Sahih Bukhari, 1, Kitab Bad-ul Wahyi, 1 bab Kaifa kaana Bad-ul
wahyi ilaa Rasulillah saw.
الأول كِتَابُ بَدْءِ اْلوَحْيِ 1- كَيْفَ كَانَ بَدْءُ الْوَحْيِ إِلَى
رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ
سَلَّمَ
عَنْ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ إِنَّمَا اْلأَ عْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا
يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ
إِلَيْهِ
Umar ibnu Khatab ra menuturkan: “Aku pernah mendengar
Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya segala perbuatan terkait dengan niatnya
masing-masing. Dan setiap manusia terkait dengan apa yang ia niatkan. Barangsiapa
yang hijrahnya diniatkan untuk mencapai dunia atau untuk mencapai wanita yang
akan dinikahinya, maka hijrahnya akan mencapai kepada yang ia niatkan.”
Hadis tsb muttafaq alaih.
Hadis tsb sangat terkenal di era kini, tp di masa sahabat dan tabiin , hadis itu di anggap
nyeleneh. Tdk popular, ganjil sekali
bila di katakan Sebab kisahnya hanya
dari satu orang yaitu Yahya
bin Said wafat pd tahun 144 H. Lihat identitasnya sbb:
ــ يحيى بن سعيد بن قيس
الأنصارى النجارى ، أبو سعيد المدنى القاضى
ـ
المولد :
الطبقة : 5 : من
صغار التابعين
الوفاة : 144 هـ أو بعدها
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
مرتبته عند الذهبـي : الإمام ، حافظ فقيه حجة
7559
Pd masa seratusan
tahun hijriyah , hadis tsb masih diketahui hanya satu orang , tiada orang lain yg tahu. Dr
kalangan sahabat juga tidak ada yg
ngerti hadis itu kecuali Umar bin al Khatthab. Sampai mati ribuan sahabat
lainnya tdk ngerti hadis itu. Mereka tdk kenal hadis itu sampai mati.
Sanadnya sbb:
صحيح البخاري (1/ 6)
- حَدَّثَنَا الحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ، قَالَ: حَدَّثَنَا
سُفْيَانُ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الأَنْصَارِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنِي
مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ، أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ
وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ، يَقُولُ: سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ عَلَى المِنْبَرِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ: «إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ،
Intinya : Umar bin Al
Khatthab menyampaikan hadis itu di atas mimbar. Mestinya banyak sahabat yg tahu.
Realitanya para sahabat sampai mati tdk kenal hadis itu .
هكذا غريب في أربع طبقات ورواه عن يحيى بن سعيد الأنصاري
خلق كثير بلغ إلى حد التواتر .
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=323763
Dlm website ahlul hadis
dijlskan bahwa hadis itu nyeleneh di empat tingkat .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Maksud empat tingkatan adalah
UMar bn Al Khattab – tingkatan pr sahabat. . Di kalangan pr
sahabat hanya Umar yg meriwayatkan. Tiada
sahabat lain.
Al qamah bin Waqqash allaitsi . – di tingkatan senior tabiin , hanya beliau yg
meriwayatkan
ــ علقمة بن وقاص بن محصن
الليثى العتوارى المدنى ، أبو يحيى ( و قيل غير ذلك فى كنيته )
المولد :
الطبقة : 2 : من
كبار التابعين
الوفاة : فى خلافة عبد الملك بـ المدينة
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت ، أخطأ من زعم أن له صحبة
مرتبته عند الذهبـي : ثقة
Muhammad bin Ibrahim bin Al Harits ……… tingkatan setelah
pertengahan tabiin . Dan di tingkatan tsb hanya beliau yg meriwayatkan. Ibnu
Hajar berkomentar: Dia perawi terpercaya yg punya riwayat –riwayat afrad yg
beliau sendiri yg meriwayatkan. Tiada
perawi lainnya.
Bahkan Zhahabi menyatakan : Ulama menyatakan dia perawi
terpercaya . Imam Ahmad menyatakan : Dia meriwayatkan hadis – hadis yg
munkar.
Barang kali hadis amal perbuatan terserah niatnya ini
termasuk hadis mungkarnya.
ــ محمد بن إبراهيم بن الحارث
بن خالد القرشى التيمى ، أبو عبد الله المدنى
ـ
المولد :
الطبقة : 4 : طبقة
تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 120 هـ على الصحيح
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة له أفراد
مرتبته عند الذهبـي : وثقوه ، و قال أحمد : روى مناكير
Yahya bin Said al anshari ………………. Tingkat ke 5 dari yunior tabiin
ــ يحيى بن سعيد بن قيس
الأنصارى النجارى ، أبو سعيد المدنى القاضى
ـ
المولد :
الطبقة : 5 : من
صغار التابعين
الوفاة : 144 هـ أو بعدها
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
مرتبته عند الذهبـي : الإمام ، حافظ فقيه حجة
هنا في حديث : ( إنما الأعمال بالنيات ) إن كانت الغرابة
وهي لليوم غرابة حقيقة ؛ لأن الحديث لم يأت بإسناد صحيح من غير هذا الطريق , لكن
مع ذلك نحن نقول إن هذه الغرابة ...
http://alalbany.me/play.php?catsmktba=11199
Intinya : Al bani menyatakan hadis itu sampai sekarangpun di
katakana nyeleneh / gharib. Sebab tiada hadis yg mendukung dr hadis yg sahih.
Jadi di empat tingkatan , hadis tsb hanya di riwayatkan oleh seorang perawi, bukan dua atau tiga. Mulai
dr sahabat sampai yunior tabiin , hanya seorang yg meriwayatkan. Artinya ribuan
tabiin tidak tahu hadis itu sampai mati.
Hadis ini di katakan
gharib, jg tafarrud.
Di katakana gharib / nyeleneh karena tdk dikenal
dikalangan empat tingkatan perawi hadis.
Realitanya bgt, tdk bisa di bantah lg.
Dan dikatakan tafarrud – seorang perawi sendirian yg
meriwayatkan- karena realitanya sampai
empat tingkatan / generasi ternyata hanya
seorang yg meriwayatkan.
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما
تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ
العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan hadis.( tafarrud )
1. Ulama
hadis dahulu tidak suka atau benci
terhadap riwayat gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci
terhadap terhadap riwayat –
riwayat yang gharib ( nyeleneh ) dan hadis yang
di riwayatkan oleh seorang perawi , lalu di anggap sebagai
hadis yang terjelek sebagaimana
di katakan oleh Imam Malik
rahimahullah: Ilmu terjelek adalah
yang gharib dan ilmu yang
terbaik adalah yang tampak yang
di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).
Imam Abu Hanifah menyatakan
sinyal kelemahan hadis adalah perawi secara sendirian meriwayatkan hadis bukan sahabat yg lain .
3ـ ألا يكون فيما تعم به البلوى
العلمية أو العملية، أي أن المحدث يتفرد بحديث في حين سائر الصحابة لا يعلمون مع
أنه من الأمور العلمية العامة
2. Agar tidak
termasuk musibah ilmiyah atau amaliyah yg umum – yaitu seorang perawi hadis menyampaikan hadis secara
sendirian. Pada hal sahabat yg
lain tidak mengetahui. Dan ia termasuk
masalah ilmiyah yg umum.
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
Hadis tsb di sahihkan
oleh siapapun hakikatnya adalah tafarrud,
gharib.
المسند الجامع (14/ 33)
عشرتهم (سُفْيان بن عُيَيْنَة، ويَزِيد بن هارون، ومالك،
وسُفْيان الثَّوْرِي، وحَمَّاد بن زَيْد، وعَبْد الوَهَّاب، والليث بن سَعْد، وأبو
خالد الأَحْمَر، وحفص بن غِيَاث، وعَبْد اللهِ بن المُبَارك) عن يَحيى بن سَعِيد
الأَنْصَارِيّ، أخبرني مُحَمد بن إبراهيم بن الحارث التَّيْمِي، أنه سَمِعَ علقمة
بن وَقَّاص اللَّيْثِي يقول، فذكره
Intinya hadis itu hanya
dari Yahya bin Said
Kita ikut ulama ahli
hadis dulu yg menyatakan lemah kpd hadis yg tafarrud ini.
Atas dasar hadis
lemah ini banyak orang yg salah kaprah dan keliru , membuat pegangan
pdnya.
Lalu dia bilang ktika akan salat :
h
USHOLLII FARDLOLSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI
ADAA-AN (IMAAMAN/MA'MUUMAN) LILLAAHI TA'AALAA.
Artinya :
Aku sengaja sholat fardlu shubuh dua raka'at menghadap
qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah.
Ketika tayammum juga pakai niat :
Lafadz niat Tayammum
adalah : Nawaitut-tayammuma li istibaahatish-shaalati fardhal lillahi ta'aalaa
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mereka berbuat sedemikian ini karena hadis di atas. Niat spt
itu karangan manusia biasa bukan tuntunan. Tinggalkanlah, jangan dijalankan
sampai mati.
أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 143)
فأفاد كلام المناوي والحنبلي أن قصد الصلاة إلى القبر
وعنده محرم، وأنه تشريع لم
يأذن به الله، ومع ذلك ترى كثيراً من الناس - حتى بعض
المشايخ - يقصدون مقامات
الأولياء والصالحين للصلاة عندها، والتبرك بها، وإذا قيل
لهم في ذلك؛ قالوا: إنما
الأعمال بالنيات، ونياتنا طيبة، وعقائدنا سليمة
Al bani jg menyatakan : Banyak orang yg ziarah kubur ulama, wali,
shalihin untuk menjalankan salat disitu, mencari berkah.
Bila di ingatkan , mrk bilang : Innamal a`malu binniyat – yg
penting niatnya , niat kita baik dan akidah kita jga salim.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Itu refleksi jelek hadis lemah itu.
أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 174)
1) قال النووي في " روضة
الطالبين " (1/224)
:
" والنية: هي القصد. فيُحضِر
المصلي في ذهنه ذات الصلاة، وما يجب التعرض له
من صفاتها؛ كالظُّهرية والفرضية وغيرها، ثم يقصد هذه
العلوم قصداً مقارناً لأول
التكبير ".
Intinya : Imam Nawawi jg menyatakan: Hendaklah orang
mengingat salat dlm hatinya ketika niat,
lalu sifat – sifat salat spt zhuhur atau Asar. Hal itu hrs tepat permulaan takbir.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Siapa yg nyuruh gt. Apakah Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam menjalankan nya , mn hadisnya?
Apakah hati Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ketika akan salat jg menjalankan spt itu.
Menurut sy, niat salat spt itu tdk perlu. Tuntunan dr
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
dan Allah tdk ada. Tdk perlu di ada – adakan. Kita cukup menjalankan apa
adanya dr Allah dan RasulNya.
Bagi sy yg penting
adalah tujuan seseorang dlm salat ini
untuk mencari kanugrahan dan rida Allah bukan untuk simpatisan dr
manusia dll.
Kita berpegangan kpd ayat:
مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ
أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا
يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا ۖ
Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang
bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih
sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah
dan keridhaan-Nya, Al fateh 29.
مَن يَخْرُجْ مِن بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ
وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۗ
وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا
Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah
kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke
tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan
adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. NIsa` 100
تحريم آلات الطرب (ص: 177)
ما لي أذهب بالقراء بعيدا فهذا الشيخ الغزالي الذي اشتهر
بأنه من الدعاة الإسلاميين وأعطي من أجل ذلك جائزة إسلامية عالمية كبرى يستبيح
الغناء المذكور ولو من أم كلثوم وفيروز وحينما أنكر عليه أحد الطلبة استماعه
لأغنية أم كلثوم فيما أظن:
أين ما يدعى ظلاما ... يا رفيق الليل أينا؟
أجاب بقوله: إنني أعني شيئا آخر "ص 75 " السنة
يعني أن نيته حسنة!
وكان قبل ذلك ص 70 وضع حديث " إنما الأعمال بالنيات"
Intinya , al bani bercerita : Syaikh Ghazali yg terkenal sbg
da`I Islam yg mendapat hadiah
penghargaan internasional jg
memperbolehkan lagu – lagu sekalipun dr
Ummu Kultsum dan Fairuz . ketika di
tegor oleh salah satu tholibul ilmi . Beliau menjawab: Sy punya maksud lain
yaitu sunnah dg niat yg baik ………….. maksudnya
dg dalil perbuatan itu terserah
niatnya…………………
Jadi niat dg landasan hadis lemah itu malah di jadikan rukun
salat, wudhu, puasa dll.
Sy katakan: Tdk usah niat untuk amalan tsb. Yg penting
tujuannya untuk mencari ridha Allah
sesuai dengan ayat 29 al Fateh.
تنبيه!
بالرغم من شهرة هذا الحديث وذيوعه واتفاق الأئمة على صحته
وكثرة من خرجه وذكره، إلا إن الإمام مالك-رحمه الله-
لم يذكره أو يخرجه في موطأهِ، والله أعلم.
قال الحافظ ابن حجر في الفتح[1/11]:( ثم إن هذا الحديث
متفق على صحته أخرجه الأئمة المشهورون إلا
الموطأ ووهم من زعم أنه في الموطأ)ا.ه
هذا والله أعلم وصلى الله على نبينا آله وصحبه وسلم
تسليماً كثيرا..
وكتبه/ محب أهل الحديث
أبو بكر الأثري
www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=323763
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=323763
Ibn Hajar berkata: Intinya; Hadis ini sekalipun muttafaq alaih dan banyak imam yg meriwayatkannya kecuali
imam Malik dlm kitabMuwattha`nya . Dan keliru orang yg menyatakan hadis
tsb ada dikitab muwattha`.
وهي في الحقيقة ليست بالأمر الصعب، فكل إنسان عاقل مختار
بفعل فعلاً فإنه قد نواه، فلا تحتاج إلى تعب ولا إلى نطق فمحلها القلب: "إنما
الأعمال بالنيات"، ولأن النبي صلى الله عليه وسلم لم ينطق بالنية، ولا أمر
أمته بالنطق بها، ولا فعلها أحد من أصحابه فأقره على ذلك، فالنطق بالنية بدعة، هذا
هو القول الراجح.
http://ar.islamway.net/fatwa/21791/%D8%A7%D9%84%D9%86%D9%8A%D8%A9-%D8%B4%D8%B1%D8%B7-%D9%85%D9%86-%D8%B4%D8%B1%D9%88%D8%B7-%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9
Intinya : Syaikh Utsaimin menyatakan melafadhkan niat itu
bid`ah .
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh
persaudaraan .
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan