Kamis, November 10, 2016

Salat di kapal

[21:45, 11/10/2016] Tovan Sby menulis : Mohon tanggapan kyai, saya copy paste dari tulisan orang lain: kisah yang diriwayatkan imam al-Baihaqi dalam Sunan al-Kubra (4/10) dengan sanad yang shahih (menurut imam an-Nawawi dalam al-Majmû’ 5/286) dari Shahabat Anas bin Mâlik Radhiyallahu anhu yang berkata:

 أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ رَكِبَ الْبَحْرَ فَمَاتَ فَلَمْ يَجِدُوْا لَهُ
جَزِيْرَةً إِلاَّ بَعْدَ سَبْعَةِ أَيَّامٍ فَدَفَنُوْهُ فِيْهَا وَلَمْ
يَتَغَيَّرْ

Sesungguhnya Abu Thalhah mengarungi lautan lalu meninggal dunia. Mereka tidak mendapatkan daratan kecuali setelah tujuh hari lalu mereka kuburkan di sana dan belum rusak jasadnya.                       
[21:49, 11/10/2016] Tovan Sby: Setau saya Abu Talhah mengarungi lautan untuk berjihad, tapi meninggal dalam perjalanan kapal di lautan.. apakah abu thalhah tidak mengetahui kosekuensi tidak bisa solat sujud ditanah bila berlayar selama berhari2 kyai?

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sanad atsar tersebut sbb:

مسند أبي يعلى الموصلي (6/ 138)
3413 - حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ سَلَّامٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ،
[حكم حسين سليم أسد] : إسناده صحيح
السنن الكبرى للبيهقي (4/ 10)
-           أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الصَّغَانِيُّ، ثنا عَفَّانُ، حَدَّثَنِي حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، ثنا عَلِيُّ بْنُ زَيْدٍ، وَثَابِتٌ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ، قَالَ فِيهِ: " فَرَكِبَ الْبَحْرَ فَمَاتَ، فَلَمْ يَجِدُوا لَهُ جَزِيرَةً إِلَّا بَعْدَ سَبْعَةِ أَيَّامٍ، فَدَفَنُوهُ فِيهَا وَلَمْ يَتَغَيَّرْ "
Intinya : Sanad hadis  tsb di kitab mnpun bermuara pd satu perawi  yaitu Hammad bin Salmah.
Siapakah dia . Liht disini:

  ــ  حماد بن سلمة بن دينار البصرى ، أبو سلمة بن أبى صخرة ، مولى ربيعة بن مالك بن حنظلة من بنى تميم ، و يقال مولى قريش
المولد  :
الطبقة : 8  : من الوسطى من أتباع التابعين
الوفاة : 167 هـ
روى له : خت م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة عابد أثبت الناس فى ثابت ، و تغير حفظه بأخرة
مرتبته عند الذهبـي : الإمام ، أحد الأعلام ، ... ، هو ثقة صدوق يغلط و ليس فى قوة مالك

Intinya Hammad  adalah perawi Irak / Basrah , wafat  pd tahun 167 H. Jadi pd saat itu , kisah tsb pd kisaran  130 H  masih hanya  beliau  seorang yg tahu kisah  tsb , tiada orang lain. Para pengikut tabiin  tdk phm  kisah itu sampai mati.  Hammad  sendiri yg punya kisah spt itu. Dlm ilmu  hadis  ada komentar  miring  bila kisah  dari perawi Irak scr sendirian  sbb:
Dalam majalah Buhus Islamiyah  terdapat keterangan:

ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية

Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum (seperti hadis masalah Bilal tadi).
Majalah buhus Islamiyah.
Jd kisah tsb tertolak, tdk boleh diterima, apalag di buat landasan  salat wajib di kapal  atau kendaraan yg lain  spt Bus, kereta api, dokar/ delman, becak , spd motor dll.
Lalu orang membuat kisah lemah itu untuk landasan  bolehnya salat di sajadah di masjid Istiqlal atau masjidil haram atau masjid Solo. Ini tambah keliru.
Hadis  sahih  dr Nabi  shallallahu alaihi wasallam  tentang perintah  salat di tanah yg muttafaq alaih   di tolak, lalu mengambil kisah sahabat  yg lemah itu.
Dr segi makna pun jg bertentangan  dg hadis sahih yaitu hadis muttafaq alaih tentang percepatan merawat jenazah .
Syaikh Ra`fat al hamid pernah menyatakan:
فتقديم قول النبي صلى الله عليه وسلم : اسرعوا بالجنازة ، فتقديم قول النبي صلى الله عليه وسلم : اسرعوا بالجنازة ، أولى من تقديم غيره من أفعال التابعين وأراء الرجال من غيرهم .
حديث : أسرعوا بالجنازة ... متفق عليه من حديث أبي هريرة
Intinya: Mendahulukan perkataan Nabi  shallallahu alaihi wasallam  dg cepat merawat jenazah  lebih baik   dari pada mendahulukan perbuatan tabiin  atau pendapat  ulama   dll.
Dlm kisah itu  di terangkan bahwa Jenazah Abu Thalhah  dibiarkan sampai  tujuh hari. Hal ini menyalahi tuntunan dan tdk boleh di tiru. Apalagi kisah itu cacat dr sg  sanad jg sg matan.
Kalau kita kembali ke riwayat hidup Abu Thalhah mk kematian  beliau adalah  di Medinah bukan dilaut spt itu. Lihat  kutipan sbb:

قيل: إنه غزا بحر الروم، فتوفي في السفينة. والأشهر : أنه مات بالمدينة، وصلى عليه عثمان في سنة أربع وثلاثين
https://ar.wikipedia.org/wiki/%D8%A3%D8%A8%D9%88_%D8%B7%D9%84%D8%AD%D8%A9_%D8%A7%D9%84%D8%A3%D9%86%D8%B5%D8%A7%D8%B1%D9%8A
Intinya : Pendapat yg mashur wafatnya Abu Thalhah di Medinah  dan disalati  oleh Usman binAffan th 34 H.
وفاة أبي طلحة الأنصاري :
اختُلف في وفاته فقال الواقدي وتبعه ابن نمير ويحيى بن بكير وغير واحد: مات سنة أربع وثلاثين، وصلى عليه عثمان وقيل: قبلها بسنتين، وقال أبو زرعة الدمشقي: عاش بعد النبي  أربعين سنة، وكأنه أخذه من رواية شعبة عن ثابت عن أنس قال: كان أبو طلحة لا يصوم على عهد النبي  من أجل الغزو فصام بعده أربعين سنة لا يفطر إلا يوم أضحى أو فطر.
Intinya : Anas  sendiri menyatakan  wafatnya Abu Thalhah  40 th setelah wafatnya Nabi  shallallahu alaihi wasallam
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kisah di atas    dari Tsabit dari Anas , dan yg terahir ini jg dari Tsabit  jg dari Anas. Tp beda .  Yg pertama Abu Thalhah mati dikapal dan di makamkan di sebah pulau dan  disini  di Medinah dan disalati oleh Usman bin Affan .
Karena itu, atsar  tsb  tdk bisa dikatakan sahih karena  sg sanad  atau matan juga  cacat.
Bila dipaksakan untuk membolehkan salat wajib di sajadah  dg atsar itu, mk  akan menyesatkan , tdk mengarah pd kebenaran. Bila di ajarkan akan mengajarkan kekeliruan.
  كان الحسن يقول: " إذا مات في البحر جعل في زنبيل ثم قذف به ".[الأوسط في السنن والإجماع والاختلاف 5/ 464]
Al hasan berkata : Bila  seseorang meninggal dunia di laut  mk  di taruh di kantong  lalu di lemparkan di laut.

Grup WA baru sy anggotanya sdh mencapai 211 orang dr asatidz dan ikhwan Judul nya “ Mengkaji hadis – hadis ibadah “ / “ Koreksi ajaran Islam klasik “
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051

0812-4194-6733
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan