.
Maksud tafarrud
hanya seorang perawi yg meriwayatkannya sbgmn
hadis amal perbuatan terserah
niatnya. Mlh tafarrud dlm empat tingkat
sbgmn keterangan kemarin.
Imam Abu Hanifah menyatakan sinyal kelemahan hadis adalah perawi
secara sendirian meriwayatkan hadis bukan sahabat yg lain .
3ـ
ألا يكون فيما تعم به البلوى العلمية أو العملية، أي أن المحدث يتفرد بحديث في حين
سائر الصحابة لا يعلمون مع أنه من الأمور العلمية العامة
3. Agar tidak termasuk musibah ilmiyah atau
amaliyah yg umum – yaitu seorang
perawi hadis menyampaikan hadis secara
sendirian. Pada hal sahabat yg
lain tidak mengetahui. Dan ia termasuk
masalah ilmiyah yg umum.
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
د . ماهر ياسين الفحل
ملاحظة1: قال الشيخ الطريفي: إذا قال
الإمام أحمد (حديث منكر) أي موضوع، وإذا قال (منكر) بدون لفظة (حديث) فالمراد به ((الغرابة))
أو ((المخالفة)).
ملاحظة2: قال الحافظ في قول الإمام (منكر
الحديث) هذه اللفظة يطلقها أحمد على من يُغْرِبُ (أي يتفرد وإن لم يخالف) على
أقرانه بالحديث.
DR Mahir Yasin al Fuhl menyatakan :
Perhatian :
Syaikh Al Tharifi
berkata: Bila Imam Ahmad berkata: Hadis munkar – maksudnya palsu. Bila
berkata Munkar tanpa kalimat hadis, maksudnya Gharib ( nyeleneh ) atau Mukhalafah - menyalahi
Perhatian ke dua .
Al Hafidh berkata
tentang perkataan Imam Ahmad : Hadis
munkar > Kalimat ini di katakan oleh Imam Ahmad untuk
perawi yg menyampaikan hadis yg gharib / nyeleneh - dia
sendiri yg meriwayatkan sekalipun
tidak menyalahi kpd teman semasanya dlm
meriwayatkan hadis.
Sumber:
المصدر : محاضرات في علوم الحديث د. ماهر
ياسين الفحل
http://www.startimes.com/f.aspx?t=33294917
ويعرف الباحث أن الحافظ إبن حجر قد أشار
إلي أن الإمام أحمد بن حنبل والإمام النسائي قد يطلقون على المُتفرد برواية الحديث
ولم يشاركه فيه أحدٌ بالنكارة
Intinya : ibn Hajar jg menyatakan kpd perawi yg scr
sendirian meriwayatkan hadis dg munkar .
Hadis tsb munkar.
قلتُ لأَبِي: ما حالُ هَذَا الحديث؟
فَقَالَ أَبِي: لم يَرْوِ هَذَا الحديثَ أحدٌ عَنِ النبيِّ صلى الله عليه وسلم
غيرُ بُرْدٍ، وَهُوَ حديثٌ مُنكَرٌ، لَيْسَ يَحْتَمِلُ الزُّهْريُّ مثلَ هَذَا
الحديث، وَكَانَ بُرْدٌ يرى القَدَر
Intinya :
Abu Hatim juga menyatakan
kepada perawi yg scr sendirian meriwayatkan hadis dg hadis munkar.
- إذا ترجح لدى الناقد وقوع الوهم والخطأ
في الإسناد الذي تفرد به الثفة ، ويستدل على هذا بقرائن ، مثل : النكارة في المتن
، وأمور أخرى تصاحب التفرد .
Intinya , sanad yg tafarrud ini bila terdapat kekeliruan
dg dalih redaksinya atsar atau hadis munkar ( mk tdk bisa di terima )
Dalam majalah Buhus Islamiyah terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن
ينظر أن من قرائن الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه
العموم،
مجلة البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm
untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah
tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum
وربما يستنكرون بعض تفردات الثقات
الكبار أَيْضاً ولهم في كُلّ حَدِيْث نقد خاص ، وليس عندهم لِذَلِكَ ضابط يضبطه ))
(9) .
(9)
شرح علل الترمذي 2/
406
Intinya , Terkadang pr ulama ahli hadis ingkar kpd hadis – hadis tafarrud
dr perawi terpercaya yg kibar ……………………………..,
syaikh mahir yasin brkata :
تفرد في الطبقات
المتقدمة :كطبقة الصَّحَابَة ، وطبقة كبار التَّابِعِيْنَ ، وهذا التفرد مقبول إذا
كَانَ راويه ثقة
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Intinya : Menurut belaiu tafarrud sahabat atau
kibarut tabiin bisa di terima.
Sy katakan:
Dan yahya bin Said perawi
hadis innamal a`malu binniyat tdk
termasuk kibarut tabiin. Makanya riwayatnya yg tafarrud tertolak.
قال ابن رجب : " وأما أكثر الحفاظ
المتقدمين فإنهم يقولون في الحديث إذا تفرد به واحد وإن لم يرو الثقات خلافه : إنه
لا يتابع عليه ، ويجعلون ذلك علة فيه ، اللهم إلا أن يكون ممن كثر حفظه واشتهرت
عدالته وحديثه كالزهري ونحوه ، وربما يستنكرون
http://www.alifta.net/fatawa/fatawasubjects.aspx?View=Page&HajjEntryID=0&HajjEntryName=&NodeID=10174&PageID=11527&SectionID=2&SubjectPageTitlesID=18370&MarkIndex=1&0&languagename
Intnya : Tfarrud
itu merupakat cacat dlm hadis.
Syaikh Abd Qadir al Muhammadi menyatakan:
والتفرد:هو ما يقول فيه المحدثون النقاد
:" حديث غريب "، أو " تفرد به فلان "، أو " هذا حديث لا
يعرف إلاّ من هذا الوجه" أو"لا نعلمه يروى عن فلان إلاّ من حديث فلان".
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=27740
Kadang mereka katakana untuk tafarrud dg kalimat hadis gharib, atau fulan sendirian dlm meriwayatkannya , hadis itu tdk
di kenal kecuali dri jalur ini ……………………….
Jadi hadis amal
perbuatan terserah niatnya itu lemah karena tafarrud bukan satu orang tp empat tingkatan perawi yg tafarrud.
Dan suatu saat
akan sy tunjukkan redaksinya jg kacau.
Rasionalisasi sj.
Hadis amal perbuatan terserah niatnya itu tdk di
ketahui kalangan sahabat kecuali Umar bin Khatthab .
Jadi ribuan sahabat sampai mati tdk ngerti hadis itu.
Bahkan sampai seratus
tahun Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam wafat , hadis itu hanya di ketahui seorang bukan dua atau tiga.
Sy ikut ribuan tabiin dan sahabat yg tdk kenal hadis itu
sampai mati. Jd mereka salat , wudhu
puasa tanpa niat sbgmn orang
sekarang.
Mereka hanya punya
tujuan mencari rida Allah . Cukup, tidk usah ditambah – tambah.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh
persaudaraan .
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan