Senin, Juli 22, 2013

SMS dari Abu Khansa` Bekasi " Walimah akikah "




SMS dari Abu Khansa` Bekasi
assalamu wr wb.ustadz mahrus ali,kl ana dpt undangan aqiqoh,tp acaranya
 pake tahlilan,baiknya datang ga?sukron.abi khansa bekasi.

Saya jawab:
Tidak usah datang.

Bacalah artikel ini,
Tanya :
assalamu’alaykum….
sy pernah bca artikel, klo merayakan maulid itu bid’ah..tpi klo dlm perayaan maulid itu kan biasanya ada udztad yg ngasih ceramah..bgmna hukumnya klo dtg ke acara trsebut utk dengerin ceramah??

Jawab :
Wa’alaikumussalaam

Ukhti,
Di dalam QS At-Taubah : 107-110, Alloh menerangkan akan masalah Masjid Dhiror. Yakni masjid yang menyebabkan kemudhorotan dan yg bisa membahayakan Diin mereka. Walau orang2 yg membangunnya bersumpah bahwa mereka membangunnya hanya untuk tujuan kebaikan semata. Akan tetapi Alloh lebih mengetahui perihal mereka.

Silakan Ukhti coba buka dan check QS At-Taubah : 107-110.

وَٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُواْ مَسۡجِدً۬ا ضِرَارً۬ا وَڪُفۡرً۬ا وَتَفۡرِيقَۢا بَيۡنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَإِرۡصَادً۬ا لِّمَنۡ حَارَبَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُ ۥ مِن قَبۡلُ‌ۚ وَلَيَحۡلِفُنَّ إِنۡ أَرَدۡنَآ إِلَّا ٱلۡحُسۡنَىٰ‌ۖ وَٱللَّهُ يَشۡہَدُ إِنَّہُمۡ لَكَـٰذِبُونَ (١٠٧) لَا تَقُمۡ فِيهِ أَبَدً۬ا‌ۚ لَّمَسۡجِدٌ أُسِّسَ عَلَى ٱلتَّقۡوَىٰ مِنۡ أَوَّلِ يَوۡمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِ‌ۚ فِيهِ رِجَالٌ۬ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُواْ‌ۚ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلۡمُطَّهِّرِينَ (١٠٨) أَفَمَنۡ أَسَّسَ بُنۡيَـٰنَهُ ۥ عَلَىٰ تَقۡوَىٰ مِنَ ٱللَّهِ وَرِضۡوَٲنٍ خَيۡرٌ أَم مَّنۡ أَسَّسَ بُنۡيَـٰنَهُ ۥ عَلَىٰ شَفَا جُرُفٍ هَارٍ۬ فَٱنۡہَارَ بِهِۦ فِى نَارِ جَهَنَّمَ‌ۗ وَٱللَّهُ لَا يَہۡدِى ٱلۡقَوۡمَ ٱلظَّـٰلِمِينَ (١٠٩) لَا يَزَالُ بُنۡيَـٰنُهُمُ ٱلَّذِى بَنَوۡاْ رِيبَةً۬ فِى قُلُوبِهِمۡ إِلَّآ أَن تَقَطَّعَ قُلُوبُهُمۡۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ
Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang-orang yang mendirikan masjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mukmin), untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mukmin serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka Sesungguhnya bersumpah: “Kami tidak menghendaki selain kebaikan”. Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya).
Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.
Maka apakah orang-orang yang mendirikan mesjidnya di atas dasar takwa kepada Allah dan keridhaan-(Nya) itu yang baik, ataukah orang-orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh, lalu bangunannya itu jatuh bersama-sama dengan dia ke dalam neraka Jahannam. Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang zalim.
Bangunan-bangunan yang mereka dirikan itu senantiasa menjadi pangkal keraguan dalam hati mereka, kecuali bila hati mereka itu telah hancur. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
[ QS. At-Taubah : 107-110 ]

Sehingga ukhti,
walau secara umum yg namanya masjid itu bagus, rumah Alloh, banyak fadhilahnya, akan tetapi Alloh ternyata memerinci bahwa tidak semua masjid itu bagus dan diridhoi oleh Alloh. Dan yang mengatakan hal ini adalah Alloh sendiri dalam firman Nya di dalam Al-Qur’an.

Alloh memerinci bahwa ada masjid yang bahkan bisa menyebabkan kemudhorotan dan membahayakan Diin mereka. Dan Alloh mengingkari hal ini.
Oleh karena itu hukum untuk masalah majlis Ta’lim, perayaan, peringatan, dan pengajian pun juga sama dengan hal ini.
Janganlah kita mengikuti dan menghadiri suatu pengajian atau majlis ta’lim yg dibangun atas dasar suatu kebid’ahan dan tanpa ilmu, walaupun orang2 yg mengadakannya mengatakan mereka hanya menginginkan kebaikan semata.
Ikutilah majlis Ta’lim yg dibangun atas dasar Sunnah dan Ilmu. Yang mengajarkan ilmu dan Sunnah. Yang mengikuti sunnah Rosululloh dan para shahabatnya di mana mereka berjalan. Dan yg berhenti dimana Rosululloh dan para shahabatnya juga berhenti.
Baarokaloohu fiik
Komentarku ( Mahrus ali): 
Artikel tsb menarik, boleh diikuti karena manhajnya lurus.
Sumbernya dari sini:
http://kautsaramru.wordpress.com/2013/02/19/hukum-mendatangi-ceramah-atau-talim-dari-acara-acara-bidah/
 Klik disini
Tahlilan syirik atau tauhid 



Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo. Jatim.

 





Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan