Hasan al Mathrusi al atsari berkata:
الْقَوْلُ الْأَوَّلُ :(( أَنَّه لَا يُعْمَلُ
بِالْحَديثِ الضَّعِيفِ مُطْلَقًا ، لَا فِي الْأَحْكَامِ وَالْعَقَائِدِ وَلَا
فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ )).
.وَمِمَّنْ
قَالَ بذالِكَ (( الْإمَامُ الْبُخَارِيُّ ، وَالْإمَامُ مُسْلِمٌ ، وَالْإمَامُ
أَبُو زَكَرِيّا النِّيسابُورِيِ ، وَالْإمَامُ أَبُو زرعةُ الرّازِيِّ ،
وَالْإمَامُ أَبُو حاتِمٍ الرّازِيُّ ، وَالْإمَامُ إبن أَبِي حاتِمٍ الرّازِيُّ ،
وَالْإمَامُ إبن حِبان ، وَالْإمَامُ أَبُو سُلَيْمَانِ الْخَطَّابِيِ ،
وَالْإمَامُ إبنُ حَزْمٍ الظَّاهِرِيُّ ، وَالْإمَامُ أَبُو بَكْرٍ بْنُ
الْعَرَبِيِّ ، وَشَيْخُ الْإِسْلامِ إبنُ تَيَّمِيَّةَ ، وَالْإمَامُ أَبُو شَامَةَ
الْمَقْدِسِيِّ ، وَالْإمَامُ جَلاَلُ الدِّينِ الدّواني ، وَالْإمَامُ الشوكاني ،
وَأَخْتَارَ هَذَا الْقولَ الْعَلاَّمَةُ جَمَالُ الدِّينِ الْقاسِمِيِ ،
وَالْعَلاَّمَةُ حَسَنٌ صَدِيقُ خَانٍ ، وَالْمُحَدِّثُ أُحْمَدُ شَاكِرٍ ،
وَالْمُحَدِّثُ الألباني ، وَالْمُحَدِّثُ مُقْبِلٌ بْنُ هَادِي الْوادِعِيِ )).
Pendapat pertama ; Secara mutlak
hadis lemah tidak boleh di amalkan, baik untuk hukum akidah atau fadhilah amal
“
Di antara orang – orang yang
mengatakan seperti itu adalah ((Imam
Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Zakariya
Al nisabure, Imam Abu Zar'ah Razi,
Imam Abu Hatim al-Razi, , Imam Ibnu Haban, Imam Abu Sulaiman al Khatthabi , Imam Ibnu Hazm Ad dhahiri, Imam
Abu Bakr Bin
al Arabi, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Imam Abu Syama Maqdisi, Imam Jalaluddin
Aldawani, Imam Syaukaani,
Pendapat ini dipilih oleh Jamaluddin Al Qasimi,
al allamah Hassan
Siddiq Khan, Al Muhaddis Ahmad Syakir, al muhaddis Al bani, al Muhaddis
Muqbil Bin Hadi Alwadii)).
Komentarku ( Mahrus ali):
Ibnu taimiyah masih punya
pertimbangan lain , yaitu hadis dhaif bisa di amalkan dengan lima sarat, salah satunya hadis lemah itu
mendapat dukungan dari hadis sahih. Ia tidak terlalu lemah dan tidak
bertentangan dengan hadis yang sahih.
وَقَالَ الْحافِظُ إبن رَجَبَ الْحَنْبَلِيِ ” وَظاهِرُ مَا ذَكَرَهُ مُسْلِمٌ فِي مُقَدِّمَتِهِ ( يَعْنِيَ الصَّحِيحَ ) يَقْتَضِي أَنَّه لَا تُرْوَى أَحادِيثُ التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ إلّا مِمَّنْ تُرْوَى عَنْه الْأَحْكَامُ “[ شَرْحُ عِلَلِ التِّرْمِذِيِّ ( 2 / 112 )].
Al Hafidh
Ibn Rajab al Hambali berkata: Apa yang disebut oleh Muslim dalam mukaddimahnya
– sahih Muslim - menunjukkan bahwa hadis targhib atau tarhib ( hadis yang
menakuti atau memberikan motivasi ) harus diriwayatkan oleh perawi – perawi
hadis tentang hukum - lihat Syarah Ilal tirmidzi 112/2.
Komentarku ( Mahrus ali):
Dengan pernyataan tsb Imam Muslim mengharuskan sekalipun untuk
hadis yang memberi motivasi atau menakuti harus sahih juga, tidak boleh hadis
lemah atau dari perawi – perawi lemah.
Pada hal , kalangan ahli bid`ah biasanya
hadis untuk motivasi atau menakuti diperkenankan dari hadis lemah. Ini bertentangan
dengan imam Muslim, lalu sama dengan ulama ahli bid`ah sekarang dimana
hakikatnya adalah juhala tentang hadis dan quran.
وَقَالَ الْإمَامُ إبن الْعَرَبِيِّ ” لَا يَجُوزُ الْعَمَلُ بِالْحَديثِ الضَّعِيفِ مُطْلَقًا لَا فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ وَلَا فِي غَيْرَهَا “[ تَدْرِيبُ الرَّاوِي ( 1 / 252 )].
Imam Ibn Arabi berkata: Tidak
diperkenan menjalankan hadis lemah secara mutlak, baik untuk fadhilah amal atau
lainnya.
Tadribur rawi 252/1
وَقَالَ الْإمَامُ إبن الْجَوْزِيِ ” إِنَّ قَوْمًا مِنْهُمْ الْقَصَّاصُ كَانُوا يَضَعُونَ أَحادِيثَ التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ ، وَلبَّسَ عَلَيهِمْ إبْلِيسُ بِأَنَّنَا نَقْصِدُ حَثَّ النَّاسِ عَلَى الْخَيْرِ وَكَفَّهُمْ عَنِ الشَّرِّ ، وَهَذَا إفتأت مِنْهُمْ عَلَى الشَّرِيعَةِ ؛ لِأَنَّهَا عِنْدَهُمْ عَلَى هَذَا الْفِعْلِ نَاقِصَةٌ تَحْتَاجُ إِلَى تَتِمَّةٍ ، ثُمَّ نَسُوا قَوْلَهُ (r مَنْ كَذَبَ عَلِيَّ مُتَعَمِّداً فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ )“[ تَلْبيسُ إبْلِيسَ ( ص124 )].
Imam Ibn
Jauzi berkata; Sesungguhnya suatu kaum diantara mereka adalah para dalang atau
penceramah yang membikin hadis – hadis
untuk memotivasi atau menakuti lalu Iblis yang membikin kabur kepada mereka,
kita ini bermaksud memberikan dorongan kepada manusia untuk menjalankan
kebaikan dan mencegah mereka dari kejahatan.
Ini adalah
cara setan untuk mengurangi sariat. Sebab dengan perbuatam ini sariat menjadi
kurang yang perlu disempurnakan. Lalu mereka lupa terhadap sabda Rasulullah SAW:
Barang siapa yang membuat kedustaan kepadaku dengan sengaja, maka bertempatlah ditempat duduknya di Neraka.
وَقَالَ شَيْخُ الْإِسْلامِ إبْنُ تَيْمِيَّةَ ”
وَلَا يَجُوزُ أَنْ يُعْتَمَدَ فِي الشَّرِيعَةِ عَلَى الْأَحادِيثِ الضَّعِيفَةِ الَّتِي لَيْسَتْ صَحِيحَةً وَلَا حَسَنَةَ “[
الْقَاعِدَةُ الْجَلِيلَةُ فِي التَّوَسُّلِ وَالْوَسِيلَةِ (
ص82 )].
Syaikhul
Islam Ibn Taimiyah berkata: Tidak diperkenankan berpegangan dengan
hadis – hadis lemah yang tidak sahih dan tidak hasan untuk menetapkan
sariat. Lihat al Qaidah al Jalilah fit
tawassul wal wasilah hal 82.
وَقَالَ أيضاً ” وَلَمْ يَقُلْ أحَدُ الْأئِمَّةِ أَنَّه يَجُوزُ أَنْ يُجْعَلَ الشَّيْءُ وَاجِبًا أَوْ مُسْتَحَباًًّ بِحَديثِ ضَعِيفِ ، وَمَنْ قَالِ هَذَا فَقَدْ خَالَفَ الْإِجْمَاعَ “[ مَجْمُوعُ الْفَتَاوَى ( 1 / 250 )].
Ibnu
Taimiyah berkata lagi: Salah seorang imam atau tokoh agama tidak pernah berkata: Boleh menyatakan sesuatu
wajib atau sunat dengan hadis lemah. Barang siapa yang berkata sedemikian,
maka sungguh telah menyalahi Ijma`. Lihat Majmu` fatawa 250/1
وَقَالَ الْعَلَّامَةُ اللكنوي ”
وَيُحْرَمُ التَّسَاهُلُ فِي (
الْحَديثِ الضَّعِيفِ )
سواءٌ كَانَ فِي الْأَحْكَامِ أَوِ الْقَصَصِ أَوِ التَّرْغِيبَ أَوِ التَّرْهِيبِ أَوِ غَيْرِ ذالَكَ “[
الْآثَارُ الْمَرْفُوعَةُ فِي الْأَخْبَارِ الْمَوْضُوعَةِ (
ص21 )].
Al allamah alloknowi berkata: Di
haramkan gegabah dalam masalah hadis lemah, baik untuk hukum - hukum , kisah
–kisah, memberi semangat atau menakuti dll. Al Atsar marfu`ah fil akhbar al
maudhu`ah, hal 21
وَقَالَ الْعَلَّامَةُ جَمَالُ الدِّينِ الْقاسِمِيِ ” إعلم أَنَّ هُنَاكَ جَمَاعَةً مِنَ الْأئِمَّةِ لَا يَرَوْنَ الْعَمَلَ بِالْحَديثِ الضَّعِيفِ مُطْلَقًا كَابْنِ مَعِينٌ وَالْبُخارِيِ وَمُسْلِمٍ وَأَبِي بَكْرٍ بْنِ الْعَرَبِيِّ وإبن حَزْمَ “[ قَوَاعِدُ التَّحْدِيثِ ( ص113 )].
Al allamah
Jamaluddin al Qasimi berkata: Ketahuilah , bahwa ada golongan Imam – imam (
tokoh ulama ) yang tidak berpendapat untuk menjalankan sesuatu dengan landasan
hadis lemah secara mutlak seperti Ibn Ma`in, Bukhari, Muslim , Abu bakar bin Al
arabi dan Ibn Hazm. Qawaid lughoh hal 113.
وَقَالَ الْعَلَّامَةُ حَبيبُ الرَّحْمَنِ الأعظمي ”
وَلَكِنَّ الْحَديثَ قَدْرَ مَا كَانَ بَعيدَا عَنْ وَسْمَةِ الضِّعْفِ ، وَنِقْيًا مِنْ شَائِبَةِ الْوَهْمِ ، كَانَ أَشَدَّ وَقْعًا فِي الْقَلُوبِ وَتَأْثِيرًا فِي النُّفُوسِ لِزِيادَةِ الثِّقَةِ بِهِ ، وَاِطْمِئْنانِ النَّفْسِ إِلَيه “[
مُقدمة مُخْتَصَرِ التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ (
ص06 )].
Al allamah
Habibur rahman al a`dhumi berkata: Tapi hadis bila jauh dari sinyal kelemahan
dan bersih dari campuran peraduga maka
akan lebih berpengaruh dalam hati dan berbekas dlm jiwa karena tambah
dipercaya dan jiwapun tenang karenanya.
Mukaddimah mukhtashar targhib wat tarhib
hal 6.
وَقَالَ الْمُحَدِّثُ أَحْمَدُ شَاكِر: وَالَّذِي أَرَاهُ أَنَّ بَيَانَ الضُّعْفِ فِي الْحَديثِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ حالٍ ، وَلَا فَرْقَ بَيْنَ الْأَحْكَامِ وَبَيْنَ فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ وَنَحْوِهَا فِي عَدَمِ الْأخْذِ بِالرِّوايَةِ الضَّعِيفَةِ ، بَلْ لَا حُجة لِأحَدٍ إلّا بِمَا صَحَّ عَنْ رَسُولِ اللهِ مِنْ حَديثٍ صَحِيحٍ أَوْ حَسَنٍ “[ الْبَاعِثُ الْحَثيثُ ( ص101 )].
Pakar
hadis Ahmad Syakir berkata: Menurut pendapatku menerangkan kelemahan hadis
adalah wajib pada setiap kondisi. Tiada perbedaan antara hadis – hadis hukum dan keutamaan amal dalam hal tidak boleh
menggunakan riwayat yang lemah. Tidak boleh
seseorang memakai pegangan
kecuali hadis yang sahih atau
hasan. Lihat al Baitsh al hatsits,
hal 101.
وَهَذَا الْقَوْلُ إخْتَارَهُ الْمُحَدِّثُ مُحَمَّدُ نَاصِرُ الدِّينِ الألباني [ أَُنْظُرْ صَحِيحَ التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ ( 1 / 47 )].
Pendapat
ini telah dipilih oleh pakar ahli hadis Muhammad Nashiruddin al albani. Lihat sahih Targhib wattarhib
وَقَالَ رَحِمَهُ اللهِ ” الْعَمَلَُ بِالضَّعِيفِ فِيه خِلاَفٌ عِنْدَ الْعُلَمَاءَ ، وَالَّذِي أُدِينُ اللهَ بِهِ ، وَأَدْعُوا النَّاسَ إِلَيه ، أَنَّ الْحَديثَ الضَّعِيفَ لَا يُعْمَلْ بِهِ مُطْلَقًا لَا فِي الْفَضَائِلِ وَلَا المُسْتَحَبَّاتِ وَلَا غَيْرِهَا “[ صَحِيحُ الْجَامِعِ الصَّغِيرِ وَزِيادَتَهُ ( 1 / 49 )].
Beliau
rahimahullah berkata: Menjalankan dengan hadis lemah adalah hilaf diantara para
ulama. Apa yang kubikin ibadah pada Allah dan aku mengajak manusia kepadanya,
bahwa hadis lemah sama sekali tidak
boleh diamalkan baik untuk fadhilah amal atau sunat dll. Sahihul jami` shaghir waziyadatuh 49/1
وَقَالَ أيضاً ”
وَخُلاصَةُ الْقَوْلِ أَنَّ الْعَمَلَ بِالْحَديثِ الضَّعِيفِ فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ لَا يَجُوزُ الْقَوْلُ بِهِ عَلَى التَّفْسِيرِ المرجوح هُوَ لَا أَصْلَ لَهُ ، وَلَا دَليْلَ عَلَيه “[
تَمامُ الْمِنَّةِ (
ص38 )].
Beliau
juga menyatakan: Kesimpulan nya adalah mengamalkan hadis lemah baik untuk
fadhilah amal tidak diperkenankan. Membolehkan berpegangan kepada hadis lemah
tiada dalilnya atau tidak ada asalnya > ia adalah tafsir yang marjuh ( yang
tidak tepat ).
وَقَالَ الْمُحَدِّثُ مُقْبِلُ بْنُ هَادِي الْوادِعِيِ ” وَالْعُلَمَاءُ الَّذِينَ فَصَّلُوا بَيْنَ الْحَديثِ الضَّعِيفِ فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ وَبَيْنَهُ فِي الْأَحْكَامِ وَالْعَقَائِدِ ، يَقُولَ الْإمَامُ الشوكاني رَحِمَهُ اللهَ فِي كِتَابِهِ ( الْفَوَائِدُ الْمَجْمُوعَةُ ):(( إِنَّه شَرَعَ ، وَمِنْ أدَّعَى التَّفْصِيلَ فَعَلَيه بِالْبُرْهَانِ ))، وَالْأَمْرَ كَمَا يَقُولُ الشوكاني رَحِمَهُ اللهَ ، وَالنَّبِيَّ r يَقُولُ (( مَنْ حَدَّثَ عَنِْي بِحَديثٍ يرى أَنَّه كِذْبْ فَهُوَ أحَدُ الْكَذَّابِينَ ))“[ الْمُقْتَرَحُ فِي أَجْوِبَةِ أسْئِلَةِ الْمُصْطَلَحِ ( السُّؤَالَ 213 )( ص108 )].
Pakar
hadis Muqbil bin Hadi al wadi`I berkata:
Ulama yang memisahkan antara hadis dhaif
dalam fadhilah amal dan hadis hukum dan
akidah. Imam Syaukani rahimahullah
berkata dalam kitabnya – al fawaid al majmu`ah , dia ber arti telah membikin
sariat. Barang siapa yang mengaku bikin perbedaan ( antara masalah hukum dan
fadhilah amal ), maka dia harus
mendatangkan dalil.
Dalam hal
ini kebenaran sebagaimana apa yang dikatakan oleh Syaukani rahimahullah
, dan Nabi SAW telah bersabda; Barang siapa yang menceritakan suatu hadis yang
dia pandang sebagai kedustaan, maka dia
termasuk salah seorang pendusta. Lihat kitab al muqtarah fii ajwibati
amtsilatil mushthalah , pertanyaan 213/
hal 108.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan