Hadis dr Abu Hurairah
إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ، فَلاَ يَضَعْ نَعْلَيْهِ عَنْ
يَمِينِهِ، وَلاَ عَنْ يَسَارِهِ، فَتَكُونَ عَنْ يَمِينِ غَيْرِهِ، إِلاَّ أَنْ
لاَ يَكُونَ عَنْ يَسَارِهِ أَحَدٌ، وَلْيَضَعْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ
1."Apabila salah seorang di antara kalian melaksanakan
shalat, janganlah dia meletakkan dua sandalnya di sisi kanan atau kirinya
sehingga menjadi di sisi kanan orang lain, kecuali di sisi kirinya tidak ada
orang lain, dan hendaklah dia meletakkannya di antara kedua kakinya."
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis tsb riwayat Abu Hurairah memerintah agar
melaksanakan salat dg meletakkan dua sandalnya di antara dua kakinya. Sandalnya tdk dipakai. Di riwayat lain yg sama dr Abu Hurairah sbb
إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فِي نَعْلَيْهِ، فَأَرَادَ أَنْ
يَخْلَعْهُمَا، فَلْيَخْلَعْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ، وَلاَ يَضَعْهُمَا إِلَى
جَنْبِهِ، يُؤْذِي بِهِمَا أَحَدًا.) ".
2. BIla seseorang
melakukan salat dg dua sandalnya , lalu hendak melepaskannya, maka letakkan
di antara dua kakinya. …………………….
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di hadis pertama tadi
tiada keterangan memakai dua
sandal waktu salat. Tp di riwayat nomer
dua ini ada keterangan tsb. Dan ada
tambahan jangan menyakiti orang
karena dua sandal itu.
Lalu apakah sabda Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam yg bertentangan spt ini bisa di katakan sahih. Bila di
sahihkan, mn yg benar dr perkataan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan mn yg bukan . Sulit di bedakan , disamakan
pengertiannya jg tdk bisa.
- وفي رواية: " (إِذَا صَلَّى
أَحَدُكُمْ، فَلْيَلْبَسْ نَعْلَيْهِ، أَوْ لِيْخْلَعْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ،
وَلاَ يُؤْذِ بِهِمَا غَيْرَهُ.) ".
3. Di riwayat nomer tiga ini malah beda lg. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerintah pakai sandal, jg boleh tdk pakai
…………………..
- وفي رواية: " (إِذَا صَلَّى
أَحَدُكُمْ وَخَلَعَ نَعْلَيْهِ، فَلْيَجْعَلْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ، وَلاَ
يُؤْذِ بِهِمَا غَيْرَهُ.) ".
4. Bila waktu salat melepaskan dua sandalnya , mk
letakkan di antara dua kakinya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mirip – mirip dg yg lalu
tp lafadhnya beda.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sebagian ulama melarang dlm meriwayatkan hadis beda lafadh, hrs
persis dg lafadh yg di sabdakan oleh
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam .
Namun sbagaian yg lain boleh riwayat
bilmakna.Tp jangan beda maksud, beda maknanya juga.
- وفي رواية: " (أَلْزِمْ نَعْلَيْكَ قَدَمَيْكَ، فَإِنْ
خَلَعْتَهُمَا فَاجْعَلْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْكَ، وَلاَ تَجْعَلْهُمَا عَنْ
يَمِينِكَ، وَلاَ عَنْ يَمِينِ صَاحِبِكَ، وَلاَ وَرَاءَكَ، فَتُؤْذِيَ مَنْ
خَلْفَكَ.) ".
5.Pakailah sandalmu
……………………………
Riwayat yg terahir dan sama dr Abu Hurairah nya ini malah
memerintahkan memakai sandal ……………….
Tp ia sangat lemah
sanadnya.
Jadi hadis tentang
tdk makai sadal dr Abu Hurairah kali ini tdk bisa di buat pegangan karena kacau
makna dan redaksinya.
Bila di buat pegangan, mk yg mana ?
Lalu kpn Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan para
sahabat waktu salat meletakkan
kedua sandalnya di antara dua kakinya.
Ini yg sulit di cari hadisnya.
Jg bertentangan dg hadis :
"خالفوا اليهود، فإنهم لا
يصلون في نعالهم، ولا خفافهم".
Berbedalah dg Yahudi,
sesungguhnya mrk tdk melakukan salat dg sandal atau pantopelnya. HR Abu Dawud , di sahihkan oleh al albani
فهذا الحديث رواه أبو داود وغيره، ولفظه: "خَالِفُوا
الْيَهُودَ فإِنّهُمْ لا يُصَلّونَ في نِعَالِهِمْ وَلاَ خِفَافِهِمْ". وصححه
الشيخ الألباني
http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=41475
المسند الجامع (16/ 587)
- عَنْ يُوسُفَ بْنِ مَاهَكَ، عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ:
(إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ، فَلاَ
يَضَعْ نَعْلَيْهِ عَنْ يَمِينِهِ، وَلاَ عَنْ يَسَارِهِ، فَتَكُونَ عَنْ يَمِينِ
غَيْرِهِ، إِلاَّ أَنْ لاَ يَكُونَ عَنْ يَسَارِهِ أَحَدٌ، وَلْيَضَعْهُمَا بَيْنَ
رِجْلَيْهِ.) ".
أخرجه أبو داود (654) قال: حدَّثنا الحسن بن علي. و ((ابن
خزيمة)) ]] 1016 قال: حدَّثنا بندار (ح) وحدَّثنا يعقوب بن إبراهيم الدورقي. و ((ابن
حبان)) ]] 2188 قال: أَخْبَرنا أحمد بن يحيى بن زهير، قال: حدثنا محمد بن بشار.
ثلاثتهم (الحسن بن علي، ومحمد بن بشار، بندار، ويعقوب) قالوا:
حدَّثنا عثمان بن
عُمر، حدَّثنا صالح بن رستم، أبو عامر، عن عبد الرحمن بن
قيس، عن يوسف بن ماهك، فذكره.
Intinya hadis nomer
satu td dr seorang perawi bukan dua atau tiga yaitu Usman bin Umar.
* * *
12834- عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي
سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عن أبي هُرَيْرَةَ؛ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى
الله عليه وسلم:
أَلْزِمْ نَعْلَيْكَ قَدَمَيْكَ، فَإِنْ خَلَعْتَهُمَا
فَاجْعَلْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْكَ، وَلاَ تَجْعَلْهُمَا عَنْ يَمِينِكَ، وَلاَ
عَنْ يَمِينِ صَاحِبِكَ، وَلاَ وَرَاءَكَ، فَتُؤْذِيَ مَنْ خَلْفَكَ.
أخرجه ابن ماجة 1432 قال: حدَّثنا إسحاق بن إبراهيم بن
حبيب، ومحمد بن إسماعيل، قالا: حدَّثنا عبد الرحمن المحاربي، عن عبد الله بن سعيد
بن أبي سعيد. و"ابن خزيمة" 1009 قال: حدَّثنا يونس بن عبد الأعلى،
أَخْبَرنا ابن وهب، أَخْبَرنا عياض بن عبد الله القرشي، وغيره.
كلاهما (عبد الله بن سعيد، وعياض بن عبد الله) عَنْ
سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ , فذكره.
Intinya hadis nomer lima jg dr Said bin Abu Said sj
bukan lainnya ……..
Untuk hadis lainnya
bisa di lihat dlm kitab ini:
لمسند الجامع (16/ 589)
أخرجه عبد الرزاق (1519) عن عبد الله بن زياد بن سمعان. و ((ابن ماجة))
]] 1432 قال: حدَّثنا إسحاق بن إبراهيم بن حبيب، ومحمد بن إسماعيل، قالا: حدَّثنا
عبد الرحمن المحاربي، عن عبد الله بن سعيد بن أبي سعيد. و ((ابن خزيمة)) ]] 1009
قال: حدَّثنا يونس بن عبد الأعلى، أَخْبَرنا ابن وهب، أَخْبَرنا عياض بن عبد الله
القرشي، وغيره. و ((ابن حبان)) ]] 2183 قال: أَخْبَرنا ابن خزيمة، حدثنا يونس بن
عبد الأعلى، حدثنا ابن وهب، أخبرني عياض بن عبد الله القرشي، وغيره. وفي (2187) قال:
أَخْبَرنا محمد بن الحسن بن قتيبة، قال: حدثنا حرملة بن يحيى، قال: حدثنا ابن وهب،
قال: حدثنا عياض بن عبد الله.
ثلاثتهم (عبد الله بن زياد، وعبد الله بن سعيد، وعياض بن
عبد الله) عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا
هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم:
(إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فِي
نَعْلَيْهِ، فَأَرَادَ أَنْ يَخْلَعْهُمَا، فَلْيَخْلَعْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ،
وَلاَ يَضَعْهُمَا إِلَى جَنْبِهِ، يُؤْذِي بِهِمَا أَحَدًا.)
".
- وفي رواية: " (أَلْزِمْ
نَعْلَيْكَ قَدَمَيْكَ، فَإِنْ خَلَعْتَهُمَا فَاجْعَلْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْكَ،
وَلاَ تَجْعَلْهُمَا عَنْ يَمِينِكَ، وَلاَ عَنْ يَمِينِ صَاحِبِكَ، وَلاَ
وَرَاءَكَ، فَتُؤْذِيَ مَنْ خَلْفَكَ.) ".
- وفي رواية: " (إِذَا صَلَّى
أَحَدُكُمْ، فَلْيَلْبَسْ نَعْلَيْهِ، أَوْ لِيْخْلَعْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ،
وَلاَ يُؤْذِ بِهِمَا غَيْرَهُ.) ".
- وفي رواية: " (إِذَا صَلَّى
أَحَدُكُمْ وَخَلَعَ نَعْلَيْهِ، فَلْيَجْعَلْهُمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ، وَلاَ
يُؤْذِ بِهِمَا غَيْرَهُ.) ".
ليس فيه: " (عن أبيه)
".
أشار الدارقطني إلى أن ابن سمعان رواه عن سعيد المقبري،
عن أبيه، ولكن في المطبوع من مصنف عبد الرزاق ليس فيه: عن أبيه يراجع.
Walau demikian , sy
masih blm punya keputusan apakah wajib
mengenakan sandal atau boleh menjalankan
salat tanpa sandal. Sbb masih banyak hadis yg mesti kita teliti dlm kitab –
kitab hadis.
Bila diputuskan tanpa
mengkaji matan hadis , dan sanad seluruh hadis yg berkaitan dlm masalah ini mk sangat riskan , sangat membahayakan.
Kita katakana sunah ,
barang kali yg benar adalah wajib memakai sandal ketika salat.
Bila kita putuskan wajib tanpa meneliti jalur – jalur
hadisnya, di hawatirkan menyesatkan diri
dan orang banyak.
Oleh karena itu, kita masih menunggu dulu. …………… dg sabar agar mendapat ilmu setelah di kaji , bukan
ilmu yg landasannya taklid sj.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh
persaudaraan .
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan