Sujud tilawah
Aisyah ra berkata : “ Rasulullah S.A.W.
dalam sujud quran di waktu malam
membaca :
سَجَدَ
وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ
Wajahku
bersujud kepada Tuhan yang menciptakannya , membelah pendengaran dan
penglihatannya dengan daya dan kekuatannya. [1]
Menurut Al baihaqi ada tambahan : وَصَوَّرَهُ
setelah
خَلَقَهُ Imam Al hakim menambah : فَتَبَارَكَ
اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ .
Menurut riwayat Tirmizi sebagai berikut :
عَنْ عَائِشَةَ
قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي
سُجُودِ الْقُرْآنِ بِاللَّيْلِ
سَجَدَ وَجْهِي
لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ
Aisyah ra
berkata : Rasulullah S.A.W. membaca
kalimat tsb waktu sujud tilawah waktu malam .( dalam salat ) [2]
قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ *
Abu Isa berkata :” Ini hadis
hasan sahih “.
Imam
Syaukani berkata : “ Sahabat yang hadir ikut sujud bersama Nabi
S.A.W. dan beliau tidak memerintah kepada salah
seorang dari mereka untuk berwudu , dan
tidak mungkin seluruh mereka mempunyai wudu. Imam Bukhori dan Ibnu Abu Syaibah menyatakan bahwa
Ibnu Umar melakukan sujud tilawah dalam
keada an tidak thoharah . Tiada satupun hadis yang mengharuskan suci
pakaian atau tempat dalam masalah ini .[3]
Imam Bukhori membikin bab :
بَاب
سُجُودِ الْمُسْلِمِينَ مَعَ الْمُشْرِكِينَ وَالْمُشْرِكُ نَجَسٌ لَيْسَ لَهُ
وُضُوءٌ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِي اللَّه عَنْهمَا يَسْجُدُ عَلَى غَيْرِ
وُضُوءٍ
Bab
kaum muslimin dan kaum musrik sujud bersamaan , sedang
mereka najis dan tidak berwudu
.Ibnu Umar ra melakukan sujud tanpa wudu
.[4]
أَنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ قَرَأَ سُورَةَ النَّجْمِ فَسَجَدَ بِهَا
فَمَا بَقِيَ أَحَدٌ مِنَ الْقَوْمِ إِلَّا سَجَدَ فَأَخَذَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ
كَفًّا مِنْ حَصًى أَوْ تُرَابٍ فَرَفَعَهُ إِلَى وَجْهِهِ وَقَالَ يَكْفِينِي
هَذَا قَالَ عَبْدُاللَّهِ فَلَقَدْ رَأَيْتُهُ بَعْدُ قُتِلَ كَافِرًا *
Rasulullah
S.A.W. pernah membaca surat Annajem lalu bersujud . Seluruh kaum sama sujud tiada
yang ketinggalan ,Lantas seorang
lelaki mengambil segenggam krikil atau
debu , lalu di angkat ke wajahnya seraya berkata :” Aku cukup melakukan sedemikian “. Abdullah ra berkata : “ Setelah itu kulihat dia terbunuh dlm keadaan kafir . [5]
Ibnu
Abbasra berkata :
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
سَجَدَ بِالنَّجْمِ وَسَجَدَ مَعَهُ الْمُسْلِمُونَ وَالْمُشْرِكُونَ وَالْجِنُّ
وَالْإِنْسُ
Sesungguhnya
Nabi S.A.W. bersujud waktu membaca surat Abnnajem,begitu juga kaum muslimin , musrik , jin dan manusia [6]
زاد
الطبراني في الأوسط من هذا الوجه بمكة
Imam
Thobroni menambah dalam kitab al ausat dari jalur ini di Mekkah[7]
Syaukani
berkata :
أن شيخا من قريش صرح البخاري في التفسير
من صحيحه أنه أمية بن خلف ووقع في
سيرة ابن إسحاق أنه الوليد بن المغيرة قال الحافظ وفيه نظر لأنه لم يقتل
Sesungguhnya
tokoh Quraisy di jelaskan oleh Imam Bukhori dalam kitab tafsir adalah Umayyah bin Kholaf . Namun dalam siroh Ibnu Ishak , dia bernama
Al Walid bin Al mughiroh . Ibnu hajar berkata : Pendapat tsb masih perlu
dipertimbangkan , karena dia tidak
terbunuh .
Atho`bin
Yasar berkata :
أَنَّهُ
سَأَلَ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ رَضِي اللَّهم عَنْهم فَزَعَمَ أَنَّهُ قَرَأَ عَلَى
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالنَّجْمِ فَلَمْ يَسْجُدْ فِيهَا *
Dia
bertanya kepada zaid bin Tsabit ra , lalu mengira dia pernah membaca surat annajem dimuka
Nabi S.A.W. , tapi beliau tidak melakukan sujud [8]
Amar
bin Al ash ra berkata
:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَقْرَأَهُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَجْدَةً فِي الْقُرْآنِ مِنْهَا ثَلَاثٌ
فِي الْمُفَصَّلِ وَفِي سُورَةِ الْحَجِّ سَجْدَتَانِ
Sesungguhnya
Rasulullah S.A.W. membacakan kepadanya 15 sajdah dalam al quran . Tiga di surat Al mufasshol dan
dua di surat
al haj .
Hadis
lemah 1401 , dhoif Abu dawud , Al misykat
1029 .
قَالَ أَبو دَاود رُوِيَ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِحْدَى عَشْرَةَ سَجْدَةً
وَإِسْنَادُهُ وَاهٍ *
Abu
dawud berkata :Juga diriwayatkan dari
abud darda` dari Nabi S.A.W. sebelas sajdah ,tapi sanadnya lemah .[9]
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا أَزْهَرُ بْنُ الْقَاسِمِ قَالَ مُحَمَّدٌ
رَأَيْتُهُ بِمَكَّةَ حَدَّثَنَا أَبُو قُدَامَةَ عَنْ مَطَرٍ الْوَرَّاقِ عَنْ
عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ لَمْ يَسْجُدْ فِي شَيْءٍ مِنَ الْمُفَصَّلِ مُنْذُ تَحَوَّلَ إِلَى
الْمَدِينَةِ *
Dari
Ibnu Abbasra berkata : Sesungguhnya
Rasulullah S.A.W. tidak melakukan sujud dalam salah satu surat Al Mufasshol sejak
pindah ke Medinah [10] Lemah ,lihat
dhoif sunan Abu dawud 304 ,al
misykat 1034 .
Syaukani
berkata :
وفي
إسناده أبو قدامة الحرث بن عبيد ومطر الوراق وهما ضعيفان وإن كانا من رجال
مسلم
Sanadnya
terdapat Abu Qudamah Al hars bin
Ubaid dan al mathar al warraq yang lemah
sekalipun keduanya termasuk perawi Muslim
.
قال النووي حديث ابن عباس ضعيف الإسناد لا يصح
الاحتجاج به انتهى نيل الأوطار
ج: 3 ص: 118
Imam
Nawawi berkata : Hadis Ibnu Abbas lemah
sanadnya dan tidak boleh dibuat pegangan
, [11]
عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَجَدْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ وَاقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ *
Dari
Abu Hurairah berkata : “Kami
melakukan sujud bersama Nabi S.A.W.
dalam surat : إِذَا السَّمَاءُ
انْشَقَّتْ dan اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ [12]
578 حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ مِشْرَحِ بْنِ هَاعَانَ عَنْ عُقْبَةَ
بْنِ عَامِرٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فُضِّلَتْ سُورَةُ الْحَجِّ
بِأَنَّ فِيهَا سَجْدَتَيْنِ قَالَ نَعَمْ وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْهُمَا فَلَا
يَقْرَأْهُمَا
Dari
Uqbah bin Amir berkata :” Aku berkata : wahai Rasulullah ! surat haji di beri kelebihan memiliki dua sujud ? “.
Beliau
menjawab : Ya . Barang siapa tidak
melakukan nya , jangan membacanya”,[13](
Lemah)
قَالَ
أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ لَيْسَ إِسْنَادُهُ بِذَاكَ الْقَوِيِّ
Abu
Isa berkata : “Ini hadis , sanadnya tidak kuat “.
Syaukani
berkata :
وفي إسناده ابن لهيعة ومشرح بن عاهان وهما
ضعيفان وقد ذكر الحاكم أنه تفرد به
وأكده بأن الرواية صحت فيه من قول عمر وابنه وابن مسعود وابن عباس وأبي الدرداء
وأبي موسى وعمار ثم ساقها موقوفة عنهم وأكده البيهقي بما رواه في المعرفة من طريق
خالد بن معدان مرسلا نيل الأوطار ج: 3 ص: 117
Sanadnya
terdapat Ibnu Lahi`ah dan Misyrah bin
ahan yang lemah . Al hakim berkata :
Dia meriwayatkannya secara sendirian , bahkan menyatakan dengan tegas
bahwa hadis tersebut dari Ibnu Umar ,Umar
, Ibnu masud ,Ibnu abbas , Abuddarda` dan Amar secara maukuf ( pendapat mereka
peribadi ) . Namun al baihaqi menyatakan dalam kitab al ma`rifah
dari jalur Kholid bin Ma`dan
bahwa hadis tsb mursal ( lemah ) . [14]
ٍ
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ
فِي ص وَقَالَ سَجَدَهَا دَاوُدُ تَوْبَةً وَنَسْجُدُهَا شُكْرًا *
Dari
Ibnu Abbas ra , sesungguhnya Nabi
S.A.W. melakukan sujud dalam
surat Shod ,lalu berkata :”Dawud bersujud karena tobat dam kita bersujud karena sukur . [15]
Ibnu
Abbas ra berkata :
ص لَيْسَ مِنْ عَزَائِمِ السُّجُودِ وَقَدْ
رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَسْجُدُ فِيهَا *
Shod
tidak termasuk surat yang mewajibkan
sujud , tapi aku melihat Nabi S.A.W.
bersujud didalamnya . [16]
Ibnu
Umar ra berkata :
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقْرَأُ السَّجْدَةَ وَنَحْنُ عِنْدَهُ فَيَسْجُدُ وَنَسْجُدُ مَعَهُ
فَنَزْدَحِمُ حَتَّى مَا يَجِدُ أَحَدُنَا لِجَبْهَتِهِ مَوْضِعًا يَسْجُدُ
عَلَيْهِ *
Nabi S.A.W.
membaca surat assajdah,kita di sisinya
,lalu melakukan sujud dan kita
ikut sujud dengan berdesakan sehingga seorang diantara kami tidak
menjumpai tempat sujud untuk dahinya [17]
Menurut
riwayat Muslim ada tambahan :
حَتَّى مَا يَجِدُ أَحَدُنَا مَكَانًا لِيَسْجُدَ
فِيهِ فِي غَيْرِ صَلَاةٍ *
………………
hingga seseorang diantara kami tidak
menjumpai tempat sujud untuk
dahinya diluar salat [18]
Umar
melakukan sujud ketika hutbah sebagaimana
hadis sbb :
Abu
bakar berkata :
وَكَانَ رَبِيعَةُ مِنْ خِيَارِ النَّاسِ عَمَّا
حَضَرَ رَبِيعَةُ مِنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِي اللَّه عَنْه قَرَأَ يَوْمَ
الْجُمُعَةِ عَلَى الْمِنْبَرِ بِسُورَةِ النَّحْلِ حَتَّى إِذَا جَاءَ
السَّجْدَةَ نَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدَ النَّاسُ حَتَّى إِذَا كَانَتِ الْجُمُعَةُ
الْقَابِلَةُ قَرَأَ بِهَا حَتَّى إِذَا جَاءَ السَّجْدَةَ قَالَ يَا أَيُّهَا
النَّاسُ إِنَّا نَمُرُّ بِالسُّجُودِ فَمَنْ سَجَدَ فَقَدْ أَصَابَ وَمَنْ لَمْ
يَسْجُدْ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَلَمْ يَسْجُدْ
عُمَرُ رَضِي اللَّه عَنْه
Rabiah
termasuk orang yang paling hafal tentang
Umar bin Al Khotthob ra membaca surat Annahel pada hari Jumat di atas mimbar
hingga datang ayat sajdah ,lalu turun dan melakukan sujud .Orang – orang
juga ikut bersujud. Ketika jumat berikutnya , Umar membacanya .Ketika sampai
ayat sajdah berkata : Wahai manusia
!Sesungguhnya kami melewati ayat sujud . Barang siapa melakukan
sujud , benar . Barang siapa tidak melakukannya tidak berdosa.Umar tidak sujud . [19]
Abu
said Al khudri ra berkata :
قَرَأَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ ص
فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةَ نَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدَ النَّاسُ مَعَهُ فَلَمَّا
كَانَ يَوْمٌ آخَرُ قَرَأَهَا فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةَ تَشَزَّنَ النَّاسُ
لِلسُّجُودِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا هِيَ
تَوْبَةُ نَبِيٍّ وَلَكِنِّي رَأَيْتُكُمْ تَشَزَّنْتُمْ لِلسُّجُودِ فَنَزَلَ
فَسَجَدَ وَسَجَدُوا *
Rasulullah S.A.W.
membaca surat Shod di Mimbar .Ketika
sampai ke ayat assajdah , beliau turun
,lalu melakukan sujud dan orang –
orang juga ikut .Pada hari lainnya
,Rasulullah S.A.W. membacanya . Ketika sampai ayat sajdah ,
mereka siaga untuk sujud . Nabi S.A.W.
bersabda : Ia adalah tobat seorang Nabi , aku lihat kamu siap untuk
sujud , beliau sujud dan mereka ikut [20]
Syaukani
berkata :
سكت عليه أبو داود والمنذري ورجال إسناده رجال
الصحيح وأخرجه أيضا الحاكم وذكر البيهقي عن جماعة من الصحابة أنهم سجدوا في ص نيل
الأوطار ج: 3 ص: 120
Abu
Dawud dan almunziri tidak memberikan komentar , namun perawi – perawinya adalah
perawi sahih Bukhori . Al Hakim juga meriwayatkannya . Al Baihaqi menyebutkan dari segolongan
sahabat bahwa mereka melakukan sujud
waktu membaca surat shod . [21]
Imam
Bukhori membikin bab :
بَاب
مَنْ قَرَأَ السَّجْدَةَ فِي الصَّلَاةِ فَسَجَدَ بِهَا
Bab
orang yang membaca ayat sajdah waktu salat
, lalu bersujud .
Abu
Rafi` berkata :
صَلَّيْتُ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ الْعَتَمَةَ
فَقَرَأَ إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ فَسَجَدَ فَقُلْتُ مَا هَذِهِ قَالَ
سَجَدْتُ بِهَا خَلْفَ أَبِي الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَا
أَزَالُ أَسْجُدُ فِيهَا حَتَّى أَلْقَاهُ *
Aku
melakukan salat Isya` bersama Abu Hurairah ,lalu membaca :
إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ
Lalu sujud
. Aku berkata : Apakah ini ?
Abu
Hurairah berkata : “ Aku melakukan
sujud di belakang Abul qasim (
Nabi S.A.W. ) ,
aku terus menjalankan sujud hingga aku bertemu dengannya “. [22]
Ibnu
Umar ra berkata :
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَرَأَ عَامَ الْفَتْحِ سَجْدَةً فَسَجَدَ النَّاسُ كُلُّهُمْ مِنْهُمُ
الرَّاكِبُ وَالسَّاجِدُ فِي الْأَرْضِ حَتَّى إِنَّ الرَّاكِبَ لَيَسْجُدُ عَلَى
يَدِهِ *
Sesungguhnya
Rasulullah S.A.W. membaca di tahun penaklukan kota
Mekkah ayat sajdah ,lalu orang – orang sama sujud , baik
pengendara atau orang yang
bersujud ke tanah . Bahkan pengendara sujud
di tangannya . [23] (
Lemah ) .
Ibnu
Umar berkata :
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقْرَأُ عَلَيْنَا الْقُرْآنَ فَإِذَا مَرَّ بِالسَّجْدَةِ كَبَّرَ
وَسَجَدَ وَسَجَدْنَا مَعَهُ
Rasulullah S.A.W.
membacakan al Quran kepada kita , bila
lewat ayat sajdah , bertakbir ,lalu sujud dan kita ikut sujud [24] (Lemah
,almisykat 1032 ) .
قَالَ
عَبْدُ الرَّزَّاقِ وَكَانَ الثَّوْرِيُّ يُعْجِبُهُ هَذَا الْحَدِيثُ قَالَ أَبو
دَاود يُعْجِبُهُ لِأَنَّهُ كَبَّرَ *
Abd
Razzaq berkata :” Assauri heran terhadap
hadis tsb . Abu dawud berkata : Dia
heran karena Rasulullah S.A.W. bertakbir ( waktu sujud tilawah ).
Jadi sampai tgl 4 Muharram 1426 kami menjumpai tuntunan
sujud tilawah di surat Al insyiqaq , Iqra` , An nahel ,Annajem dan Shod
dlm al Quran . lainnya masih kami
jumpai hadisnya lemah. Untuk sujud tilawah waktu salat , kami hanya menjumpai surat al
Insyiqaq.
Untuk
sujud tilawah di ayat :
وَلِلَّهِ
يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُمْ
بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ(15) الرعد 15
وَيَخِرُّونَ
لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا(109) الاسراء
أُولَئِكَ
الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ
ءَادَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ
وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا إِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ
ءَايَاتُ الرَّحْمَنِ خَرُّوا سُجَّدًا
وَبُكِيًّا(58) مريم
أَلَمْ
تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ
وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ
وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ وَمَنْ يُهِنِ
اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ
إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ(18) الحج
وَإِذَا
قِيلَ لَهُمُ اسْجُدُوا لِلرَّحْمَنِ قَالُوا وَمَا الرَّحْمَنُ أَنَسْجُدُ لِمَا
تَأْمُرُنَا وَزَادَهُمْ نُفُورًا(60) الفرقان
اللَّهُ
لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ(26) النمل
إِنَّمَا
يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا
وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ(15) السجدة
وَمِنْ
ءَايَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا
لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ
كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ(37) فصلت
kami belum mengetahui
dalilnya .
Pergilah ke blog
kedua http://www.mantankyainu2.blogspot.com/
Blog husus
pengajian: http://mahrusali2.blogspot.com/
Atau blog bahasa arabku http://mahrusaliindonesia.blogspot.com/
Blog ke tiga
Peringatan:Mesin
pencari diblog tidak berfungsi, pergilah ke google lalu tulislah: mantan kiyai nu lalu teks yang kamu cari
Mau
nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfreand ). 081935056529 (XL ) atau 08819386306 ( smartfreand )
088803080803( Smartfreand ). 081935056529 (XL ) atau 08819386306 ( smartfreand )
Alamat
rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
Waru Sidoarjo
[1] HR Nasai / Tatbiq / 1129. Abu dawud / Salat /1414, Ahmad / Baqi
musnad Ansor /25293. Tirmidzi /Jumat /580 dan beliau menyatakan hadis hasan
sahih . Nailul author /118/3. Ia juga di riwayatkan oleh Daroquthni , Al
hakim , Al baihaqi . Ibnus sakan
menyatakan sahih dan di baca tiga kali .
[2] HR Tirmizi 580
[3] Nailul author /119/3
[4] Sahih Bukhori
[5] Bukhori 1008
[6] HR Bukhori 1071
[7] Nailul author 117/3
[8] HR Bukhori 1072
[9] Dhoif Sunan Tirmizi 573/87
, Dhoif sunan Ibnu majah 216 , dhoif
sunan Abu dawud 302
[10] HR Abu dawud 1403
[11] Nailul author 118/3
[12] Muttafaq alaih , Muslim 578
[13] HR Tirmizi 578
[14] Nailul author 117/3
[15] HR Nasai 957
[16] HR Bukhori 1069
[17] HR Bukhori 1076
[18] HR Muslim
575
[19] HR Bukhori
1077
[20] HR
Abu Dawud 1410
[21] Nailul author 120/3
[22] Bukhori 1078
[23] HR
Abu Dawud 1411
[24] HR
Abu Dawud 1413
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan