Banyak ulama
besar pengarang kitab yg
menulis shalawat dengan
disingkat :
Dalam kitab Talkhis karya Ibnu Hajar
, juga ada tulisan shalawat pd Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di singkat sbb:
تلخيص الحبير لأحمد العسقلاني (8/ 158)
وى أبو داود في المراسيل عن صالح بن أبي
صالح قال رأيت
قبر رسول الله صلعم
شبرا أو نحو شبر
Dalam kitab Qawathi` al adillah juga ada tulisan sholawat pd Nabi shallallahu
'alaihi wasallam disingkat.
Pengarangnya Abul Mudhaffar – Mansur bin
Muhammad Assyafii. Lihat sbb:
قواطع الأدلة في الأصول (2/ 359)
ثبت
في الأصل [صلعم] وما ذكرناه أليق بمقام النبي صلى الله عليه وسلم
مؤلف: أبو المظفر، منصور بن محمد بن عبد
الجبار ابن أحمد المروزى السمعاني التميمي الحنفي ثم الشافعي (المتوفى: 489هـ)
Dlm kitab Majmu` karya sejarah
Syi`ah juga ditulis
kalimat shalawat di singkat.
مجموع مؤلفات تاريخ الرافضة (42/ 3)
يقول: وعلى هذا فالرافضة: هم كل من تبرأ
من الصحابة وسبهم وشتمهم ومن باب أوى ----- حكم بكفرهم كما يقول ابن حزم(3)
ويدخل في الصحابة رضي الله عنهم أمهات
المؤمنين زوجات الرسول ((صلعم))
حيث إن عقيدتهم هذه كانت في بدايتها تفضيل علي رضي الله عنه على عثمان رضي الله
عنه ثم زين لهم الشيطان تفضيل علي على باقي الخلفاء الراشدين رضي الله عنهم ثم بعد
تكفيرهم والبراءة منهم ومن باقي الصحابة وجرهم ذلك إلى زوجات الرسول ((صلعم))
ثم سبعهم جميعاً ثم سب الأمويين ثم العباسيين ثم الأمة جميعاً ممن هو على غير
مذهبهم فهم يعتقدون أن كل من لم يتبرأ من ؤلاء فهو منهم وبذلك يكون عدواً لهم ولآل
بيت النبي ((صلعم)).
Dalam kitab Ma`arijul qabu , karya
Hafidh bin Ahmad , kalimat sholawat di
tulis dg singkat , lihat sbb:
معارج القبول حافظ الحكمي م (1/ 73)
كما قال صلعم
وأسألك الرضا بعد القضاء الحديث فإن ذلك أعلى درجات الإيمان بالقدر وهو الرضا
بالمصيبة
[ معارج القبول - الحكمي ]
الكتاب : معارج القبول بشرح سلم الوصول
إلى علم الأصول
المؤلف : حافظ بن أحمد حكمي
الناشر : دار ابن القيم – الدمام
Dalam kitab asma` muallifin kalimat shalawat di tuis dengan singkat. Lihat sbb:
أسماء مؤلفين وأسماء كتب يزعمون أنها
لأهل السنة (ص: 3)
حدائق الاذهان في اخبار بيت النبي صلعم
Di kitab madzhab ahlis sunnah ,
tulisan shalawat di singkat. Lihat sbb:
مذهب أهل السنة في التفسير (ص: 61)
6) سنن أبي داود ، كتاب العلم : باب الكلام
في كتاب الله بغير علم ، مطبعة الحلبي بمصر ،ط 1 ، 1371هـ/1952م. وأخرجه الترمذي
في سننه : كتاب تفسير القرآن الكريم عن رسول الله (صلعم
)، باب ما جاء في الذي يفسر برأيه ج5 ، ص 200 ، رقم الحديث 2952 ، ولفظه (من قال
في القرآن ...الحديث ).
Jadi landasan untuk melarang
menyingkat shalawat setelah nama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam disebut
juga tidak ada. Dan hadis yg memerintahkan untuk menulis shalawat dengan
tidak disingkat juga tidak ada. Secara peraktik Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam sendiri mengajari doa tanpa menggunakan shalawat setelah menyebut nama beliau.
Bila dikatakan keliru orang yg
menulis shalawat di singkat, maka kita akan bertanya kpdnya mana dalilnya?
Bila tidak ada dalilnya, mk kita
ikut tuntunan yg ada saja dlm hadis. Dan tidak usah melarang orang yg menulis
shalawat dengan di singkat.
Kita
juga taat pd ayat yg memerintahkan kita untuk bc shalawat sbb:
إِنَّ
اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ
ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Sesungguhnya
Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang
beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan
kepadanya.[1]
Membaca shalawat itu ibadah karena
ada perintah ayat itu dan kelirulah kita yg males bc shalawat.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan