Sabtu, Agustus 08, 2015

Tulis salawat disingkat - seri ke 3





 Banyak ulama  besar pengarang  kitab yg menulis  shalawat  dengan  disingkat :
Dalam kitab Talkhis karya Ibnu Hajar , juga ada tulisan shalawat pd Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  di singkat sbb:
تلخيص الحبير لأحمد العسقلاني (8/ 158)
وى أبو داود في المراسيل عن صالح بن أبي صالح قال رأيت
قبر رسول الله صلعم شبرا أو نحو شبر
Dalam kitab Qawathi` al adillah  juga ada tulisan sholawat pd Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  disingkat. Pengarangnya  Abul Mudhaffar – Mansur bin Muhammad Assyafii. Lihat sbb:

قواطع الأدلة في الأصول (2/ 359)
 ثبت في الأصل [صلعم] وما ذكرناه أليق بمقام النبي صلى الله عليه وسلم
مؤلف: أبو المظفر، منصور بن محمد بن عبد الجبار ابن أحمد المروزى السمعاني التميمي الحنفي ثم الشافعي (المتوفى: 489هـ)
Dlm kitab Majmu` karya sejarah Syi`ah  juga  ditulis  kalimat shalawat di singkat.
مجموع مؤلفات تاريخ الرافضة (42/ 3)
يقول: وعلى هذا فالرافضة: هم كل من تبرأ من الصحابة وسبهم وشتمهم ومن باب أوى ----- حكم بكفرهم كما يقول ابن حزم(3)
ويدخل في الصحابة رضي الله عنهم أمهات المؤمنين زوجات الرسول ((صلعم)) حيث إن عقيدتهم هذه كانت في بدايتها تفضيل علي رضي الله عنه على عثمان رضي الله عنه ثم زين لهم الشيطان تفضيل علي على باقي الخلفاء الراشدين رضي الله عنهم ثم بعد تكفيرهم والبراءة منهم ومن باقي الصحابة وجرهم ذلك إلى زوجات الرسول ((صلعم)) ثم سبعهم جميعاً ثم سب الأمويين ثم العباسيين ثم الأمة جميعاً ممن هو على غير مذهبهم فهم يعتقدون أن كل من لم يتبرأ من ؤلاء فهو منهم وبذلك يكون عدواً لهم ولآل بيت النبي ((صلعم)).
Dalam kitab Ma`arijul qabu , karya Hafidh bin Ahmad , kalimat sholawat  di tulis dg singkat , lihat sbb:
معارج القبول حافظ الحكمي م (1/ 73)
كما قال صلعم وأسألك الرضا بعد القضاء الحديث فإن ذلك أعلى درجات الإيمان بالقدر وهو الرضا بالمصيبة
[ معارج القبول - الحكمي ]
الكتاب : معارج القبول بشرح سلم الوصول إلى علم الأصول
المؤلف : حافظ بن أحمد حكمي
الناشر : دار ابن القيم – الدمام
Dalam kitab asma` muallifin  kalimat shalawat di tuis  dengan singkat. Lihat sbb:
أسماء مؤلفين وأسماء كتب يزعمون أنها لأهل السنة (ص: 3)
حدائق الاذهان في اخبار بيت النبي صلعم
Di kitab madzhab ahlis sunnah , tulisan  shalawat di singkat.  Lihat sbb:
مذهب أهل السنة في التفسير (ص: 61)
6) سنن أبي داود ، كتاب العلم : باب الكلام في كتاب الله بغير علم ، مطبعة الحلبي بمصر ،ط 1 ، 1371هـ/1952م. وأخرجه الترمذي في سننه : كتاب تفسير القرآن الكريم عن رسول الله (صلعم )، باب ما جاء في الذي يفسر برأيه ج5 ، ص 200 ، رقم الحديث 2952 ، ولفظه (من قال في القرآن ...الحديث ).

Jadi landasan untuk melarang menyingkat shalawat setelah nama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  disebut  juga tidak ada. Dan hadis yg memerintahkan untuk menulis shalawat dengan tidak disingkat juga tidak ada. Secara peraktik Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sendiri mengajari doa tanpa menggunakan  shalawat setelah menyebut nama beliau.
Bila dikatakan keliru orang yg menulis shalawat di singkat, maka kita akan bertanya kpdnya mana dalilnya?
Bila tidak ada dalilnya, mk kita ikut tuntunan yg ada saja dlm hadis. Dan tidak usah melarang orang yg menulis shalawat dengan di singkat.
Kita  juga taat pd ayat yg memerintahkan kita untuk bc shalawat sbb:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.[1]
Membaca shalawat itu ibadah karena ada perintah ayat itu dan kelirulah kita yg males bc shalawat.


Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL )  https://www.facebook.com/mahrusali.ali.50





[1] ( Al Ahzab 56 )
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan