شعب الإيمان للبيهقي - (ج 16 / ص 337)
-
أخبرنا أبو عبد الله
الحافظ ، نا أبو بكر بن بالويه ، نا بشر بن موسى الأسدي ، نا القاسم بن سليم
الصواف ، قال : شهدت الواسطيين أبا بسطام شعبة بن الحجاج ، وأبا معاوية هشيم بن
بشير يحدثان ، عن يعلى بن عطاء ، عن أبيه ، عن عبد الله بن عمرو ، قال : قال رسول
الله صلى الله عليه وسلم : « رضا الله من رضا الوالدين ، وسخط الله من سخط
الوالدين »
-
شعب الإيمان للبيهقي
- (ج 16 / ص 338)
-
- أخبرنا أبو الحسن محمد بن الحسين بن داود
العلوي ، أنا أحمد بن محمد بن الحسن الحافظ ، نا أبو أحمد الفراء ، والحسن بن
هارون ، قالا : أخبرنا الحسين بن الوليد ، نا شعبة ، عن يعلى بن عطاء ، عن أبيه ،
عن عبد الله بن عمرو ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « رضا الله في
رضا الوالدين ، وسخط (1) الله في سخط الوالدين »
………………….. Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
Keridaan Allah terserah dengan keridaan kedua orang tua. Dan kebencian Allah
terserah dengan kebencian keduanya.
Hadis tsb di riwayatakn oleh :
-
-
______
-
جامع الأحاديث - (ج
13 / ص 134)
-
hلترمذى
، وابن حبان ، والحاكم ، والبيهقى فى شعب الإيمان عن ابن عمرو)
-
أخرجه الترمذى (4/310
، رقم 1899) ، والبيهقى فى شعب الإيمان (6/177 ، رقم 7829) ، والحاكم (4/168 ، رقم
7249) وقال : صحيح على شرط مسلم . وأخرجه أيضًا : البزار (6/376 ، رقم 2394)
Al bani menyatakan : Sahih :
-
صحيح وضعيف الجامع الصغير - (ج 13 / ص
192)
حقيق الألباني
( صحيح ) انظر حديث رقم : 3507 في صحيح
الجامع .
Lihat Sahih jami` 3507 .
Di lain tempat a bani menyatakan
hasan lighairih. ( Jadi asalnya lemah lalu bisa jadi hasan karena ada riwayat
lain ).
صحيح الترغيب والترهيب - (ج 2 / ص 331)
2503 - ( حسن لغيره )
Lihat dlm kitab sahih Targhib 331/2
Komentarku ( Mahrus ali ):
Di sahihkan oleh siapapun ,
hadis itu tetap melalui jalur Atha` yg
tidak dikenal identitasnya. Dia ini pendusta atau orang yg berkata sungguh.
Biasanya hadis sedemikian ini dinilai munkar atau palsu.
علل الترمذي الكبير - (ج 2 / ص 229)
عمرو ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال
: « رضا الرب في رضا الوالد ، وسخط (1) الرب في سخط الوالد » قال أبو عيسى أصحاب
شعبة لا يرفعون هذا الحديث ، ورفعه خالد بن الحارث
………………. Abu Isa – imam Tirmidz menyatakan: temn –
teman Syu`bah tidak menyatakan marfu` hadis tsb .Khalid bin Al Harist yg menyatakan marfu`.
5 – حدثنا عمرو بن علي ، حدثنا خالد بن
الحارث ، حدثنا شعبة ، عن يعلى بن عطاء ، عن أبيه ، عن عبد الله بن عمرو ، عن
النبي صلى الله عليه وسلم قال : « رضا الرب في رضا الوالد ، وسخط (1) الرب في سخط
الوالد » قال أبو عيسى أصحاب شعبة لا يرفعون هذا الحديث ، ورفعه خالد بن الحارث
الإرشاد في معرفة علماء الحديث
للخليلي - (ج 2 / ص 420)
-
وهذا حديث عزيز من
حديث شعبة جوده عنه زيد بن أبي الزرقاء الموصلي ، وسهل بن حماد بن غياث ، والحسين
بن الوليد ، وغيرهم أوقفوه عن عبد الله بن عمرو
Al khalili menyatakan:
Ini hadis Aziz
dari hadis Syu`bah yang dikatakan
sanadnya baik oleh Zaid bin Abiz
Zarqa` , Sahal bin Hammad dan Ghiyats
dan al Husan bin Al walid .
Lain mereka menyatakan hadis tsb maukuf
pada Abdullah bin Amar.
-
تخريج أحاديث الكشاف
- (ج 2 / ص 263)
-
وَرَوَاهُ
البُخَارِيّ فِي كِتَابه الْمُفْرد فِي الْأَدَب حَدثنَا آدم بن أبي إِيَاس
حَدثنَا شُعْبَة بِهِ مَوْقُوفا
Imam Bukhari meriwayatkan hadis dlm
kitab al adab mufrad karyanya : Bercerita kpd kami Adam bin Abi Iyas , bercerita kepada kami
Syu`bah dlm keadaan maukuf ( lemah /
bukan marfu` )
-
قال الحاكم : "
صحيحٌ على شرط مسلمٍ " ووافقه الذهبىُّ
!!
وليس كما قالا ، فإن عطاء أبا يعلى الطائفى مجهول كما قال ابن القطان ، بل قال الذهبىُّ فى " الميزان " : (( لا يُعرف إلاَّ بابنه )) .
وليس كما قالا ، فإن عطاء أبا يعلى الطائفى مجهول كما قال ابن القطان ، بل قال الذهبىُّ فى " الميزان " : (( لا يُعرف إلاَّ بابنه )) .
-
-
Ustadz Amar
Fahmi berkata:
-
Al hakim
berkata: Hadis tsb sahih menurut persaratan Muslim. Dzahabi setuju padanya.
-
Tapi tidak
benar . Sebab Atha ` ayah Ya`la al Thaifi
adalah tdk dikenal sebagaimana di katakan oleh Ibn Qatthan . Bahkan Dzahabi bilang di kitab al Mizan : Dia tdk dikenal
kecuali dengan anaknya “.
-
Komentarku
( Mahrus ali ):
-
Hadis “
Rida Allah terserah rida kedua orang tua ……….” Lemah sekali bahkan palsu karena
ada perawi yg tdk dikenal identitasnya tadi – yaitu ayah Ya`la bernama Atha`.
-
-
أن رواة الوجه المرفوع فيهم الصدوق وذو
الخطأ، وفيهم القاسم بن سليم، لم أجد له ترجمة.
-
أن رواية الوجه
المرفوع انتشرت في أواخر القرن الثالث، ولم يصحِّحها الأئمة آنذاك،
-
وأما رواية الوقف،
فإنها كانت المشهورة عند المتقدمين، وهي التي أخرجوها، كابن وهب، والبخاري،
والترمذي.
-
Ustad
Muhammad bin Abdullah berkata:
-
Sesungguhnya
perawi – perawi yg memarfukkan hadis tsb terdapat perawi yg selalu berkata benar yg punya
kekeliruan . Dan ada juga perawi bernama Al Qasim bin Sulaim dan aku tidak tahu riwayat hidupnya.
Hadis itu menyebar sebagai hadis
marfu` di akhir abad ke tiga. Saat itu tiada imam yg menyatakan hadis tsb
sahih.
Adapun riwayat hadis tsb mauquf ( lemah ) terkenal
dikalangan pakar hadis dulu spt Ibn
Wahab , Bukhari dan Tirmidzi .
قال الإمام الشافعي رحمه الله: من تعلم
الحديث قويت حجته
-
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis
tsb juga bertentangan dengan realita Nabi Ibrahim itu dibenci oleh kedua
orang tuanya tapi diridai oleh Allah.
Banyak kalangan sahabat yg masuk
Islam dan dimusuhi oleh kedua orang tuanya
yg musrik
Kalimat hadisnya kacau :
سنن
الترمذي - (ج 7 / ص 122)
رِضَى
الرَّبِّ فِي رِضَى الْوَالِدِ وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ
شعب
الإيمان للبيهقي - (ج 16 / ص 337)
رضا
الله من رضا الوالدين ، وسخط الله من سخط الوالدين »
جامع
الأحاديث - (ج 13 / ص 134)
رضا الرب فى رضا الوالدين
وسخطه فى سخطهما
Perbedaan matan
hadis atau redaksinya ini membikin kelemahan hadis. Mana yg asli dari kalimat yg di katakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan mana yg sudah di robah oleh perawinya. Ber arti ada yg asli dan ada yg palsu.
Makna hadis sekalipun dengan redaksi beda, masih di katakan sama atau mirip.
Hadis itu bertengangan dengan ayat sbb:
وَوَصَّيْنَا اْلإِنْسَانَ
بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا وَإِنْ جَاهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ
عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ
تَعْمَلُونَ(8)
Dan Kami
wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika
keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada
pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya
kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu
kerjakan.[1]
Kita tdk diperkenankan taat kepada kedua orang tua bila
perntahnya mengajak ke syirikan> Hal ini terkadang membikin hubungan antara anak dan orang tua mulai
terganggu, kadang bisa retak. Bila ikut hadis Kerelaan Allah terserah kerelaan kedua orang tua ………….. maka si anak akan dibenci oleh Allah karena orang tuanya benci . Anak harus ikut perintah syirik agar dusenangi orang tuanya. Bila anak ikut, anak menjadi syirik dan orang tuanya juga musrik. Dan keduanya dibenci oleh Allah dan di senangi oleh setan.. Ini mirip dengan ayat:
إِنَّهُمْ
أَلْفَوْا ءَابَاءَهُمْ ضَالِّينَ
فَهُمْ عَلَى ءَاثَارِهِمْ يُهْرَعُونَ
Karena sesungguhnya mereka mendapati
bapak-bapak mereka dalam keadaan sesat. Lalu mereka sangat tergesa-gesa
mengikuti jejak orang-orang tua mereka itu.[2]
Hadis tsb menyesatkan banyak kalangan ahli bid`ah karena ikut orang
tuanya lalu menjadi ahli bid`ah yg musrik.
Lebih baik abaikanlah hadis itu
dan ikutilah al ankabut ayat 8 itu. Ada juga ayat sbb:
وَإِنْ جَاهَدَاكَ
عَلى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا
وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ
إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Dan jika keduanya memaksamu
untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang
itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia
dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya
kepada-Kulah kembalimu, maka Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu
kerjakan.[3]
قال الإمام الشافعي رحمه الله: من تعلم
الحديث قويت حجته
-
Imam Syafi I berkata:
Barang siapa belajar hadis akan kuat
hujjahnya.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan