Senin, April 22, 2013

Hadis lemah dipegang atau dibuang




Hasan al Mathrusi al atsari berkata:

الْقَوْلُ الْأَوَّلُ :(( أَنَّه لَا يُعْمَلُ بِالْحَديثِ الضَّعِيفِ مُطْلَقًا ، لَا فِي الْأَحْكَامِ وَالْعَقَائِدِ وَلَا فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ )).
.وَمِمَّنْ قَالَ بذالِكَ (( الْإمَامُ الْبُخَارِيُّ ، وَالْإمَامُ مُسْلِمٌ ، وَالْإمَامُ أَبُو زَكَرِيّا النِّيسابُورِيِ ، وَالْإمَامُ أَبُو زرعةُ الرّازِيِّ ، وَالْإمَامُ أَبُو حاتِمٍ الرّازِيُّ ، وَالْإمَامُ إبن أَبِي حاتِمٍ الرّازِيُّ ، وَالْإمَامُ إبن حِبان ، وَالْإمَامُ أَبُو سُلَيْمَانِ الْخَطَّابِيِ ، وَالْإمَامُ إبنُ حَزْمٍ الظَّاهِرِيُّ ، وَالْإمَامُ أَبُو بَكْرٍ بْنُ الْعَرَبِيِّ ، وَشَيْخُ الْإِسْلامِ إبنُ تَيَّمِيَّةَ ، وَالْإمَامُ أَبُو شَامَةَ الْمَقْدِسِيِّ ، وَالْإمَامُ جَلاَلُ الدِّينِ الدّواني ، وَالْإمَامُ الشوكاني ، وَأَخْتَارَ هَذَا الْقولَ الْعَلاَّمَةُ جَمَالُ الدِّينِ الْقاسِمِيِ ، وَالْعَلاَّمَةُ حَسَنٌ صَدِيقُ خَانٍ ، وَالْمُحَدِّثُ أُحْمَدُ شَاكِرٍ ، وَالْمُحَدِّثُ الألباني ، وَالْمُحَدِّثُ مُقْبِلٌ بْنُ هَادِي الْوادِعِيِ )).


Pendapat pertama ; Secara mutlak hadis lemah tidak boleh di amalkan, baik untuk hukum akidah atau fadhilah amal “
Di antara orang – orang yang mengatakan seperti  itu adalah  ((Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Zakariya Al nisabure, Imam Abu Zar'ah Razi,  Imam Abu Hatim al-Razi, ,  Imam Ibnu Haban, Imam Abu Sulaiman al Khatthabi , Imam Ibnu Hazm Ad dhahiri, Imam Abu Bakr Bin al Arabi,  Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Imam Abu Syama Maqdisi, Imam Jalaluddin Aldawani, Imam Syaukaani,
Pendapat ini dipilih oleh Jamaluddin Al Qasimi, al allamah  Hassan Siddiq Khan, Al Muhaddis Ahmad Syakir, al muhaddis  Al bani, al Muhaddis Muqbil  Bin Hadi Alwadii)).
Komentarku ( Mahrus ali): 
Ibnu taimiyah masih punya pertimbangan lain , yaitu hadis dhaif bisa di amalkan dengan lima sarat, salah satunya hadis lemah itu mendapat dukungan dari hadis sahih. Ia tidak terlalu lemah dan tidak bertentangan dengan hadis yang sahih.

وَقَالَ الْحافِظُ إبن رَجَبَ الْحَنْبَلِيِ وَظاهِرُ مَا ذَكَرَهُ مُسْلِمٌ فِي مُقَدِّمَتِهِ ( يَعْنِيَ الصَّحِيحَ ) يَقْتَضِي أَنَّه لَا تُرْوَى أَحادِيثُ التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ إلّا مِمَّنْ تُرْوَى عَنْه الْأَحْكَامُ “[ شَرْحُ عِلَلِ التِّرْمِذِيِّ ( 2 / 112 )].
Al Hafidh Ibn Rajab al Hambali berkata: Apa yang disebut oleh Muslim dalam mukaddimahnya – sahih Muslim - menunjukkan bahwa hadis targhib atau tarhib ( hadis yang menakuti atau memberikan motivasi ) harus diriwayatkan oleh perawi – perawi hadis tentang hukum - lihat Syarah Ilal tirmidzi 112/2.
Komentarku ( Mahrus ali): 
 Dengan pernyataan tsb  Imam Muslim mengharuskan sekalipun untuk hadis yang memberi motivasi atau menakuti harus sahih juga, tidak boleh hadis lemah atau  dari perawi – perawi lemah. Pada hal , kalangan ahli bid`ah biasanya  hadis untuk motivasi atau menakuti diperkenankan dari hadis lemah. Ini bertentangan dengan imam Muslim, lalu sama dengan ulama ahli bid`ah sekarang dimana hakikatnya adalah juhala tentang hadis dan quran.

وَقَالَ الْإمَامُ إبن الْعَرَبِيِّ لَا يَجُوزُ الْعَمَلُ بِالْحَديثِ الضَّعِيفِ مُطْلَقًا لَا فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ وَلَا فِي غَيْرَهَا “[ تَدْرِيبُ الرَّاوِي ( 1 / 252 )].
Imam Ibn Arabi berkata: Tidak diperkenan menjalankan hadis lemah secara mutlak, baik untuk fadhilah amal atau lainnya.
Tadribur rawi 252/1

وَقَالَ الْإمَامُ إبن الْجَوْزِيِ إِنَّ قَوْمًا مِنْهُمْ الْقَصَّاصُ كَانُوا يَضَعُونَ أَحادِيثَ التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ ، وَلبَّسَ عَلَيهِمْ إبْلِيسُ بِأَنَّنَا نَقْصِدُ حَثَّ النَّاسِ عَلَى الْخَيْرِ وَكَفَّهُمْ عَنِ الشَّرِّ ، وَهَذَا إفتأت مِنْهُمْ عَلَى الشَّرِيعَةِ ؛ لِأَنَّهَا عِنْدَهُمْ عَلَى هَذَا الْفِعْلِ نَاقِصَةٌ تَحْتَاجُ إِلَى تَتِمَّةٍ ، ثُمَّ نَسُوا قَوْلَهُ (r مَنْ كَذَبَ عَلِيَّ مُتَعَمِّداً فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ )“[ تَلْبيسُ إبْلِيسَ ( ص124 )].
Imam Ibn Jauzi berkata; Sesungguhnya suatu kaum diantara mereka adalah para dalang atau penceramah  yang membikin hadis – hadis untuk memotivasi atau menakuti lalu Iblis yang membikin kabur kepada mereka, kita ini bermaksud memberikan dorongan kepada manusia untuk menjalankan kebaikan dan mencegah mereka dari kejahatan.
Ini adalah cara setan untuk mengurangi sariat. Sebab dengan perbuatam ini sariat menjadi kurang yang perlu disempurnakan. Lalu mereka lupa terhadap sabda Rasulullah SAW: Barang siapa yang membuat kedustaan kepadaku dengan sengaja, maka  bertempatlah ditempat duduknya di Neraka.
وَقَالَ شَيْخُ الْإِسْلامِ إبْنُ تَيْمِيَّةَ وَلَا يَجُوزُ أَنْ يُعْتَمَدَ فِي الشَّرِيعَةِ عَلَى الْأَحادِيثِ الضَّعِيفَةِ الَّتِي لَيْسَتْ صَحِيحَةً وَلَا حَسَنَةَ “[ الْقَاعِدَةُ الْجَلِيلَةُ فِي التَّوَسُّلِ وَالْوَسِيلَةِ ( ص82 )].
Syaikhul Islam Ibn Taimiyah berkata: Tidak diperkenankan berpegangan  dengan  hadis – hadis lemah yang tidak sahih dan tidak hasan untuk menetapkan sariat.  Lihat al Qaidah al Jalilah fit tawassul wal wasilah  hal 82.

وَقَالَ أيضاً وَلَمْ يَقُلْ أحَدُ الْأئِمَّةِ أَنَّه يَجُوزُ أَنْ يُجْعَلَ الشَّيْءُ وَاجِبًا أَوْ مُسْتَحَباًًّ بِحَديثِ ضَعِيفِ ، وَمَنْ قَالِ هَذَا فَقَدْ خَالَفَ الْإِجْمَاعَ “[ مَجْمُوعُ الْفَتَاوَى ( 1 / 250 )].
Ibnu Taimiyah berkata lagi: Salah seorang imam atau tokoh agama  tidak pernah berkata: Boleh menyatakan sesuatu wajib atau sunat dengan hadis lemah. Barang siapa yang berkata sedemikian, maka  sungguh telah menyalahi Ijma`.  Lihat Majmu` fatawa 250/1
وَقَالَ الْعَلَّامَةُ اللكنوي وَيُحْرَمُ التَّسَاهُلُ فِي ( الْحَديثِ الضَّعِيفِ ) سواءٌ كَانَ فِي الْأَحْكَامِ أَوِ الْقَصَصِ أَوِ التَّرْغِيبَ أَوِ التَّرْهِيبِ أَوِ غَيْرِ ذالَكَ “[ الْآثَارُ الْمَرْفُوعَةُ فِي الْأَخْبَارِ الْمَوْضُوعَةِ ( ص21 )].
Al allamah alloknowi berkata: Di haramkan gegabah dalam masalah hadis lemah, baik untuk hukum - hukum , kisah –kisah, memberi semangat atau menakuti dll.         Al Atsar marfu`ah fil akhbar al maudhu`ah, hal 21

وَقَالَ الْعَلَّامَةُ جَمَالُ الدِّينِ الْقاسِمِيِ إعلم أَنَّ هُنَاكَ جَمَاعَةً مِنَ الْأئِمَّةِ لَا يَرَوْنَ الْعَمَلَ بِالْحَديثِ الضَّعِيفِ مُطْلَقًا كَابْنِ مَعِينٌ وَالْبُخارِيِ وَمُسْلِمٍ وَأَبِي بَكْرٍ بْنِ الْعَرَبِيِّ وإبن حَزْمَ “[ قَوَاعِدُ التَّحْدِيثِ ( ص113 )].
Al allamah Jamaluddin al Qasimi berkata: Ketahuilah , bahwa ada golongan Imam – imam ( tokoh ulama ) yang tidak berpendapat untuk menjalankan sesuatu dengan landasan hadis lemah secara mutlak seperti Ibn Ma`in, Bukhari, Muslim , Abu bakar bin Al arabi dan Ibn Hazm. Qawaid lughoh hal 113.
وَقَالَ الْعَلَّامَةُ حَبيبُ الرَّحْمَنِ الأعظمي وَلَكِنَّ الْحَديثَ قَدْرَ مَا كَانَ بَعيدَا عَنْ وَسْمَةِ الضِّعْفِ ، وَنِقْيًا مِنْ شَائِبَةِ الْوَهْمِ ، كَانَ أَشَدَّ وَقْعًا فِي الْقَلُوبِ وَتَأْثِيرًا فِي النُّفُوسِ لِزِيادَةِ الثِّقَةِ بِهِ ، وَاِطْمِئْنانِ النَّفْسِ إِلَيه “[ مُقدمة مُخْتَصَرِ التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ ( ص06 )].
Al allamah Habibur rahman al a`dhumi berkata: Tapi hadis bila jauh dari sinyal kelemahan dan bersih dari campuran peraduga maka  akan lebih berpengaruh dalam hati dan berbekas dlm jiwa karena tambah dipercaya dan jiwapun tenang karenanya.  Mukaddimah mukhtashar targhib wat tarhib  hal 6.

وَقَالَ الْمُحَدِّثُ أَحْمَدُ شَاكِر:  وَالَّذِي أَرَاهُ أَنَّ بَيَانَ الضُّعْفِ فِي الْحَديثِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ حالٍ ، وَلَا فَرْقَ بَيْنَ الْأَحْكَامِ وَبَيْنَ فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ وَنَحْوِهَا فِي عَدَمِ الْأخْذِ بِالرِّوايَةِ الضَّعِيفَةِ ، بَلْ لَا حُجة لِأحَدٍ إلّا بِمَا صَحَّ عَنْ رَسُولِ اللهِ مِنْ حَديثٍ صَحِيحٍ أَوْ حَسَنٍ “[ الْبَاعِثُ الْحَثيثُ ( ص101 )].
Pakar hadis Ahmad Syakir berkata: Menurut pendapatku menerangkan kelemahan hadis adalah wajib pada setiap kondisi. Tiada perbedaan antara hadis – hadis hukum   dan keutamaan amal dalam hal tidak boleh menggunakan riwayat yang lemah. Tidak boleh  seseorang memakai pegangan  kecuali  hadis yang sahih atau hasan.   Lihat al Baitsh al hatsits, hal  101.

وَهَذَا الْقَوْلُ إخْتَارَهُ الْمُحَدِّثُ مُحَمَّدُ نَاصِرُ الدِّينِ الألباني [ أَُنْظُرْ صَحِيحَ التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ ( 1 / 47 )].
Pendapat ini telah dipilih oleh pakar ahli hadis Muhammad Nashiruddin al albani.  Lihat sahih Targhib wattarhib

وَقَالَ رَحِمَهُ اللهِ الْعَمَلَُ بِالضَّعِيفِ فِيه خِلاَفٌ عِنْدَ الْعُلَمَاءَ ، وَالَّذِي أُدِينُ اللهَ بِهِ ، وَأَدْعُوا النَّاسَ إِلَيه ، أَنَّ الْحَديثَ الضَّعِيفَ لَا يُعْمَلْ بِهِ مُطْلَقًا لَا فِي الْفَضَائِلِ وَلَا المُسْتَحَبَّاتِ وَلَا غَيْرِهَا “[ صَحِيحُ الْجَامِعِ الصَّغِيرِ وَزِيادَتَهُ ( 1 / 49 )].
Beliau rahimahullah berkata: Menjalankan dengan hadis lemah adalah hilaf diantara para ulama. Apa yang kubikin ibadah pada Allah dan aku mengajak manusia kepadanya, bahwa hadis lemah  sama sekali tidak boleh diamalkan baik untuk fadhilah amal atau sunat dll.    Sahihul jami` shaghir  waziyadatuh 49/1
وَقَالَ أيضاً وَخُلاصَةُ الْقَوْلِ أَنَّ الْعَمَلَ بِالْحَديثِ الضَّعِيفِ فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ لَا يَجُوزُ الْقَوْلُ بِهِ عَلَى التَّفْسِيرِ المرجوح هُوَ لَا أَصْلَ لَهُ ، وَلَا دَليْلَ عَلَيه “[ تَمامُ الْمِنَّةِ ( ص38 )].
Beliau juga menyatakan: Kesimpulan nya adalah mengamalkan hadis lemah baik untuk fadhilah amal tidak diperkenankan. Membolehkan berpegangan kepada hadis lemah tiada dalilnya atau tidak ada asalnya > ia adalah tafsir yang marjuh ( yang tidak tepat ).

وَقَالَ الْمُحَدِّثُ مُقْبِلُ بْنُ هَادِي الْوادِعِيِ وَالْعُلَمَاءُ الَّذِينَ فَصَّلُوا بَيْنَ الْحَديثِ الضَّعِيفِ فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ وَبَيْنَهُ فِي الْأَحْكَامِ وَالْعَقَائِدِ ، يَقُولَ الْإمَامُ الشوكاني رَحِمَهُ اللهَ فِي كِتَابِهِ ( الْفَوَائِدُ الْمَجْمُوعَةُ ):(( إِنَّه شَرَعَ ، وَمِنْ أدَّعَى التَّفْصِيلَ فَعَلَيه بِالْبُرْهَانِ ))، وَالْأَمْرَ كَمَا يَقُولُ الشوكاني رَحِمَهُ اللهَ ، وَالنَّبِيَّ r يَقُولُ (( مَنْ حَدَّثَ عَنِْي بِحَديثٍ يرى أَنَّه كِذْبْ فَهُوَ أحَدُ الْكَذَّابِينَ ))“[ الْمُقْتَرَحُ فِي أَجْوِبَةِ أسْئِلَةِ الْمُصْطَلَحِ ( السُّؤَالَ 213 )( ص108 )].
Pakar hadis  Muqbil bin Hadi al wadi`I berkata: Ulama yang memisahkan antara  hadis dhaif dalam fadhilah amal  dan hadis hukum dan akidah. Imam Syaukani  rahimahullah berkata dalam kitabnya – al fawaid al majmu`ah , dia ber arti telah membikin sariat. Barang siapa yang mengaku bikin perbedaan ( antara masalah hukum dan fadhilah amal ), maka  dia harus mendatangkan  dalil.
Dalam hal ini kebenaran  sebagaimana  apa yang dikatakan oleh Syaukani rahimahullah , dan Nabi SAW telah bersabda; Barang siapa yang menceritakan suatu hadis yang dia pandang  sebagai kedustaan, maka dia termasuk salah seorang pendusta. Lihat kitab al muqtarah fii ajwibati amtsilatil mushthalah , pertanyaan  213/ hal 108.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan