Hidayat Nur Mbah Mahrus
Ali, bukankah larangan imam madzhab supaya tidak ditaqlidi adalah ditujukan
kepada sesama mujtahid? Itu kata ulama dan kalau Mbah Mahrus Ali percaya.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Imam Ahmad pernah menyatakan: Komentarku ( Mahrus ali ):
لاَ
تُقَلِّدْنِي وَلاَ مَالِكًا وَلاَ الثَّوْرِيَّ وَلاَ
الشَّافِعِيَّ
Jangan ikut kepadaku,atau Imam Malik, Tsauri atau Syafii.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Apakah perkataan Imam Ahmad ini di
tujukan kpd Imam Malik , Abu Hanifah
atau Imam Syafii.
Bila di tujukan kpd Imam Syafii,
tidak bisa di paham.
Imam Ahmad melarang taklid kpd Imam
Syafii , kok malah perkataan itu ditujukan kpd Imam Syafii. Sy kok tambah tidak
paham dengan perataanmu ya akhi Hidayat
NUR.
Imam Ahmad bilang “ jangan ikut syafii” kok di
tujukan kpd Imam Syafii. Ber arti maksudnya : Imam Syafii tdk boleh bertaklid kepada Imam Syafii.
Yg benar itu, Imam Ahmad
melarang orang lain : Jangan ikut aku, Malik, Tsauri atau
Syafii.
Bukan Imam Ahmad melarang Imam
Syafii untuk ikut syafii.
Jadi imam Ahmad melarang bermadzhab
kpd Imam Malik, Tsauri atau Syafii.
Beliau memerintah agar selalu
berpegangan dalil bukan perkataan mereka
lalu meninggalkan perkataan Allah dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam .
Komentarku lagi:
Imam Ahmad bilang : Jangan taklid
pdku di tujukan kpd Imam Malik ? Malah
tidak bisa di paham.
Masak Imam Ahmad yg lebih muda
bilang kpd Imam Malik jangan ikut aku.
Terus kpn Imam Malik ikut pada Imam
Ahmad.
Anda menyatakan:
Lalu apa maksud ucapan Imam Abdullah bin Wahb (murid Imam Malik) berikut:
كل صاحب حديث ليس له امام في الفقه فهو ضال
Dan juga ucapan ulama Salaf:
الحديث مضلة الا للعلماء (وفي رواية :للفقهاء)
Bagaimana itu Mbah?
Komentarku
( Mahrus ali ):
Mohon
kalimat arab itu diterjemahkan dulu agar bermanfaat kpd pembaca. Setelah itu sy
jawab.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan