أخرج البخاري بسنده عن عائشة رضي الله
عنها قالت: نزلت هذه الآية (ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها) في الدعاء.
وقالت عائشة -رضي الله عنها- في كتاب
مسلم: "أنزلت هذه في الدعاء" (46).
Intinya menurut Aisyah ayat 110 Isra` di
turunkan dlm masalah doa . Muttafaq alaih.
Jadi masalah mengeraskan suara dg suara
sedang itu bukan untuk bc al quran waktu
salat tp untuk doa.
Menurut hadis tsb dlm berdoa hendaknya kita bc sebagaimana bacaan ayat dlm salat Maghrib yg kita lakukan
sekarang ini . Ya`ni dg suara sedang.
Bila bgt , mk blum ada ulama yg
menjalankannya.
Lantas sekarng, mn perintah bc dg suara
sedang untuk bacaan al Quran dlm salat
kita. Jls tdk ada , sebab ayat 110 al
isra` menurut hadis itu untuk doa bukan untuk bc al quran dlm salat.
Jd bacaan dlm salat Maghrib , Isya` dibc dg
jahr tdk punya dalil , tdk punya
landasan perintah dr Allah dan
ini tdk mungkin.
Hrs ada perintah dari Allah tentang bacaan berbisik atau suara sedang.
Bila tdk ada, mk tdk ada panduan dri Allah . Akhirnya boleh
dibc jahr juga boleh dibc dg sirr.
Hadis yg menyatakan sebab turunnya ayat 110 untk doa itu
bertentangan dg hadis yg muttafaq alaih sbb:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا : فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ ( وَلَا تَجْهَرْ
بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا ) قَالَ نَزَلَتْ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَوَارٍ بِمَكَّةَ فَكَانَ إِذَا صَلَّى
بِأَصْحَابِهِ رَفَعَ صَوْتَهُ بِالْقُرْآنِ فَإِذَا سَمِعَ ذَلِكَ الْمُشْرِكُونَ
سَبُّوا الْقُرْآنَ وَمَنْ أَنْزَلَهُ وَمَنْ جَاءَ بِهِ فَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى
لِنَبِيِّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ( وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ )
فَيَسْمَعَ الْمُشْرِكُونَ قِرَاءَتَكَ ( وَلَا تُخَافِتْ بِهَا ) عَنْ
أَصْحَابِكَ أَسْمِعْهُمُ الْقُرْآنَ وَلَا تَجْهَرْ ذَلِكَ الْجَهْرَ ( وَابْتَغِ
بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا ) يَقُولُ بَيْنَ الْجَهْرِ وَالْمُخَافَتَةِ *
Dari Ibnu Abbas r.a: Tentang firman Allah:
Dan janganlah kamu meninggikan suaramu dalam salat dan jangan pula memperlahankannya. Katanya:
Ayat ini diturunkan ketika
Rasulullah s.a.w masih
merahasiakan dakwah di Mekkah . Apabila
baginda salat bersama para Sahabat,
baginda meninggikan suaranya waktu membaca al-Quran . Apabila orang-orang
musyrik mendengarnya, mereka memaki al-Quran , Allah yang menurunkannya dan orang yang membacanya.
Maka Allah s.w.t berfirman kepada NabiNya s.a.w: Janganlah kamu meninggikan suaramu di dalam
salat mu ,nanti orang-orang musyrik mendengar bacaanmu. Dan jangan pula
memperlahankannya nanti sahabatmu tidak mendengarnya. Perdengarkan
al-Quran kepada mereka, tetapi jangan
terlalu tinggi, carilah cara yang
sederhana di antara keduanya. Jadi baginda membaca sederhana antara tinggi dan
perlahan Muttafaq alaih
, Bukhori 4353
Intinya menurut hadis
tsb, ayat 110 al Isra` di turunkan dlm
masalah bacaan l quran dlm salat.
Bukan dlm rangka
doa di dalam salat atau diluarnya.
Bila kita pakai
hadis Aisyah yg pertama mk kita tinggalkan hadis sahih muttafaq alaih ini
yg dari Ibnu Abbas
Menurut hadis Aisyah
, sebab nuzulnya ayat 110
untuk doa dan menurut hadis Ibn Abbas
sebab nuzulnya untuk
bacaan al quran dlm salat.
Keduanya sama
muttafaq alaih.
Cuman , ulama
ternyata mengikuti hadis IBnu Abbas ini.
التوضيح لشرح الجامع الصحيح (22/ 566)
ورجح النووي رواية ابن عباس، وقال: إنه
الأولى والمختار
ورجح الطبري 15/188 حديث ابن عباس، قال:
لأنه أصح مخرجا، واشبه الأقوال بما دل عليه ظاهر التزيل
Intinya : Imam Nawawi dan THobari mentarjih
riwayat Ibnu Abbas, karena ia solusi
terbaik dan paling cocok dengan literlek
lafadh ayat 110.
Kita jg ikut pakem Usul sbb :
اْلعِبْرَةُ بِعُمُوْمِ اللَّفْظِ لاَ بِخُصُوْصِ
السَّبَبِ
Maksud dr pakem itu adalah : Kita ikut pengertian ayat scr umum bukan terikat pd asbabun nuzulnya.
Pd hal kalimat ayat dlm 110 adalah
sholat sbb :
وَلَا
تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ
بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا
dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu"
Dlm
ayat ini , kita dilarang
mengeraskan dlm salat bukan doa.
Kita
ikut leterlek lafadh quran sj ,
bukan asbabun nuzulnya.
Bila kita ikut asbabun nuzul versi
Aisyah tadi , kita akan nentang makna ayat 110 scr harfiyah. Lalu kita ikut hadis
Aisyah yg muttafaq alaih yg bertentangan dengan hadis Ibn Abbas yg muttafaq alaih jg.
Kita dlm hal ini akan buang ayat juga buang hadis Ibnu Abbas .
Hadis
Aisya yg menyatakan asbabun nuzul
ayat 110 Isra itu jg bertentangan dg ayat lain sbb:
ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا
وَخُفْيَةً ۚ
إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah
diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang
melampaui batas. 55 al a`raf .
أيسر التفاسير للجزائري (2/ 182)
حال كونكم ضارعين متذللين مخفي الدعاء
غير رافعين أصواتكم به.
Intinya berdoa dg merendahkan diri dan tdk mengeraskan suara.
Tanda
hadis lemah adalah bertentangan
dg al Quran.
Syaihk As suba`I telah
merumuskan tanda kelemahan hadis sampai tujuh belas point.
Yang nomer sembilan sbb:
9ـ ألا يخالف القرآن
“Hadis itu harus tdk
bertentangan dengan al quran” .
Bila hadis tsb
mash disahihkan , maka mana yg kita ambil , al qurannya atau hadisnya.
Hadis Aisyah itu
jg bertentangan dengan hadis sahih lg
sbb:
ارْبَعُوا عَلَى
أَنْفُسِكُمْ إِنَّكُمْ لاَ تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلاَ غَائِبًا إِنَّكُمْ تَدْعُونَ
سَمِيعًا قَرِيبًا، وَهُوَ مَعَكُمْ
Sabda Rasulullah
saw : “Kasihinilah diri kalian, sesungguhnya kalian tidak menyeru Dzat yang
tuli dan yang gaib. Sesungguhnya kalian menyeru Dzat yang Maha Mendengar dan
Maha Dekat dan Dia menyertai kalian.” Muttafaq
alaih
Jd kondisi hadis
Alisya sekalipun dikatakan muttafaq alaih, ttp di katakan lemah karena bertentangan dg
ayat dan hadis muttafaq alaih yg lain.
Penilaian dr
sg sanad sbb:
-
تعليق أيمن صالح
شعبان - ط دار الكتب العلمية]
- صحيح: أخرجه البخاري (6/109) قال: حدثني
طلق بن غنام. قال: حدثنا زائدة. وفي (8/89) قال: حدثنا علي. قال: حدثنا مالك بن
سعير. وفي (9/188) قال: حدثنا عبيد بن إسماعيل. قال: حدثنا أبو أسامة. و «مسلم»
(2/34) قال: حدثنا يحيى بن يحيى. قال: أخبرنا يحيى بن زكريا. (ح) وحدثنا قتيبة بن
سعيد. قال: حدثنا حماد، يعن ابن زيد (ح) وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة. قال:
حدثناأبو أسامة ووكيع (ح) وحدثنا أبو كريب. وقال: حدثنا أبو معاوية. و «النسائي»
في الكبرى «تحفة الأشراف» (12/17094) عن هارون بن إسحاق، عن عبدة بن سليمان. وفي
(12/17332) عن شعيب بن يوسف. وعن يحيى بن سعيد القطان. و «ابن خزيمة» (707) قال:
حدثنا سلم بن جنادة. قال: حدثنا حفص، يعني ابن غياث.
- عشرتهم - زائدة، ومالك بن سعير، وأبو
أسامة، ويحيى بن زكريا، وحماد بن زيد، ووكيع، وأبو معاوية، وعبدة، ويحيى بن سعيد،
وحفص - عن هشام بن عروة، عن أبيه، فذكره.
ــ هشام بن عروة بن الزبير بن
العوام القرشى الأسدى ، أبو المنذر ، و قيل أبو عبد الله المدنى
-
الطبقة : 5 : من صغار التابعين
-
الوفاة : 145 أو 146
هـ
Intinya
hadis Aisyah yg menyatakan
asbabun nuzul ayat 110 dlm masalah doa
adalah tafarrud pd Hisyam bin Urwah , tiada orang lain.
Yakni tiada
yg meriwayatkan kecuali dia . Sampai
th 150 H , hanya Hisyam sj
yg tahu
hadis itu. Dan ini sinyal kelemahan hadis sbgmn keterangan dlm artikel yg lalu. Tiada tabiin lain yg tahu kecuali
dia.
Ia jg bertentangan dg riwayat Aisyah yg lain yg di sahihkan oleh
Ibn Huzaimah sbb:
مِنَ السُّنَّةِ أَنْ تُخْفِيَ
التَّشَهُّدَ.
707 - أَنَا أَبُو طَاهِرٍ، نَا أَبُو
بَكْرٍ، نَا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، نَا حَفْصٌ -يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ- عَنْ
هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:
نَزَلَتْ هَذِهِ
الْآيَةُ فِي التَّشَهُّدِ (وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا)
[الإسراء: 110].
Intinya : Ayat 110 al isra` di
turunkan dlm masalah tasyahhud , riwayat Aisyah jg.
Dg demikian, hadis Aisyah itu
lemah karena kacau redaksinya.
Bila di sahihkan , kita
mensahihkan hadis yg bertengangan . Dan hal ini melanggar kaidah hadis
sbb:
وَذُو
اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ
اْلفَنِ
Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Jd kesimpulannya
bc al quran dlm salat masih ttp bersuara sedang dlm salat apapun, baik waktu siang maupun malam.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan