Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata :
ولكن الصلاة بالنعلين غير واجبة، لحديث عمرو بن شعيب عن
أبيه عن جده قال: "رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يصلي حافياً ومنتعلاً"
[أخرجه أبو داود: كتاب الصلاة / باب الصلاة في النعل ( 653 )، وابن ماجه: كتاب
إقامة الصلاة / باب الصلاة في النعال ( 1038 )]، ولحديث أبي هريرة رضي الله عنه أن
النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إذا صلى أحدكم فخلع نعليه فلا يؤذ بهما
أحداً، ليجعلهما بين رجليه، أو ليصل فيهما" [أخرجه أبو داود: كتاب الصلاة / باب
المصلي إذا خلع نعليه أين يضعهما / (655 )]، قال العراقي: صحيح الإسناد، وعن أبي
هريرة رضي الله عنه أيضاً أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إذا صلى أحدكم
فلا يضع نعليه عن يمينه ولا عن يساره فتكون عن يمين غيره، إلا أن لا يكون عن يساره
أحد، وليضعهما بين رجليه" [أخرجه أبو داود: كتاب الصلاة / باب المصلي إذا خلع
نعليه أين يضعهما / ( 654 )]، وفي إسناده من اختلف فيه ويشبه أن يكون موقوفاً، وعن
عبد الله بن السائب رضي الله عنه قال: رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يوم الفتح
ووضع نعليه عن يساره [أخرجه الإمام أحمد 3/410، وأبو داود: كتاب الصلاة / باب
الصلاة في النعل ( 648 )، والنسائي: كتاب القبلة / باب أين يضع الإمام نعليه إذا
صلى بالناس ( 775 )، وابن ماجه: كتاب إقامة الصلاة / باب ما جاء في أين توضع النعل
إذا خلعت في الصلاة ( 1431 )].
http://ar.islamway.net/fatwa/16487/%D9%85%D8%A7-%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9-%D8%A8%D8%A7%D9%84%D9%86%D8%B9%D8%A7%D9%84
Intinya : Salat dg dua sandal tdk wajib karena ada hadis Amar bin Syauaib dari ayahnya
dari kakeknya :
; Saya pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam mengerjakan shalat dengan kaki telanjang kdg memakai sandal.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Al bani menyatakan:
الثمر المستطاب في فقه السنة والكتاب (1/ 352)
خرجه أبو داود وعنه البيهقي وابن ماجه والطحاوي وأحمد عن
عمرو بن سعيب عن أبيه عن جده
وهذا سند حسن أو صحيح على الخلاف المشهور فيه
Sanad hadis tsb hasan
atau sahih , tp masih hilaf yg popupler ./
masih terkenal hilafnya .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis itu kdg dibuat pegangan menjlankan salat
boleh dg sandal boleh tidak.
Hadis tsb anda temui di kitab manapun, hakikatnya ia
bermuara pd satu orang yaitu Amar bin
Syuaib.
و قال على ابن المدينى ، عن يحيى بن سعيد : حديثه عندنا
واه .
Intinya : Dia perawi yg sangat lemah.
و قال على ، عن سفيان بن عيينة : كان إنما يحدث عن أبيه ،
عن جده ، و كان حديثه
عند الناس فيه شىء .
Sofyan bin Uyainah
menyatakan : Hadis nya menurut
manusia ada sesuatu.
و قال أبو الحسن الميمونى : سمعت
أحمد بن حنبل يقول : عمرو بن شعيب له أشياء
مناكير ، و إنما يكتب حديثه يعتبر به ، فأما أن يكون حجة
فلا .
Intinya: Hadisnya banyak yg munkar , tdk bisa di buat hujjah.
و قال أبو داود ، عن أحمد بن حنبل : أصحاب الحديث إذا
شاءوا احتجوا بحديث عمرو
ابن شعيب ، عن أبيه ، عن جده ، و إذا
شاءوا تركوه .
Intinya menurut Imam Ahmad bin Hambal . Ahli hadis kdg
memakainya sbg hujjah , kadang tidk.
Abu Hatim menyatakan:
Intinya, kalau dia ( Amar
bin Syuaib ) meriwayatkan dari ayahnya dari kakeknya , mk jls lemahnya.
Lebih jlsnya lihat disini :
http://mantankyainu.blogspot.co.id/2016/10/salat-dg-memakai-sandal.html
Jd landasan yg di pakai
oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin tdk kuat, dan tdk bisa di gunakan untuk
menyatakan salat dg sandal tdk wajib.
Alasan kedua dr
Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin
adalah hadis Abu Hurairah yg memerintahkan bila kita salat lalu
melepaskan sandal , hendaklah sandal itu
di letakkan di antara dua kaki.
Hadis tsb tlh di
bahas kemarin tentang kelemahannya
karena kacau makna dan lafadhnya. Bahkan Syaikh Muhammad bin Shalih al
Utsaimin sendiri menyatakan : Sanadnya
masih ada perawi yg diperselisihkan. Bahkan
mirip hadis mauquf.
Kurang jls klik disini : http://mantankyainu.blogspot.co.id/2016/10/salat-dengan-sandal.html
Jd landasannya masih
lemah jg.
Untuk hadis ketiga yg di buat landasan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al
Utsaimin adalah saat Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam melakukan salat dg
meletakkan sandalnya di sebelah kiri
ketika penaklukan kota Mekkah.
Ternyata hadis itu masih hilap, sebab ada hadis yg lebih sahih yg menyatakan saat itu
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
mengenakan khuf bukan sandal
Lebih jlsnya boleh
dilihat disini:
http://mantankyainu.blogspot.co.id/2016/10/salat-pakai-sandal.html
Jd tiga hadis yg di buat landasan untuk menyatakan salat dg
sandal sunnah bukan wajib adalah lemah .
Sy ikut perintah
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
dlm hadisnya:
خَاِلفُوا اْليَهُوْدَ ؛ فَإِنَّهُمْ لاَ يُصَلُّوْنَ فِي
نِعَالِهِمْ وَلاَ خِفَافِهِمْ
“Bedakan diri dengan Yahudi, mereka tidak shalat dengan
mengenakan sandal dan tidak memakai khuf mereka” (HR. Abu Dawud, Al Hakim) Al
bani mensahihkan.
حَدِيْثُ أَنَسِ
بْنِ مَالِكٍ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ يَزِيْدَ الأَزْدِيِّ، قَالَ: سَأَلْتُ أَنَسَ
بْنَ مَالِكٍ: أَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّي فِيْ نَعْلَيْهِ قَالَ: نَعَمْ
أَخْرَجَهُ الْبُخَارِيْ فِى : 8 كِتَابُ الصَّلاَةِ : 24 بَابُ الصَّلاَةِ فِي النِّعَالِ
325.Said ibu Yazid Al Azdi menuturkan: “Aku pernah bertanya
kepada Anas ibnu Malik, apakah Nabi saw pernah shalat di atas kedua sandalnya?”
Jawab Anas ra: “Ya, pernah.” (Bukhari, 8, kitab shalat, 24, bab
shalat memakai sandal).
Allu`lu` wal
marjan 167/1 Al albani berkata : sahih
Lihat di kitab karyanya : Sahih wa dho`if sunan Tirmidzi 400/1
Dan masih banyak tuntunan hadis tentang salat Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam yg
menggunakan sandal.
Sy blm mengetahui dalil yg kokoh bg orang yg menyatakan
pakai sandal dlm salat hanya sunat sj
bukan wajib. Sampai detik ini sy masih
mencari dalil yg kokoh bg orang yg
menyatakan spt itu , dn blm ketemu.
Bersambung………………..
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan
.
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan