Kamis, Juli 28, 2011

Tolong seriuslah dalam mengeritisi artikel saya

Di tulis oleh Mahrus ali .
Anonim mengatakan... http://mantankyainu.blogspot.com/2011/06/gus-miek-kyai-nyeleneh.htm
sorry bro ikut nimbrung... ane rasa kok lambat laun orang2 dlm pandangan antum g ada yg bener to...??? Antum suka mengkritik mudah2an antum juga termasuk org2 yg bs menerima kritikan..

Komentarku ( Mahrus ali )

   Mana yang benar dan mana yang keliru dari keritikan saya itu? Saya membenarkan kepada orang yang benar dan menyalahkan kepada orang yang salah menurut syariat.Jangan sampai saya menyalahkan orang benar dan membenarkan orang yang salah.Dan memang kebanyakan orang keliru . Lihat firman Allah :
وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي اْلأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللهِ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلاَّ الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلاَّ يَخْرُصُونَ
"Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah". (QS. Al-An'am : 116).
Menurut ayat itu , kebanyakan manusia itu sesat, sedikit sekali dari mereka yang lurus . Apakah kamu punya paham kebalikannya  yaitu kebanyakan manusia di jalan lurus dan sedikit sekali yang sesat. Bila anda berpandangan sebagaimana  yang terahir ini yaitu kebanyakan manusia lurus maka anda termasuk berpandangan dengan ajaran setan bukan ajaran Allah . Bila anda masih merasa benar , ber arti anda termasuk ayat ini :
أَفَمَنْ زُيِّنَ لَهُ سُوءُ عَمَلِهِ فَرَآهُ حَسَنًا فَإِنَّ اللَّهَ يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ فَلَا تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِمَا يَصْنَعُونَ
Maka apakah orang yang dijadikan (syaitan) menganggap baik pekerjaannya yang buruk lalu dia meyakini pekerjaan itu baik, (sama dengan orang yang tidak ditipu oleh syaitan)? maka sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya; maka janganlah dirimu binasa karena kesedihan terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.[1]

Ada ayat lagi sbb :
فَلَوْلَا كَانَ مِنَ الْقُرُونِ مِنْ قَبْلِكُمْ أُولُو بَقِيَّةٍ يَنْهَوْنَ عَنِ الْفَسَادِ فِي الْأَرْضِ إِلَّا قَلِيلًا مِمَّنْ أَنْجَيْنَا مِنْهُمْ وَاتَّبَعَ الَّذِينَ ظَلَمُوا مَا أُتْرِفُوا فِيهِ وَكَانُوا مُجْرِمِينَ
Maka mengapa tidak ada dari umat-umat yang sebelum kamu orang-orang yang mempunyai keutamaan yang melarang daripada (mengerjakan) kerusakan di muka bumi, kecuali sebahagian kecil di antara orang-orang yang telah Kami selamatkan di antara mereka, dan orang-orang yang zalim hanya mementingkan kenikmatan yang mewah yang ada pada mereka, dan mereka adalah orang-orang yang berdosa.[2]
 Allah dalam ayat tsb menyatakan sedikit sekali orang yang ber amar ma`ruf ke jalanNya dan mayoritas manusia melakukan kerusakan di muka bumi dan mendambakan kenikmatan duniawi. Realitanya banyak muballigh , banyak pendengarnya , biasanya tabligh sedemikian ini di hadiri dari kalangan ahli bid`ah yang sesat ngaku benar dan menyalahkan ahli hadis yang benar .Muballighnya menyesatkan karena menyampaikan ajaran yang menyenangkan umat dan menyimpan ajaran yang di benci umat. Ada hadis sbb :
دُعَاةٌ عَلَى أَبْوَابِ جَهَنَّمَ مَنْ أَجَابَهُمْ إِلَيْهَا قَذَفُوهُ فِيهَا فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ صِفْهُمْ لَنَا قَالَ نَعَمْ قَوْمٌ مِنْ جِلْدَتِنَا وَيَتَكَلَّمُونَ بِأَلْسِنَتِنَ

 "Para dai yang menyeru kepada pintu-pintu neraka jahanam, barang siapa yang memenuhi panggilan mereka, niscaya para dai-dai tersebut akan melemparkannya ke dalam jahanam", kemudian Hudzaifah ibnul Yaman (sahabat periwayat hadits ini) berkata : 'Siapakah mereka itu wahai Rasulullah, jelaskan sifat-sifat mereka kepada kami? Rasulullah salallahu'alahi wasallam bersabda : "Mereka adalah suatu kaum dari jenis kulit kita dan berbicara dengan bahasa kita". [Diriwayatkan oleh Muslim].

Anda menyatakan :
Antum suka mengkritik mudah2an antum juga termasuk org2 yg bs menerima kritikan..
Komentarku ( Mahrus ali )
Saya minta tolong  bukan basa basi tapi serius  kepada anda dan lain anda bila anda temui ajaran saya yang keliru di blog ini , buku, cd pengajian , maka saya mohon anda  untuk segera menulis di kolom komentar, jangan diam , lalu sakit hati. Insya Allah akan saya cantumkan di blog dan tidak saya simpan. Bila benar akan saya revisi artikel saya . Bila kritikanmu salah akan saya tunjukkan kesalahannya di blog . Saya minta tolong karena saya ingin lurus dan saya takut menyimpang sebelum mati. Dari pada saya serong lalu saya mati , maka  di akhirat  saya tidak bisa kembali ke dunia lagi untuk tobat bukan untuk senang – senang .Ingatlah ayat Allah bukan ayat cinta  :
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللهِ  وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.[3]



[1] Fathir 8  .
[2] Yunus 116
[3] Ali imran 110
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan