Jumat, Oktober 14, 2016

Tiada salat sirriyah


أخرج البخاري بسنده عن عائشة رضي الله عنها قالت: نزلت هذه الآية (ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها) في الدعاء.
وقالت عائشة -رضي الله عنها- في كتاب مسلم: "أنزلت هذه في الدعاء" (46).
Intinya menurut Aisyah ayat 110 Isra` di turunkan  dlm masalah doa . Muttafaq alaih.
Jadi masalah mengeraskan suara dg suara sedang itu bukan  untuk bc al quran waktu salat tp untuk  doa.
Menurut hadis tsb dlm berdoa  hendaknya kita bc sebagaimana  bacaan ayat dlm salat Maghrib yg kita lakukan sekarang ini . Ya`ni dg suara sedang.
Bila bgt , mk blum ada ulama yg menjalankannya.
Lantas sekarng, mn perintah bc dg suara sedang untuk bacaan  al Quran dlm salat kita. Jls tdk ada , sebab ayat  110 al isra` menurut hadis itu untuk doa bukan untuk bc al quran dlm salat.
Jd bacaan dlm salat Maghrib , Isya` dibc dg jahr tdk punya dalil , tdk punya  landasan  perintah dr Allah dan ini tdk mungkin.
Hrs ada perintah dari Allah  tentang bacaan berbisik atau suara sedang.
Bila tdk ada, mk  tdk ada panduan dri Allah . Akhirnya boleh dibc jahr juga boleh dibc dg sirr.
Hadis yg menyatakan  sebab turunnya ayat 110 untk doa itu bertentangan dg hadis yg muttafaq alaih   sbb:
 عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا : فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ ( وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا ) قَالَ نَزَلَتْ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَوَارٍ بِمَكَّةَ فَكَانَ إِذَا صَلَّى بِأَصْحَابِهِ رَفَعَ صَوْتَهُ بِالْقُرْآنِ فَإِذَا سَمِعَ ذَلِكَ الْمُشْرِكُونَ سَبُّوا الْقُرْآنَ وَمَنْ أَنْزَلَهُ وَمَنْ جَاءَ بِهِ فَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى لِنَبِيِّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ( وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ ) فَيَسْمَعَ الْمُشْرِكُونَ قِرَاءَتَكَ ( وَلَا تُخَافِتْ بِهَا ) عَنْ أَصْحَابِكَ أَسْمِعْهُمُ الْقُرْآنَ وَلَا تَجْهَرْ ذَلِكَ الْجَهْرَ ( وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا ) يَقُولُ بَيْنَ الْجَهْرِ وَالْمُخَافَتَةِ * 
Dari Ibnu Abbas r.a: Tentang firman Allah: Dan janganlah kamu meninggikan suaramu dalam salat  dan jangan pula memperlahankannya. Katanya: Ayat ini diturunkan ketika   Rasulullah  s.a.w masih merahasiakan dakwah  di Mekkah . Apabila baginda salat  bersama para Sahabat, baginda meninggikan suaranya waktu membaca al-Quran . Apabila orang-orang musyrik mendengarnya, mereka memaki al-Quran , Allah  yang menurunkannya dan orang yang membacanya. Maka Allah s.w.t berfirman kepada NabiNya s.a.w:  Janganlah kamu meninggikan suaramu di dalam salat mu ,nanti orang-orang musyrik mendengar bacaanmu. Dan jangan pula memperlahankannya nanti sahabatmu tidak mendengarnya. Perdengarkan al-Quran  kepada mereka, tetapi jangan terlalu tinggi,  carilah cara yang sederhana di antara keduanya. Jadi baginda membaca sederhana antara tinggi dan perlahan Muttafaq  alaih  , Bukhori  4353

Intinya menurut hadis tsb, ayat 110 al Isra`  di turunkan dlm masalah bacaan l quran dlm salat.
Bukan dlm rangka doa  di dalam  salat atau diluarnya.
Bila kita pakai hadis  Aisyah yg pertama   mk kita tinggalkan hadis  sahih muttafaq  alaih ini  yg dari Ibnu Abbas
Menurut hadis  Aisyah  , sebab  nuzulnya  ayat 110  untuk doa dan menurut  hadis  Ibn Abbas  sebab  nuzulnya  untuk  bacaan  al quran dlm salat.
Keduanya sama muttafaq alaih.
Cuman , ulama ternyata mengikuti hadis  IBnu Abbas  ini.
التوضيح لشرح الجامع الصحيح (22/ 566)
ورجح النووي رواية ابن عباس، وقال: إنه الأولى والمختار
ورجح الطبري 15/188 حديث ابن عباس، قال: لأنه أصح مخرجا، واشبه الأقوال بما دل عليه ظاهر التزيل
Intinya : Imam Nawawi dan THobari mentarjih riwayat Ibnu Abbas, karena  ia solusi terbaik dan paling cocok dengan  literlek lafadh ayat 110.
Kita jg ikut pakem Usul  sbb :
اْلعِبْرَةُ بِعُمُوْمِ اللَّفْظِ لاَ بِخُصُوْصِ السَّبَبِ
Maksud dr pakem itu adalah :  Kita ikut pengertian ayat  scr umum bukan terikat pd  asbabun nuzulnya.

Pd hal kalimat ayat dlm 110  adalah  sholat  sbb :
وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا

dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu"

 Dlm ayat ini , kita  dilarang mengeraskan  dlm salat  bukan doa.
Kita  ikut leterlek  lafadh quran sj , bukan asbabun nuzulnya.
Bila kita ikut asbabun nuzul  versi  Aisyah tadi , kita akan nentang makna ayat 110 scr  harfiyah. Lalu kita  ikut hadis  Aisyah yg muttafaq alaih yg bertentangan dengan hadis Ibn Abbas  yg muttafaq alaih jg.
Kita dlm hal ini akan buang ayat  juga buang hadis Ibnu Abbas .
Hadis  Aisya  yg menyatakan asbabun nuzul ayat 110  Isra  itu jg bertentangan dg ayat lain  sbb:
ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.  55 al a`raf .
أيسر التفاسير للجزائري (2/ 182)
حال كونكم ضارعين متذللين مخفي الدعاء غير رافعين أصواتكم به.
Intinya berdoa dg merendahkan  diri dan tdk mengeraskan suara.
Tanda  hadis lemah  adalah bertentangan dg al Quran.
Syaihk As suba`I telah merumuskan tanda kelemahan hadis  sampai  tujuh belas point.
Yang nomer sembilan sbb:
9ـ ألا يخالف القرآن
“Hadis itu harus tdk bertentangan  dengan al quran” .

Bila hadis tsb mash disahihkan , maka mana yg kita ambil , al qurannya atau hadisnya.
Hadis Aisyah itu jg bertentangan dengan hadis sahih lg  sbb:
ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ إِنَّكُمْ لاَ تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلاَ غَائِبًا إِنَّكُمْ تَدْعُونَ سَمِيعًا قَرِيبًا، وَهُوَ مَعَكُمْ
Sabda Rasulullah saw : “Kasihinilah diri kalian, sesungguhnya kalian tidak menyeru Dzat yang tuli dan yang gaib. Sesungguhnya kalian menyeru Dzat yang Maha Mendengar dan Maha Dekat dan Dia menyertai kalian.” Muttafaq         alaih
Jd kondisi hadis Alisya  sekalipun  dikatakan muttafaq alaih, ttp  di katakan lemah karena bertentangan dg ayat  dan hadis muttafaq alaih yg lain.
Penilaian dr sg  sanad sbb:
-     تعليق أيمن صالح شعبان - ط دار الكتب العلمية]
-  صحيح: أخرجه البخاري (6/109) قال: حدثني طلق بن غنام. قال: حدثنا زائدة. وفي (8/89) قال: حدثنا علي. قال: حدثنا مالك بن سعير. وفي (9/188) قال: حدثنا عبيد بن إسماعيل. قال: حدثنا أبو أسامة. و «مسلم» (2/34) قال: حدثنا يحيى بن يحيى. قال: أخبرنا يحيى بن زكريا. (ح) وحدثنا قتيبة بن سعيد. قال: حدثنا حماد، يعن ابن زيد (ح) وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة. قال: حدثناأبو أسامة ووكيع (ح) وحدثنا أبو كريب. وقال: حدثنا أبو معاوية. و «النسائي» في الكبرى «تحفة الأشراف» (12/17094) عن هارون بن إسحاق، عن عبدة بن سليمان. وفي (12/17332) عن شعيب بن يوسف. وعن يحيى بن سعيد القطان. و «ابن خزيمة» (707) قال: حدثنا سلم بن جنادة. قال: حدثنا حفص، يعني ابن غياث.
-  عشرتهم - زائدة، ومالك بن سعير، وأبو أسامة، ويحيى بن زكريا، وحماد بن زيد، ووكيع، وأبو معاوية، وعبدة، ويحيى بن سعيد، وحفص - عن هشام بن عروة، عن أبيه، فذكره.
  ــ  هشام بن عروة بن الزبير بن العوام القرشى الأسدى ، أبو المنذر ، و قيل أبو عبد الله المدنى
-     الطبقة : 5  : من صغار التابعين
-     الوفاة : 145 أو 146 هـ
Intinya  hadis  Aisyah yg menyatakan asbabun nuzul ayat 110  dlm masalah doa adalah  tafarrud pd  Hisyam bin Urwah , tiada orang lain.
Yakni tiada  yg meriwayatkan kecuali dia . Sampai  th 150 H , hanya  Hisyam sj yg  tahu  hadis itu. Dan ini sinyal kelemahan hadis  sbgmn keterangan dlm artikel  yg lalu. Tiada tabiin lain yg tahu kecuali dia.
Ia jg bertentangan dg  riwayat Aisyah yg lain yg di sahihkan oleh Ibn Huzaimah sbb:

مِنَ السُّنَّةِ أَنْ تُخْفِيَ التَّشَهُّدَ.
707 - أَنَا أَبُو طَاهِرٍ، نَا أَبُو بَكْرٍ، نَا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، نَا حَفْصٌ -يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ- عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:
نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ فِي التَّشَهُّدِ (وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا) [الإسراء: 110].
Intinya : Ayat 110 al isra` di turunkan dlm masalah tasyahhud , riwayat Aisyah jg.

Dg demikian, hadis  Aisyah itu  lemah karena kacau redaksinya.
Bila di sahihkan , kita mensahihkan hadis yg bertengangan . Dan hal ini melanggar kaidah  hadis  sbb:
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Jd kesimpulannya bc al quran  dlm salat masih ttp  bersuara sedang dlm salat  apapun, baik waktu siang maupun malam.



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan