[21:45, 11/10/2016] Tovan Sby menulis : Mohon tanggapan
kyai, saya copy paste dari tulisan orang lain: kisah yang diriwayatkan imam
al-Baihaqi dalam Sunan al-Kubra (4/10) dengan sanad yang shahih (menurut imam
an-Nawawi dalam al-Majmû’ 5/286) dari Shahabat Anas bin Mâlik Radhiyallahu anhu
yang berkata:
أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ رَكِبَ الْبَحْرَ فَمَاتَ فَلَمْ يَجِدُوْا لَهُ
جَزِيْرَةً إِلاَّ بَعْدَ سَبْعَةِ أَيَّامٍ فَدَفَنُوْهُ
فِيْهَا وَلَمْ
يَتَغَيَّرْ
Sesungguhnya Abu Thalhah mengarungi lautan lalu meninggal
dunia. Mereka tidak mendapatkan daratan kecuali setelah tujuh hari lalu mereka
kuburkan di sana
dan belum rusak jasadnya.
[21:49, 11/10/2016] Tovan Sby: Setau saya Abu Talhah
mengarungi lautan untuk berjihad, tapi meninggal dalam perjalanan kapal di
lautan.. apakah abu thalhah tidak mengetahui kosekuensi tidak bisa solat sujud
ditanah bila berlayar selama berhari2 kyai?
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sanad atsar tersebut sbb:
مسند أبي يعلى الموصلي (6/ 138)
3413 - حَدَّثَنَا عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ سَلَّامٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ،
أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ،
[حكم حسين سليم أسد] : إسناده صحيح
السنن الكبرى للبيهقي (4/ 10)
- أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ
مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الصَّغَانِيُّ، ثنا
عَفَّانُ، حَدَّثَنِي حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، ثنا عَلِيُّ بْنُ زَيْدٍ،
وَثَابِتٌ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ،
قَالَ فِيهِ: " فَرَكِبَ الْبَحْرَ فَمَاتَ، فَلَمْ يَجِدُوا لَهُ جَزِيرَةً
إِلَّا بَعْدَ سَبْعَةِ أَيَّامٍ، فَدَفَنُوهُ فِيهَا وَلَمْ يَتَغَيَّرْ "
Intinya : Sanad hadis
tsb di kitab mnpun bermuara pd satu perawi yaitu Hammad bin Salmah.
Siapakah dia . Liht disini:
ــ حماد بن سلمة بن دينار
البصرى ، أبو سلمة بن أبى صخرة ، مولى ربيعة بن مالك بن حنظلة من بنى تميم ، و
يقال مولى قريش
المولد :
الطبقة : 8 : من
الوسطى من أتباع التابعين
الوفاة : 167 هـ
روى له : خت م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة عابد أثبت الناس فى ثابت ، و
تغير حفظه بأخرة
مرتبته عند الذهبـي : الإمام ، أحد الأعلام ، ... ، هو
ثقة صدوق يغلط و ليس فى قوة مالك
Intinya Hammad adalah
perawi Irak / Basrah , wafat pd tahun
167 H. Jadi pd saat itu , kisah tsb pd kisaran
130 H masih hanya beliau
seorang yg tahu kisah tsb , tiada
orang lain. Para pengikut tabiin tdk phm
kisah itu sampai mati.
Hammad sendiri yg punya kisah spt
itu. Dlm ilmu hadis ada komentar
miring bila kisah dari perawi Irak scr sendirian sbb:
Dalam majalah Buhus Islamiyah terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن
الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk
melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah
tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum (seperti hadis masalah Bilal
tadi).
Majalah buhus Islamiyah.
Jd kisah tsb tertolak, tdk boleh diterima, apalag di buat
landasan salat wajib di kapal atau kendaraan yg lain spt Bus, kereta api, dokar/ delman, becak ,
spd motor dll.
Lalu orang membuat kisah lemah itu untuk landasan bolehnya salat di sajadah di masjid Istiqlal
atau masjidil haram atau masjid Solo. Ini tambah keliru.
Hadis sahih dr Nabi
shallallahu alaihi wasallam tentang
perintah salat di tanah yg muttafaq
alaih di tolak, lalu mengambil kisah
sahabat yg lemah itu.
Dr segi makna pun jg bertentangan dg hadis sahih yaitu hadis muttafaq alaih
tentang percepatan merawat jenazah .
Syaikh Ra`fat al hamid pernah menyatakan:
فتقديم قول النبي صلى الله عليه وسلم : اسرعوا بالجنازة ،
فتقديم قول النبي صلى الله عليه وسلم : اسرعوا بالجنازة ، أولى من تقديم غيره من
أفعال التابعين وأراء الرجال من غيرهم .
حديث : أسرعوا بالجنازة ... متفق عليه من حديث أبي هريرة
Intinya: Mendahulukan perkataan Nabi shallallahu alaihi wasallam dg cepat merawat jenazah lebih baik
dari pada mendahulukan perbuatan tabiin
atau pendapat ulama dll.
Dlm kisah itu di
terangkan bahwa Jenazah Abu Thalhah
dibiarkan sampai tujuh hari. Hal
ini menyalahi tuntunan dan tdk boleh di tiru. Apalagi kisah itu cacat dr
sg sanad jg sg matan.
Kalau kita kembali ke riwayat hidup Abu Thalhah mk
kematian beliau adalah di Medinah bukan dilaut spt itu. Lihat kutipan sbb:
قيل: إنه غزا بحر الروم، فتوفي في السفينة. والأشهر : أنه
مات بالمدينة، وصلى عليه عثمان في سنة أربع وثلاثين
https://ar.wikipedia.org/wiki/%D8%A3%D8%A8%D9%88_%D8%B7%D9%84%D8%AD%D8%A9_%D8%A7%D9%84%D8%A3%D9%86%D8%B5%D8%A7%D8%B1%D9%8A
Intinya : Pendapat yg mashur wafatnya Abu Thalhah di
Medinah dan disalati oleh Usman binAffan th 34 H.
وفاة أبي طلحة الأنصاري :
اختُلف في وفاته فقال الواقدي وتبعه ابن نمير ويحيى بن
بكير وغير واحد: مات سنة أربع وثلاثين، وصلى عليه عثمان وقيل: قبلها بسنتين، وقال
أبو زرعة الدمشقي: عاش بعد النبي أربعين
سنة، وكأنه أخذه من رواية شعبة عن ثابت عن أنس قال: كان أبو طلحة لا يصوم على عهد
النبي من أجل الغزو فصام بعده أربعين سنة
لا يفطر إلا يوم أضحى أو فطر.
Intinya : Anas
sendiri menyatakan wafatnya Abu
Thalhah 40 th setelah wafatnya Nabi shallallahu alaihi wasallam
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kisah di atas dari
Tsabit dari Anas , dan yg terahir ini jg dari Tsabit jg dari Anas. Tp beda . Yg pertama Abu Thalhah mati dikapal dan di
makamkan di sebah pulau dan disini di Medinah dan disalati oleh Usman bin Affan
.
Karena itu, atsar
tsb tdk bisa dikatakan sahih
karena sg sanad atau matan juga cacat.
Bila dipaksakan untuk membolehkan salat wajib di
sajadah dg atsar itu, mk akan menyesatkan , tdk mengarah pd kebenaran.
Bila di ajarkan akan mengajarkan kekeliruan.
كان الحسن يقول: " إذا مات في البحر جعل في زنبيل ثم قذف به
".[الأوسط في السنن والإجماع والاختلاف 5/ 464]
Al hasan berkata : Bila
seseorang meninggal dunia di laut
mk di taruh di kantong lalu di lemparkan di laut.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh
persaudaraan .
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan