أَجِدْ إِلَى الْآنَ دَليلاً يَدُلُّ عَلَى ثُبُوتِهِ مِنْ كِتَابٍ, وَلَا سُنَّةٍ, وَلَا إِجْمَاعٍ, وَلَا قِيَاسٍ, وَلَا اِسْتِدْلاَلٍ, بَلْ أَجْمَعَ الْمُسْلِمُونَ أَنَّه لَمْ يُوجَدُ فِي عَصْرِ خَيْرِ الْقُرُونِ, وَلَا الَّذِينَ يَلُونَهُمْ وَلَا الَّذِينَ يَلُونَهُمْ, وَأَجْمَعُوا أَنَّ الْمُخْتَرِعَ لَهُ السُّلْطَانُ – الْكُرْدِيَّ – الْمُظَفَّرَ أَبُو سَعِيدَ كوكبوري بْنُ زَيْنِ الدِّينِ عَلِيٌّ سبكتكين صَاحِبُ أَرِيل )
( رِسَالَةٌ فِي حُكْمِ الْمَوْلِدِ ضِمْنَ مَجْمُوعِ الْفَتْحِ الرَّبَّانِيِّ
Al
allamah as syaukani berkata tentang bid`ah maulid.
Aku
tidak menjumpai sampai sekarang dalil
yang menunjukkan adanya maulid dari kitab suci, hadis, Ijma`,Qiyas, istidlal (
mengambil dalil lain). bahkan kaum muslimin telah ijma` bahwa maulid itu tidak
ada di era abad terbaik, generasai sesudahnya atau generasi lanjutannya.
Mereka ijma` bahwa permulaan orang yang
membikin kebid`ahan ini adalah sulthan Kurdial Mudhoffar Abu Sa`id kaukaburi
bin Zainuddin Ali sabuktakin penguasa Aril
Risalah
fii hukmil maulid dalam majmu` rabbani.
Syaukani berkata lagi;
نيل الأوطار – الشوكاني – ج ٢ – الصفحة
نيل الأوطار – (ج 3 / ص 13)
فَعَلَيْك إذَا سَمِعْت مَنْ يَقُولُ
هَذِهِ بِدْعَةٌ حَسَنَةٌ بِالْقِيَامِ فِي مَقَامِ الْمَنْعِ مُسْنِدًا لَهُ
بِهَذِهِ الْكُلِّيَّةِ وَمَا يُشَابِهُهَا مِنْ نَحْوِ قَوْلِهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : { كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ } طَالِبًا لِدَلِيلِ تَخْصِيصِ
تِلْكَ الْبِدْعَةِ الَّتِي وَقَعَ النِّزَاعُ فِي شَأْنِهَا بَعْدَ الِاتِّفَاقِ
عَلَى أَنَّهَا بِدْعَةٌ ، فَإِنْ جَاءَك بِهِ قَبِلْته ، وَإِنْ كَاد كُنْت قَدْ
أَلْقَمْته حَجَرًا وَاسْتَرَحْت مِنْ الْمُجَادَلَةِ.
Bila kamu mendengar orang
yang bilang ini bid`ah hasanah, hendaklah kamu bersikap melarang dengan
berpegangan kepada dalil umum dan sesamanya,
semisal sabda Rasulullah SAW: “Setiap bid`ah sesat”. Lantas minta dalil yang mentahsis atau mengecualikan
bid`ah yang diperdebatkan itu, setelah disepakati ia adalah bid`ah. Bila dia
datang dengan dalil, terimalah. Bila dia mengelak, maka kamu telah menutup
mulutnya dengan batu dan kamu bisa
istirahat dari perdebatan. Nailul autar
13/3
Untuk menjawab perkataan
orang yang berlandaskan dari Imam Syafii sbb:
الْجَوَابُ عَنْ هَذِهِ الشُّبْهَةِ:
أَوَّلاً: لاَيَجُوْزُ أَنْ يُعَارَضَ كَلاَمُ الرَّسُوْلِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَلاَمِ أَحَدٍ مِنَ النَّاسِ, كَائِنًا مَنْ كَانَ, فَكَلاَمُ النَّبِيِّ ﷺ حُجَّةٌ عَلَى كُلِّ اَحَدٍ, وَلَيْسَ كَلاَمُ أَحَدٍ مِنَ النَّاسِ حُجَّةً عَلَى كَلاَمِ النَّبِيِّ ﷺ.
أَوَّلاً: لاَيَجُوْزُ أَنْ يُعَارَضَ كَلاَمُ الرَّسُوْلِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَلاَمِ أَحَدٍ مِنَ النَّاسِ, كَائِنًا مَنْ كَانَ, فَكَلاَمُ النَّبِيِّ ﷺ حُجَّةٌ عَلَى كُلِّ اَحَدٍ, وَلَيْسَ كَلاَمُ أَحَدٍ مِنَ النَّاسِ حُجَّةً عَلَى كَلاَمِ النَّبِيِّ ﷺ.
Jawaban atas kesamaran ini :
1.
Tidak
di perkenankan mempertentangkan perkataan Rasulullah dengann perkataan seseorang, siapapun
orangnya > perkataan Nabi adalah hujjah
atas seseorang bukan sebaliknya yaitu perkataan orang menjadi hujjah
atas perkataan Nabi
Itulah jawabab Syaikh Abd
Qayyum as suhaibani dalam risalahnya
yang berharga : Alluma` firr raddi ala muhassinil bida`- Bekal untuk
menjawab ahli bid`ah hasanah. Untuk
selanjutnya bisa anda lihat di buku saya: Kesesatan kiyai pendukung bid`ah
hasanah.
قالَ الْحافِظُ اِبْنُ حَجَرٍ الْعَسْقَلَانِيُّ رَحِمَهُ الله :
“ فَالْبِدْعَةُ فِي عُرْفِ الشَّرْعِ مَذْمُومَةٌ ، بِخِلاَفِ اللُّغَةِ ، فَإِنَّ كُلَّ شَيْءٍ أُحْدِثَ عَلَى غيرِ مَثَّالٍ يُسَمَّى بِدَعَةً سَواءُ كَانَ مَحْمُودًا ، أَوْ مَذْمُومًا “ اِنْتَهَى.
“ فَتْحُ الْبَارِي
“ فَالْبِدْعَةُ فِي عُرْفِ الشَّرْعِ مَذْمُومَةٌ ، بِخِلاَفِ اللُّغَةِ ، فَإِنَّ كُلَّ شَيْءٍ أُحْدِثَ عَلَى غيرِ مَثَّالٍ يُسَمَّى بِدَعَةً سَواءُ كَانَ مَحْمُودًا ، أَوْ مَذْمُومًا “ اِنْتَهَى.
“ فَتْحُ الْبَارِي
“( 13 / 253
Al
Hafidh Ibn Hajar al asqalani
rahimahullah berkata: Bid`ah
menurut syara` adalah tercela, berlainan
dengan bid`ah lughowi. Sesungguhnya setiap sedsuatu yang di ada- adakan
dan tiada contohnya dimasa lalu
maka dikatakan bid`ah baik yang terpuji atau tercela. …….
Fathul
bari 253/13
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan