Assalamualaykum syaikh, rifki-jkt. Syaikh saya membaca
keterangan ibnu rajab alhambali, yaitu adanya kemungkinan brtemunya roh org yg
telah wafat dg roh org yg lg tidur, krn org yg lg tidur ibaratnya wafat kecil.
Apa betul syaikh.?? Sukronkatsiro.
Rifki-jkt. Kaitan prtanyaan saya td hal ruh org mati dan ruh org
tidur, yaitu spt kisah tsabit bin qois pd kisah perang yamamah( HR. Al baihaqi
dan al bushiri dlm al ittihaf 3010).
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Saya jawab dengan ringkas saja
sbb:
Sanad hadis tsb di seluruh kitab – kitab sbb:
حدثنا أبو عبد الله
الحافظ ، قال : حدثنا محمد بن صالح بن هانئ ، حدثنا السري بن خزيمة ، حدثنا موسى بن إسماعيل ،
حدثنا حماد ، حدثنا ثابت ، عن أنس أن ثابت بن قيس
المستدرك على الصحيحين
للحاكم - (ج 11 / ص 394)
-
حدثني
محمد بن صالح بن هانئ ، ثنا السري بن
خزيمة ، ثنا موسى بن إسماعيل ،
ثنا حماد بن سلمة ، ثنا ثابت ، عن أنس ، « أن ثابت بن قيس جاء
المعجم الكبير للطبراني -
(ج 2 / ص 65)
- حَدَّثَنَا عَلِيُّ بن عَبْدِ الْعَزِيزِ ،
وَأَبُو مُسْلِمً الْكَشِّيُّ ، قَالا : حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بن الْمِنْهَالِ ، ح
-
وَحَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بن الْعَبَّاسِ الْمُؤَدِّبُ ، حَدَّثَنَا عَفَّانُ ، قَالا :
حَدَّثَنَا حَمَّادُ
بن سَلَمَةَ ، عَنْ ثَابِتٍ ، عَنْ
أَنَسٍ ، أَنَّ ثَابِتَ بن قَيْسٍ ، جَاءَ يَوْمَ الْيَمَامَةِ ، وَقَدْ تَحَنَّطَ
وَنَشَرَ
معرفة الصحابة لأبي نعيم
الأصبهاني - (ج 4 / ص 195)
1239 - حدثنا فاروق الخطابي ، ثنا أبو مسلم
الكشي ، ثنا حجاج ، ثنا حماد ، عن ثابت ، عن أنس ، أن
ثابت بن قيس ، جاء يوم اليمامة ، وقد تحنط (1) ولبس أكفانه ،
تغليق التعليق - (ج 3 / ص
436)
ابت عَن أنس أَن ثَابت بن
قيس بن شماس جَاءَ يَوْم الْيَمَامَة وَقد تحَنط وَنشر أَكْفَانه
الأول - (ج 2 / ص 61)
- حَدَّثَنَا عَلِيُّ بن عَبْدِ الْعَزِيزِ ،
وَأَبُو مُسْلِمً الْكَشِّيُّ ، قَالا : حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بن الْمِنْهَالِ ، ح
وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بن الْعَبَّاسِ الْمُؤَدِّبُ ، حَدَّثَنَا عَفَّانُ ، قَالا : حَدَّثَنَا حَمَّادُ بن سَلَمَةَ ،
عَنْ ثَابِتٍ ، عَنْ أَنَسٍ ، أَنَّ ثَابِتَ بن قَيْسٍ
5035 - حدثني محمد بن
صالح بن هانىء ثنا السري بن خزيمة ثنا موسى بن إسماعيل ثنا حماد بن سلمة ثنا
ثابت عن أنس
5035 - حدثني محمد بن صالح بن هانىء ثنا
السري بن خزيمة ثنا موسى بن إسماعيل ثنا حماد بن سلمة ثنا
ثابت عن أنس
مجمع الزوائد ومنبع
الفوائد . محقق - (ج 9 / ص 294)
- وعن أنس أن ثابت بن قيس بن شماس
Jadi hadis tsb lemah sekali, karena hanya
dari satu perawi tunggal- Yaitu Hammad bin Salamah.
Sedang Hammad bin Salamah adalah tingkat ke delapan dari
pertengahan pengikut tabiin
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
عابد أثبت الناس فى ثابت ، و تغير حفظه بأخرة
مرتبته عند الذهبـي :
الإمام ، أحد الأعلام ، ... ، هو ثقة صدوق يغلط و ليس فى قوة مالك
Martabatnya menurut Ibn Hajar: Dia perawi terpercaya , ahli ibadah dan termasuk paling dipercaya tentang Tsabit, tapi di akhir hayatnya
hapalannya berobah.
Menurut Dzahabi :
Dia perawi terpercaya, suka berkata benar, kadang keliru dan tidak sekuat hapalannya seperti Imam Malik.
Wafat tahun 167 H.
Hadis tsb di masa sahabat tidak dikenal, bahkan
kebanyakan sahabat sampai mati tidak
kenal hadis itu, hanya Anas bin Malik
yang tahu hadis itu, beliau seorang bukan dua atau tiga orang
sahabat. Seluruh sahabat mines Anas tidak ada tahu. Bahkan sampai di lingkungan tabiin hadis tsb tidak dikenal hingga masa
Hammad bin Salamah yaitu pengikut
tabiin dan hanya beliau seorang yang tahu hadis itu. Karena itu pegarang
kutubut tis`ah tidak meriwayatannya.
Bukhari dan Muslim tidak memasukkannya
dalam kitab sahihnya.
Untuk pertemuan
roh orang hidup dengan orang mati
mungkin saja sebagaimana seorang yang
bermimpi bertemu Rasulullah SAW . Namun pertemuan dengan mayat – mayat itu
kadang jin atau setan lah yang datang lalu menjelma orang tua atau guru.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan