Selasa, Oktober 11, 2016

Tiada salat sirriyah ke 29

Hadis berikut ini selalu di buat orang untuk melakukan salat zhuhur dg bacaan berbisik bukan  dengan bersuara sedang  spt ayat 110 al Isra`. Hadis nya ini:

717 BUkhari
حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ عَنْ يَحْيَى عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ وَيُسْمِعُ الْآيَةَ أَحْيَانًا وَكَانَ يَقْرَأُ فِي الْعَصْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ
Nabi saw,  membaca  dalam  dua rakaat pertama salat lohor dengan  surat Fatihah dan dua surat . Beliau memanjangkan  rakaat pertama  dan yang kedua lebih pendek, terkadang beliau memperdengarkan ayatnya. Beliau juga membaca dalam  salat Asar dengan fatihah dan dua surat. Rakaat pertama beliau panjang dan  beliau juga memanjangkan rakaat pertama salat Subuh dan rakaat keduanya agak pendek . Muttafaq  alaih , Bukhori 717,737
Menurut riwayat Bukhori tanpa terkadang Nabi saw membaca dengan keras ,terkadang tidak ………………..  tapi  di pastikan bacaan Nabi saw dengan keras agar makmum terdengar . Dan bagaimanakah bisa di ketahui oleh kita ( para sahabat )bahwa Rasulullah saw membaca dua surat dan fatehah  bila  beliau membacanya dengan samar .


Kalimat ini yg di buat pegangan untuk bacaan sirri  dlm salat Asar dan Zhuhur yaitu sbb:
terkadang beliau memperdengarkan ayatnya.

734 BUkhari
وَفِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُخْرَيَيْنِ بِأُمِّ الْكِتَابِ وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ وَيُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مَا لَا يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ وَهَكَذَا فِي الْعَصْرِ وَهَكَذَا فِي الصُّبْحِ
Intinya : Kalimat : “terkadang beliau memperdengarkan ayatnya “ tdk  ada dlm hadis  Bukhari tsb.

Menurut 734 BUkhari jls Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   membaca  ayat atau surat dg bersuara sedang, bukan sirri  dan bukan kadang – kadang lg. Sebab kata – kadang – kadang dlm riwayat terahir ini tidak ada.
Mereka yg berpegangan kpd  hadis pertama, realitanya jg tdk pernah membaca  surat dlm salat  zhuhur dan Asar dg bersuara tp berbisik terus. Lalu ikut siapa ?
Mengapa mereka  tdk berpegangan kpd  riwayat Bukhari 734 yg tdk ada  kalimat  kadang – kadang , tp  di bc  dg bersuara .
Kalau menurut  hadis terahir itu  salat  zhuhur spt salat Maghrib dan Isya` dll.  Yakni bacaannya disuarakan bukan di bisikkan .
Salat dg berbisik itu nyalahi ayat 110 al Isra` yg melarang membaca  dg berbisik.
Lantas mana dalilnya mereka yg menjalankan salat  dg berbisik dan tdk bersuara itu.
Dalilnya, sy blm menjumpainya  kecuali yg cacat atau salah paham.



677 Abu Dawud
قَالَ أَبُو دَاوُد لَمْ يَذْكُرْ مُسَدَّدٌ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَسُورَةً
Abu Dawud ( pengarang Sunan Abu Dawud )  berkata : Perawi Musaddad  tdk menyebut kalimat :  “Fatihah dan surat “ Pd hal ia tercantum dlm  sahih Bukhari.

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا هَمَّامٌ وَأَبَانُ بْنُ يَزِيدَ الْعَطَّارُ عَنْ يَحْيَى عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ عَنْ أَبِيهِ بِبَعْضِ هَذَا وَزَادَ فِي الْأُخْرَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ
Kalimat  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   membaca   fatihah  dlm dua rakaat yg terahir “.
Kalimat itu tambahan perawi sj .

وَزَادَ عَنْ هَمَّامٍ قَالَ وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مَا لَا يُطَوِّلُ فِي الثَّانِيَةِ وَهَكَذَا فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ وَهَكَذَا فِي صَلَاةِ الْغَدَاةِ
Hammam yg menambah kalimat “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   memperpanjang  dlm rakaat  yg pertama  tdk sbgmana rakaat yg kedua  …………..

Itu jg  tambahan  Hammam.

Ternyata hadis yg di buat pegangan untuk salat  zhuhur dan Asar bacaannya di sirrikan  itu kacau makna dan artinya, kacau lafadhnya jg.
Satu riwayat menyebut kadang Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   membaca  dg bersuara , kadang tdk.
Di riwayat yg lain tdk ada kalimat kadang – kadang.
Ini jls kacau maknanya.
Masak pegangan kita  ini ternyata dr hadis yg maknanya kacau itu.
Apalagi  kisah hadis tsb banyak yg tambahan   dan pengurangan dr perawi.
Kita kembali sj pd pakem ilmu hadis sbb:
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Hadis  tsb lemah, bukan sahih karena maknanya kacau.
Kita kembali kpd ayat 110 Isra`  dan masih banyak hadis yg menjelaskan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   bc ayat dengan  bersuara bukan berbisik .
التمييز في تلخيص تخريج أحاديث شرح الوجيز المشهور بـ التلخيص الحبير (2/ 679)
414 - [1201]- حديث أبي سعيد: أن النبي - صلى الله عليه وسلم -: كان يقرأ في صلاة الظهر في الركعتين الأوليين؛ في كل ركعة فدر ثلالين آية، وفي [الأخريين] (1) فدر خمس عشرة آية، أو قال: نصف ذلك، وفي العصر في الركعتين الأوليين، في كل ركعة قدر خمس عشرة آية، وفي الأخريين قدر نصف ذلك.
مسلم في "صحيحه" (2) بهذا. وفي لفظ له: (قدر قراءةِ {الم تَنزيِلُ} السجدة) بدل (قدر ثلاثين آية)، والمعنى واحد
Intinya: Dlm  hadis riwayat Muslim itu , Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   membaca dlm dua rakaat Salat  zhuhur  sekitar  tiga puluh ayat.
Untuk dua rakaat yg kedua  sekitar  lima belas ayat .

Bila  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   membaca dg berbisik , apa sahabat ngerti bahwa   yg di bc tiga puluh ayat.
Boleh coba perkiraan  berapa  ayat yg di bc oleh imam kita  yg berbisik – bisik dlm salat zhuhur itu ?
Jadi mulai  rakaat pertama  sampai ke empat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   membaca dg bersuara.
Bila tdk gitu, apa bisa di mengerti  apa  di bc oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   lima belas ayat? .
Salat zhuhur dg bacaan sirri  itu nentang ayat jg nentang hadis. .
Marilah kita peljari  yg sungguh masalah ini sblm mati.
Ketika kita hidup perlu koreksi ajaran kita, sdh benar atau blm ?

http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=231083

مالحديث الذي يدل على الجهر أو الإسرار بالصلاة؟
ليعلم اخوتي أني سألت هذا السؤال لسبب :
رأيت رجل يصلي العصر جهراً فقلت له فعلك غير صحيح فقال هات الدليل ؟ ولا أخفيكم أن الرجل لم يكن طبيعياً ..
Intinya Ust Sami attamimi bilang : Sy melihat seorang lelaki menjalankan salat Asar dg bacaan bersuara jahr . Aku berkata kpdnya : Perbuatanmu tdk benar.
Dia malah bilang : Mana dalilnya ?
Aku tdk merahasiakan kpd anda bahwa lelaki itu bukan orang biasa.

Sy dengar di Bandung juga ada jamaah yg menjalankan  salat zhur  Asar  dengan bacaan jaher, Bahkan  empat masjid jamaah muslimin jg sdh jahr  dlm menjalankan salat zhuhur dan Asar.
Untuk mereka yg ingin berjamaah dg salat zhuhur dan Asar dg jahr bisa telp orang – orang sbb:
Di Solo hubungi bpk Ustadz  suwanto klaten 87736228892 - 87834705339 . 85728408102
Majalaya Bandung bisa hubungi no telp 085337049735 atas nama Bapak Amanah
Di Purworejo Jateng bisa hubungi  no telp 089615160877 atas nama Bapak Nur Abdillah  atau Bpk Anang telp 085647327455
Di kebomen , hub. 085747363187. atas nama  Bapak Edy samhudi
Di Bogor kec. Dramaga. Hub. 081398870198
Di Beji Depok utara, bisa hubungi telp 081384008118. atas nama  Bapak Rifki.
Di Magetan bisa hubungi telp  085856042114 atas nama  bapak Sumaryanto.
Di Nganjuk bisa hubungi telp  085733607795 atas nama Bapak Wahyudi.
Di  Jember bisa hubungi telp 085749966008  an  galang dwi aprilian
Di Kelatin  hub : 087834705339. Ust Suwandi
Purwokerto hub 085647327455  atas nama Anang
Di Palembang hub 085273125077. atas nama Bpk Mursyidi.
Di daerah Ancol Jakarta  hub Pak Suwandi  081318312473
Sebetulnya masih banyak , tp itu sebagian sj

 Grup WA baru sy   Masa il diniyah “ / “ Koreksi ajaran Islam klasik “
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan . 
Mau ikut , hub 08883215524 . 
0852-7312-5077
0 857-8715-4455 
0812-3270-051
0812-4194-6733
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan