Senin, Agustus 31, 2015

Kesalahan ulama ke 32 ( Kelemahan hadis keridaan Allah terserah keridaan orang tua )






شعب الإيمان للبيهقي - (ج 16 / ص 337)
-        أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ، نا أبو بكر بن بالويه ، نا بشر بن موسى الأسدي ، نا القاسم بن سليم الصواف ، قال : شهدت الواسطيين أبا بسطام شعبة بن الحجاج ، وأبا معاوية هشيم بن بشير يحدثان ، عن يعلى بن عطاء ، عن أبيه ، عن عبد الله بن عمرو ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « رضا الله من رضا الوالدين ، وسخط الله من سخط الوالدين »
-        شعب الإيمان للبيهقي - (ج 16 / ص 338)
-         - أخبرنا أبو الحسن محمد بن الحسين بن داود العلوي ، أنا أحمد بن محمد بن الحسن الحافظ ، نا أبو أحمد الفراء ، والحسن بن هارون ، قالا : أخبرنا الحسين بن الوليد ، نا شعبة ، عن يعلى بن عطاء ، عن أبيه ، عن عبد الله بن عمرو ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « رضا الله في رضا الوالدين ، وسخط (1) الله في سخط الوالدين »
………………….. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam  bersabda : Keridaan Allah terserah dengan keridaan kedua orang tua. Dan kebencian Allah terserah dengan kebencian keduanya.
Hadis  tsb di riwayatakn oleh :
-         
-        ______
-        جامع الأحاديث - (ج 13 / ص 134)
-        hلترمذى ، وابن حبان ، والحاكم ، والبيهقى فى شعب الإيمان عن ابن عمرو)
-        أخرجه الترمذى (4/310 ، رقم 1899) ، والبيهقى فى شعب الإيمان (6/177 ، رقم 7829) ، والحاكم (4/168 ، رقم 7249) وقال : صحيح على شرط مسلم . وأخرجه أيضًا : البزار (6/376 ، رقم 2394)

Al bani menyatakan : Sahih :
-         

صحيح وضعيف الجامع الصغير - (ج 13 / ص 192)
حقيق الألباني
( صحيح ) انظر حديث رقم : 3507 في صحيح الجامع .

Lihat Sahih jami`  3507 .
Di lain tempat a bani menyatakan hasan lighairih. ( Jadi asalnya lemah lalu bisa jadi hasan karena ada riwayat lain ).
صحيح الترغيب والترهيب - (ج 2 / ص 331)
2503 - ( حسن لغيره )

Lihat dlm kitab sahih Targhib  331/2
Komentarku ( Mahrus ali ):
Di sahihkan oleh siapapun , hadis  itu tetap melalui jalur Atha` yg tidak dikenal identitasnya. Dia ini pendusta atau orang yg berkata sungguh. Biasanya  hadis sedemikian ini  dinilai munkar atau palsu.
علل الترمذي الكبير - (ج 2 / ص 229)

عمرو ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : « رضا الرب في رضا الوالد ، وسخط (1) الرب في سخط الوالد » قال أبو عيسى أصحاب شعبة لا يرفعون هذا الحديث ، ورفعه خالد بن الحارث
……………….  Abu Isa – imam Tirmidz menyatakan: temn – teman Syu`bah tidak menyatakan marfu` hadis tsb .Khalid bin Al Harist  yg menyatakan marfu`.


5 – حدثنا عمرو بن علي ، حدثنا خالد بن الحارث ، حدثنا شعبة ، عن يعلى بن عطاء ، عن أبيه ، عن عبد الله بن عمرو ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : « رضا الرب في رضا الوالد ، وسخط (1) الرب في سخط الوالد » قال أبو عيسى أصحاب شعبة لا يرفعون هذا الحديث ، ورفعه خالد بن الحارث
الإرشاد في معرفة علماء الحديث للخليلي  - (ج 2 / ص 420)
-        وهذا حديث عزيز من حديث شعبة جوده عنه زيد بن أبي الزرقاء الموصلي ، وسهل بن حماد بن غياث ، والحسين بن الوليد ، وغيرهم أوقفوه عن عبد الله بن عمرو
Al khalili menyatakan:
Ini hadis  Aziz  dari hadis Syu`bah yang dikatakan  sanadnya baik  oleh Zaid bin Abiz Zarqa` , Sahal bin Hammad dan Ghiyats  dan al Husan bin Al walid .
Lain mereka menyatakan hadis  tsb maukuf  pada  Abdullah bin Amar.

-        تخريج أحاديث الكشاف - (ج 2 / ص 263)
-        وَرَوَاهُ البُخَارِيّ فِي كِتَابه الْمُفْرد فِي الْأَدَب حَدثنَا آدم بن أبي إِيَاس حَدثنَا شُعْبَة بِهِ مَوْقُوفا
Imam Bukhari meriwayatkan hadis dlm kitab al adab mufrad karyanya : Bercerita kpd kami  Adam bin Abi Iyas , bercerita kepada kami Syu`bah  dlm keadaan maukuf ( lemah / bukan marfu` )

-        عمرو فهمي
-        قال الحاكم : " صحيحٌ على شرط مسلمٍ " ووافقه الذهبىُّ !!
وليس كما قالا ، فإن عطاء أبا يعلى الطائفى مجهول كما قال ابن القطان ، بل قال الذهبىُّ فى " الميزان " : (( لا يُعرف إلاَّ بابنه )) .
-          
-         Ustadz Amar Fahmi berkata:
-         Al hakim berkata: Hadis  tsb sahih menurut  persaratan Muslim. Dzahabi setuju padanya.
-         Tapi tidak benar . Sebab Atha ` ayah Ya`la al Thaifi  adalah tdk dikenal sebagaimana di katakan oleh Ibn Qatthan . Bahkan  Dzahabi bilang di kitab al Mizan : Dia  tdk dikenal  kecuali  dengan anaknya “.
-         Komentarku ( Mahrus ali ):
-         Hadis “ Rida Allah terserah rida kedua orang tua ……….” Lemah sekali bahkan palsu karena ada perawi yg tdk dikenal identitasnya tadi – yaitu ayah Ya`la bernama Atha`.

-        - أن رواة الوجه المرفوع فيهم الصدوق وذو الخطأ، وفيهم القاسم بن سليم، لم أجد له ترجمة.
-        أن رواية الوجه المرفوع انتشرت في أواخر القرن الثالث، ولم يصحِّحها الأئمة آنذاك،
-        وأما رواية الوقف، فإنها كانت المشهورة عند المتقدمين، وهي التي أخرجوها، كابن وهب، والبخاري، والترمذي.
-         Ustad Muhammad bin Abdullah berkata:
-         Sesungguhnya perawi – perawi yg memarfukkan hadis tsb terdapat perawi  yg selalu berkata benar yg punya kekeliruan  . Dan ada juga  perawi bernama  Al Qasim bin Sulaim  dan aku tidak tahu riwayat hidupnya.

Hadis itu menyebar sebagai hadis marfu` di akhir abad ke tiga. Saat itu tiada imam yg menyatakan hadis tsb sahih.
Adapun riwayat  hadis tsb mauquf ( lemah ) terkenal dikalangan pakar hadis  dulu spt Ibn Wahab , Bukhari  dan Tirmidzi .

قال الإمام الشافعي رحمه الله: من تعلم الحديث قويت حجته
-         

Komentarku ( Mahrus ali ):
 Hadis  tsb juga bertentangan dengan realita Nabi Ibrahim itu dibenci oleh kedua orang tuanya tapi diridai oleh Allah.
Banyak kalangan sahabat yg masuk Islam dan dimusuhi oleh kedua orang tuanya  yg musrik
Kalimat hadisnya kacau :
سنن الترمذي - (ج 7 / ص 122)
رِضَى الرَّبِّ فِي رِضَى الْوَالِدِ وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ
شعب الإيمان للبيهقي - (ج 16 / ص 337)
رضا الله من رضا الوالدين ، وسخط الله من سخط الوالدين »
جامع الأحاديث - (ج 13 / ص 134)
 رضا الرب فى رضا الوالدين وسخطه فى سخطهما
Perbedaan  matan hadis atau redaksinya ini membikin kelemahan hadis.
Mana  yg asli dari kalimat yg  di katakan oleh  Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan mana yg sudah di robah oleh perawinya. Ber arti ada yg asli  dan ada  yg palsu.
Makna hadis  sekalipun dengan redaksi beda, masih di katakan sama atau mirip.
Hadis  itu  bertengangan dengan ayat  sbb:
وَوَصَّيْنَا اْلإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا وَإِنْ جَاهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ(8)
Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.[1]
Kita tdk diperkenankan taat kepada kedua orang tua bila perntahnya mengajak ke syirikan> Hal ini terkadang membikin  hubungan antara anak dan orang tua mulai terganggu, kadang bisa retak.
Bila ikut hadis Kerelaan Allah terserah kerelaan kedua orang tua ………….. maka si anak akan dibenci oleh Allah  karena orang tuanya  benci . Anak harus ikut perintah syirik agar dusenangi orang tuanya. Bila anak ikut, anak menjadi syirik dan orang tuanya juga musrik. Dan keduanya  dibenci oleh Allah  dan di senangi oleh setan.. Ini mirip dengan ayat:
إِنَّهُمْ أَلْفَوْا ءَابَاءَهُمْ ضَالِّينَ    فَهُمْ عَلَى ءَاثَارِهِمْ يُهْرَعُونَ
Karena sesungguhnya mereka mendapati bapak-bapak mereka dalam keadaan sesat. Lalu mereka sangat tergesa-gesa mengikuti jejak orang-orang tua mereka itu.[2] 
Hadis  tsb menyesatkan  banyak kalangan ahli bid`ah karena ikut orang tuanya lalu menjadi ahli bid`ah yg musrik.
Lebih baik abaikanlah hadis itu dan  ikutilah al ankabut ayat  8 itu. Ada juga ayat sbb:
وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.[3]

قال الإمام الشافعي رحمه الله: من تعلم الحديث قويت حجته
-         
Imam Syafi I berkata: Barang  siapa belajar hadis akan kuat hujjahnya. 

Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL )  https://www.facebook.com/mahrusali.ali.50
 




[1] Alankabut 8
[2] Asshoffat  69-70
[3] Lukman 15
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan