Minggu, Oktober 30, 2016

Salat dengan sandal




Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata :
ولكن الصلاة بالنعلين غير واجبة، لحديث عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده قال: "رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يصلي حافياً ومنتعلاً" [أخرجه أبو داود: كتاب الصلاة / باب الصلاة في النعل ( 653 )، وابن ماجه: كتاب إقامة الصلاة / باب الصلاة في النعال ( 1038 )]، ولحديث أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إذا صلى أحدكم فخلع نعليه فلا يؤذ بهما أحداً، ليجعلهما بين رجليه، أو ليصل فيهما" [أخرجه أبو داود: كتاب الصلاة / باب المصلي إذا خلع نعليه أين يضعهما / (655 )]، قال العراقي: صحيح الإسناد، وعن أبي هريرة رضي الله عنه أيضاً أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إذا صلى أحدكم فلا يضع نعليه عن يمينه ولا عن يساره فتكون عن يمين غيره، إلا أن لا يكون عن يساره أحد، وليضعهما بين رجليه" [أخرجه أبو داود: كتاب الصلاة / باب المصلي إذا خلع نعليه أين يضعهما / ( 654 )]، وفي إسناده من اختلف فيه ويشبه أن يكون موقوفاً، وعن عبد الله بن السائب رضي الله عنه قال: رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يوم الفتح ووضع نعليه عن يساره [أخرجه الإمام أحمد 3/410، وأبو داود: كتاب الصلاة / باب الصلاة في النعل ( 648 )، والنسائي: كتاب القبلة / باب أين يضع الإمام نعليه إذا صلى بالناس ( 775 )، وابن ماجه: كتاب إقامة الصلاة / باب ما جاء في أين توضع النعل إذا خلعت في الصلاة ( 1431 )].
http://ar.islamway.net/fatwa/16487/%D9%85%D8%A7-%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9-%D8%A8%D8%A7%D9%84%D9%86%D8%B9%D8%A7%D9%84
Intinya : Salat dg dua sandal tdk wajib karena  ada hadis Amar bin Syauaib  dari ayahnya  dari kakeknya :
; Saya pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengerjakan shalat dengan kaki telanjang kdg memakai sandal.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Al bani menyatakan:
الثمر المستطاب في فقه السنة والكتاب (1/ 352)
خرجه أبو داود وعنه البيهقي وابن ماجه والطحاوي وأحمد عن عمرو بن سعيب عن أبيه عن جده
وهذا سند حسن أو صحيح على الخلاف المشهور فيه
Sanad hadis  tsb hasan atau sahih , tp masih hilaf  yg popupler ./ masih terkenal hilafnya  .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
 Hadis  itu kdg dibuat pegangan menjlankan salat boleh dg sandal boleh tidak.
Hadis  tsb anda  temui di kitab manapun, hakikatnya ia bermuara pd satu orang  yaitu  Amar bin  Syuaib.

و قال على ابن المدينى ، عن يحيى بن سعيد : حديثه عندنا واه .
Intinya : Dia perawi yg sangat lemah.
و قال على ، عن سفيان بن عيينة : كان إنما يحدث عن أبيه ، عن جده ، و كان حديثه 
عند الناس فيه شىء .
Sofyan bin Uyainah  menyatakan : Hadis nya  menurut manusia ada sesuatu.
و قال أبو الحسن الميمونى : سمعت أحمد بن حنبل يقول : عمرو بن شعيب له أشياء 
مناكير ، و إنما يكتب حديثه يعتبر به ، فأما أن يكون حجة فلا .
Intinya: Hadisnya banyak yg munkar , tdk bisa di buat hujjah.
و قال أبو داود ، عن أحمد بن حنبل : أصحاب الحديث إذا شاءوا احتجوا بحديث عمرو 
ابن شعيب ، عن أبيه ، عن جده ، و إذا شاءوا تركوه .
Intinya menurut Imam Ahmad bin Hambal . Ahli hadis kdg memakainya sbg  hujjah , kadang  tidk.
Abu Hatim menyatakan:
Intinya, kalau  dia ( Amar bin Syuaib ) meriwayatkan dari ayahnya dari kakeknya , mk jls lemahnya.
Lebih jlsnya lihat disini :
http://mantankyainu.blogspot.co.id/2016/10/salat-dg-memakai-sandal.html
Jd landasan yg di pakai  oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin  tdk kuat, dan tdk bisa di gunakan untuk menyatakan salat dg sandal tdk wajib.
Alasan kedua dr  Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin  adalah hadis  Abu Hurairah  yg memerintahkan bila kita salat lalu melepaskan sandal , hendaklah sandal itu  di letakkan di antara  dua kaki.
Hadis  tsb tlh di bahas kemarin tentang kelemahannya  karena kacau makna dan lafadhnya. Bahkan Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin  sendiri menyatakan : Sanadnya masih ada perawi yg  diperselisihkan. Bahkan mirip hadis mauquf. 
Kurang jls klik disini : http://mantankyainu.blogspot.co.id/2016/10/salat-dengan-sandal.html
Jd landasannya  masih lemah jg.

Untuk hadis ketiga yg di buat landasan  oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin  adalah saat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat  dg meletakkan sandalnya di sebelah kiri  ketika  penaklukan kota Mekkah.
Ternyata hadis itu masih hilap, sebab ada hadis  yg lebih sahih yg menyatakan saat itu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   mengenakan khuf  bukan sandal 
Lebih jlsnya   boleh dilihat disini:
http://mantankyainu.blogspot.co.id/2016/10/salat-pakai-sandal.html
Jd tiga hadis yg di buat landasan untuk menyatakan salat dg sandal sunnah bukan  wajib adalah lemah .
Sy ikut perintah  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   dlm hadisnya:

خَاِلفُوا اْليَهُوْدَ ؛ فَإِنَّهُمْ لاَ يُصَلُّوْنَ فِي نِعَالِهِمْ وَلاَ خِفَافِهِمْ

“Bedakan diri dengan Yahudi, mereka tidak shalat dengan mengenakan sandal dan tidak memakai khuf mereka” (HR. Abu Dawud, Al Hakim) Al bani mensahihkan.
حَدِيْثُ  أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ يَزِيْدَ الأَزْدِيِّ، قَالَ: سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ: أَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ  يُصَلِّي فِيْ نَعْلَيْهِ قَالَ: نَعَمْ
أَخْرَجَهُ الْبُخَارِيْ فِى : 8 كِتَابُ الصَّلاَةِ  : 24 بَابُ الصَّلاَةِ فِي النِّعَالِ

325.Said ibu Yazid Al Azdi menuturkan: “Aku pernah bertanya kepada Anas ibnu Malik, apakah Nabi saw pernah shalat di atas kedua sandalnya?”
Jawab Anas ra: “Ya, pernah.” (Bukhari, 8, kitab shalat, 24, bab shalat memakai sandal).

     Allu`lu` wal marjan 167/1 Al albani berkata :  sahih
Lihat di kitab karyanya : Sahih wa dho`if  sunan Tirmidzi  400/1 

Dan masih banyak tuntunan hadis tentang salat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   yg menggunakan sandal.
Sy blm mengetahui dalil yg kokoh bg orang yg menyatakan pakai  sandal dlm salat hanya sunat sj bukan wajib. Sampai  detik ini sy masih mencari dalil yg  kokoh bg orang yg menyatakan  spt itu , dn blm ketemu. 
Bersambung………………..
Grup WA baru sy anggotanya sdh mencapai 186 orang dr asatidz dan ikhwan Judul nya “ mengkaji hadis – hadis Ibadah “ / “ Koreksi ajaran Islam klasik “
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051
0812-4194-6733


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan