Senin, Oktober 17, 2016

Sudah sebelas tahun sy menjalankan salat zhuhur dan Asar dengan jahr, bukan lagi dg bacaan sir/ berbisik – bisik ., kajian ke 34

Sudah sebelas tahun  sy menjalankan salat zhuhur dan Asar dengan jahr, bukan lagi  dg bacaan sir/ berbisik – bisik .
Sdh  sebelas tahun sy membaca dg jahr  di rakaat ke tiga Mahrib dan ke tiga dan k e empat Isya`
Sy bikin jamaah  sendiri  dg murid – murid sy.
Kadang  tiada murid yg datang lalu sy jamaah dg istri  sy.
Kadang  juga saya melakukan salat sendirian.
Sy melakukan salat sendirian dg benar lebih baik dr pd  sy berjamaah dengan salat yg  salah / menyelisihi tuntunan.
Bila sy berjamaah  di masjid, mk masjid sekeliling sy ini adalah masjid ahli bid`ah.
Juga ada masjid amburadul  yg ahli bid`ah yg ahls sunnah.
Bila  sy jamaah dg mereka , mk ilmu yg kita kaji dan kita pelajari yaitu salat jahriyah  zhuhur dan Asar akan  tdk  di peraktekkan , akan tdk di terapkan.
Lalu kpn di peraktekkan . Bahkan sampai matipun kita tetap menjalankan salat  yg keliru/ tdk sesuai dg tuntunan.
Bila sy jamaah  di masjid, mk  sy tdk bisa memeraktekkan hadis :
وَصَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي
Dan lakukanlah salat sebagaimana  kamu melihat aku melakukannya
Selama  hidupnya  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   mengikuti ayat 110  Al Isra`, tdk akan menyelisihinya . Kita ingat ayat:
فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ(112)

Maka luruslah kamu  sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. HUd 112.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   tdk akan menjalankan salat  dg berbisik .Dan beliau takkan menyelisihi ayat 110 al Isra` itu.
Mungkin sebagian member kesulitan mengajak teman untuk menjalankan  salat yg pas dg tuntunan.
Apa yg di alami oleh murid – murid sy dlm mengajak teman – teman  dg  cara artikel artikel  sy ini di print , lalu di kopi  sampai sepuluh kali. Lalu di edarkan dan diberikan kpd teman – temannya.
Nah sekarang ada  WA , mrk  juga  meng share  artikel sy ini .
Artikel sy ini juga  sy masukkan ke FB dan Blog ternyata juga banyak yg antusias  dan di ikuti  oleh orang – orang yg tanggap  Sekalipun ada juga yg menentang dan ada  yg  tdk mau. Itu biasa  sekali dlm dakwah.
Dikalangan mereka menghadapai  artikel sy  yg di sebarkan   jg ada yg menolak , lalu mereka bc  di rumah . Ada di kalangan mereka yg tertarik lalu ikut.
Tak hentinya  setiap pengajian sy memakai diktat.
Lalu dikopi oleh murid  - murid dan diedarkan  kpd teman – teman.
Kadang mereka di ajak bicara  oleh  murid – murid  sy kurang puas , lalu diberi artikel sy.
Kadang murid – murid sy mengajak temannya untuk ngaji ke  sy . Ada  yg berlanjut  sampai sekarang , juga ada  sekali dua kali lalu tdk ngaji lagi.
Dialog di WA ini tentang topic  tiada  salat  sirriyah ini insya Allah ada pengaruhnya  sekalipun  ada  yg mantap, ada yg setengah – setengah  dan ada  yg menolak. Wajar  sekali dlm berdakwah.
Jangankan sy yg menyampaikan ajaran yg benar ini.  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   sendiri yg menyampaikan ajaran  dari Allah ini kadang di ikuti , kadang di tentang. Kadang perlu di bawakan senjata.
Bila  sy berpergian , sy selalu salat bersama istri sy di tanah langsung  .
Saya berwudhu  di masjid lalu sy cari tanah  dan menjalankan salat  zhuhur atau  Asar  dg  jahr jg.
BIla  sy pergi ke Jakarta , mk saya dg istri naik pesawat agar  saya bisa menjalankan  salat  yg tepat dan tdk menjamak.
Di Bandara Sukarno hatta , sy wudhu  di luar bandara di amsjid lalu  sy menjalankan  salat di tanah  dg jahr jg . Sy berjamaah dg istri  sy.
Bila dpt undangan dakwah , sy juga selalu  salat di tanah dg jahr bersama  murid – murid sy . Sbb  sy bawa  mobil .
Ada juga  murid yg mengajak keluarga dan kerabatnya,  ahirnya juga berhasil ikut ke sy  dan menjalankan salat berjamaah dg sy yg tepat dg tuntunan.
Masarakat sy ttp  baik dg sy. Sebab mereka tahu  prilaku sy selalu di sertai  dg dalil. Pada hal di tempat sy ini basis NU dan rumah sy  di kelilingi  tokoh – tokoh NU.
Artikel ini sy buat barang kali bisa diambil manfaatnya  dlm berdakwah kpd teman – teman agar mereka bisa di ajak bersamamu  untuk menjalankan salat yg cocok dg tuntunan.
Barang  kali ada teman – teman yg punya pengalaman dlm berdakwah boleh di share  agar bisa di manfaatkan oleh  teman yg lain.
Husus  hari ini , silahkan share pengalaman anda  tentang berdakwah apalagi kpd  ajaran  tiada  salat jahriyah ini.

  
Realitanya orang – orang yg ikut  sy ini dr kalangan NU , Muhammadiyah, Jamaatul muslimin. Jarang sekali  dr kalangan salafy  sbb  mereka sdh mantap dg pendapat  ulama  kibarnya



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan